iklan

5 Perbedaan Laptop, Notebook, Netbook, Ultrabook, Chromebook Dan Tablet Pc “Jangan Keliru”

Perbedaan Laptop, Notebook, Netbook, Ultrabook, Chromebook, Tablet PC



Perbedaan laptop dan notebook –saat ini laptop bukan lagi menjadi barang asing, alasannya yaitu kita sanggup dengan gampang melihatnya diberbagai tempat. Istilah laptop pada awalnya merupakan semua jenis PC portabel. Namun semakin berkembangnya jaman, semakin banyak pula jenis laptop dan mempunyai istilah baru. Sehingga tak jarang kita gundah mengenai perbedaan laptop dan notebook, ultrabook, netbook, dan lainnya. Akan tetapi banyak sekali istilah perangkat tersebut mempunyai aksara dan perbedaan tersendiri, baik komponen maupun ukurannya. Nah, berikut ini akan kita ulas banyak sekali istilah tersebut semoga anda tidak kebingungan membedakannya. Perlu anda ingat, lantaran teknologi terus berevolusi maka mungkin saja definisi dari banyak sekali istilah tersebut akan berbeda.


1. Notebook


saat ini laptop bukan lagi menjadi barang absurd 5 Perbedaan Laptop, Notebook, Netbook, Ultrabook, Chromebook dan Tablet PC “Jangan Keliru”


Menurut banyak orang, notebook merupakan perangkat pengganti PC yang sempurna. Karena komponen dekstop PC hampir semua berada didalamnya, sehingga notebok digadang-gadang sebagai generasi pertama laptop. Umumnya notebook dibekali CD/DVD/Blu-Ray Drive dan touchpad pengganti mouse. Selain itu, ada juga VGA, HDMI, port USB, perangkat fungsional menyerupai WiFi, Bluetooth dan card reader. Notebook juga dilengkapi baterai yang sangat membantu dalam pemakaiannya.

Untuk membedakan notebook dengan perangkt lainnya yaitu dari ukuran, notebook berukuran 12-18 inci. CD/DVD/Blu-Ray Drive yang tersedia menjadi kunci utama dalam membedakan notebook dengan perangkat lain.


2. Netbook


saat ini laptop bukan lagi menjadi barang absurd 5 Perbedaan Laptop, Notebook, Netbook, Ultrabook, Chromebook dan Tablet PC “Jangan Keliru”


Perangkat yang disebut sebgai laptop mini ini mempunyai ukuran yang kecil yaitu, 9 incihingga 12 inci. Netbook menjadi sangat terkenal sejak muncul seri Asus eeePC. Kebanyakan netbook ketika ini berukuran 11.6 inci.Netbook mempunyai spesifikasi di bawah notebook, menyerupai kartu grafis, prosessor, tidak dilengkapi CD/DVD/Blu-Ray Drive, dan lainnya. Selain itu harga dari netbook juga cukup murah, di Indonesia sendiri netbook dijual berkisar 2 – 4 juta rupiah.

Dengan harga yang lebih murah dan ukuran kecil menjadi keunggulan tersendiri dari netbook, lantaran netbook lebih cocok dipakai pelajar ataupun mahasiswa. Sayangnya netbook tidak cocok dipakai untuk bermain game atau aplikasi grafis, pasalnya netbook tidak sanggup menjalankannya dengan lancar. Namun, kalau dipakai untuk brrowsing, menonton video, ataupun mengetik tugas, netbook sangat cocok.


3. Ultrabook


saat ini laptop bukan lagi menjadi barang absurd 5 Perbedaan Laptop, Notebook, Netbook, Ultrabook, Chromebook dan Tablet PC “Jangan Keliru”


Keluarga gres dari laptop ini pada awalnya diperkenalkan oleh Intel, namun kini sudah dipakai oleh semua manufaktur. Pada dasarnya ultrabook merupakan perpaduan notebook dan netbook. Ukuran yang kecil yaitu 11-15 inci, tidak dilengkapi CD/DVD/Blu-Ray Drive. Namun mempunyai spesifikasi lebih tinggi dibanding notebook, ciri khas dalam ultrabook yaitu penggunaan SSD (Solid State Drives). SSD yaitu hard disk yang lebih baik dibandingkan hard disk cakram biasa. Akan tetapi ada juga ultrabook yang tidak dilengkapi SSD, hanya hard disk standart.

Bodi yang ramping dan ringan, gampang dibawa kemana saja menjadi ciri-ciri ultrabook. Selain itu layar ultrabook biasanya sudah touchscreen. Namun lantaran banyak sekali kelebihan tersebut, harga yang ditawarkan juga tidak mengecewakan mahal. Ultrabook yang terkenal yaitu Asus Zenbook dan Macbook Air.


4. Chromebook


saat ini laptop bukan lagi menjadi barang absurd 5 Perbedaan Laptop, Notebook, Netbook, Ultrabook, Chromebook dan Tablet PC “Jangan Keliru”


Layaknya ultrabook, chromebook mempunyai ukuran sekitar 11 – 15 inci. Selain itu, harga chromebook ketika ini sangat murah, namun spesifikasi yang dimiliki sangat minimalis dibandingkan denga notebook ataupun netbook. Sistem operasi yang dipakai yaitu ChromeOSbuatan Google berbasis web. Meskipun hanya berbasis web dan spesifikasi yang pas-pasan, chromebook sanggup berjalan dengan lancar.

Chromebook dibandrol dengan harga sekitar 2 – 3 jutaan, sehingga chromebook sangat cocok dipakai untuk pelajar ataupun pemula. Keunggulan dari chromebook yaitu sanggup dipakai untuk mengakses internet dan dipakai untuk banyak sekali macam aplikasi office.


5. Tablet PC


saat ini laptop bukan lagi menjadi barang absurd 5 Perbedaan Laptop, Notebook, Netbook, Ultrabook, Chromebook dan Tablet PC “Jangan Keliru”


Seri yang biasanya disebut sebagai tablet hybrid dan laptop hybrid yaitu tablet PC. Kenapa perangkat tablet PC ini sering disebut hybrid? Karena perangkat ini sanggup dirubah menjadi laptop ataupun tablet dalam sekejap. Perubahan tersebut sanggup dilakukan dengan cara digeser, diputar, ataupun lainnya. Tablet PC biasanya memakai sistem operasi OS mobile menyerupai iOS, Windows RT ataupun Android. Spesifikasi didalamnya juga lebih condong pada perangkat tablet, oleh lantaran itu banyak orang yang menyebut layaknya tablet diberi keyboard.


Dengan bentuk yang ramping minimalis dan kecil, perangkat tablet PC ini sangat cocok kalau dipakai oleh orang kantoran, ataupun jurnalis. Karena tablet PC sanggup dipakai untuk mengetik di banyak sekali tempat, bahkan di perjalanan. Namun sayangnya, tablet PC mempunyai harga yang cukup mahal. Sehingga kebanyakan orang menentukan untuk membeli tablet dan keyboard eksternal yang lebih murah. Ataupun membeli laptop sekalian, alasannya yaitu laptop dirasa lebih efisien lantaran spesifikasi yang lengkap.


Nah, berikut tadi yaitu banyak sekali definisi dan juga perbedaan laptop dan notebook, netbook, chromebook, ultrabook, serta tablet PC. Setelah mengetahui banyak sekali macam perbedaan di atas, kini anda tidak perlu gundah lagi untuk membedakannya. Selain itu, anda semakin mengetahui dan sanggup menentukan perangkat yang cocok dalam menunjang kebutuhan sehari-hari.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Perbedaan Laptop, Notebook, Netbook, Ultrabook, Chromebook Dan Tablet Pc “Jangan Keliru”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel