iklan

Cara Stek Pohon Melinjo Dan Perawatannya Yang Mudah

 Agar sanggup mendapat pembibitan yang lebih akuran dan mengandung sifat indukan lebih ban Cara Stek Pohon Melinjo dan Perawatannya yang Mudah Agar sanggup mendapat pembibitan yang lebih akuran dan mengandung sifat indukan lebih banyak maka sangat disarankan memakai cara stek pohon melinjo. Melinjo ini ialah salah satu jenis pohon buah yang sanggup diolah menjadi bermacam-macam hal yang menarik. Bahkan sanggup dijadikan sebagai salah satu materi baku untuk pembuatan emping yang enak.


Untuk itu, tidak ada salahnya kita mencar ilmu untuk mengetahui bagaimana saja cara stek pohon melinjo yang baik dan benar supaya sanggup menghasilkan anakan yang unggulan.


Berikut pembahasan panduan cara stek pohon melinjo yang dianjurkan apalagi untuk para pemula, yaitu :


1. Mengetahui Syarat Tumbuh


Agar sanggup berkembang dan tumbuh dengan baik, maka terlebih dahulu kita harus mengenali apa saja syarat tumbuh untuk pohon melinjo ini. Seperti Cara Stek Pohon Langsat, tumbuhan buah yang satu ini juga memerlukan persayarat tumbuh tertentu.


Agar bibit melinjo sanggup tumbuh dengan baik nantinya sesudah cara stek pohon melinjo berhasil dilakukan, maka lebih baik untuk menempatkan di tempat yang sejuk. Daerah yang baik untuk perkembangan bibit melinjo ini ialah di ketinggian 0 hingga 1200 Mdpl. Sedangkan untuk penggunaan tanah yang baik bagi pertumbuhannya ialah tanah lempung, liat dan sedikit berpasir.


2. Pembibitan


Sebenarnya cara pembibitan melinjo ini sanggup dilakukan dengan cara penumbuhan biji selain cara stek pohon melinjo itu sendiri. Namun, sebab kali ini kita akan membahas ihwal cara stek pohon melinjo, maka kita akan lebih fokus bagaimana cara pembibitan memakai cara stek batang.


Tidak jauh dengan cara Cara Stek Bunga Seribu Bintang, cara lain yang sanggup dilakukan ialah pembibitan dengan cara okulasi ataupun cara sambung. Namun, untuk menghasilkan bibit yang baik apalagi dengan cara stek pohon melinjo, maka kita perlu menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu.


3. Persiapan Lahan Tanam


Jika nantinya hasil pembibitan dari stek pohon ini akan dibudidayakan dalam jumlah yang besar ibarat Cara Stek Pohon Durian Berkaki Tiga, maka usahakan menyediakan lahan yang luas.


Tidak hanya menyediakan lahan yang luas, namun juga menentukan penempatan yang tepat. Ini juga termasuk jarak tanam, maupun pencucian lahan.


Setidaknya bersihkan lahan sebelum mulai menanam bibit melinjo tersebut. Bersihkan lahan dari bermacam-macam tumbuhan pengganggu ibarat rumput dan sisa akar tanama. Bajak atau hanya memakai cangkul untuk menggemburkan tanah selama 2 hingga 4 ahad sebelum ditanam. Lakukan pemupukan dasar pada lubang tanam setidaknya 2 ahad sebelum penanaman.







4. Pemilihan Indukan Bibit


Seperti halnya Cara Stek Bunga Kertas 2 Warna dalam Satu Batang dan Perawatannya, kita harus tentukan indukan mana yang lolos seleksi untuk pembibitan. Mengapa harus menentukan pohon indukan? Karena nantinya bibit yang lahir dari cara stek pohon melinjo ini akan memalsukan sifat indukan.


Jadi, kemungkinan mendapat bibit unggulan yang sama dengan indukan akan lebih besar. Inilah mengapa sangat penting mengetahui indukan yang mana yang cocok untuk dilakukan stek tersebut. Pastikan indukan ini sudah dewasa dan sebelumnya sudah dipastikan berkualitas baik dan unggulan.


5. Persiapan Pembibitan Menggunakan Cara Stek Batang


Setelah mengetahui indukan mana yang akan dipilih untuk distek, maka berikut hal-hal yang harus dilakukan:



  • Pilihlah cabang ranting yang panjangnya 10 -15 cm dari pangkal. Bukan cabang ranting gres atau yang masih kecil.

  • Pilihlah ranting yang daunnya sudah agak bau tanah dan menyimpan banyak krolofil atau cadangan makanan.

  • Sayat secara miring di belahan hampir kepangkal cabang yang sudah dipilih tersebut. Usahakan memakai pisau tajam dan higienis untuk menghindari kerusakan dan abses cabang oleh mikroba dan perusak lainnyta.

  • Tutup cabang yang sudah disayat memakai media tanam dan siram dan tunggu hingga menghasilkan akar baru.

  • Setelah akar gres tumbuh, maka potong dan tanam di media tanam yang khusus untuk pembibitan ibarat polybag.

  • Isi polybag dengan gabungan tanah dan kompos dengan perbandingan 1 : 1.

  • Tempatkan di tempat teduh dan tidak eksklusif terkena air hujan. Sirami bibit seperlunya, jangan hingga media tanam terlalu lembab jikalau tidak ingin mengalami kebusukan.

  • Tanam di lahan yang sudah disediakan jikalau bibit sudah menghasilkan tunas gres di dalam polybag tersebut.


6. Penanaman Tanaman Melinjo


Ini hanya dilakukan sesudah semua langkah di atas dilakukan dengan baik. Pastikn tidak terjadi kerusakan akar dikala anda melaksanakan pembukaan bibit dari dalam polybag penanaman. Cara terbaik ialah dengan memukul terlebih dahulu supaya nantinya media tanam di dalam polybag lebih longgar dan tidak menyakiti belahan akar bibit.


Setelah bibit dipisahkan dari polybag maka saatnya untuk memasukkan kedalam lubang tanam yang sebelumnya telah di beri pupuk. Dan jangan lakukan penyiraman terlalu banyak sesudah memindahkan bibit ke dalam lahan tanam. Agar sanggup terjaga dan tumbuh dengan baik, sebaiknya bibit disangga memakai bambu ataupun kayu.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Stek Pohon Melinjo Dan Perawatannya Yang Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel