iklan

Tips Gampang Bikin Laporan Arus Kas Umkm Memakai Metode Tidak Langsung

Dalam dunia perjuangan mikro, kecil dan menengah, penyusunan Laporan Keuangan yang sempurna dan akurat sebetulnya merupakan hal yang sangat penting. Karena laporan tersebutlah yang akan menjadi pijakan ketika Anda mengambil keputusan yang berkaitan dengan perjuangan Anda. SolusiUKM akan membahas bagaimana cara menciptakan laporan arus kas UMKM dengan metode tidak langsung.


Seperti yang telah kita ketahui, terdapat beberapa jenis Laporan Keuangan yang harus dibentuk dalam dunia usaha. Salah satunya yaitu Laporan Arus Kas. Laporan Arus Kas atau Cash Flow merupakan Laporan Keuangan yang berisi catatan penerimaan dan pengeluaran Kas selama perjuangan Anda berjalan dalam periode tertentu. Jadi, tak terlalu berbeda dari Laporan Laba Rugi, Laporan Arus Kas juga sanggup memperlihatkan gosip Laba atau Rugi perjuangan Anda.


Lalu bagaimana cara menciptakan Laporan Arus Kas ? Nah, untuk menciptakan Laporan Arus Kas, tentunya Anda harus mempunyai catatan penerimaan dan pengeluaran Kas perjuangan Anda dalam satu periode berjalan.


Dimana catatan pengeluaran berisi beban-beban yang harus dibayarkan. Sedangkan catatan pemasukan berisi uang-uang yang masuk dalam periode berjalan. Jadi, di tamat Laporan Arus Kas nantinya Anda sanggup menilai sendiri bagaimana posisi Arus Kas Anda, apakah ada laba atau justru minus.


Well, sebelum kita jauh membahas cara menciptakan Laporan Arus Kas, mari kenalilah beberapa elemen Arus Kas di bawah ini :


Elemen dalam Mengelola Arus Kas


Arus Kas dari kegiatan Pendanaan


Arus Kas dari kegiatan Pendanaan yaitu Arus Kas yang berasal dari Pendanaan yang didapatkan dalam perjuangan Anda.


Arus Kas dari kegiatan Bisnis


Arus kas yang satu ini merupakan Arus Kas yang berasal dari kegiatan bisnis baik pemasukan maupun pengeluaran. Seperti penerimaan dari customer, pembayaran honor karyawan, pembiayaan, dan lain sebagainya.


Arus Kas dari kegiatan Investasi


Adalah Arus Kas yang berasal dari kegiatan Investasi perjuangan Anda. Baik itu pemasukan maupun pengeluaran. Adapun kegiatan yang masuk kedalam Arus Kas ini yaitu kegiatan Penjualan dan Pembelian dari aktiva perjuangan serta kegiatan yang bekerjasama dengan Piutang perjuangan Anda. Seperti pembelian kendaraan gres maupun mesin produksi.


Usai mengenal elemen-elemen Arus Kas menurut asal-muasal dana nya, sekarang saatnya Anda mengetahui cara menciptakan Laporan Arus Kas. Yang mana dalam penyusunannya terdapat 2 metode. Yaitu metode pribadi dan tidak langsung. Namun dalam hal ini yang akan kita bahas yaitu cara menciptakan Laporan Arus Kas memakai metode tidak langsung.


Langkah-langkah Menyusun Laporan Arus Kas


a. Menyiapkan Data Laporan Laba Rugi Usaha


Langkah pertama dalam tata cara menciptakan Laporan Arus Kas tentu menyiapkan data terlebih dahulu. Adapun data yang harus Anda siapkan yaitu Laporan Laba Rugi satu periode berjalan. Dari situ Anda sanggup melihat berapa laba atau Laba yang tertera.


b. Menyiapkan Laporan Neraca periode berjalan


Jika langkah pertama sudah disiapkan, langkah kedua dalam tata cara menciptakan Laporan Arus Kas yaitu menyiapkan data Laporan Neraca dikala periode berjalan dan juga satu tahun sebelumnya.


c. Membandingkan Kedua Laporan Neraca


Sekarang Anda harus menciptakan perbandingan nominal dari setiap akun yang tertera pada kedua Laporan Neraca. Kemudian sisipkan kolom Net Change di paling kanan yang menampilkan selisih yang dihasilkan dari perbandingan tahun periode berjalan dan satu tahun sebelumnya. Indikatornya yaitu kalau pada kolom Net Change bernilai positif, atau tidak minus, berarti terjadi penerimaan kas. Sedangkan kalau minus berarti terjadi pengeluaran kas.


d. Menyusun Laporan Arus Kas


 yang sempurna dan akurat sebetulnya merupakan hal yang sangat penting Tips Praktis Bikin Laporan Arus Kas UMKM Menggunakan Metode Tidak Langsung


Nah, sesudah melihat Laporan Laba Rugi serta perbandingan Laporan Neraca di atas, sekarang Anda sudah sanggup menyusun Laporan Arus Kas menurut elemen yang ada di atas, yaitu sebagai berikut :




  • Arus Kas Dari Kegiatan Usaha




Yang mana penyusunannya sanggup Anda mulai dengan pencatatan Laba kemudian diikuti dengan pencatatan dari kegiatan Operasional. Dan diakumulasikan di bab paling bawah hingga mendapati nilai pengurangan atau nilai kas dari kegiatan usaha.




  • Arus Kas Dari Kegiatan Pendanaan




Untuk menghasilkan nilai Kas dari Kegiatan Pendanaan, Anda sanggup memindahkan angka pada kolom Net Change yang ada di kedua Laporan Neraca pada bab Kewajiban Jangka Panjang dan Ekuitas.


Setelah itu, jumlahkan semuanya walaupun ada yang nilainya aktual maupun negatif. Karena nantinya Anda akan mendapati nilai penambahan kas. Setelah itu Anda perlu mencari beberapa sub diantaranya :




  • Total Kegiatan Kas




Dapat dihitung dengan rumus : [Kegiatan Operasional + Kegiatan Investasi + Kegiatan Pendanaan]




  • Saldo Awal Kas




Diambil dari Kas pada Neraca di periode satu tahun sebelumnya.




  • Saldo Kas Seharusnya




Saldo Kas seharusnya sanggup Anda dapatkan dengan menjumlahkan Total Kegiatan Kas dengan Saldo Awal Kas yang ada di Laporan Neraca tahun sebelumnya.




  • Saldo Akhir Nyata




Saldo Akhir Nyata sanggup Anda peroleh dari Neraca pada dikala periode berjalan.




  • Selisih




Ini yaitu indikator selesainya penyusunan Laporan Arus Kas. Apabila perhitungan antara Saldo Kas Yang Seharusnya dikurangi Saldo Akhir Nyata yaitu balasannya 0 (nol), maka Laporan Arus Kas Anda telah selesai.


Yups, begitula tata cara menciptakan Laporan Arus Kas yang sanggup Anda pahami selaku pemilik UMKM. Memang terlihat rumit sih, tetapi bahu-membahu gampang kalau data-data penunjangnya sudah sempurna dan akurat. Namun, kalau Anda menginginkan penyusunan yang simpel dan efisien, Anda sanggup memakai Accounting Software yang kekinian.


 Salah satunya Accurate Online (AOL), aplikasi pembukuan yang sangat cocok dipakai dalam mengelola keuangan bisnis UMKM. Selain penggunaannya yang mudah, akan ada aneka macam laba yang Anda dapatkan.


Dimana Accurate Online hadir untuk membantu para pengusaha dalam menjalankan usahanya mulai dari pencatatan Transaksi, pembuatan Faktur, penyusunan Laporan Keuangan serta Pelaporan Pajak yang sudah terintegrasi dengan e-faktur pajak serta sudah mempunyai form pajak. Sehingga cara penggunaanya lebih simpel alasannya yaitu sanggup diakses kapanpun dan dimanapun. Makara Anda tak perlu pusing menyusun laporan secara manual deh!



Sumber http://solusiukm.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Gampang Bikin Laporan Arus Kas Umkm Memakai Metode Tidak Langsung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel