iklan

Jangan Salah Pilih, Menentukan Software Akuntansi Untuk Bisnis Umkm

Kehadiran software akuntansi tentunya memudahkan setiap perjuangan dalam mengelola keuangan. Meskipun Anda menganggap perjuangan yang Anda jalankan masih cukup kecil, dan jumlah transaksi belum begitu banyak, namun mempersiapkan software akuntansi di awal menjadi salah satu investasi berharga untuk bisnis Anda di masa depan. Lalu, bagaimana menentukan software akuntansi untuk bisnis UMKM?


Sebagai pengusaha UMKM, Anda harus menentukan software akuntansi yang cocok digunakan pada bisnis Anda. Sebab, software akuntansi cukup banyak jenisnya dan diadaptasi dengan kebutuhan perjuangan atau bidang perusahaan Anda. Jika perusahaan manufaktur mempunyai jenis software tersendiri, kalau perusahaan dagang pun mempunyai software akuntansi tersendiri pula. Sehingga Anda sanggup menentukan software akuntansi yang sesuai pada perjuangan Anda.


Mengapa Harus Memilih dan Menggunakan Software akuntansi?


Pertanyaan yang sering muncul dari para pengusaha UMKM ialah mengapa harus menentukan dan menggunakan software akuntansi? Dengan pertolongan software akuntansi akan menciptakan Anda lebih gampang dalam melihat pergerakan uang dan memantau kondisi kesahatan keuangan perjuangan Anda.


Sebab, kehadiran software akuntansi akan memudahkan dalam menciptakan variasi laporan keuangan dan sanggup Anda gunakan sewaktu-waktu untuk membantu Anda dalam menganalisis performa bisnis yang sedang dijalankan. Hal ini jarang diketahui para pengusaha yang hanya memikirkan laba semata.


Bagaimana Memilih Software Akuntansi ?


Dalam menentukan software akuntansi untuk bisnis UMKM akan menjadi tantangan tersendiri bagi Anda. Sebab Anda harus benar-benar sanggup menentukan software yang sesuai dengan kebutuhan bisnis milik Anda. Namun ada beberapa hal penting yang harus menjadi pertimbangan dalam menentukan software tersebut.


Pertimbangan Memilih Software Akuntansi


Berapa Harga?


Hal pertama yang harus Anda pikirkan dalam menentukan software akuntansi untuk bisnis UMKM ialah harga. Seberapa besar cost yang Anda miliki untuk membeli software akuntansi tersebut. Ingat bisnis Anda masih kecil, dan Anda harus mempertimbangkan dilema harga dengan matang. Jika Anda membeli yang lebih mahal, apakah sesuai dengan budget dan sesuai dengan kebutuhan? Jika tidak, maka tidak perlu beli yang mahal.


Faktor Kegunaan Dalam Memilih Software Akuntansi?


Dalam menentukan software akuntansi yang sesuai dengan kegunaannya ada beberapa faktor pertimbangan yang harus Anda ketahui sebagai pebisnis. Seperti dimana Anda harus menggunakan software tersebut, software akuntansi apa yang Anda butuhkan. Apakah menentukan software akuntansi dalam bentuk offline yang hanya sanggup digunakan pada desktop dan penyimpanannya pun pada penyimpanan desktop. Atau Anda ingin menggunakan software akuntansi yang berbasis online dengan media penyimpanan di cloud?


Hal tersebut harus Anda pikirkan secara matang. Selain hal itu, kegunaan lain dalam menentukan software akuntansi untuk bisnis UMKM ialah siapa saja yang akan menggunakan software tersebut. Umumnya software akuntansi dipengaruhi oleh tiga faktor, seperti:


Multiuser access, Anda harus tahu siapa saja yang diperbolehkan untuk membuka data keuangan perjuangan Anda. Hal ini harus menjadi pertimbangan Anda sebagai pemilik usaha.


Media Penyimpanan, Saat ini sudah banyak pengusaha UMKM yang menentukan software akuntansi online. Salah satunya ialah Accurate Online (AOL). Sebab, AOL sanggup diakses dimana saja dan kapan saja. Karena online, dan penyimpanannya berbentuk cloud.


Bahkan ketika Anda sedang malas menuju kawasan perjuangan dikarenakan macet, Anda tetap sanggup mengaksesnya melalui sambungan internet dari rumah. Atau ketika Anda sedang berada di luar kota pun Anda sanggup memantau perkembangan perjuangan Anda.


Fitur yang Dibutuhkan Bisnis Anda?


Semua software akuntansi yang Ada mempunyai banyak sekali fitur. Kesemua fitur tersebut sanggup digunakan, tergantung dari permintaan dan kebutuhan Anda. Namun, tidak semua fitur akan sangat cocok digunakan pada bisnis Anda. Hal ini harus menjadi pertimbangan Anda dalam menentukan software akuntansi untuk bisnis UMKM.


Namun ada beberapa fitur yang harus menjadi pertimbangan Anda dalam menentukan software akuntansi untuk bisnis yang sedang Anda jalankan. Yaitu:


Fitur dasar akuntansi, fitur dasar umumnya sangat cocok digunakan oleh semua bisnis, terutama bisnis kecil. Sebab, sanggup mencetak faktur, melihat biaya masuk dan keluar, pembuatan laporan keuangan, serta data pelanggan.


Tetapi kalau perjuangan Anda menjual banyak produk, menyerupai sebagai agen produk sembako, maka Anda membutuhkan fitur untuk data produk. Sehingga Anda sanggup melacak pergerakan barang masuk dan keluar.


Membuat Laporan Pajak, dalam menentukan software akuntansi untuk bisnis UMKM fitur lain yang Anda butuhkan dan tak boleh terlupakan ialah fitur untuk laporan pajak. Sebab tidak semua software akuntansi yang ada menyediakan fitur ini. Bahkan kalau Anda mempunyai software akuntansi vendor luar negeri, maka bentuk e-faktur pajaknya pun akan berbeda dengan sistem perpajakan di Indonesia.


Jika Anda ingin mendapat software akuntansi yang memudahkan Anda dalam menciptakan e-faktur dan sesuai dengan pajak di Indonesia, maka Anda harus menggunakan Accurate Software. Karena Accurate sudah sangat cocok untuk menciptakan laporan pajak.


Jangan salah menentukan software akuntansi, lantaran sanggup berakibat fatal. Itulah tips yang harus menjadi pertimbangan Anda dalam menentukan software akuntansi untuk bisnis UMKM, semoga Anda tidak salah menentukan software akuntansi.



Sumber http://solusiukm.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jangan Salah Pilih, Menentukan Software Akuntansi Untuk Bisnis Umkm"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel