iklan

Konsep Gender Dan Tugas Ganda Wanita

A.                Konsep gender dan kiprah ganda perempuan
1.      Pijakan teori perihal jender
Kajian teori perihal gender yang menjadi focus dalam telaah ini, intinya sanggup di kaji dalam tataran ilmu sosiologi dengan memakai teori fungsionisme struktrural, teori dwifungsional, teori fungsionalisme gender, teori nasionalisme tindakan. Diantara teori tersebut,grand teory dari kajian ini yaitu dwifungsional dan fungsionalsme gender, serta fungsionalisme operational theory yaitu teori rasionalisme tindakan (Mahesa, 2004:36)

a.       Teori fungsionalisme struktrural
Teori fungsionalisme structural sebagai teori utama
Dalam mengkaji “gender”yang diasumsikan sebagai sebuah fenomena sosiologi menurut jenis kelamin di dalam memilih sifat-sifat yang berbeda antara laki-laki dan perempuan dalam melaksanakan sebuah tindakan .teori fungsionalisme structural melihat bahwa gender merupakan individu dari jenis kelamin yang berbeda dalam melaksanakan tindakan kiprah dikeluarga dan lingkungan sosialnya (malea,2001:62).
b.      Teori rasionalisme Tindakan
Implementasi gender menurut tindakan dddapat di lihat dari evaluasi rasionalitas tindakan. Rasionalitas tindakan dalam implementasi gender mengarah pada adanya persamaan laki-laki dan perempuan dalam mengambil kiprah yang banyak dalam sistem lingkungan keluarga dan lingkungan social . implementasi gender terhadap rasionalisasi tindakan merupakan apresiasi nyata dalam elihat gender solusi yang sempurna dalm membangun sistem (Frederick, 2005:15).
B.       Memahami Konsep Gender
Memahami konsep gender secara  jelas haruslah di bedakan terlebih dahulu antara kata gender dengan kata jenis kelamin (gender dengan sec) .pengertian jenis kelamin merupakan pensifatan atau pembagian dua jenis kelamin insan yang ditentukan secara biologis, kelamin yaitu kobinasi unsur-unsur anatomis, endoktrin, dan krooson sehinnga kita sanggup member label laki-laki dan perempuan (Sugihastuti dan Sastriyani, 2007).   

     Ketidakadilan dan ketiksetaraan ditemui dalm banyak sekali bentuk antara lain :
a.    Gender dan marjinalisasi perempuan
b.    Gender dan subordinasi perempuan
c.    Gender dan stereotype
d.   Gender dan beban kerja
e.    Gender dan kekerasan

Sehubungan dengan kiprah ganda perempuan ,dapan di kemukakan tinjauan sebagai berikut:
a)    Kedudukan tugas, fungsi, status dan kiprah wanita
b)   Peran perempuan sebagai pengambil keputusan
c)    Peran perempuan dalam membuat rumah tangga bahagia



Sumber http://bloggoedu.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Konsep Gender Dan Tugas Ganda Wanita"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel