iklan

6 Perbedaan Akuntansi Administrasi Dan Akuntansi Keuangan

Ilmu akuntansi – intinya mempunyai sifat yang sederhana, namun ilmu akuntansi mempunyai tugas yang sangat penting. Akuntansi bukan hanya wacana penyediaan isu keuangan dan sebagai bentuk pertanggungjawaban perusahaan. namun sebagai alat untuk mengambil keputusan dan kebijakan.

 intinya mempunyai sifat yang sederhana 6 Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan

Seiring berkembangnya ilmu akuntansi sehingga ketika ini sanggup kita pilah menjadi dua. Mungkin sebagian besar orang sudah mengetahui atau belum wacana kedua sistem ini. Sebenarnya sistem isu akuntansi pada suatu perusahaan atau organisasi mempunyai dua subsistem yaitu akuntansi keuangan (financial accounting system) dan sistem akuntansi administrasi (managerial accounting system). Keduanya mempunyai tujuan, sifat dan jenis proses input dan output yang berbeda.

Nah apa saja kira-kira perbedaannya ? Perbedaan kedua jenis sistem ini diantaranya sanggup dilihat dari table berikut ini:

 intinya mempunyai sifat yang sederhana 6 Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan

Selengkapnya kami uraikan tentang

1. Pengguna Laporan

  • Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan bertujuan menyajikan isu keuangan perusahaan bagi pihak di luar perusahaan (pihak eksternal).

Yang fungsinya untuk pengambilan keputusan wacana jenis serta sifat kekerabatan yang ibarat apa yang akan dijalani dengan perusahaan tersebut dimasa mendatang misalnya investor.

  • Akuntansi Manajemen

Akuntansi Manajemen menyediakan isu keuangan untuk keperluan pihak administrasi atau pihak internal perusahaan.

Informasi yang dihasilkan diperlukan sanggup memberi manfaat bagi administrasi perusahaan sebagai dasar pertimbangan penilaian dan taktik yang akan dijalankan. Contohnya manajer, eksekutif, karyawan.

2. Ruang Lingkup

  • Akuntansi Keuangan

Laporan akuntansi keuangan menyajikan isu keuangan mengenai perusahaan secara keseluruhan. Contohnya Neraca, Laporan Laba Rugi, dan Laporan Perubahan Ekuitas.

Informasi yang dihasilkan dan disajikan merupakan ringkasan serta  citra kondisi keuangan perusahaan secara keseluruhan.

  • Akuntansi Manajemen

Ruang lingkup Akuntansi administrasi memberikan informasi yang bertujuan untuk melaporkan hanya pada suatu penggalan yang ada dalam perusahaan. Misalnya penggalan pemasaran, penggalan produksi dan yang lain.

3. Fokus formasi

  • – Akuntansi Keuangan

Akuntansi Keuangan berfokus kepada isu historical (masa lalu). Akuntansi Keuangan menawarkan citra pertanggung-jawaban administrasi perusahaan atas pengelolaan dana perusahaan.

– Akuntansi Manajemen

Dalam hal fokus informasi, Akuntansi Manajemen cenderung berorientasi kepada masa yang akan datang.

4. Rentang Waktu

  • Akuntansi Keuangan

Dari sudut rentang waktu, Akuntansi Keuangan menghasilkan laporan keuangan hanya sanggup meliputi rentang jangka waktu tertentu sehingga dirasa kurang fleksibel. misalnya periode satu tahun, kwartalan atau bulanan.

  • Akuntansi Manajemen

Akuntansi Manajemen mempunyai rentang waktu yang lebih fleksibel dibanding dengan Akuntansi Keuangan. Penyebabnya ialah alasannya ialah adanya tuntutan dari administrasi yang harus mengambil keputusan penting secara cepat dan tepat, baik yang terstruktur, semi terstruktur, sampai tidak terstruktur sekalipun.

Rentang waktu yang diberikan bersifat variatif, sanggup harian, mingguan, bulan, bahkan sampai 10 tahun periode.

5. Kreteria Informasi

  • Akuntansi Keuangan

Kriteria isu akuntansi keuangan ialah seluruh prinsip akuntansi yang lazim dipakai dan diterima secara umum.

Prinsip akuntansi tersebut ialah hasil dari perumusan oleh forum yang berwenang ibarat IAI (Ikatan Akuntan Indonesia).

Laporan keuangan merupakan satu satu media komunikasi antara administrasi dengan pihak eksternal perusahaan. Maka laporan keuangan memerlukan suatu standarisasi bentuk laporan keuangan.

fungsinya ialah Supaya pemakai laporan keuangan dari eksternal perusahaan sanggup membandingkannya dengan laporan keuangan dari perusahaan yang berbeda.

  • Akuntansi Manajemen

Kriteria isu dari Akuntansi Manajemen TIDAK TERBATASI oleh prinsip akuntansi yang berlaku umum.

artinya praktek praktek yang sudah terbukti berhasil dan bermanfaat pada perusahaan biasanya akan ditiru oleh perusahaan lainnya dan kemudian akan menyebar secara luas didalam dunia industri dan akan menggunakan praktek tersebut.

6. Sifat Informasi

  •  Akuntansi Keuangan

Sifat atas isu dari Akuntansi Keuangan membutuhkan tingkat ketepatan yang tinggi, obyektif, sanggup diuji kebenarannya, serta akurat.

Dalam mendapat tingkat ketepatan yang tinggi, pihak administrasi perusahaan terkadang wajib mempergunakan layanan jasa dari pihak ketiga yang independen dan bebas dari aneka macam kepentingan bentuk apapun biasa disebut dengan auditor.

  • Akuntansi Manajemen

Akuntansi Manajemen menawarkan isu yang sanggup membantu administrasi dalam pengambilan suatu keputusan baik keputusan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, serta pengendalian.

Oleh kesudahannya akuntansi administrasi tak hanya mengandalkan satu disiplin ilmu akuntansi saja tetapi juga mengambil disiplin ilmu yang lain ibarat disiplin ilmu manajemen. Tujuannya untuk mengatur sumber daya serta waktu perusahaan.

Bahkan terkadang akuntansi administrasi juga menggunakan disiplin ilmu psikologi sosial ketika melaksanakan peramalan (estimasi) dalam penjualan produk, pengendalian SDM.

Demikianlah artikel tentang Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan. Semoga sanggup bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Kunjungi Artikel Lainnya Juga”


Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Perbedaan Akuntansi Administrasi Dan Akuntansi Keuangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel