iklan

10 Penyebab Ram Komputer Cepat Penuh

10 Penyebab RAM Komputer Cepat Penuh - Pernahkah Anda mengalami situasi di mana komputer Anda terasa sangat lambat dikala digunakan? Tentu sangat menyebalkan bukan itu. Waktu anda terbuang hanya menunggu kegiatan final menjalankan perintah.

Apalagi jikalau kegiatan yang Anda jalankan cukup berat dan Anda sedang mengejar batas waktu kiprah atau pekerjaan. Rasanya ingin melembiru (melempar ganti baju baru) komputer yang kita gunakan itu.

Salah satu penyebab komputer lambat yaitu RAM penuh. Mungkin Anda sudah menemukan bahwa RAM Computer sudah penuh, bahkan sebelum kita menjalankan aplikasi apapun. Atau apakah Anda mengalaminya sekarang? Tak jarang komputer mogok lantaran RAM terlalu penuh, itu sangat merepotkan.

Efek Ram pada kerja komputer sangat besar, bahkan PC atau Laptop Anda pun tidak akan menyala jikalau RAM rusak. Random Access Memory atau disingkat dengan RAM, yaitu salah satu jenis perangkat penyimpanan komputer. Fungsi RAM yaitu sebagai kawasan penyimpanan sementara untuk data atau isyarat prosesor yang diolah.

Ada banyak penyebab ram pc penuh, salah satunya tidak cukup RAM. Tetapi jikalau ada RAM dan aplikasi besar yang Anda gunakan hanya normal, perlu dicari sumber problem yang mengakibatkan memori RAM di komputer Anda cepat penuh.

 Pernahkah Anda mengalami situasi di mana komputer Anda terasa sangat lambat dikala digunaka 10 Penyebab RAM Komputer Cepat Penuh
RAM


1. Terlalu Banyak Aplikasi Start-up
Aplikasi start-up yaitu aplikasi yang sanggup diprogram untuk dijalankan segera dikala komputer aktif (startup). Anda bisa melihat aplikasi yang merupakan aplikasi startup dengan mengetik msconfig di kotak Run (win + R).

Biasanya aplikasi yang berjalan dikala startup aplikasi cukup penting ibarat antivirus, firewall, dan aplikasi pembantu lainnya.

Tapi terkadang aplikasi lain yang tidak cukup penting untuk ikut (baca juga: bagaimana cara mengganti bahasa di laptop).

Jumlah aplikasi startup akan mengakibatkan ruang memori RAM pribadi dimuat banyak semenjak komputer dinyalakan. Alhasil kapasitas RAM untuk kegiatan lain akan turun drastis, dan RAM menjadi penuh dengan cepat.

Untuk memperbaikinya harus ada aplikasi yang berkurang yang dijalankan dikala startup. Prioritaskan aplikasi penting ibarat antivirus, sedangkan apikasi lainnya hanya membiarkannya berjalan hanya dikala kegiatan dijalankan.

Dengan begitu, kapasitas memori tidak habis oleh aplikasi startup, dan kinerja komputer menjadi lebih optimal.

2. Jumlah Layanan atau Layanan yang Berjalan
Selain startup, beberapa layanan atau layanan juga akan berjalan otomatis semenjak komputer dinyalakan. Seringkali layanan atau layanan yang tidak perlu juga berjalan dan mengisi memori RAM komputer (Juga baca: perbedaan RAM dan ROM).

Misalnya layanan svchost.exe cukup banyak ditemui dan memakan banyak memori. Anda bisa menghentikan servisnya, sehingga ruang bebas pada RAM anda bertambah.

3. Kurang Kapasitas RAM
Kapasitas memori yang tidak mencukupi (RAM) akan mengakibatkan kapasitas memori RAM menjadi cepat penuh. Program aplikasi yang lebih gres biasanya memakai kapasitas memori komputer lebih banyak daripada kegiatan aplikasi lawas. Hal ini disebabkan adanya peningkatan kualitas dan fitur program.

Karena itu, jikalau Anda menjalankan kegiatan terbaru memakai komputer usang dengan kapasitas memori standar, maka tidak absurd jikalau ruang memori di RAM menjadi penuh dengan cepat. Harus beralih memakai aplikasi lawas, atau menambahkan kapasitas RAM komputer Anda (baca juga: tip untuk membeli kapasitas ram sesuai kebutuhan).

4. Memori Bermasalah
Kapasitas RAM juga bisa berkurang jikalau RAM bermasalah atau rusak. Tidak hanya itu kerusakan pada memori bahkan bisa mengakibatkan komputer di restart, hang, bahkan mengakibatkan komputer tidak bisa menampilkan display di monitor.

Periksa apakah memori Anda dalam keadaan baik, Anda sanggup memeriksanya dengan mencoba memakai memori lain atau memakai memori itu di komputer lain. Terkadang RAM yang kotor juga bisa mengakibatkan RAM tidak berjalan dengan baik. Anda bisa mencoba membersihkan pin RAM dari Laptop atau PC Anda dengan memakai karet penghapus.

5. Malware atau Virus Komputer
Virus atau serangan malware komputer sangat berbahaya, mulai dari menciptakan laptop atau pc menjadi lambat, mencuri data, sampai merusak sistem komputer sampai komputer tidak bisa berjalan.

Virus yaitu kegiatan gangguan dan diciptakan atas dasar kepentingan pribadi pembuatnya. Program ini biasanya berjalan di backgroud semoga tidak terdeteksi oleh pengguna komputer.

Saat berlari, kegiatan ini berisi virus atau malware ini tentunya akan memakai memori RAM komputer. Beberapa malware bahkan melaksanakan proses usul berulang kali, sehingga kapasitas RAM menjadi penuh. Dan bukan hanya kapasitas RAM, sumber daya lain di komputer ibarat tenaga listrik contohnya menjadi boros.

Apalagi jikalau komputer diserang oleh malware yang menciptakan komputer Anda gunakan sebagai botnet aktif. Resourch yang dipakai akan sangat besar.

Untuk itu penting untuk menginstall antivirus di komputer anda, dan memindai keseluruhan partisi komputer secara berkala. Apalagi kalau komputer anda terhubung ke internet.

Juga pastikan untuk mengupdate antivirus yang anda pakai, semoga virus terbaru bisa terdeteksi. Selain itu, update antivirus biasanya juga memperbaiki bug, atau celah dalam kegiatan antivirus.

6. Program Antivirus Terlalu Berat
Ada banyak sekali jenis antivirusa yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Selain melihat kelebihan antivirus, perhatikan pula kemampuan komputer Anda dikala menentukan antivirus yang akan digunakan.

Alih-alih memakai dua program, anti virus dan anti malware, sebaiknya Anda memakai antivirus yang juga menyediakan layanan anti-malware.

Ini akan menghemat ruang memori komputer Anda. Selain itu, perhatikan juga kapasitas memori yang Anda miliki (baca: cara mengecek laptop ram), antivirus yang terlalu berat akan menghabiskan memori RAM Anda, jadinya cepat RAM penuh. Gunakan antivirus yang lebih ringan.

7. Update Operating System (Windows)
Sama ibarat kegiatan perangkat lunak lainnya, vendor sistem operasi juga terus melaksanakan perbaikan pada sistem operasi yang dilakukan.

Sistem operasi yang paling banyak dipakai di dunia dikala ini, yaitu Windows juga selalu diperbaharui secara terencana oleh microsoft. Sebaiknya perbarui sistem operasi yang Anda gunakan setiap kali update terbaru dari vendor. Selain meningkatkan keamanan komputer, mengupdate windows sering memecahkan banyak sekali problem termasuk memori full yang cepat.

8. Update Driver
Driver yaitu kegiatan khusus yang dibentuk untuk memungkinkan sistem operasi berkomunikasi dengan perangkat keras yang terhubung ke komputer.

Misalnya sound driver untuk suara: terhubung dengan speaker, atau driver WLAN untuk terhubung dengan jaringan nirkabel, driver printer, dll.

Jika driver mengalami problem ibarat crash dengan sistem operasi, hal itu sanggup mengakibatkan penggunaan CPU dan RAM menjadi tinggi. Alhasil kapasitas RAM menjadi penuh lantaran penuh tersedot oleh pengemudi yang mengalami kecelakaan. Upload update driver, semoga kompatibel dengan sistem operasi komputer yang Anda gunakan.

9. Terlalu banyak Plugins on Browser
Plugin ini merupakan kegiatan aplikasi komplemen untuk menambahkan banyak sekali layanan ke browser. Entah Anda menggunakannya atau tidak, plugin akan segera berjalan dikala browser Anda diaktifkan.

Akibatnya penggunaan RAM akan meningkat. Untuk itu sebaiknya Anda membatasi penggunaan plugin pada browser sehingga RAM tidak cepat penuh.

10. Program berjalan di Background
Jumlah kegiatan yang berjalan di latar belakang juga akan mensugesti kapasitas RAM komputer Anda. Semakin banyak kegiatan yang dijalankan, semakin besar pula kapasitas memori yang digunakan.

Seringkali virus juga berjalan di background. Anda sanggup menyidik kegiatan apa yang sedang berjalan di background dan menghentikannya jikalau mereka merasa programnya tidak penting. Ini akan menambah ruang kosong di memori
Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Penyebab Ram Komputer Cepat Penuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel