iklan

Travel Umrah Murah, Amankah?

Travel Umrah Murah, Amankah? – Saat ini semua hal bisa dijadikan bisnis, termasuk persoalan beribadah misalnya haji dan umrah. Faktanya cukup banyak pihak swasta yang ikut berkecimpung dalam bisnis ini. Pada dasarnya ada cukup banyak faktor yang melatar belakangi kenapa bisnis ini semakin menjamur dan memancing banyak pihak untuk ikut masuk ke dalamnya.

Nah, semakin banyaknya bisnis travel umrah yang ada, ternyata ini juga dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung  jawab untuk mengambil laba lho. Salah satunya dengan penipuan berkedok travel umrah murah. jadi apakah travel umrah murah itu aman?

Kenapa Bisnis Travel Umrah Semakin Menjamur di Indonesia

Saat ini semua hal bisa dijadikan bisnis Travel Umrah Murah, Amankah?

Sumber: www.ayobisnisumrah.com

Sudah menjadi belakang layar umum bahwa Indonesia menjadi penyumbang terbesar jumlah akseptor haji dan umrah. Hal ini bisa terjadi lantaran Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk beragama islam paling banyak di dunia. Jumlah penduduk beragama islam yang besar menciptakan Indonesia menjadi sasaran pasart yang menguntungkan.

Beberapa dari kita niscaya beranggapan, kenapa ketika ini ibadah menyerupai haji dan umrah harus dikomersilkan? Bukankah ini menciptakan esensi ibadah menjadi berbeda? Faktanya, keberadaan layanan haji dan umrah tidak hanya menguras uang anda. lebih dari itu, layanan umrah dan haji dari pihak swasta ini ikut memudahkan anda dalam menjalankan ibadah.

Katakan saja, dalam paket umrah yang disediakan oleh travel niscaya sudah meliputi kapasitas air zam-zam yang bisa dibawa pulang hingga tour ke obyek wisata atau negara di sekitar Arab Saudi. Poin-poin plus yang dihadirkan oleh mereka inilah yang menarik minat masyarakat dalam menentukan travel umrah. Nah, di luar itu semua niscaya anda ingin tau kenapa bisnis travel umrah ini menjamur di Indonesia kan? Kita akan mengulas alasan-alasannya berikut ini:

  1. Keuntungan yang Menjanjikan

Alasan pertama yang mendasari menjamurnya bisnis travel murah di Indonesia ialah laba yang menjanjikan. Anda harus tahu bahwa perputaran industri umrah di Indonesia mencapai angka Rp. 12 triliun per tahun. Nilai bisnis ini memang melibatkan angka-angka besar dan bahkan kalau bisa dioptimalkan, devisa dari bisnis ini sangat sulit untuk ditolak. Nah, hal ini menjadi salah satu faktor yang menciptakan umrah menjadi incaran bisnis banyak orang, termasuk para pengusaha badung yang hanya ingin memperoleh laba semata.

  1. Mencari Amal dan Pahala

Alasan selanjutnya yang mendasari kenapa bisnis umrah menjamur di Indonesia ialah impian untuk bederma dan mendapat pahala dengan membantu orang lain yang ingin menunaikan ibadah umrah. Poin kedua ini memang tidak dimiliki oleh setiap orang yang berkecimpung di bisnis ini, mengingat setiap bisnis selalu berorientasi pada profit. Namun, kalau bisnis umrah ini dijalankan dengan taktik dan kebijakan yang benar, maka niat awal untuk membantu orang lain akan tetap ada dan bisa menciptakan bisnis umrah anda semakin baik ke depannya.

  1. Permintaan Pasar yang Tinggi

Dibandingkan beberapa tahun lalu, ketika ini umrah tidak lagi menjadi barang mahal untuk masyarakat Indonesia. Selain lantaran faktor masa tunggu ibadah haji mencapai 10-15 tahun di Indonesia, ketentuan yang lebih gampang dan kuota besar menciptakan umrah menjadi jalan alternatif bagi siapapun yang ingin segera menginjakkan kaki di tanah suci.

