iklan

[Pengertian Dan Contoh] Kebutuhan Jasmani Dan Rohani

Pengertian dan Contoh Kebutuhan Jasmani dan Rohani | Manusia hidup selalu berurusan dengan duduk masalah kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan merupakan salah suatu hal yang harus dipenuhi oleh seseorang semoga sanggup bertahan hidup. Kebutuhan hidup insan intinya tidak ada yang sama dan berbeda-beda.

Kebutuhan insan itu tiada batasan alasannya yaitu begitu banyak macamnya. Untuk lebih memudahkan mengetahui apa saja macam-macam kebutuhan. Kebutuhan tersebut dikelompokkan berdasarkan banyak sekali hal, yakni kebutuhan berdasarkan intensitas, sifat, bentuk, waktu, dan subjek. (Baca juga: Faktor yang mempengaruhi kebutuhan )

Kali ini akan diulas mengenai kebutuhan insan berdasarkan sifatnya. Kebutuhan insan berdasarkan sifatnya terdiri atas kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani. Kebutuhan jasmani ini biasanya bersifat lebih material, sedangkan kebutuhan rohani mempunyai sifat immaterial.

Pengertian dan Contoh Kebutuhan Jasmani dan Rohani [Pengertian dan Contoh] Kebutuhan Jasmani dan Rohani

Kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani merupakan kebutuhan pokok insan yang didasari dengan sifat kebutuhan tersebut. Kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani merupakan hal yang sangat penting untuk dipenuhi oleh semua orang.

Jika kebutuhan ini tidak terpenuhi, maka sanggup mengakibatkan duduk masalah dalam kelangsungan hidup insan itu sendiri. Berikut ini yaitu klarifikasi perihal kebutuhan jasmani dan rohani beserta contohnya.

Kebutuhan Jasmani

Pengertian Kebutuhan Jasmani

Kebutuhan jasmani merupakan kebutuhan yang diharapkan oleh jasmani, tubuh atau tubuh manusia. Kebutuhan jasmani ini berkaitan dengan duduk masalah kesehatan ataupun penampilan seseorang.

Pengertian kebutuhan jasmani secara umum sanggup diartikan sebagai kebutuhan yang sanggup dirasakan oleh fisik atau tubuh manusia. Kebutuhan jasmani ini secara eksklusif berkaitan dengan tubuh manusia.

Jika kebutuhan jasmani ini tidak bisa terpenuhi, maka insan akan mengalami masalah, menyerupai duduk masalah kesehatan tubuh.

Pengertian dan Contoh Kebutuhan Jasmani dan Rohani [Pengertian dan Contoh] Kebutuhan Jasmani dan Rohani

Baca juga: 

  1.  [Pengertian dan Contoh] Kebutuhan Primer, Sekunder, dan Tersier
  2. Pengertian + Contoh Barang Subtitusi dan Barang Komplementer
  3. [Macam-Macam] Alat Pemuas Kebutuhan Manusia + Contohnya

Contoh Kebutuhan Jasmani

Contoh dari kebutuhan jasmani antara lain adalah:

  • Makanan dan Minuman
  • Pakaian
  • Olahraga
  • Kesehatan
  • Istirahat cukup

Jika kebutuhan jasmani insan contohnya berupa masakan dan minuman ini tidak sanggup dipenuhi dengan baik, maka bisa saja akan mengakibatkan seseorang sakit atau bahkan akan mengalami gizi buruk. Kaprikornus sangatlah penting untuk memenuhi kebutuhan jasmani berupa makan dan minum semoga hidup berlangsung dengan baik dan sehat.

Jika kebutuhan berupa olahraga dan istirahat yang cukup tidak sanggup terpenuhi dengan baik, maka seseorang akan mempunyai daya tahan tubuh yang rendah dan gampang terjangkit penyakit. Begitu pula dengan kebutuhan jasmani berupa pakaian, bila tidak sanggup terpenuhi dengan baik, maka bisa menciptakan seseorang aib dan kehilangan jati dirinya.

Jadi, sanggup diambil kesimpulan bahwa bila kebutuhan jasmani ini tidak sanggup terpenuhi dengan baik, maka akan berdampak eksklusif pada fisik individu itu sendiri.

Kebutuhan Rohani

Pengertian Kebutuhan Rohani

Rohani atau jiwa insan tentu saja mempunyai kebutuhan yang harus dipenuhi, kebutuhan ini disebut kebutuhan rohani. Kebutuhan rohani yaitu kebutuhan insan yang berkaitan dengan psikologis dirinya. Karena yang mencicipi atau membutuhkan kebutuhan rohani ini bukanlah fisik insan itu sendiri, melainkan jiwa insan yang paling dalam.

Kebutuhan rohani berkaitan dengan tuntutan perasaan, etika, dan keyakinan insan demi terpenuhinya kepuasan batin. Kebutuhan rohani tidak berkaitan eksklusif dengan fisik insan sehingga tidak sanggup dilihat secara langsung. Kebutuhan rohani merupakan kebutuhan batin yang hanya sanggup dirasakan oleh individu yang bersangkutan.

Pengertian dan Contoh Kebutuhan Jasmani dan Rohani [Pengertian dan Contoh] Kebutuhan Jasmani dan Rohani

Baca juga: 

  1.  Pengertian Kebutuhan dan 11 Macam-Macamnya
  2. 6 Faktor yang Mempengaruhi Konsumsi Rumah Tangga

Contoh Kebutuhan Rohani

Contoh dari kebutuhan rohani insan antara lain:

  • Ibadah
  • Rekreasi atau hiburan
  • Ilmu pengetahuan
  • Bersosialisasi dengan masyarakat
  • Melakukan hobby

Hal ini sanggup tercermin dari kebutuhan orang akan rasa kondusif dan kebutuhan meyakini suatu agama atau kepercayaan tertentu. Kebutuhan seseorang untuk sanggup memeluk agama atau kepercayaaan tertentu, menimbulkan seseorang itu mencicipi suatu ketentraman dan mempunyai fatwa dalam hidupnya.

Di masa globalisasi inipun, semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sanggup mengakibatkan kebutuhan ini terasa semakin penting bagi manusia, baik dalam statusnya sebagai makhluk individu maupun sebagai makhluk sosial.

Orang yang kebutuhan rohaninya tidak bisa terpenuhi biasanya akan rentan mengalami stress. Contohnya bila seseorang kurang beribadah, maka biasanya akan mengalami pemikiran yang suram dan gampang pesimis yang berujung pada kurangnya produktivitas hidup.

Contoh yang lainnya, acara rekreasi terutama bersama keluarga dan orang-orag tercinta akan sanggup memperlihatkan kepuasan batin tersendiri bagi individu.

Dengan terpenuhinya kebutuhan rohani dalam kehidupan manusia, maka akan mencicipi perasaan yang senang dan gembira, sehingga ia menjalani hidupnya dengan penuh semangat.

Oleh alasannya yaitu itu, begitu pentingnya kebutuhan jasmani dan rohani untuk kehidupan manusia, sehingga kita sebagai insan yang cerdas dilarang mengabaikan kebutuhan ini sedikutpun. Mulai sekarang, kita harus membiasakan diri untuk memakan masakan sehat dan bergizi, berolah raga secara rutin, berpakaian yang rapi dan sopan, sehingga kebutuhan jasmani ini sanggup terpenuhi.

Kita juga tentu saja perlu untuk beribadah sesuai dengan keyakinan kita masing-masing, mencari ilmu pengetahuan bila untuk menciptakan kita berakal dan berwawasan, menjalani hobi yang sanggup menciptakan kita bahagia, dan melaksanakan acara rekreasi bersama keluarga dan orang-orang terdekat semoga kehidupan kita sanggup selalu bahagia.

Nah, demikianlah klarifikasi mengenai Pengertian dan Contoh Kebutuhan Jasmani dan Rohani. Terima kasih atas kunjungannya, semoga sanggup menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Kunjungi juga artikel lainnya:

  1. 15 Peran Rumah Tangga Konsumen, Produsen Dan Pemerintah Sebagai Pelaku Kegiatan Ekonomi
  2. [Lengkap] Contoh Circular Flow Diagram 2, 3 dan 4 Sektor Serta Penjelasannya
  3. Pengertian dan Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Tradisional [Kelebihan dan Kekurangan]
  4. Pengertian dan Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Pancasila [Kelebihan dan Tujuannya]
  5.  Pengertian dan Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Sosialis/Komando [Kelebihan dan Kekurangan]

Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "[Pengertian Dan Contoh] Kebutuhan Jasmani Dan Rohani"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel