iklan

Akuntansi Biaya Sebagai Fatwa Bagi Wirausaha Untuk Mengendalikan Bisnis

Mempelajari akuntansi, bukan sekedar proses pencatatan transaksi masuk, transaksi keluar, serta pemasukan dan pengeluaran biaya perusahaan. Namun ada beberapa bidang lain dari akuntansi yang harus dipahami oleh wirausaha, terutama mereka yang gres memulai. Jika perusahaan atau bisnis yang kita jalankan merupakan bisnis yang memproduksi suatu barang, maka dibutuhkan akuntansi biaya atau cost accounting.


Cost accounting lebih menyasar pada sistem yang dikumpulkan dan disajikan dalam menghitung biaya produksi. Terlebih pada bisnis yang bergerak di bidang manufaktur, maka cost accounting sudah niscaya digunakan untuk mengatur segala biaya masuk dan keluar yang digunakan dalam proses produksi.


Biaya merupakan hal krusial pada setiap bisnis. Karena biaya sebagai info berapa kebutuhan yang harus didahulukan dalam membuat produk. Sehingga administrasi bisnis sanggup mempertanggungjawabkan biaya yang digunakan.


Cost accounting ini sangat penting Anda pelajari, terutama ketika Anda ingin memulai sebuah usaha. Tanpa adanya cost accounting, maka akan menyulitkan Anda dalam melaksanakan pelacakan, pencatatan, serta menganalisis semua biaya yang digunakan dalam memproduksi sebuah barang atau jasa yang diperuntukan kepada konsumen Anda.


Sebagai pengusaha, Anda juga harus mengetahui tujuan adanya cost accounting. Sehingga Anda sanggup menghitung berapa biaya yang memang diharapkan untuk setiap produksi dalam periode tertentu. Sehingga Anda sanggup menghitung berapa biaya yang harus dikeluarkan dalam satu kali proses produksi dalam bisnis yang Anda jalankan.


Tujuan Akuntansi Biaya


Dapat Menetapkan Harga Jual


Berapa harga jual yang cukup layak diberikan kepada konsumen? Bagaimana cara penghitungan harga jual tersebut? Dalam tetapkan harga jual, maka Anda harus menghitung semua biaya yang dikeluarkan dalam produksi.


Mengetahui Biaya dan Laba yang Diperoleh


Hal yang paling penting dalam setiap bisnis yaitu berapa keuntungan yang diterima dalam periode tertentu. Jika Anda tidak mengetahui berapa biaya yang dikeluarkan, maka Anda akan sangat sulit memilih keuntungan yang diterima.


Sebagai Bahan Pengambilan Keputusan


Dengan melaksanakan penetapan penghitungan biaya, maka sanggup ditentukan apa yang harus  diperbaiki dari kualitas produk, menekan biaya operasi yang tidak terlalu dibutuhkan, dan mengendalikan operasional perusahaan.


Sebagai Penentuan Anggaran Perusahaan


Hal ini berkaitan dengan berapa biaya yang diberikan oleh investor untuk bisnis yang Anda jalankan. Karena cost accounting akan mengatur mengenai biaya yang diharapkan dalam melaksanakan produksi setiap tahun. Sehingga investor sanggup memperlihatkan dananya dalam jangka waktu tertentu.


Tentunya dengan adanya cost accounting, maka hal tersebut sanggup membantu perusahaan dalam menganalisis pengeluaran, dan tetap memaksimalkan untuk mendapat keuntungan yang optimal. Sehingga perusahaan sanggup berjalan dengan sehat.


Selain mempunyai tujuan, akuntansi biaya juga mempunyai fungsi yang harus diketahui oleh wirausahawan. Tanpa mengetahuinya, maka Anda tidak sanggup menemukan fungsi dari cost accounting itu sendiri. Dan tujuan dari cost accounting pun sanggup ditentukan sampai masa depan.


Fungsi Akuntansi Biaya


Informasi Untuk Perencanaan Biaya dan Beban


Sebuah bisnis tentunya ingin berjalan selamanya, tak mungkin Anda mendirikan perjuangan hanya untuk merayakan suatu hari saja bukan? Untuk itu, dalam mendirikan perjuangan diharapkan perencanaan yang matang terhadap biaya dan beban yang akan terjadi selama proses produksi berlangsung, sehingga bisnis Anda sanggup berjalan selamanya.


Dari cost accounting ini akan keluar menjadi sebuah laporan keuangan yang sanggup digunakan untuk asumsi produksi pada masa mendatang. Perencanaan ini sangat penting untuk melihat hasil pada masa lalu, dan sebagai perencaan untuk masa depan.


Sebagai Alat Perhitungan dan Pelaporan Harga Biaya Beserta Segenap Unsur yang Terkait


Dalam menghitung Harga Pokok Produksi (HPP), bisnis yang Anda jalankan tidak hanya memasang harga dari bab produksi saja. Anda juga harus sanggup memilih berapa harga yang masuk akal untuk bersaing di pasaran. Dalam memilih sebuah harga, Anda pun harus melihat siapa target konsumen Anda dan berapa harga yang diberikan oleh pesaing Anda.


Dalam penentuan harga pokok, tidak sanggup hanya menurut dari divisi produksi saja. Tetapi Anda juga harus melihat berapa biaya yang dikeluarkan untuk melaksanakan riset dan pengembangan produk sampai diterima oleh konsumen. Harga pokok juga harus menyesuaikan pada biaya riset dan pengembangan yang sudah dikeluarkan perusahaan.


Sebagai Alat Penyusun Anggaran Produksi


Akuntansi biaya juga digunakan sebagai alat yang digunakan untuk menyusun anggaran produksi. Sehingga diketahui berapa biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi satu buah produk. Sehingga tersusun anggaran yang sesuai dengan kebutuhan.


Dalam penyusunan anggaran ini, tidak hanya menghitung biaya yang dikeluarkan dalam memproduksi produk tersebut. Tetapi Anda juga harus menghitung berapa biaya yang diharapkan untuk membayar karyawan, biaya kapasitas mesin menyerupai listrik atau materi bakar yang dibutuhkan. Semua ini harus tersusun dengan rapih dalam anggaran produksi.


Sebagai Informasi Pada Pihak Manajemen dan Investor


Ini lah yang paling penting dari seluruh kegiatan akuntansi biaya. Setiap produksi yang dilakukan oleh bab produksi harus diketahui secara terang oleh manajemen, investor atau oleh owner perusahaan. Sehingga mereka sanggup mengetahui bagaimana proses produksi, penggunaan anggaran produksi, dan apakah terjadi penyimpangan atau tidak.


Jika memang terdapat beberapa kesalahan dalam proses produksi penggunaan anggaran, dan penyimpangan lainnya. Maka pihak administrasi akan melaksanakan pengambilan keputusan biar setiap proses sanggup berjalan pada guideline yang sudah ditentukan semenjak awal.


Itulah beberapa tujuan dan fungsi akuntansi biaya yang harus diketahui oleh para wirausaha. Cost accounting, tidak harus diterapkan dalam bisnis skala besar saja. Namun, bisnis skala kecil pun sanggup menerapkan cost accounting untuk keberlangsungan bisnis yang Anda jalankan.



Sumber http://solusiukm.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Akuntansi Biaya Sebagai Fatwa Bagi Wirausaha Untuk Mengendalikan Bisnis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel