iklan

Penyakit Kudis Kambing Sanggup Anda Atasi Dengan 2 Cara Ini

Jika Anda pergi pedesaan tentu Anda kerap melihat dilahalaman rumah terdapat kadang ternak. Entah itu unggas maupun binatang rumnisia sperti, kambing, domba, kerbau maupun sapi. Pola ternak sederhana dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah merupakan sebuah langkah umum bagi para masyarakat khususnya petani untuk memopang perekonomian keluarga.


Jika Anda pergi pedesaan tentu Anda kerap melihat dilahalaman rumah terdapat kadang ternak Penyakit Kudis Kambing Dapat Anda Atasi Dengan 2 Cara Ini
Tips mengatasi penyakit kudis kambing

Akan tetapi dengan cara tersebut bahu-membahu  dapat berakibat fatal bagi keluarga saat perawatan binatang ternak tidak secara intensif, Hal itu ditimbulkan dari penyakit binatang ternak yang sanggup menular ke insan (tergolong penyakit zoonosis).


Seperti halnya pada ternak kambing yang sering di serang oleh penyakit kudis atau dalam bahasa ilmiahnya “scabies” yang berasal dari serangan tungau sarcoptes scabiei. Penyakit kudis pada umumnya muncul tanggapan binatang ternak dan lingkungan peternakan kurang terjaga kebersihanya. Hewan yang terinfeksi penyakit kudis biasanya di tandai dengan kambing tersebut menggesekkan tubuhnya ke benda yang permukaannya terasa kasar.


Hal ini tentunya sanggup melukai kulit kambing sampai berdarah, tanggapan terjadi luka yang berulang-ulang karenanya terjadi penebalan kulit, munculnya kerak, bercak, sampai kambing mengalami kerontokan bulu. Yang perlu Anda tahu penyakit kudis biasanya menyerang badan kambing di serpihan telinga, tumit, di sela paha, ambing, serta serpihan yang sering lembab.


Langkah  Pencegahan & Pengobatan Penyakit Kudis Kambing


Ketika kambing sudah terjangkit penyakit kudis, ada beberapa tindakan yang harus Anda lakukan. Supaya penyakit kudis ini sanggup gampang diobati dan tidak menular ke ternak kambing lainya. Langkah pencegahan menjadi penting lantaran penyakit kudis muncul lantaran niscaya ada faktor kelalaian dari Anda.


Tindakan pertama yang harus Anda ambil yaitu memisahkan kambing yang sudah terinfeksi penyakit kudis, hal ini dilakukan untuk menghidari terkontaminasinya kambing yang ada dalam 1 kandang. Sekiranya dengan tindakan awal ini Anda dapat menekan angka kerugian yang sanggup lebih besar. Untuk menekan  serangan penyakit kudis yang disebabkan oleh tungau sarcoptes scabiei pada kambing yang sehat. Anda perlu memandikan kambing setidaknya sekali dalam seminggu, agar kebersihan badan ternak kambing tetap dalam kondisi bersih.



Untuk mempelajari cara ternak kambing, secara lengkap Anda sanggup pelajari beberapa artikel terkait dibawah ini :




Selain pada ternaknya, Anda juga wajib melaksanakan perawatan sangkar dengan baik. Pembersihan sanggup Anda lakukan setiap hari, khususnya lantai sangkar yang terkena kotoran, dan sanitasi pembuangan urine juga harus dibersihkan semoga tidak ada air yang menggenang. Dan sebaiknya lakukan penyemprotan sangkar dengan disinfektan per 3 bulan sekali untuk membunuh kuman dan bakal penyakit yang sanggup menyerang ternak kambing Anda. Kambing yang sehat memerlukan sangkar yang higienis dan kering, lantaran pada umumnya serangan tungau atau kudis menyukai daerah yang kotor dan lembab.


Untuk pengobatan kambing yang terjangkit kudis sanggup Anda lakukan dengan dua cara yaitu pengobatan secara modern serta pengobatan secara tradisional. Untuk pengobatan secara modern dengan cara suntikan kudis sederhana, ini sanggup dilakukan di dokter binatang ataupun di petugas dinas peternakan setempat. Penyuntikan ini harus di lakukan secara intensif 10 – 14 hari dari penyuntikan pertama, serta pastinya Anda juga memperoleh pengarahan pemanis dari dokter binatang atau petugas. Mengenahi metode pemeliharaan kambing yang sempurna dan cara menanggulangi penyakit kambing.


Yang kedua yaitu pengobatan secara tradisional, dengan ramuan dasar 97 ml oli bekas, 3 ml cuka kadar 3%, 5 siung bawang merah halus, semua di campurkan sampai merata dan kemudian Anda sanggup oleskan pada serpihan badan ksmbing yang terkena kudis.


Ramuan yang lain yang sanggup Anda gunakan untuk mengobati penyakit kudis kambing yaitu memakai adonan oli bekas, minyak kelapa dan belerang. Atau Anda sanggup meramu oli bekas, insektisida, serta minyak goreng. Pengobatan secara tradisional memang tidak seefektif dengan suntikan penyakit kudis, akan tetapi telah dipercaya terbukti sanggup mengendalikan kudis pada kambing.


Apabila Anda selalu melaksanakan perawatan kambing dengan baik dan selalu menjaga kebersihan ternak maka penyakit kudis kambing tidak akan menyerang ternak Anda. Karena salah satu kunci keberhasilan dalam menjalankan perjuangan ternak adalah selalu menjaga santitasi kadang dengan baik.




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penyakit Kudis Kambing Sanggup Anda Atasi Dengan 2 Cara Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel