iklan

Cek Disini !!! Cara Pengendalian Hama Semut Pada Flora Mentimun

Jika Anda yaitu seorang penggiat tumbuhan hortikultura terutama tumbuhan mentimun, terkadang yang menjadi duduk perkara utama dalam budidaya mentimun yaitu sering kali tumbuhan yang Anda budidayakan terkena serangan hama semut. Hama semut ini mulai menyerang pada ketika tumbuhan mentimun mulai berbunga dan pada karenanya menciptakan tumbuhan Anda tidak akan menghasilkan buah. Hal itu dikarenakan semut memakan habis bunga tumbuhan mentimun Anda. Untuk itu kami akan mencoba menawarkan tips bagaimana cara pengendalian hama semut dan memberantasnya hingga tuntas dari tumbuhan mentimun Anda.


Jika Anda yaitu seorang penggiat tumbuhan hortikultura terutama tumbuhan mentimun Cek Disini !!! Cara Pengendalian Hama Semut Pada Tanaman Mentimun
Kebun tumbuhan mentimun

Tips Pengendalian Hama Semut Sederhana Pada Lahan Mentimun Anda


Semut pada lahan hortikultura terkadang dianggap tidak mengganggu, padahal hama semut ini sanggup merusak tumbuhan hortikultura Anda. Misal pada kebun mentimun, kebun yang telah susah payah Anda buat tidak sanggup menghasilkan buah secara maksimal akhir dari serangan hama kecil ini. Pola serangan semut pada tumbuhan mentimun bisa secara individual ataupun secara berkelompok. Balai Penelitian Tanaman Sayuran Kementrian Pertanian mengeluarkan info yang berisi bila serangan semut hingga mengakibatkan maut pada tumbuhan maka bisa jadi yang menyerang tumbuhan yaitu rujukan serangan semut yang berkelompok.


artikel terkait mentimun: Cara Menanam Timun, Efektif Lahan Atau Polybag?


Jika serangan semut yang berkelompok tersebut terus terjadi pada tumbuhan mentimun Anda, maka bisa dipastikan bahwa lahan yang dipakai yaitu endemik dari koloni semut. Maka pengendalian yang bisa Anda lakukan yaitu dengan melaksanakan sanitasi pada lahan sebelum melaksanakan proses bertanam. Selain sanitasi pada lahan, Anda juga bisa melaksanakan penyisiran pada setiap sudut lahan semoga bisa menemukan sarang – sarang semut sebagai tempat berkumpulnya kawanan semut. Jika pada proses penyisiran Anda menemukan sarang – sarang semut segera lakukan pengaplikasian insektisida pada sarang semut tersebut.


Langkah pencegahan lainnya dalam mengendalikan serangan hama semut yaitu dengan melaksanakan pengolesan tanglefood atau sejenis perekat, vaselin atau lem. Perekat ini sanggup Anda oleskan pada batang tumbuhan mentimun. Oleskan dengan kadar secukupnya saja, dengan asumsi hama semut tidak akan bisa melintas pada batang tanaman. Tanglefood juga bisa Anda oleskan pada tajir atau bambu penyangga tanaman, hal ini dilakukan semoga semut tidak bisa mencapai bunga mentimun dan memakan polennya.


Untuk pencegahan secara alami, Anda bisa mengaplikasikan repellent atau senyawa penolak semut. Senyawa ini bisa Anda buat dengan memakai ramuan dari tumbuhan sereh wangi. Ramuan ini sangat gampang untuk dibuat, Anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Tanaman sereh yaitu tumbuhan yang banyak tumbuh dimana saja, sehingga kami yakin Anda tidak akan kesulitan dalam menemukan tumbuhan ini. Sereh bacin bisa Anda dapatkan dengan gampang dipasar – pasar tradisional disekitar Anda.


Jika Anda yaitu seorang penggiat tumbuhan hortikultura terutama tumbuhan mentimun Cek Disini !!! Cara Pengendalian Hama Semut Pada Tanaman Mentimun
Serangan semut pada tumbuhan hortikultura

Selain semut pemakan bunga yang sanggup menciptakan tumbuhan mentimun Anda gagal dalamberbuah, semut merah yaitu salah satu hama lain yang harus Anda waspadai. Serangan semut merah yang sering terjadi yaitu mereka seringkali membawa keluar biji mentimun yang gres saja Anda tanam. Untuk mengatasi serangan semut merah tersebut, maka langkah yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mencampur biji mentimun dengan insektisida. Sebelum menanam biji mentimun, campurkan biji dengan insektisida dengan materi aktif karbosulfan. Semut merah dijamin tidak akan mengambil biji yang telah Anda tanam. Insektisida dengan materi aktif karbosulfan ini bisa Anda dapatkan dengan gampang pada toko – toko pertanian di kawasan sekitar Anda tinggal.


Selain hama semut, para petani mentimun juga sering menjumpai jenis hama lain yang sering menyerang tumbuhan mentimun. Hama lain yang sering menyerang tumbuhan mentimun dan kerap dikeluhkan oleh para petani yaitu hama uret. Hama uret memiliki bentuk menyerupai ulat kecil. Hama ini sering menyerang pada akar tumbuhan dan batang tumbuhan yang terpendam di dalam tanah. Selain hama uret, yang harus Anda waspadai yaitu serangan hama lainnya. Hama tersebut antara lain kutu hitam, kutu putih dan lalat daun. Ketiga hama tersebut sering kali menyerang pada bab daun dan bila Anda terlambat dalam menanggulanginya bisa menjadikan daun tumbuhan mentimun Anda menguning dan usang kelamaan daun akan rontok berguguran ke tanah.  


Lakukanlah pengamatan dini terhadap tumbuhan mentimun Anda. Dengan melaksanakan pengamatan dini pada budidaya mentimun Anda, maka dibutuhkan bisa mendeteksi jenis hama apa yang sedang menyerang tumbuhan mentimun yang sedang Anda tanam. Bila masih memungkinkan, maka lakukanlah penanggulangan atau pengendalian secara manual terlebih dahulu. Akan tetapi bila serangan hama sudah sangat sulit untuk Anda kendalikan serta serangan hama sudah mencakup areal pertanaman yang luas maka Anda bisa melaksanakan pengaplikasian memakai insektisida. Jika Anda sudah melaksanakan pengendalian memakai pestisda jangan lupa untuk memperhatikan hukum pakai yang tercantum pada tabel kemasan.


Jika Anda yaitu seorang penggiat tumbuhan hortikultura terutama tumbuhan mentimun Cek Disini !!! Cara Pengendalian Hama Semut Pada Tanaman Mentimun
Pengendalian hama pada tumbuhan mentimun

Demikian beberapa tips yang bisa kami berikan dalam pengendalian hama semut pada tumbuhan mentimun. Semoga sanggup menawarkan ide kepada Anda. Selamat berkebun dan jaya selalu pertanian Indonesia.


artikel tumbuhan horti: 4 Cara Budidaya Pare Lengkap, Buah Melimpah


sumber gambar: kabartani, warasfarm, dibudidayakan


 


 




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cek Disini !!! Cara Pengendalian Hama Semut Pada Flora Mentimun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel