iklan

Tips Langkah Sukses Perjuangan Ternak Ayam Datangkan Rupiah

Usaha ternak ayam – Untuk memulai suatu bisnis niscaya akan menciptakan Anda untuk berpikir keras. Apalagi ketika harus memikirkan jenis atau bentuk bisnis yang akan Anda jalankan. Hal tersebut tentu sangatlah masuk akal dalam dunia bisnis. Untuk memulai suatu bisnis tentunya Anda akan membutuhkan banyak waktu dan sejumlah modal. Disamping itu Anda juga harus memikirkan segala kebutuhan dan kemungkinan yang akan terjadi ketika bisnis tersebut sudah Anda jalankan dengan matang.


Pada ketika memulai bisnis, pastinya harapan terbesar Anda yakni memperoleh sejumlah keuntungan. Hal tersebut juga akan menjadi tujuan utama Anda dalam menjalankan suatu bisnis. Jika bisnis Anda sudah mulai berjalan, jangan Anda lakukan secara asal – asalan dalam menjalankannya. Semua harus Anda perhitungkan secara detail dan Anda harus menjalankan bisnis tersebut dengan giat. Sehingga apa yang Anda harapkan dari bisnis tersebut sanggup tercapai dengan baik.


artikel terkait bisnis ayam: Bisnis Ternak Ayam Jawa Super. Panen Cepat!!!


Perlu Anda ketahui, bisnis bukanlah suatu acara atau kegiatan yang sanggup menghasilkan secara eksklusif atau instan. Keberhasilan sebuah bisnis sangat bergantung pada prosesnya. Semakin baik Anda berproses dalam menjalankan bisnis, maka semakin tinggi peluang keberhasilan bisnis Anda.


Saat ini bisnis yang mempunyai prospek menjanjikan yakni bisnis yang berbasis pertanian. Kebutuhan pokok akan sandang pangan menciptakan bisnis pertanian akan menjadi peluang perjuangan yang menjanjikan. Salah satu jenis bisnis berbasis pertanian dengan laba yang besar salah satunya yakni bisnis ternak ayam.


 Untuk memulai suatu bisnis niscaya akan menciptakan Anda untuk berpikir keras Tips Langkah Sukses Usaha Ternak Ayam Datangkan Rupiah
Usaha ternam ayam broiler

Bisnis Ternak Ayam Yang Cocok Untuk Pemula


Tidak semua bisnis harus Anda mulai dengan modal yang banyak atau besar. Yang terpenting dalam menjalankan bisnis yakni Anda mengerti dengan baik apa yang Anda lakukan. Bisnis ternak ayam merupakan bisnis dengan modal kecil tetapi mempunyai prospek laba yang tinggi.


Jika Anda tertarik dengan bisnis ternak ayam, sangat kami sarankan untuk beternak ayam pedaging atau biasa disebut ayam broiler. Itu dikarenakan ajakan akan daging ayam di pasaran terus meningkat, belum lagi ketika pada ekspresi dominan hari raya. Harga daging ayam sanggup melambung tinggi di pasaran.


Anda sanggup meraup untung besar dari perjuangan ternak ayam ini. Harga ayam potong dipasaran sekitar Rp 20.000 sampai Rp 40.000 per kilonya. Padahal satu ekor ayam pedaging bobotnya sanggup mencapai 1,6 kg. Belum lagi ketika ekspresi dominan hari raya, tentunya harga daging ayam sanggup meningkat tajam sampai Rp 50.000 – Rp 80.000 per kilonya.


Tips Jitu Usaha Ternak Ayam


Pada ketika Anda menjalankan perjuangan ternak ayam, hal yang mungkin menjadi ketakutan terbesar Anda yakni kerugian atau kegagalan. Untuk menghindari hal – hal tersebut lakukan langkah – langkah berikut ini :



  • Buatlah sangkar sesuai dengan jumlah ayam yang akan Anda ternakkan. Pastikan penempatan sangkar sanggup memenuhi pencahayaan dan pastikan kestabilan suhu di dalam kandang.

  • Perhatikan ketersediaan materi pendukung yang akan menunjang perjuangan ternak ayam Anda. Seperti ketersediaan air, listrik,tempat pakan, serta daerah minum.

  • Berilah perhatian ekstra selama 14 hari pertama pada ternak ayam Anda. Masa tersebut merupakan masa yang rentan bagi anakan ayam. Perhatikan juga suhu kelembaban di dalam sangkar alasannya yakni akan bepengaruh terhadap kondisi ayam.

  • Berilah pakan secara teratur serta bersihkan sangkar dari kotoran dan sisa – sisa makanan.

  • Pada masa sehabis 14 hari pertama, ternak akan lebih gampang untuk dirawat. Berilah pakan 2 – 3 kali sehari.

  • Lakukan vaksin secara terjadwal yaitu pada hari ke 7, hari ke 14, serta hari ke 21.

  • Berikan antibiotik serta vitamin. Pemberian dilakukan pada ketika 5 sampai 10 hari sebelum Anda melaksanakan panen.


Memulai dengan Tepat Usaha Ternak Ayam


Jalankanlah bisnis Anda dengan sungguh – sungguh. Artinya setiap langkah sudah Anda perhitungkan dengan matang. Termasuk segala kemungkinan yang akan Anda hadapi selama menjalankan perjuangan ternak ayam. Sehingga kedepannya tidak ada yang akan menjadi hambatan besar untuk Anda selesaikan dan laba yang didapatkan sesuai dengan keinginan.


Artikel ayam lainnya: 8 Prinsip Membangun Bisnis Ternak Ayam Kampung


Analisis Sederhana Usaha Ternak Ayam


Untuk menjadi materi pertimbangan Anda dalam memulai perjuangan ternak ayam, berikut analisis usahanya :


Biaya Tetap Usaha Ternak Ayam 


Kandang ayam ukuran 3 m2 sebanyak 5 buah= Rp3.000.000


Tempat minum sebanyak 10 buah= Rp70.000


Tempat pakan sebanyak 10 buah= Rp50.000


Lampu penerangan sebanyak 10 buah= Rp25.000


Total biaya tetap= Rp3.145.000


Biaya Variabel Usaha Ternak Ayam


200 anakan ayam x @1000= Rp200.000


5 karung konsentat x @120.000= Rp600.000


Obat – obatan= Rp120.000


Biaya listrik= Rp35.000


Total biaya variabel= Rp955.000


Total modal awal= Rp4.100.000


Pendapatan Kotor Usaha Ternak Ayam


Bobot ayam 200 ekor x @1,5kg= 300kg


Harga jual 300kg x @Rp40.000= Rp12.000.000


Pendapatan Bersih Usaha Ternak Ayam


Pendapatan kotor – Total Modal


Rp12.000.000 – Rp4.100.000= Rp7.900.000


 Untuk memulai suatu bisnis niscaya akan menciptakan Anda untuk berpikir keras Tips Langkah Sukses Usaha Ternak Ayam Datangkan Rupiah
Anakan ayam broiler

Sumber gambar: youtube, ayam broiler, preneuria


 




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Langkah Sukses Perjuangan Ternak Ayam Datangkan Rupiah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel