iklan

Unsur-Unsur Teater Tradisional Dan Teater Modern

UNSUR-UNSUR TEATER – Teater sanggup diartikan sebagai suatu kebudayaan yang disajikan oleh sekelompok orang di depan khalayak ramai. Umumnya, teater sanggup dibedakan menjadi teater tradisional dan teater modern.


UNSUR-UNSUR TEATER TRADISIONAL DAN MODERN


Lalu, apa saja unsur-unsur teater tradisional dan modern? Tenang, Anda tidak akan disuguhkan oleh hal-hal yang memusingkan. Simak saja informasinya di bawah ini.



Unsur-Unsur Teater Tradisional


 Teater sanggup diartikan sebagai suatu kebudayaan yang disajikan oleh sekelompok orang di d Unsur-Unsur Teater Tradisional dan Teater Modern
pexels.com


Teater tradisional atau yang juga disebut sebagai ‘teater daerah’ ialah suatu bentuk pertunjukan dimana para aktornya berasal dari tempat setempat. Umumnya, dongeng yang diangkat bersumber dari kisah atau sejarah zaman dahulu yang telah membudaya (mengakar).


Jika menelik lebih jauh, teater tradisional mempunyai beberapa unsur. Unsur yang pertama yaitu setting: bisa disebut sebagai latar yang di dalamnya meliputi ruang, waktu, dan tempat.


Kedua, penokohan: pihak-pihak yang terlibat dan yang membuat konflik dalam cerita. Dalam penokohan, minimal harus ada dua orang yang berkonfrontasi untuk membuat konflik. Dengan kata lain, ada yang disebut tokoh protagonis dan antagonis.


Ketiga, plot: alur atau rangkaian dongeng yang berkaitan satu sama lain yang berorientasi pada korelasi alasannya akibat, namun di dalamnya tetap diisi dengan struktur yang didesain dengan rapi sehingga menarik saat dipentaskan.


Keempat, isi cerita: bisa disebut sebagai karya sastra sebuah drama karangan sastrawan yang di dalamnya terdapat visi dan misi dari pengarangnya. Visi dan misi tersebut sanggup dianalisis melalui ide, tema, dan value yang terkandung di dalamnya.


Kelima, dekorasi: penataan tempat untuk suatu pertunjukkan supaya sesuai dengan latar insiden dalam cerita. Dekorasi bisa berupa kursi, meja, lemari, rumah, hiasan, dan benda-benda pendukung lainnya.


Yang terakhir yaitu tata musik, rias, dan kostum. Sama halnya dengan dekorasi, unsur ini juga termasuk unsur artistik yang mendukung keberlangsungan sebuah pementasan dengan tujuan untuk memperlihatkan suasana yang mendalam pada sebuah cerita.


Unsur-Unsur Teater Modern


 Teater sanggup diartikan sebagai suatu kebudayaan yang disajikan oleh sekelompok orang di d Unsur-Unsur Teater Tradisional dan Teater Modern
pexels.com


Teater modern atau yang juga disebut sebagai teater non tradisional ialah jenis teater yang berkembang di tengah keramaian kota yang  di dalamnya terdapat efek teori Barat. Umumnya, dongeng yang dipentaskan bersumber dari insiden atau insiden sehari-hari.


Menilisik lebih jauh, unsur-unsur teater modern umumnya terdiri dari enam unsur. Pertama, tubuh: sebagai media utama lantaran ia berfungsi untuk menampilkan sebuah peragaan atau adegan, baik memakai organ kaki, tangan, dan seterusnya.


Kedua, gerak: sebagai unsur penunjang dari tubuh, menyerupai gerak mata, gerak kepala dan gerak lainnya yang mendukung suatu adegan supaya terlihat tepat atau penuh dengan penghayatan sehingga penikmat teater bisa menangkap maksud suatu adegan.


Ketiga, suara: sebagai pendukung dari sebuah gerakan sehingga dongeng akan lebih gampang dan cepat tersampaikan. Selain itu, bunyi juga berperan sebagai unsur substitusi saat unsur gerak tidak bisa membuat suatu adegan.


Keempat, bunyi: unsur yang sangat penting dalam teater yang berfungsi untuk memperlihatkan imbas tertentu sehingga alur dongeng menjadi lebih hidup. Sumber bunyi bisa berasal dari alat musik, menyerupai keyboard. Keyboard bisa menampilkan bermacam-macam back sound.


Kelima, rupa: sanggup ditampilkan dengan penggunaan kostum, make up, dan setting panggung yang di dalamnya terdapat beberapa aksesori. Kostum bisa menggambarkan situasi tokoh, make up bisa mendukung aksara tokoh, dan setting panggung menjadi penyempurna.


Terakhir, cerita: bisa disebut sebagai alur atau citra suatu insiden yang dituangkan dalam teater. Tanpa cerita, lima unsur di atas tidak ada arti. Oleh lantaran itu, dongeng ialah induk dalam sebuah teater.


Itulah unsur-unsur teater tradisional dan modern. Dari klarifikasi tersebut, maka kesimpulannya yaitu unsur-unsur pada teater tradisional dan modern tidak jauh berbeda, perbedaannya hanya terletak pada kondisi kisah yang diceritakan: dahulu dan masa kini.



Sumber https://tekooneko.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Unsur-Unsur Teater Tradisional Dan Teater Modern"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel