iklan

Tips Sederhana Meningkatkan Dan Mengembalikan Kebugaran Otak



Dikehidupan sehari-hari pernahkah anda melihat orang beraktivitas tanpa kaki atau tanpa tangan ?kalau pernah, memang lazim terjadi, tapi pernahkah anda melihat seseorang beraktivitas tanpa otak ?Intermezzo,hehehehe…
Otak merupakan organ yang sangat vital bagi manusia. Tanpa otak, kita tidak sanggup mengingat masa kecil yang pernah kita lalui dengan indah, dengan otaklah kita bisa mengingat semua hal yang membahagiakan dalam hidup kita atau mengingat apapun dalam hidup kita. Pada kenyataannya bukan hanya organ badan menyerupai jantung dan paru-paru saja yang membutuhkan perawatan kesehatan. Otak juga menjadi salah satu organ badan yang maha penting untuk menerima perawatan. Kelangsungan acara fisik dan psikis tak luput dari acara dan kebugaran otak. Jika anda sering menggunakannya dan dengan cara yang tepat, anda akan menjadi seorang pemikir yang terampil dan juga akan meningkatkan kemampuan anda untuk lebih berkonsentrasi. Tetapi jikalau anda tidak pernah memakai otak anda, atau menyalahgunakannya dengan materi kimia berbahaya, kemampuan anda untuk berpikir dan berguru akan memburuk. Ketika seseorang mengalami stres atau sel otak yang terganggu akan menimbulkan degradasi kinerja otak.
Banyak cara yang sudah dilakukan untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan organ tubuh. Konsumsi kuliner sehat dan olahraga yang cukup dan teratur menjadi salah satu cara. Adapun beberapa cara lainnya sebagai berikut:

1.      Membaca

Bacaan atau info yang terupdate akan menjadi 'makanan lezat' untuk otak Anda. Banyak juga orang yang senang membaca novel fiksi yang menegangkan, namun umumnya buku-buku semacam ini tidak merangsang mental. Jika anda ingin meningkatkan daya pikir dan kemampuan menulis, anda harus membaca buku-buku yang membuat anda fokus. Membaca novel klasik sanggup mengubah pandangan anda ihwal dunia dan akan membuat anda berpikir lebih tepat. Luangkan waktu anda, baca kembali bila diperlukan, dan anda akan segera terbiasa dengan gaya penulis. Selain membaca, jangan lupa berinteraksi dengan orang sekitar anda alasannya ialah berinteraksi dengan orang gres akan menjadikan otak Anda akan menjadi lebih bugar, otak yang sudah dipakai untuk melaksanakan atau mengerjakan kiprah kuliah dan kiprah pekerjaan akan mengalami kelelahan. Melakukan perbincangan  dengan orang gres akan menjadikan lebih santai dan gampang mendapatkan hal yang baru.

2.      Refreshing

Traveling atau mendatangi tempat-tempat yang gres akan menjadikan stress berkurang, tidak harus pergi ke daerah jauh. Anda bisa berkunjung tiba ke taman kota atau rumah saudara dan nikmati saja pemandangan yang ada di sekitar. Lupakan sebentar saja mengenal hal pekerjaan dan tugas. Terlalu sibuk memikirkan kiprah kuliah dan kerjaan akan mengakibatkan depresi, selain itu atmosfer dalam ruangan gres akan menjadikan otak menjadi lebih produktif.

3.      Kalimat Positif Untuk Otak Yang Baik

Segala hal yang Anda lakukan setiap hari akan menjadi kebiasaan untuk aktifitas kerja otak, namun banyak orang yang justru menanam benih yang kurang baik untuk kebiasaan. Misalnya dengan seringnya ada kata ‘tidak’ atau jangan. Meskipun sepele, namun hal itu menjadikan otak membuat kesimpulan bahwa ia gagal dan ia tidak bisa. Maka tidak ada salahnya Anda mengubah kebiasaan untuk otak yang lebih produktif.

4.      Meditasi, Refleksi Dan Berdoa

Seringkali hidup kita menjadi demikian sibuknya hingga kita menjadi kewalahan, bahkan tanpa kita menyadarinya sehingga sulit untuk berkonsentrasi alasannya ialah terus terganggu oleh pikiran yang berbisik. Luangkan waktu untuk meditasi dan berefleksi, yang akan memperlihatkan anda kesempatan mengatur pikiran dan memprioritaskan tanggung jawab anda. Olahraga untuk otak yang tetap sehat ada banyak cara, salah satunya dengan bermeditasi dan berefleksi. Bisa Anda lakukan sembahyang atau meminta doa yang tidak hanya menjadikan Anda dengan sang pencipta namun juga otak akan menjadi lebih tajam. Duduklah kemudian sesekali menghela napas untuk melaksanakan gerakan. Baca doa atau bayangkan saja spot favorit Anda biar otak menjadi lebih santai. Setelah itu, anda akan mempunyai pemahaman yang lebih baik ihwal apa yang penting dan apa yang tidak. Hal-hal yang tidak penting tidak akan mengganggu anda lagi dan beban pikiran anda akan berkurang.

5.      Lingkungan Positif Untuk Kesehatan Otak

Tidak bisa dihindari bahwa lingkungan sekitar mempengaruhi kesehatan otak Anda. Pilih saja lingkungan yang positif biar lebih kondusif. Untuk kesehatan otak dan tetap kreatif, tidak ada salahnya jikalau Anda mencoba lingkungan yang positif. Tidak menjadi jaminan bahwa lingkungan tidak pernah melaksanakan kesalahan justru lingkungan mempunyai optimis untuk satu hal yang menjadi tujuan utama.

6.      Olahraga Dan Istirahat Yang Cukup

Melatih badan akan membersihkan otak anda dan membuat gelombang energi. Setelah itu, anda akan merasa segar kembali dan sanggup berkonsentrasi dengan lebih mudah. Selain itu, tidur lebih awal dan tidak tidur lebih dari 8 jam. Jika anda tidur hingga larut malam akan mengakibatkan anda berdiri dengan lesu dan mengalami kesulitan berkonsentrasi. Bangun lebih awal memperlihatkan anda jam lebih produktif dan memaksimalkan ketajaman mental anda sepanjang hari. Jika anda mempunyai kesempatan, ambil tidur siang 10-20 menit saat anda terjangkit rasa kantuk. Jika anda memaksakan diri akan membuat anda lesu, tetapi tidur siang singkat akan menyegarkan anda. Karena tidur yang berkualitas bukan terhitung dari lamanya anda tertidur tapi dari seberapa lelap anda tertidur.

7.      Sempatkan Berbagi Dan Minimalkan Waktu Menonton Televisi, Laptop & Gadget

Banyaknya problem yang Anda hadapi menjadikan Anda gampang murka dan stres, tidak bisa dipungkiri jikalau hal tersebut menjadikan otak Anda menjadi tidak sehat. Untuk menjauhinya Anda bisa menyalurkan rasa murka atau kesal Anda dengan curhat kepada teman, saudara atau rekan yang lain. Atau Anda bisa melakukannya dengan olahraga sehingga cara tersebut bisa Anda terapkan sebelum pembuluh darah di otak menjadi kencang.
Menonton Televisi, Laptop & Gadget ialah kebiasaan yang cukup sulit untuk diubah. Orang-orang cukup suka berdiam di depan televise atau memankan Laptop & Gadgetnya. Masalahnya ialah Televisi, Laptop & Gadget tidak melatih kapasitas mental anda atau memungkinkan untuk mengisi ulang baterai anda. Ini menyerupai mempunyai energi yang tersedot keluar namun kita tidak memperoleh manfaatnya. Tidakkah anda merasa terkuras sehabis beberapa jam mata anda terasa sakit dan lelah alasannya ialah terfokus pada kotak cahaya untuk waktu yang cukup lama. Ketika anda sedang bersama sobat atau keluarga, tinggalkan Televisi, Laptop & Gadget dan lakukan percakapan dan biarkan diri anda untuk lebih santai.
 


Semoga Artikelnya Bermanfaaat, dan terima kasih sudah berkunjung :)

Sumber http://bloggoedu.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Sederhana Meningkatkan Dan Mengembalikan Kebugaran Otak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel