iklan

Tips Bagi Wanita,Before And After Menstruasi


Pria-pria selalu bilang, kalau memahami perempuan itu sulit…Masa sih? Konon naik turunnya emosi perempuan lah yang menciptakan para laki-laki jadi mengerutkan dahi menghadapi lawan jenisnya ini. Menurut para ahli, perempuan mempunyai ketidakstabilan hormon, inilah yang jadi salah satu pemicu timbulnya korelasi yang kurang serasi dengan lingkungan sekitarnya, termasuk pada laki-laki pasangannya. Pantesan yah kalo lagi dapet tuh bawaannya sensi banget. Praktis naik turun gitu emosi.. *jelek banget deh*Apa ini sepenuhnya benar?

Untuk mengenali dan mengatasi ‘gangguan’ kadar hormon yang ‘naik turun’ ini, berikut catatan menarik buat kita semoga bisa mengatasinya
A.    Minggu -1 : Minggu Setelah Haid Pada ahad ini, sehabis haid selesai, fluktuasi hormon estrogen mulai naik. Maka secara psikologis kita bakal merasa lebih percaya diri, bersemangat dalam menghadapi aktifitas harian kita. Jadi, manfaatkanlah kondisi menyenangkan ini untuk merencanakan beberapa planning yang sempat tertunda. Misalnya, menuntaskan pekerjaan kantor yang terbengkalai atau membereskan urusan keluarga yang tertunda.
saran: Pada kondisi ini biasanya kulit sedang dalam kondisi sensitif. Jadi, rawatlah kulit dengan hati-hati dan hindari perawatan yang kecantikan yang menimbukan rasa sakit, menyerupai waxing atau peeling wajah.
B.     Minggu ke – 2 : Masa ovulasi
Inilah dikala hormon estrogen berada pada klimaks dan produksi hormon progesteron juga meningkat. Efek psikologis yang kita rasakan dikala ini yakni merasa diri sangat seci, sensual dan penuh gairah. Tak heran jikalau pada kondisi ini kita bisa sangat menikmati korelasi cinta bersama pasangan dan sekaligus terlihat menarik bagi pasangan. Manfaatkanlah kondisi ini untuk menebarkan pesona dan energi positif kita kepada semua orang. Dengan begitu semua orang akan lebih menyukai kita.
sebagai saran: Belilah parfum! Sebab pada ahad ini indra penciuman kita sedang dalam keadaan yang sangat baik. Satu lagi, bagi yang belum ingin mempunyai momongan, jangan lalai menggunakan kontrasepsi lantaran dikala ini kita sedang sangat subur.
C.    Minggu ke -3 : PMS
Jumlah hormon esterogen mulai menurun dan fluktuasi hormon progesteron mulai tidak stabil. kita mulai mencicipi hal-hal yang tidak menyenangkan, menyerupai gampang jengkel, marah, cepat merasa putus asa dan gampang menangis. Nah, kalau sudah begini lebih baik hindari beraktifitas pada jam-jam sibuk dan hal-hal yang bisa membangkitkan emosi.
sebagai saran: Perbanyak makanan yang mengandung kalsium dan magnesium, manjakan diri sendiri dengan relaksasi serta hindari kafein semoga tanda-tanda PMS tak semakin parah. Melakukan Waxing dan peeling wajah juga dianjurkan.
D.    Minggu ke – 4 : Masa Menstruasi
Pada kondisi ini, semua hormon dalam badan sedang dalam kondisi rendah atau ‘tidur’. Makara tak heran jikalau kita lebih sering merasa lelah dan selalu ingin berbaring atau tiduran. Usahakan untuk banyak beristirahat semoga badan sanggup melaksanakan regenerasi.
sebagai saran: Silahkan menyantap banyak cokelat, lantaran makanan yummy ini bisa membantu badan kita melepaskan hormon serotonin yang menjadikan rasa bangga dan riang.

Mengenal Menstruasi dan Faktanya – Bagi sebagian perempuan, masa menstruasi bisa sangat mengganggu. Sementara itu, yang lain bisa melewatinya dengan santai-santai saja. Datangnya mens bisa menciptakan kita lega, bisa juga menciptakan kita kecewa berat. Dalam kenyataannya, banyak hal bisa terjadi jawaban imbas menstruasi ini. Banyak fakta yang tergolong unik. Beberapa di antaranya bahkan bisa bermanfaat untuk kita.Ingin diet? Awali pada ahad pertama dari siklus hormon kita. Menurut sebuah studi dari Tufts University, kita cenderung makan 12 persen lebih sedikit pada ahad ini dan mengalami penurunan hormon yang mengakibatkan kita ngidam makanan tertentu.Bila ingin berhenti merokok (khusus perempuan yang merokok), coba lakukan pada paruh kedua siklus menstruasi. Penelitian yang dilakukan University of Minnesota pada tahun 2008 menyampaikan bahwa estrogen yakni hal yang mengakibatkan kita ingin mendapat substansi yang sifatnya adiktif, menyerupai nikotin. Ketika kadar hormon ini menurun pada ahad ketiga dan keempat, kita tidak lagi begitu menikmati rokok. Saat itulah kita bisa berhenti merokok.
Menstruasi bisa menciptakan kita sulit berbicara. Menurut studi yang sama dari University of Minnesota, progesteron mengacaukan kemampuan lisan kita sehingga kita selalu salah mengucapkan kata-kata dan jadi lemot. Hormon ini jugalah yang mengakibatkan kita sembelit atau kembung. Jadi, tambahkan sajian serat dan banyak minum air putih semoga fisik tetap bugar.
Mood swing, yang merupakan tanda-tanda menstruasi, bisa menular. Jika pasangan kita menjadi moody pada dikala kita sedang mens, kita bisa membantunya untuk mengembalikan mood baiknya. “Ada bukti bahwa fluktuasi testosteron setiap bulan bisa menghasilkan tanda-tanda menyerupai PMS pada pria,” kata Jed Diamond, psikoterapis asal California yang juga menulis buku Male Menopause.
Menurut sebuah studi yang dipresentasikan di 11 th Biennial Conference untuk Society for Menstrual Research, laki-laki yang mengisi kuesioner mengeluhkan mood swing bulanan yang menyerupai dengan yang dialami kaum perempuan. Meskipun demikian, masih diharapkan penelitian lanjutan mengenai hal ini.Teman sekamar kita bisa ikut mens ketika kita sedang mens. Hal ini disebabkan oleh siklus bulanan. Para hebat juga menyampaikan bahwa tanda-tanda kimiawi pada badan seorang perempuan kemungkinan ditiru oleh badan perempuan lain. Ini tidak mengherankan lantaran perempuan yang tinggal bersama biasanya juga mengalami stres yang sama. Penyebab stres yang sama bisa memengaruhi waktu menstruasi mereka.Menstruasi bisa bikin kita diare. Senyawa kimia yang memicu kontraksi jalan masuk kemih untuk membantu mengeluarkan darah secara tidak sengaja mengakibatkan usus kita untuk ikut berkontraksi. kita bisa mengonsumsi obat pereda rasa sakit pada serangan nyeri ini untuk menghentikan kontraksi.



Sumber http://bloggoedu.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Bagi Wanita,Before And After Menstruasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel