iklan

Tips Mencegah Bulir Padi Hampa Dan Penyakit Flora Padi

Penyakit tumbuhan padi – Dalam menanam padi di sawah para petani padi tentunya berharap pada pertumbuhan padi yang baik dan subur. Yang kadang menjadi permasalahan yaitu ketika padi sudah mulai berbuah dan terjadi curah hujan yang tinggi sanggup menjadikan padi sering hampa dan tangkai tumbuhan menjadi patah. Para petani sering menyebut tangkai patah dengan penyakit patah leher. Penyakit padi ini bahkan sanggup menjadikan batang padi menjadi membusuk.


 Dalam menanam padi di sawah para petani padi tentunya berharap pada pertumbuhan padi yang Tips Mencegah Bulir Padi Hampa Dan Penyakit Tanaman Padi
Hama penyebab bulir padi kosong-walangsangit

Bagaimana cara mengatasi penyakit padi patah leher? Dan jenis obat apa saja yang yang sanggup menngatasi penyakit ini? Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan kepada Anda tips mengatasi patah leher dan klarifikasi perihal bulir padi yang hampa.


Bulir Padi Hampa


Bulir padi yang tidak berisi atau hampa didaerah Jawa dikenal dengan nama gabug. Gabug sangat ditakuti oleh para petani padi lantaran sanggup menurunkan perolehan dari hasil panen. Akibatnya pendapatan yang sanggup Anda peroleh akan sangat berkurang. Banyak faktor yang menjadikan terjadinya bulir hampa pada tumbuhan padi. Hal ini terjadi sanggup dikarenakan serangan hama dan penyakit tumbuhan padi. Selain itu faktor cuaca juga mensugesti terjadinya bulir padi hampa dan patah leher.


Seperti yang Anda ketahui masa generatif yaitu masa dimana putik dan benag sari bertemu, kemudian disusul dengan terjadinya proses pembuahan dan proses karenanya akan terbentuk gabah. Bilamana kalau pada proses penyerbukan, pembuahan dan pembentukan gabah terdapat gangguan, ibarat terus menerus terkena hujan dengan intensitas yang tinggi maka akan berdampak gabah tidak terisi dengan sempurna. Bahkan sanggup jadi gabah akan benar – benar hampa.


Sebaliknya proses pembungaan dan pembuahan juga tidak akan tepat kalau tumbuhan padi kekurangan pasokan air pada masa generatifnya. Kejadian ini sanggup terjadi pada ketika demam isu kemarau berkepanjangan. Sehingga sanggup disimpulkan bahwa pada pada dasarnya persitiwa kelebihan air dan kekurangan air dengan skala yang ekstrim sangatlah tidak baik untuk tumbuhan padi Anda, khususnya pada ketika tumbuhan padi memasuki masa atau fase generatif. Sehingga menciptakan bulir – bulir padi yang dihasilkan akan menjadi hampa.


Menurut hasil penelitian, disimpulkan bahwa jenis hama penggerek batang, hama wereng coklat, walang sangit dan trips padi menjadi penyebab terjadinya bulir – bulir padi menjadi hampa. Sedangkan penyakit tumbuhan padi yang sanggup menciptakan bulir – bulir padi menjadi hampa yaitu jenis penyakit patah leher, tungro, kerdil kuning dan penyakit daun jingga sampai penyakit tumbuhan padi kedaluwarsa pelepah.


Penyakit Tanaman Padi Patah Leher


Di tempat Jawa Barat penyakit padi patah leher ini dikenal dengan nama penyakit kecekik. Sendangkan untuk tempat Jawa Tengah dan sekitarnya penyakit tumbuhan padi ini dikenal dengan nama penyakit tekek. Menurut informasi yang diperoleh dari Balai Besar Penelitian Tanaman Padi Kementrian Pertanian  bahwa penyakit patah leher ini disebabkan oleh sejenis jamur Pyricularia grisea. Penyakit tumbuhan padi ini yaitu fase lanjutan dari serangan penyakit Blas yang menyerang pada masa generatif tumbuhan padi. Penyakit ini sanggup menjadikan leher pada tumbuhan padi menjadi membusuk atau patah sehingga penyakit ini biasa disebut blas leher.


Penyakit tumbuhan padi patah leher banyak Anda jumpai pada ketika demam isu penghujan dengan intensitas ekstrim. Hal ini dipicu oleh kondisi lingkungan dari persawahan yang menjadi lembab, sehingga sanggup mendukung pertumbuhan dan penyebaran jamur dengan cepat. Untuk mencegah penyakit ini maka gunakanlah jarak tanam yang tidak terlalu rapat. Jajar legowo yaitu sistem tanam yang dianjurkan untuk mencegah penyakit tumbuhan padi ini menyerang.


Hindarilah penggunaan pupuk nitrogen dengan takaran yang tinggi. Penggunaan pupuk nitrogen dengan takaran yang tinggi atau berlebihan sanggup menjadikan pertumbuhan tumbuhan menjadi sangat pesat. Akan tetapi jaringan daun yang dihasilkan akan cepat melemah sehingga memudahkan spora jamur menjadi sangat gampang atau cepat untuk berkembang.  Untuk itu disarankan untuk memakai pupuk N dan K secara seimbang.


Penyakit tumbuhan padi ini juga sanggup menyebar melalui benih. Anda sangat disarankan untuk menentukan benih dengan kualitas terbaik. Sebaiknya Anda memakai benih yang sehat dan benih padi yang benar – benar berasal dari varietas yang tahan terhadap serangan penyakit tumbuhan padi blas. Ada baiknya sebelum memakai benih sebaiknya Anda merendamnya terlebih dahulu dan melapisinya dengan pengaplikasian fungisida.


Selain itu, faktor lain yang harus Anda perhatikan dalam pencegahan penyakit tumbuhan padi yaitu kebersihan lahan. Tumbuhnya tumbuhan gulma yang berupa rerumputan sebisa mungkin jangan Anda biarkan tumbuh bebas disekitar lahan pertanian. Lakukan penyemprotan fungisida. Penyemprotan fungisida sebaiknya dilakukan sebanyak dua kali yaitu pada ketika memasuki stadium anakan maksimum dan pada ketika awal tumbuhan mulai berbunga.


 Dalam menanam padi di sawah para petani padi tentunya berharap pada pertumbuhan padi yang Tips Mencegah Bulir Padi Hampa Dan Penyakit Tanaman Padi
Penyakit tumbuhan padi blas atau patah leher

Demikian tips pencegahan penyakit tumbuhan padi patah leher, kalau Anda masih menemukan duduk kasus pada proses pengendalian penyakit tumbuhan padi maka Anda sanggup mengkonsultasikannya secara detail kepada penyuluh pertanian dan sanggup juga penggalan dinas yang membawahi penggalan tumbuhan pangan di wilayah Anda tinggal.


sumber gambar: artikelpadi,sorotpurworejo,kabartani


artikel terkait:


5 Langkah Cara Mengatasi Hama Wereng


Inovasi Teknik Budidaya Padi Apung Di Lahan Rawa


Alat Tanam Padi Jajar Legowo





Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Mencegah Bulir Padi Hampa Dan Penyakit Flora Padi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel