iklan

10 Kelebihan Dan Kekurangan Email Berbasis Web

10 Kelebihan dan Kekurangan Email Berbasis Web - Email awalnya mulai dipakai pada 1970-an dan ditemukan oleh Ray Tomlinson pada tamat 1971. Ray Tomlinson yang pada ketika itu bekerja untuk Bolt Beranek dan Newman atau disingkat "BBN" milik tubuh pertahanan Amerika Serikat.

Sebagai sesuatu yang kita pakai setiap hari, email pastinya mempunyai kelebihan dan kekurangan. Berikut ialah kelebihan dan kekurangan email:

Kelebihan Email

 Kelebihan dan Kekurangan Email Berbasis Web 10 Kelebihan dan Kekurangan Email Berbasis Web
email

1. Cepat
Pesan yang dikirim via email bisa hingga hitungan menit atau bahkan detik tergantung kecepatan koneksi internet. Penerima bisa pribadi membaca pesan yang dikirim melalui email meski lokasinya terpisah ribuan kilometer dari pengirim.

Hal ini dimungkinkan alasannya ialah pesan email dikirim memakai jaringan internet. Jaringan internet di dunia ketika ini terhubung satu sama lain dengan koneksi serat yang sangat cepat.

2. Murah
Buddy IT dosen yang pernah mengirim surat melalui pos, harus tahu betul biaya yang dikeluarkan untuk mengirim pesan melalui media pos. Begitu pengiriman melalui pos, uangnya harus dikeluarkan minimal 5000 rupiah tergantung jarak dan juga kecepatan pengiriman pos yang diinginkan.

Ini sangat berbeda kalau kita mengirim pesan memakai email. Pengguna yang ingin mempunyai email pribadi mempunyai jalan masuk akses modal yang cukup dengan internet.

Banyak sekali penyedia email gratis yang bisa menawarkan kemampuan untuk mengirim, membaca, dan menyimpan email dengan kapasitas sangat besar sekitar 15GB untuk Gmail. Semua layanan mulai dari mengirim email, mendapatkan email, dan menyimpan email bisa didapatkan secara gratis.

Baca juga:
Cara Membuat Email
Pengertian Email dan Fungsinya
Penyedia Layanan Email Gratis
Jenis Jenis Email
Cara Mengirim File Lewat Email


3. Praktis
Bagi yang telah mengirim surat lamaran kerja melalui media email harus mencicipi perbedaan yang sangat signifikan dalam penggunaan email. ya benar, sangat mudah Kita bisa memasukkan foto, kartu identitas, CV, diploma, dll tanpa harus mencetak dokumen.

Kami juga tidak membutuhkan antrian panjang di kantor pos untuk mengirim surat lamaran. dan yang terpenting data yang kami kirim, tersimpan rapi di halaman direktori email kami. Jika sewaktu-waktu diperlukan lagi, dokumen tersebut sanggup dengan gampang dimasukkan kembali untuk pengiriman email ke alamat lain.

4. Aman
Khawatir surat Anda dicuri dan dibaca oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab? hening saja, email bisa diamankan dengan memakai password kita sendiri.

teknologi pengiriman email ketika ini juga memastikan bahwa email kami dienkripsi dan hanya sanggup dibaca oleh akseptor email yang kami urus. Pengiriman surat pos biasa berisiko terkena surat curian di kotak pos atau ketika melahirkan. Hal ini tentu bukan apa yang kita inginkan terjadi.

5. Rapi
Email yang kami kirim akan tersimpan dengan kondusif di media penyimpanan yang disediakan oleh penyedia layanan email. Kita juga bisa mengurutkan email sesuai tanggal masuk, pengirim, dan juga parameter lainnya.

Bahkan email yang masuk ke inbox kami bertahun-tahun yang kemudian kita bisa mencari dengan kata atau isi di email, atau tanggal kepercayaan. Sangat rapi bila dibandingkan dengan memakai postingan yang belum tentu hurufnya bisa utuh sehabis bertahun-tahun.

Kekurangan email

1. Bergantung pada koneksi internet
Bila tidak mempunyai jalan masuk koneksi internet. seseorang tidak bisa mengirim, atau membaca email Ini ialah batasan bagi seseorang yang tinggal di tempat dengan koneksi internet minimal.

Jika kita mempunyai koneksi internet yang lambat maka ada kemungkinan pesan yang kita kirim akan usang diupload ke server dan mengakibatkan lamanya proses pengiriman email. Bahkan kalau koneksi internet kita sangat lambat.

Akan ada kemungkinan email kita gagal dikirim ke penerima. Hal ini juga berlaku untuk pemberitahuan penerimaan email. Jika koneksi kita sangat lambat. kita akan terlambat untuk mendapatkan email email gres sehungga email yang telah kita capai sudah usang tunda.

2. Bergantung pada perangkat keras untuk mengakses surat
Jika sewaktu-waktu hardaware kita menjadi tablet, komputer, atau laptop bermasalah. Kita tentu tidak bisa memakai email. Ini akan sangat sulit bagi kita, kalau pada ketika kita membutuhkan email, kita tidak bisa menggunakannya. Saat itu kita akan merasa bahwa memakai postingan akan lebih baik.

3. Tidak semua orang bisa memakai email
Bagi mereka yang pernah bertemu orang yang sama sekali tidak tahu perihal email apa, baik itu orang tua, bos, atau sobat kita. Kita harus sadar, masih ada beberapa orang yang masih belum tahu email apa dan bagaimana cara menggunakannya.

Hal ini menciptakan kita tidak sanggup bergantung pada email kapan saja. contohnya masih ada perusahaan yang ingin calon pekerja menyerahkan dokumen lamaran kerja memakai surat biasa dan tidak menawarkan pilihan alternatif untuk mengirimkan lamaran kerja memakai email.

Itulah pembahasan saya perihal kelebihan dan kekurangan email. Sebagai catatan, kelebihan dan kekurangan email ini saya tulis menurut pengalaman dan pendapat saya sendiri.


Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Kelebihan Dan Kekurangan Email Berbasis Web"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel