iklan

6 Fungsi Devisa Bagi Perekonomian Negara

6 Fungsi Devisa Bagi Perekonomian Negara | Devisa adalah suatu jenis barang tertentu yang dipakai sebagai alat pembayaran atau transaksi perdagangan dengan dunia internasional.

Secara kegunaannya devisa memang sama dengan mata uang rupiah, namun ketika kita bertransaksi dengan negara lain tentu mereka menolak kalau alat pembayarannya memakai rupiah.

Seperti yang kita ketahui bahwa mata uang rupiah hanya berlaku dan diakui hanya di Indonesia saja, atau sederhananya sebagai alat tukar didalam negeri saja. Sedangkan untuk transaksi dengan luar negeri maka harus memakai barang yang mempunyai nilai yang sanggup dipakai dan diterima dalam negara tersebut. Contohnya ketika mengadakan ekspor impor maka transaksi perdagangannya memakai devisa. (Baca juga: pengertian , faktor pendorong dan kendala perdagangan interasional )

Suatu negara kalau ingin mempercepat pertumbuhan ekonominya harus melaksanakan pembangunan nasional yang berkelanjutan, khususnya bagi negara berkembang ibarat Indonesia. Dana pembangunan nasional sanggup diperoleh dari dana dalam negeri dan pemasukan yang didapat dari devisa. Membuka pasar ekspor impor merupakan cara untuk meningkatkan devisa suatu negara.

 Fungsi Devisa Bagi Perekonomian Negara  6 Fungsi Devisa Bagi Perekonomian Negara

Fungsi-Fungsi Devisa Bagi Perekonomian Negara

Dibawah ini merupakan fungsi-fungsi devisa bagi perekonomian suatu negara, yaitu sebagai berikut :

  1. Alat Pembayaran Hutang Luar Negeri

Dana pembangunan nasional sanggup diperoleh dari pendapatan negara yang lalu tertuang dalam APBN. Pada tahun 2015 mencatat bahwa pendapatan negara lebih dari Rp 1.490 Triliun. Dana itu tentu akan dialokasikan ke semua sektor, ibarat pendidikan, infrastruktur, keamanan nasional, dan sebagainya. (Baca juga: komponen neraca pembayaran internasional )

Mempercepat proses pembangunan nasional membutuhkan anggaran dana yang besar. Seperti yang dilakukan di Indonesia ketika ini, pembangunan terus menerus dilakukan tanpa henti. Hal ini dipakai mengejar sasaran kemajuan dan kekuatan perekonomian negara.

  1. Alat Transaksi Perdagangan Internasional

Kegiatan ekspor impor merupakan langkah untuk mewujudkan perekonomian yang stabil. Banyak alasan kenapa pemerintah melaksanakan kebijakan ekspor impor, salah satunya alasannya yakni ada undangan yang tidak sanggup dipenuhi dari dalam negeri atau adanya kelangkaan materi baku yang hanya ada di negara lain. (Baca juga: pengertian dan jenis-jenis kliring )

Pembukaan pasar ekspor impor mempunyai dampak yang sangat luas bagi sebuah negara dan kehidupan sosial penduduknya, tak hanya menyentuh sisi ekonomi saja namun berdampak pula bagi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan peluang bisnis baru.

Faktor mudah dan tidaknya terjadi aktivitas ekspor impor atau perdagangan internasional dipengaruhi oleh adanya kerjasama ekonomi antar negara. Tidak semua negara bersedia membuka pasar ekspor impor dengan negara lain.

Berkaitan dengan perdagangan internasional, fungsi devisa adalah mempermudah terjadinya transaksi perdagangan ekspor impor. Tidak hanya rupiah saja yang dipakai sebagai alat pembayaran, namun devisa juga berguna yang sama. Dengan fungsi tersebut mengakibatkan devisa sebagai mata uang yang kedua bagi negara yang berkaitan dengan pengadaan barang luar negeri. (Baca juga: pengertian dan jenis-jenis deposito )

  1. Pembiayaan Kegiatan Kenegaraan ke Luar Negeri

Kita sering melihat dan mendengar di media internet maupun televisi, bahwa beberapa anggota pemerintah baik itu Presiden, DPR, Menteri, maupun duta besar mempunyai banyak agenda untuk pergi ke luar negeri untuk melaksanakan kunjungan kenegaraan atau untuk membicarakan problem kerjasama dan politik. Selain itu Indonesia juga mempunyai banyak kantor kedutaan yang tersebar di beberapa negara yang mempunyai kerjasama dengan Indonesia.

Kegiatan perjalanan kenegaraan ke luar negeri, semua pembiayaan tersebut memakai devisa negara. Termasuk biaya penggunaan kantor jaminan dan kedutaan. Fungsi devisa sebagai pembiayaan aktivitas kenegaraan ke luar negeri didapat dari pemasukan biaya ekspor dan dari sektor lainnya. (Baca juga: pengertian dan jenis-jenis pertumbuhan ekonomi )

  1. Pembangunan Nasional

Salah satu syarat terjadinya percepatan pertumbuhan ekonomi dan pemerataan akomodasi negara yakni dengan mempercepat pembangunan nasional. Bahkan pembangunan nasional ini seakan tidak pernah ada ujungnya, setiap tahun semakin banyak proyek pembangunan infrastruktur dan pelayanan sosial yang semua ditujukan untuk kemakmuran negara dan kestabilan perekonomian negara.

Pendapatan devisa difungsikan untuk mempercepat pembangunan nasional. Semakin banyak devisa yang masuk maka akan menjadi cadangan untuk pembangunan selanjutnya. Untuk menambah pemasukan devisa negara, diharapkan banyak cara biar menarik perhatian dunia luar ke negara kita salah satunya dengan pengenalan pariwisata. (Baca juga: 3 metode perhitungan pendapatan nasional )

  1. Sebagai Cadangan Modal Suatu Negara

Devisa juga merupakan cadangan modal yang dimiliki oleh suatu negara. Hal ini sering dikaitkan dengan cadangan devisa. Manfaat cadangan devisa ini sanggup dipakai sewaktu-waktu, ketika negara sedang membutuhkan keperluan mendesak. Sama ibarat problem rumah tangga, yang butuh dana cadangan untuk menghadapi masalah, dan ketika biaya cadangan menipis, maka terpaksa memakai devisa untuk memperoleh biaya tersebut. (Baca juga: konsep pendapatan nasional )

  1. Sebagai Penggerak Roda Perekonomian Negara

Devisa ialah salah satu faktor penting yang sanggup menggerakkan roda perekonomian suatu negara, terutama dalam ekonomi internasional suatu negara. Dengan manfaat devisa, maka segala proses ekspor impor, penyediaan jasa, serta banyak sekali macam aktivitas ekonomi yang bekerjasama dengan dunia internasional dan negara-negara lain akan menjadi lebih lancar, dan sanggup memperlihatkan manfaat penting dalam bidang ekonomi.

Demikianlah artikel diatas yang membahas mengenai 6 Fungsi Devisa Bagi Perekonomian Negara. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan dan bermanfaat bagi anda yang membacanya yaa…

Kunjungi artikel terbaru:

  1. 7 Jenis Produk Pasar Modal [Manfaat dan Fungsinya]
  2. Pengertian Pasar Oligopoli, Ciri-Ciri dan Contohnya [Lengkap]
  3. 6 Faktor yang Mempengaruhi Konsumsi Rumah Tangga
  4.  [Macam-Macam] Alat Pemuas Kebutuhan Manusia + Contohnya
  5. Contoh dan Jenis-Jenis Kelangkaan Ekonomi + Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Fungsi Devisa Bagi Perekonomian Negara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel