Contoh Marketing Plan
Marketing plan merupakan upaya perusahaan untuk memasarkan produk biar bisa diterima pasar dengan baik. Marketing plan sendiri meliputi penetapan harga, kebijakan jaminan, taktik penjualan, distribusi sampai iklan dan promosi. Apabila perusahaan anda mempunyai segmentasi tertentu maka marketing plan anda juga harus jelas. Marketing plan dibentuk akan bisa memenuhi tujuan strategis jangka panjang. Selain itu marketing plan juga mempunyai manfaat dan tujuan sebagai berikut :
- Digunakan untuk saling berkoordinasi antar departemen
- Peningkatan penjualan yang diinginkan
- Menyesuaikan ukuran bisnis dan lingkup produk ataupun pasar
- Mampu meningkatkan komunikasi serta memperluas jaringan kerja yang lebih luas
- Mengurangi konflik dan meningkatkan manajemen perusahaan lebih baik lagi
Marketing Plan VS Marketing Strategy
Walau sama – sama berada dalam departemen pemasaran namun keduanya mempunyai perbedaan yang jarang disorot public. Marketing plan dan marketing strategy tentu saja saling berafiliasi akrab sehingga banyak yang menerka keduanya hal yang sama. Untuk itu sebelum mempelajari marketing plan lebih dalam ada baiknya anda mengenal perbedaan antara keduanya.
-
Menurut Definisinya
Jika dilihat berdasarkan definisi keduanya tentu anda bisa melihat perbedaan yang cukup signifikan. Marketing strategy yakni seni administrasi yang dipakai untuk memasarkan produk yang tujukan ke pelanggan. Marketing plan sendiri merupakan upaya bagaimana anda mencapai tujuan dari pemasaran itu sendiri. Bisa dibilang marketing strategy berfungsi untuk mengenalkan produk ke segmen pasar baru. Marketing plan menyebarkan dan mengidentifikasi serta focus terhadap kampanye pemasaran.
-
Berdasarkan Siklusnya
Dalam urutan siklusnya dimulai dari marketing strategy dahulu kemudian marketing plan kemudian implementasinya. Gambaran ini memperlihatkan anda tak bisa memulai marketing plan tanpa memulai marketing strategy terlebih dahulu. Marketing strategy juga tak bisa diimplementasikan tanpa anda marketing plan.
-
Komponen Keduanya
Jika dilihat dari komponennya juga ada perbedaan antara keduanya. Untuk marketing strategy terdiri dari segmenting, targeting, marketing, market entry strategy dan timing strategy. Marketing plan sendiri terdiri atas ringkasan eksekutif, tantangan, analisis situasi, pelanggan, pesaing, 4P dan ringkasan.
Langkah Marketing Plan
Adanya marketing plan bisa mengurangi biaya operasional dan meningkatkan cara kerja karyawan anda. Untuk menciptakan marketing plan yang tepat anda perlu mengikuti tahapan – tahapan berikut ini :
Tentukan Target Pasarnya
Marketing plan menuntut anda mengetahui akan garis besar perusahaan dan produk yang anda hasilkan. Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam menciptakan marketing plan yakni memilih pasar mana yang anda tuju. Semakin detail gosip terkait sasaran customer anda maka akan semakin gampang pula produk yang akan ditawarkan diterima pasar.
Tetapkan Harga dan Distribusinya
Setelah segmentasi pasarnya terperinci sekarang anda perlu beralih pada seni administrasi harga dan distribusi. Menetapkan harga bukanlah perkara gampang jikalau terlalu rendah sanggup menjadikan pertanyaan dikalangan konsumen apakah produk anda berkualitas atau tidak. Jika terlalu tinggi harganya maka konsumenpun tak bisa membelinya. Disinilah anda perlu memilih positioning atas produk yang anda tawarkan. Ini artinya anda perlu menampilkan keunikan atau kelebihan produk yang anda miliki dibanding produk sejenis lainnya.
Selain harga bagaimana distribusi barang tersebut sampai ke tangan konsumen juga menjadi pertimbangan penting dalam marketing plan. Untuk itulah buatlah alur distribusi atau logistic sejelas mungkin dan hubungi distributor terpercaya yang anda miliki.
Susun Strategi Promosi
Jika persiapan produksi dan distribusi sudah siap sekarang waktunya untuk menyusun seni administrasi promosi. Strategi promosi bisa meliputi promosi online maupun offline ataupun menggunakan keduanya secara bersamaan. Untuk seni administrasi promosi secara offline bisa melalui iklan di TV, radio sampai media cetak. Untuk promosi online memang sangat diminati alasannya bisa menekan biaya pemasaran seefisien mungkin. Selain menggunakan social media bisa juga menggunakan seni administrasi search engine optimation atau endorse yang sedang tren ketika ini.
Refferal Strategy VS Conversation Strategy
Dalam dunia marketing terdapat beberapa seni administrasi yang bisa meningkatkan penjualan. Beberapa diantaranya yakni referral strategy ataupun conversation strategy. Untuk referral strategy umumnya berupa penawaran khusus ataupun giveaway untuk menjaring konsumen setia. Conversation strategy lebih merujuk kepada kalimat dalam brosur yang dibentuk lebih persuasive sehingga konsumenpun mulai terajak untuk membeli produk anda.
Partnership dan Retention Strategy
Dalam berbisnis menjalin kolaborasi itu merupakan bab dari marketing plan. Salah satu misalnya saja kolaborasi pihak dealer kendaraan beroda empat dan perusahaan asuransi yang saling menguntungkan. Anda juga bisa menerapkan kolaborasi ibarat ini dengan perusahaan yang produknya mempunyai keterkaitan dengan produk anda. Untuk mempertahankan pelanggan anda maka jangan lupa untuk mengaplikasikan retention strategy. Anda bisa mengirimkan newsletter setiap bulannya ke email pelanggan anda atau voucher belanja untuk menarik pelanggan berkunjung ke website anda.
Budgeting Itu Juga Penting
Dalam marketing plan aspek keuangan juga amat penting dan diperhitungkan dalam setiap pergerakan produk. Walau perincian keuangan yang anda buat tidak selamanya tepat namun adanya rincian planning keuangan ini akan bisa membantu anda mengestimasi berapa laba yang didapatkan.
Contoh Marketing Plan
Untuk setiap jenis bisnis tentu mempunyai perbedaan dalam marketing plannya. Berikut ini ada beberapa teladan marketing plan berdasarkan jenis bisnisnya yang bisa anda aplikasikan dalam bisnis anda.
Bisnis Properti
Penduduk Indonesia yang semakin bertambah mendorong kebutuhan hunian semakin tinggi. Bagi anda yang mempunyai modal besar dan sedang dianggurkan tentu memulai bisnis property bisa menjadi pilihan. Sayangnya berdasarkan data Australian Bureau of Statistics hanya sekitar 9 % investor saja yang bisa mengelola tiga property sekaligus. Kegagalan bisnis property ini ditengarai gagalnya mengatasi kendala cash flow. Kurangnya pengalaman dan tersendat modal serta tidak realistis dalam melihat investasi yang dimiliki. Nah berikut beberapa teladan marketing plan yang biasa dipilih untuk mencegah kegagalan pemasaran produk dibidang property.
Uang Muka 0%
Dalam membeli sebuah property tentu saja banyak yang mengeluhkan tingginya uang muka yang harus dibayarkan. Umumnya pihak bank tetapkan uang muka sebesar 20 %. Nah, inilah kesempatan anda untuk menarik konsumen lebih banyak dengan tetapkan uang muka jauh lebih murah. Anda bisa mensyaratkan uang muka sebesar 10 % atau bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan yang sekarang mengakomodasi pembelian kredit perumahan yang murah meriah.
Cash Back
Satu lagi seni administrasi marketing yang bikin perjuangan property anda kian ramai dikunjungi para konsumen yakni cash back. Cash back ada yang bersfat uang tunai dan ada pula yang berupa manfaat jasa. Manfaat jasa diantaranya yakni pembebasan biaya listrik, air dan telepon dalam jangka waktu tertentu. Dengan cara ini anda bisa mendapat jumlah konsumen lebih banyak dan sekaligus meningkatkan kepuasan pelanggan anda atas fasilitas yang ditawarkan.
Diskon
Mau jenis bisnis apapun tampaknya tak pernah lepas dengan marketing plan berupa diskon. Potongan harga memang snagat menarik alasannya dari sisi sudut pandang pelanggan adanya diskon bisa menciptakan mereka lebih irit dalam belanja. Begitu pula jikalau anda sedang membeli sebuat property, adanya diskon akan menambah nilai plus pada perjuangan anda.
Subsidi Bunga KPR
Anda juga bisa tetapkan subsidi bunga KPR yang nantinya akan dipotongkan eksklusif oleh pihak bank. Saat ini suku bunga KPR bisa mencapai angka 10 % anda bisa menurunkannya sedikit sekitar 7 % untuk langkah awal seni administrasi pemasaran. Menjaring konsumen gres memang penting namun jangan lupa anda juga perlu menciptakan pelanggan gres tersebut menjadi pelanggan setia anda.
Bisnis Fashion
Sebagai negara dengan secara umum dikuasai muslim terbesar tak pelak menciptakan industry fashion juga berkembang. Fashion hijab pun menjadi primadona di tanah air. Selain itu banyak pula masyarakat dengan latar belakang berbeda – beda mulai dari ibu rumah tangga sampai pekerja kantoran berbong – bonding menjadi reseller.tentunya bagi pebisnis dibidang fashion perlu tetapkan marketing plan biar produk mereka diterima dipasaran.
Diskon Langsung dan Bonus Belanja
Sophie martin menjadi salah satu brand ternama yang cukup dikenal masyarakat Indonesia. Produk – produknya dinilai berkualitas serta kerap mengatakan banyak diskon. Ada pula bonus belanja bagi para membernya. Tak heran jikalau Sopie Martin bisa menjadi salah satu perusahaan yang cukup disegani di bidang bisnis.
Endorse
Satu lagi marketing plan dibidang fashion yang saying untuk anda lewatkan yakni endorse. Endorse berkembang beriringan dengan minat masyarakat dunia akan jejaring social yang ada. Para selebgram atau artis papan atas yang mengendorse produk anda juga secara tidak eksklusif merupakan pencitraan dari produk anda sendiri. Follower para tokoh kenamaan ini juga menghipnotis penjualan produk yang diendorse.
Live Event
Promosi melalui jalur online itu memang penting namun anda juga tak bisa mengesampingkan promosi secara offline. Untuk memperkenalan brand fashion anda ada baiknya untuk mengadakan live events. Peragaan busana atau sering ikut dalam ajang fashion week tentu akan menciptakan brand anda gampang dikenali. Anda juga bisa mengadakan ajang kompetisi dibidang desain baju maupun modeling yang masih berkaitan dengan produk anda.
Making Trend
Anda juga dituntut untuk menciptakan ekspresi dominan tersendiri biar bisa bersaing dengan brand fashion lainnya. Tak ada salahnya merekrut beberapa stylist dan fotografer untuk mendapat foto out of the box. Anda juga bisa mensponsori beberapa artis drama maupun film.Jangan takut untuk bereksperimen dengan bermacam-macam materi kain ataupun model. Desain pakaian juga bisa terinspirasi dari masa lalu, Untuk tanggal tertentu anda juga bisa menampilkan konsep baru. Contohnya saja untuk hari Kartini ataupun hari batik bisa memamerkan koleksi bernuansa batik nusantara.
Didik CS
Tahukah anda bahwasahnya karyawan juga bisa menjadi kunci bisnis anda. Tak ada yang bisa mengalahkan kepuasan pelanggan sehingga penting untuk meningkatkan pelayanan kepada mereka. Peningkatan pelayanan tentu melalui karyawan anda yang berkomunikasi secara eksklusif dengan para konsumen. Para customer service anda haruslah karyawan yang benar-benar bisa menangani saran, kritik dan pertanyaan pelanggan anda. Karyawan juga merupakan bab dari reputasi perusahaan anda sehingga perlu adanya pelatihan untuk menyebarkan diri mereka.
Making Community
Untuk mendongkrak pemasaran anda juga bisa dengan membentuk komunitas. Komunitas ini bisa bersifat permanen atau hanya pada hari tertentu saja. Untuk komunitas permanen anda bisa menciptakan fanspage di jejaring social Facebook. Untuk komunitas yang bersifatnya incidental bisa menggunakan hashtag di twitter ataupun ig. Sebagai teladan anda bisa menggunakan #IWILLWHATIWANT sebagai salah satu slogan branding.
Bisnis Pariwisata
Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan keberagaman dan kepulauan. Tak heran bila beberapa destinasi wisata menjadi salah satu alasan mengapa anda perlu tiba ke Indonesia. Bisnis dibidang pariwisata ini juga amat menjamur ibarat jikalau anda berkunjung ke Bali. Mulai dari hotel sampai travel agensi bertebaran diberbagai kota di Indonesia. Tingginya persaingan tentu saja menciptakan perusahaan yang bergerak dibidang pariwisata perlu mencanangkan marketing plan terbaik mereka.
Petualangan Rombongan
Bisnis pariwisata merupakan jenis bisnis yang gampang sekali berganti. Untuk itu penting bagi anda untuk mengikuti ren. Menurut sebuah penelitian aktivitas liburan yang paling mendominasi yakni camping dan hiking. Ini artinya berwisata secara rombongan amat diminati. Menurut data AS 147 juta orang Amerika Serikat pernah melaksanakan perjalanan petualangan. Ada baiknya anda mengatakan special harga untuk paket rombongan atau menyediakan paket liburan yang bisa dinikmati banyak orang.
Giveaway
Jika anda sering menyimak iklan berhadiah niscaya kebanyakan mengatakan liburan gratis kepada pemenangnya. Anda juga bisa mengatakan giveaway bagi pelanggan setia anda serta menarik beberapa pelanggan baru. Dengan adanya review dari pemenang giveaway anda juga bisa membentuk reputasi perusahaan anda lebih baik dimata masyarakat.
Paket Tour Yang Mampu Memacu Adrenalin
Paket liburan juga bisa berupa olahraga ekstrim yang bisa memacu adrenalin anda. Anda bisa mengatakan paket liburan ibarat bermain arum jeram, sky diving, snorkeling, diving, mountain bike. Paket olahraga ektrim ini tak hanya menantang para konsumen anda namun mengatakan pengalaman liburan yang berbeda dengan agensi tour and travel lainnya.
Built Partner
Untuk membangun bisnis pariwisata tentu saja partner menjadi bab penting dalam marketing plan anda. Beberapa obyek wisata biasanya bekerja sama dengan biro tour and travel ataupun para tukang becak maupun ojek untuk mengenalkan daerah wisata mereka. Alhasil beberapa daerah wisata menjadi lebih cepat dikenal public ibarat halnya kampong cokelat yang ada di Blitar, Jawa Timur. Anda juga perlu mengupdate lokasi wisata anda pada google maps untuk membantu para wisatawan dengan gampang menemukan lokasinya.
Campaign
Untuk urusan campaign ibarat anda perlu berguru dari Selandia Baru. Steven Dixon, Regional Manager South & South East Asia dari Tourism New Zealand memperkenalkan campaign 100% New Zealand. Campaign ini bermakna bahwa para wisatawan akan diberikan pengalaman wisata yang hanya sanggup dirasakan di Selandia Baru. Branding tourism New Zealand ini telah berlangsung sampai 16 tahun lamanya. Indonesia sendiri juga mempunyai campaign pesona Indonesia yang cukup berhasil mendongkrak pariwisata tanah air.
Pada tahun 2016 saja Indonesia menempati urutan ke 50 untuk kategori pariwisata Dunia. Anda juga bisa turut mengenalkan campaign pariwisata dari perusahaan anda. Jangan lupa untuk menciptakan sebuah video ataupun blog review biar lebih menarik netizen.
Itulah tadi beberapa teladan marketing plan yang bisa anda jadikan rujukan. Apapun bisnis anda jikalau tidak anda dipromosikan dengan baik maka jangan harap untuk mendapat penjualan tinggi. Biaya operasional memang tak bisa dibilang sedikit sehingga di awal membuka bisnis anda rencanakan dengan matang. Adanya marketing plan dan marketing strategy yang matang bukan hanya untuk mencapai penjualan yang tinggi pada waktu itu saja namun berkelanjutan sampai di masa depan. Semoga menambah wawasan anda dan bermanfaat bagi bisnis anda kedepannya ya!
Sumber https://carajadikaya.com
0 Response to "Contoh Marketing Plan"
Posting Komentar