Bahkan, banyak orang Indonesia yang pergi umrah berkali-kali hanya lantaran belum bisa naik haji yang disebabkan oleh masa tunggu yang terlalu lama. Pada jadinya jumlah peminat umrah selalu meningkat berkali-kali lipat setiap tahunnya. Hingga ketika ini rata-rata akseptor umrah setiap tahunnya sudah lebih dari 700 ribu orang.

  1. Target Pasar yang Luas

Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk beragama islam terbesar di dunia. Hal ini terang memperlihatkan bahwa sasaran pasar untuk bisnis travel umrah sangat luas.

Jumlah penduduk Indonesia yang meningkat, biaya umrah yang semakin terjangkau, impian yang berpengaruh untuk mengunjungi tanah suci hingga persoalan psikologi menyerupai berkelahi gengsi ikut menghipnotis jumlah akseptor umrah dari Indonesia yang semakin banyak setiap tahunnya.

Selain itu, wilayah Indonesia yang luas dari ujung barat ke ujung timur dengan wujud pulau dan kepulauan menciptakan bisnis travel umrah sangat menggiurkan. Anda yang membangun perjuangan travel umrah di Jakarta, bisa dengan gampang mendirikan cabang di kota lain untuk menyerap sasaran pasar secara maksimal.

Amankah Travel Umrah Murah?

Dengan semakin maraknya travel umrah di seluruh wilayah Indonesia, maka ini menciptakan persaingan semakin ketat. Dalam bisnis apapun, persaingan selalu ada dan berlaku aturan rimba “siapa yang berpengaruh maka ia yang menang”. Untuk bisnis umrah sendiri, yang dimaksud dengan kata berpengaruh bukanlah berpengaruh dalam artian kekuatan secara visual. Lebih dari itu, berpengaruh di sini lebih dimaksudkan pada berpengaruh dalam promosi, pemasaran, perluasan dan lain-lain.

Jadi setiap travel umrah harus mempunyai taktik yang berbeda dan berpengaruh dalam menarik minat masyarakan. Salah satu taktik yang ketika ini marak digunakan ialah dengan menyampaikan harga yang lebih rendah dari travel lainnya. Sebelum anda mengambil kesimpulan dengan menentukan travel umrah yang menyampaikan biaya lebih rendah, anda harus tahu bahwa pemerintah telah tetapkan batas atas dan batas bawah untuk biaya umrah dan haji.

Jadi amankah travel umrah murah?

Jawaban dari pertanyaan ini bahwasanya relatif lantaran faktanya di lapangan ada beberapa travel umrah yang memang menekan biaya serendahnya dengan aneka macam cara yang legal. Sedangkan di sisi lain ada banyak travel umrah yang menyampaikan biaya umrah super rendah lantaran niat ingin menipu. Untuk itulah, sebagai calon konsumen, anda harus bijak dalam menyikapi maraknya travel-travel umrah yang berlomba menyampaikan biaya lebih rendah. Jalan paling aman, terang anda lebih baik menentukan travel umrah yang mempunyai reputasi manis dan perizinan lengkap meskipun harus membayar biaya standar.

Bagaimana Bisa Masyarakat Tertipu Pihak Travel Umrah Murah yang Nakal?

Sebagai calon konsumen niscaya anda bertanya-tanya kenapa ada travel umrah murah? Bukankah dengan menyampaikan harga murah, mereka akan mendapat margin laba yang tipis? Seperti yang sudah dikatakan di poin sebelumnya bahwa dalam setiap bisnis ada aneka macam kebijakan dan taktik yang diaplikasikan untuk mencapai sasaran atau tujuan perusahaan itu sendiri. Hal ini juga berlaku untuk bisnis travel umrah. Ada beberapa alasan yang mendasari munculnya korban travel umrah murah, beberapa di antaranya ialah sebagai berikut:

  1. Adanya Kesempatan atau Peluang

Salah satu alasan utama kenapa bisa muncul korban dari travel umrah murah ialah adanya kesempatan atau peluang. Seperti yang kita tahu bahwa masa tunggu ibadah haji di Indonesia lebih dari 10 tahun sehingga orang akan lebih menentukan menunaikan ibadah umrah terlebih dahulu. Masalahnya, tidak semua orang bisa untuk membayar biaya umrah yang standarnya mencapai kisaran Rp. 25 juta.

Karena itulah, travel umrah murah muncul demi mewujudkan mimpi masyarakat yang ingin menunaikan ibadah umrah dengan biaya terjangkau. Sayangnya, tidak semua travel umrah murah itu aman. Mayoritas kesempatan dan peluang ini dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk memperoleh keuntungan.

  1. Kurangnya Edukasi atau Pengetahuan Tentang Biaya Umrah Di Masyarakat

Kenapa banyak korban travel umrah murah bermunculan? Hal ini bisa terjadi lantaran masyarakat tidak mempunyai pengetahuan yang cukup ihwal biaya umrah. Dengan sedikit iming-iming dan pendekatan secara personal nyatanya banyak calon akseptor umrah yang tertarik dengan mudah. Jika ingin memerangi persoalan travel bodong atau travel umrah murah yang tidak kompeten, maka pemerintah atau pihak yang berwenang harus gencar untuk mengadakan sosialisasi sebagai salah satu bentuk edukasi bagi masyarakat.

  1. Tingkat Pendapatan atau Saving yang Masih Rendah

Siapa sih yang mau menolak diskon atau harga murah dengan iming-iming mendapat hasil yang kurang lebih setara? Nyatanya rata-rata orang Indonesia suka dengan diskon atau pecahan harga. Jika anda bisa pergi umrah kurang dari Rp. 20 juta atau Rp. 15 juta, kenapa harus menentukan yang Rp. 25 juta? Meskipun tidak semua orang mempunyai persepsi yang sama, namun tingkat pendapatan per kapita di Indonesia yang masih rendah dan tidak merata tentu menciptakan para pihak yang tidak bertanggung jawab bisa memanfaatkan ini dengan mudah.

Oleh lantaran itu, bahwasanya anda harus curiga kalau ada travel yang menyampaikan atau mempromosikan layanan umrah dengan biaya terlalu rendah. Jangan gampang terpengaruh bujuk rayu pihak travel yang menyampaikan bahwa mereka mempunyai koneksi di sana sehingga mendapat harga lebih murah. Travel umrah yang orisinil dan tidak abal-abal niscaya akan memainkan taktik lain dibandingkan dengan membanting harga serendah-rendahnya.

Dilema Memilih Travel Umrah Murah

Munculnya travel umrah murah bahwasanya tidak sepenuhnya membawa imbas negatif. Hal ini lantaran nyatanya tidak semua travel umrah murah melaksanakan penipuan Berikut ini ialah beberapa alasan kenapa travel bisa menyampaikan biaya umrah yang lebih murah:

  1. Biaya Murah Karena Cicilan Pembayaran Cukup Lama

Ada beberapa travel umrah yang mengenakan pembayaran dengan cicilan. Dengan begini akseptor umrah tidak harus pribadi mengeluarkan dana atau biaya perjalanan umrah sekaligus. Selain bisa menciptakan akseptor umrah lebih hening dalam menuntaskan pembayaran, metode cicilan ini juga dimanfaatkan pihak travel untuk menyimpan dana. Tentunya travel umrah yang benar akan menyimpan dana dengan baik dan tidak menggunakannya untuk keperluan lain.

  1. Biaya Murah Karena Promosi Maskapai Penerbangan

Seperti yang kita tahu bahwa lebih banyak didominasi biaya umrah dan haji alokasi terbesarnya ialah untuk biaya penerbangan dari Indonesia ke Arab Saudi. Nah, kalau dengan harga standar biaya umrah akan berada di kisaran Rp. 25 juta per orang. Maka untuk menekan biaya umrah ini, pihak travel umrah murah biasanya mengakali dengan mencari promo penerbangan. Dengan begini, maka biaya umrah bisa ditekan seminimal mungkin.

Nah, dari kedua alasan di atas, maka kini anda tahu kan bahwa tidak semua travel umrah murah itu penipu atau tidak aman. Asal anda bisa dengan jeli melihat, memilah dan menentukan travel umrah murah yang sempurna maka perjalanan umrah anda akan berjalan lancar dan lebih murah.

Tips Memilih Travel Umrah

Tingginya minat masyarakat untuk menjalankan ibadah umrah tentu menjadi berkah tersendiri bagi pebisnis khususnya yang berkecimpung dalam bisnis travel umrah. Iming-iming laba yang bisa diperoleh dari bisnis ini menciptakan banyak orang ingin mencobanya. Nah, anda sebagai calon konsumen harus berhati-hati dengan fenomena menjamurnya travel umrah dan juga paket-paket yang ditawarkan. Jangan hingga anda termakan dengan biaya murah namun jadinya tidak jadi berangkat dan menderita kerugian puluhan juta.

Untuk menciptakan perjalanan umrah anda lebih lancar dan tidak kebingungan selama menentukan pilihan travel, berikut ini ada beberapa tips menentukan travel umrah yang bisa anda ikuti:

  • Pilih Travel Resmi yang Terdaftar di Kemenag

Tips pertama yang harus anda lakukan dalam menentukan travel umrah ialah dengan memastikan kelegalan travel. Anda bisa mengunjungi situs Kemenag untuk mengecek nama-nama travel yang resmi dan mengantongi izin. Mau mahal atau murah biaya umrah yang ditawarkan, tidak akan ada bedanya kalau tidak resmi terdaftar.

  • Periksa Alamat dan Kontak Travel

Untuk mencegah terjadinya tindak penipuan, maka anda harus benar-benar memastikan bahwa travel umrah tersebut eksis. Saat ini banyak travel bodong yang nekat menyewa ruko hanya demi melancarkan aksinya. Anda harus jeli dengan melihat aneka macam celah yang bisa dijadikan informasi mulai dari kotak, alamat, eks akseptor umrah di travel tersebut hingga dokumen legal dari travel tersebut.

  • Perhatikan Rekam Jejak Travel

Masih berkaitan dengan poin kedua, anda bisa melaksanakan sedikit riset untuk menyimpulkan apakah travel umrah ini kondusif atau tidak. Anda bisa bertanya kepada warga sekitar kantor travel untuk mencari informasi. Jika perlu anda juga bisa mencari info dari internet untuk melihat keaktifan travel umrah selama ini. Menelusuri rekam jejak travel umrah ini sangat penting untuk dilakukan supaya anda terhindar dari tindak penipuan oleh travel umrah bodong.

  • Cek Fasilitas dan Harga yang Ditawarkan

Penting bagi anda untuk mengecek kemudahan yang ditawarkan dalam sebuah paket umrah. Pastikan anda tahu nama hotel yang akan digunakan untuk menginap, kevalidan visa, kegiatan penerbangan hingga fasilitas-fasilitas lain yang diberikan. Jangan ragu untuk bertanya di awal sebelum anda menyesalinya di kemudian hari. Dengan menanyakan kepastian ihwal beberapa hal di atas, maka anda bisa mencari tahu seberapa berpengaruh dan siapnya pihak travel berkomitmen untuk melayani ibadah umrah anda.

  • Cek Cara Pembayaran

Mengecek cara pembayaran yang disediakan oleh pihak travel umrah juga penting untuk dilakukan. Misalkan ada pembayaran secara cash, cicilan atau metode lain yang tersedia, anda harus mengetahui semua ini sebelum anda tetapkan untuk bergabung dengan paket yang ditawarkan oleh pihak travel umrah. Selain itu, pastikan juga ada klausul perjanjian ihwal pembayaran, dana yang sudah dideposit hingga penghapusan perjalanan yang mungkin terjadi. Semuanya harus terang supaya anda tidak jatuh ke kebijaksanaan kancil travel umrah bodong.

  • Jangan Ragu Bertanya Kepada Kerabat atau Orang Dekat

Untuk menentukan travel umrah, penting bagi anda melihat nama dan jejak rekamnya. Karena itulah anda bisa memulainya dengan bertanya pada orang-orang di sekitar anda. Ada baiknya kalau anda memakai travel umrah yang pernah digunakan oleh keluarga, sobat atau orang-orang yang anda kenal. Dengan begini maka kemungkinan besar perjalanan umrah anda akan lancar dikarenakan telah menentukan travel umrah berpengalaman dan bisa dipercaya.

Semoga informasi mengenai travel umrah murah dan beberapa hal yang berkaitan dengan kegiatan ini bermanfaat untuk anda..

Semoga umrah anda berkah dan selamat hingga perjalanan pulang ke Indonesia.


Sumber https://carajadikaya.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Travel Umrah Murah, Amankah?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel