iklan

✔ Tes Interview Dan Soal Pembinaan Di Indomaret ( Pertanyaan Dan Jawabanya )

Tes interview indomaret yang akan saya berikan sudah lengkap dengan soal pelatihan serta pertanyaan dan balasan ketika wawancara HRD berlangsung.Anda sanggup memperlajarinya semoga sanggup mendapatkan sedikit tips untuk sanggup lolos dan diterima bekerja di indomart.

Pertanyaan dan balasan tes interview/wawancara kerja di indomaret bukan satu-satunya hal yang harus anda pelajari alasannya ialah masih ada proses pelatihan yang didalamnya terdapat soal-soal yang harus anda kerjakan.Silahkan pelajari dengan baik klarifikasi dalam artikel ini.


Tes Interview/Wawancara Kerja Indomaret + Soal Trainingnya





Tes interview indomaret yang akan saya berikan sudah lengkap dengan soal pelatihan serta pe ✔ Tes Interview dan Soal Training di Indomaret ( Pertanyaan dan Jawabanya )



Saya akan menceritakan sedikit pengalaman pribadi saya ketika beberapa waktu kemudian mengikuti serangkaian seleksi karyawan di indomart.Prosesnya memang cukup panjang,tapi akan saya ceritakan semuanya untuk anda.

Saya akan memulainya dengan tahapan yang dilalui hingga alhasil tanda tangan kontrak.Ohh iyaa,ini serangkaian seleksi untuk " PRAMU/PRAMUNIAGA dan KASIR " yaa,tapi kata mereka yang posisinya lain sih sama saja ( hampir sama lah ).


Proses melamarnya bagaimana?

Waktu itu saya daftarnya via jobfair,tapi pas proses seleksi berlangsung,saya tanya ke beberapa akseptor yang lainya,jawabanya beraneka ragam.Ada yang melamar via pos,email,bahkan ada yang menitipkan pribadi di pos satpam perusahaan.

Kaprikornus intinya,saat tesnya berlangsung,semua dikumpulkan jadi satu.Untuk lokasinya sendiri berlangsusng di toko indomaretnya,kalau tidak salah di kawasan bekasi.Ada juga yang tesnya pribadi di DC ( Distric Cenctre ) nya langsung.

Tetapi mau dimanapun tempatnya,intinya bukan itu,tapi apa saja dan bagaimana cara untuk menghadapi atau menjawab semua test yang berlangsung hingga diterima bukan? Untuk tahapan dan prosesnya ibarat ini :


1. Cek Kelengkapan berkas dan Kerapihan


Sebelum anda tiba ke tempat lokasi tesnya,sudah niscaya anda akan mendapatkan SMS atau TELEPON atau EMAIL kan? Disitu akan tertulis berkas apa saja yang harus dibawa dan pakaian apa yang harus anda kenakan.


Untuk berkas yang harus dibawa kala itu antara lain :
  • Ijasah orisinil ( hanya untuk bukti saja,TIDAK DITAHAN IJASAHNYA )
  • KTP atau kartu pengenal masih berlaku

Hanya itu saja,karena semua berkas yang diharapkan sudah terlampir dikala anda mengirimkan lamaranya.Jadi di meja HRDnya sudah ada lamaran dari masing-masing peserta.


Untuk pakaian yang harus dikenakan atau digunakan adalah :
  • Sepatu bebas ( kalau sanggup hitam ) tapi kalau tidak ada,WAJIB untuk menggunakan sepatu
  • Celana panjang ( materi ) dihentikan pakai celana jeans apalagi pakai celana pendek
  • Bajunya harus KEMEJA berkerah dan berkancing dan sopan

Untuk pakaianya itu saja yang dikenakan.Untuk urusan rambut,saat itu tidak dipermasalahkan alasannya ialah itu akan diurus nanti jikalau anda semua sanggup hingga tahapan interview atau wawancara.

Setelah semua akseptor datang,semuanya akan berbaris menjadi 3 berbanjar dan HRD akan mengeceknya manual dengan melihat anda satu-persatu.Lumayan usang dan pegel kaki,karena yang tiba cukup banyak waktu itu.


Apa ada yang disuruh pulang alasannya ialah tidak patuh?

Ada.Waktu itu ada 2 orang yang disuruh untuk pulang,karena kesalahanya terbilang fatal.2 orang yang disuruh pulang itu alasannya ialah mereka menggunakan celana 3/4 dan hanya menggunakan sandal.Mungkin dikiranya itu proses biasa saja mungkin.

Sementara kesalahan lain ibarat berkas tertinggal kemudian celananya jeans dan yang lainya,masih dimaafkan dan harus dilengkapi atau dibawa dikala wawancara nanti.


2. Psikotes Indomaret


Setelah semua tahapan cek kelengkapan selesai,selanjutnya dalah proses yang paling menciptakan para akseptor keringat hambar yaitu : sikotes.Walaupun bantu-membantu tidak sesusah dan sesulit itu.Bentuk soal yang diberikan ada 2 buah atau 2 lembar soal.

- Lembar soal yang pertama isinya ialah bentuk hitung-hitungan dasar ( perkalian,pembagian,pertambahan dan pengurangan ).Kurang lebih bentuk atau teladan soalnya ibarat berikut ini :


Tes interview indomaret yang akan saya berikan sudah lengkap dengan soal pelatihan serta pe ✔ Tes Interview dan Soal Training di Indomaret ( Pertanyaan dan Jawabanya )



Sebenarnya tidak sama persis ibarat itu angkanya,hanya saja hampir sama sepeti itu.Angka dan perkalianya yang berbeda.Nanti ada yang dibagi,ditambah ataupun dikurangi.

Untuk sanggup mengerjakan soal ini,anda harus banyak berlatih saja.Anda sanggup menciptakan soalnya sendiri dikertas kemudian anda kerjakan.Memang mudah,yang menjadi problem ialah " WAKTU " yang diberikan tidak lama,hanya sekitar 20 menit untuk 30 soal.

Jadi,mulai sekarang,silahkan anda mencar ilmu bentuk-bentuk soal semacam ini semoga dikala tiba waktunya seleksi,anda sudah tidak kaget dan sanggup mengerjakanya dengan lancar.

- Lembar soal kedua isinya ialah soal matematika cerita.Contoh soalnya kurang lebih ibarat berikut :

  • Jika ada 3 buah barang dagangan,yang satu harganya 25.600 rupiah kemudian barang kedua harganya ialah 13.800 rupiah dan yang terahir harganya 34.600 rupiah.Jika ada pembeli membawa uang pecahan seratus ribu rupiah,berapa kembalianya?

Brntuk soalnya tidak jauh-jauh dari pembahasan uang.Jadi hitunganya yaaa seputar uang dan kembalian saja,hehe.

Untuk soal ini,waktunya lebih usang sekitar 40 menit dengan jumlah soal sekitar 25 soal.Sedikit tips dari saya : Kalau bisa,anda juga menuliskan cara penegerjaanya di balik lembar balasan anda,karena itu akan menambah nilai plus untuk anda.

Setelah selesai,semua balasan dikumpulkan dan kami semua disuruh menunggu selama 2 jam untuk HRD mengoreksi semua jawabanya.

Sekitar jam 1 siang,HRD mengumpulkan kami semua dan menawarkan hasil.Saya lolos dan ada beberapa yang gagal.Mungkin saking gugupnya mengerjakan soalnya.Jadi saran saya,dari kini mulailah mencar ilmu dan mempelajari bentuk soal ibarat diatas yaaa.

Jika anda ingin mencar ilmu lebih banyak lagi perihal bentuk soal-soal yang sering keluar di sikotes terutama soal matematika,silahkan anda pelajari artikel saya yang ini :

BACA :


3. Pertanyaan dan Jawaban Interview/Wawancara Indomaret


Proses wawacarapun dimulai.Peserta dipanggil satu persatu ke meja HRD didalam toko.Saat tiba giliran saya,hal pertama yang HRD lakukan ialah mencocokan data di IJASAH ASLI dan KTP orisinil saya dengan menanyakan dan melihat muka secara langsung.

Yang ditanyakan mengenai ijasah dan KTP juga mudah,hanya nama tanggal lahir alamat dan jurusan sekolah serta nama sekolah.Intinya HRD hanya ingin memastika bahka berkas dan akseptor yang tiba itu asli.Jadi tidak ada istilahnya anda membayar orang untuk menggantikan anda mengikuti seleksi.

Setelah datanya sinkron,mulailah pertanyaan interviewnya.Yang ditanyakan antara lain :
  • Perkenalan diri
  • Hobi
  • Pengalaman kerja ( alasannya ialah saya memang punya pengalaman kerja ) kalau tidak punya pengalaman,yaa tidak akan ditanyakan
  • Motivasi
  • Kekurangan dan kelebihan

Untuk balasan saya waktu itu saya sedikit lupa,karena memang sangat panjang.Jika anda ingin mempelajari balasan yang benar dikala interview,silahkan anda pelajari ini :

BACA :




Pada tahapan ini,memang agak sedikit sulit,karena kita tidak tahu balasan ibarat apa yang di inginkan HRD.Ada baiknya anda mempelajari artikel diatas semoga anda sanggup menjawabnya dengan baik dan benar.

Setelah tahapan ini selesai dan semua akseptor sudah sanggup giliranya,kami disuruh untuk menunggu pemberitahuan via SMS atau telepon paling usang seminggu ( kata HRDnya ).Tapi saya pribadi gres 2 hari sudah mendapatkan SMS bahwa saya lolos dan berhak mengikuti tahapan training.

Ada beberapa permasalahan klasik yangs ering terjadi sehabis tahapan ini,yaitu :

- Kenapa sudah 1 ahad lebih belum sanggup panggilan?

Jika anda mengalaminya,ada kemungkinan bahwa anda GAGAL.Tetapi untuk lebih memastikan,saya sarankan anda untuk tiba ke DC sentra masing-masing kabupaten yaa.Anda sanggup tanya ke toko tempat dimana anda melaksanakan tesnya,dimana DC pusatnya.

Ada baiknya anda menciptakan sebuah GROUP dengan akseptor lain untuk bertuka informasi semoga anda tidak galau sendiri nantinya.

Selain kemungkinan GAGAL,ada beberapa kasus,simana lamanya pemanggilan dikarenakan masih ada akseptor gelombang sebelumnya yang sedang pelatihan di DC,jadi tempat trainingnya tidak muat.Jadi anda semua harus menunggu gelombang sebelumnya ditugaskan di toko atau departemen lainya sesuai kebutuhan perusahaan.


4. Training


Untuk lokasinya ada di DC atau pusatnya yaa,kalau tidak salah,waktu itu pusatnya di kawasan purwakarta di bersahabat pintu tol.Sebelum tiba ke sana,ada beberapa hal yang harus anda persiapkan terlebih dahulu,antara lain :
  • Anda harus potong rambut kurang lebih 1 cm,karena si SMS tertulis ibarat itu 
  • Alat tulis
  • Pakaian yang sesuai dengan kriteria

Untuk pakaian yang harus anda kenakan hampir sama dikala anda test.Hanya saja sedikit lebih ketat dan tidak ada kata maaf untuk kesalahan lagi.Pakaian yang harus digunakan dikala pelatihan sebagai berikut :


- Laki-Laki/Cowok
  • Sepatu HARUS hitam full ( ikuti arahan atau perintah di SMS pemanggilan )
  • menggunakan kaos kaki
  • Celana panjang hitam dan bahan
  • Baju lengan panjang putih ( ikuti arahan SMS pemanggilan )
  • Rambut harus pendek

- Wanita/Perempuan /Cewek

Untuk ini saya kurang faham,tapi kalau dilihat hampir sama persis,bedanya hanya di celana ROK dan rambut harus di kuncir dengan pita berwarna biru.Anda sanggup mnegikuti arahan di SMS pemanggilanya saja.

Apa yang dilakukan disana?

Kegiatan yang dilakukan disana bantu-membantu pada dasarnya ialah pengenalan sistem kerjanya bagaimana dan budaya atau peraturan yang harus ditaati.Selain itu juga ada informasi perhiasan ibarat jumlah honor perhitungan lembur waktu libur dan sebagainya.

Intinya lebih ke derma informasi saja sebenernya,TETAPI ada yang sedikit " menyebalkan ",yaitu : Akan ada beberapa game atau permainan kecil untuk penghilang ngantuk tetapi yang salah akan mendapatkan hukuman.

Hukumanya macam-macam,tapi inti dari eksekusi itu ialah melatih mental akseptor semoga ketika bekerja lebih siap.Bentuk hukumanya antara lain :
  • Berjoget didepan akseptor lain
  • Bernyanyi
  • Bahkan sanggup juga berjoget di kelas para perempuan yaa ( alasannya ialah pria dan perempuan kelasnya terpisah dan tidak dicampur )

Berapa usang waktu trainingnya?

Untuk waktu trainingnya berbeda antara pria dan perempuan.Jika pria kurang lebih 10 hari dan perempuan kurang lebih 14 hari.tetapi semua mengikuti kebutuhan dari perusahaan,jika memang mendesak,proses trainingnya akan lebih cepat lagi.

Untuk jam masuknya jam 8 pagi dan pulang jam 4 sore dengan waktu istirahat 2 kali.Istirahat pertama jam 10 ( anda akan diberikan kudapan atau snack ) kemudian istirahat kedua jam 12 ( jam makan siang ).

Apa ada yang GAGAL?

Ada yang gagal pada tahapan atau proses ini.Waktu itu kalau tidak salah ingat ada 3 orang yang GAGAL,penyebabnya :
  • Pemalsuan data yang ketahuan
  • Attitude kurang baik

Yang tertangkap berair pemalsuan data 1 orang,jadi ia sudah pernah kerja ( resign atau keuar ) kemudian daftar lagi.Yang 2 anak alasannya ialah sikapnya memang kurang baik,dikelas selalu membantah dan terkesan seenaknya sendiri.

Tips dari saya,anda semua sebisa mungkin " ikuti trainer " anda.Mereka bilang apa,lakukan saja,kaena keputusan pada tahapan ini masih di tangan trainner yaa.Jika trainernya bilang anda GAGAL,maka anda gagal.


5. Ujicoba


Setelah anda selesai masa training,anda akan diberikan masa ujicoba dan ditempatkan di toko pribadi selama 2 minggu.Selama 2 ahad itulah penentu apakah anda akan lolos untuk TTD kontrak atau tidak.

Tips dari saya : Lakukan semuanya sesuai dengan SOP yang berlaku dan hormati senior anda.

Memang banyak sekali masalah dimana tempat anda melaksanakan ujicoba,seniornya tidak menyenangkan.Tapi sabar saja,karena tempat itu tidak akan mutlak menjadi tempat anda bekerja,masih sanggup dipindahkan kelain tempat kok.

Jika anda lolos,anda akan dipanggil ke DC/TC untuk melaksanakan tanda tangan kontrak kerja selama 1 tahun.

Jika anda butuh informasi yang lainya,anda sanggup membacanya di artikel-artikel saya lainya yang masih bekerjasama dengan salah satu ritel terbesar di indonesia ini.


Demikian pembahasan perihal pertanyaan dan balasan tes interview di indomaret lengkap dengan soal-soal trainingnya.Semoga sanggup membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.
Sumber http://www.pujihartono.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Tes Interview Dan Soal Pembinaan Di Indomaret ( Pertanyaan Dan Jawabanya )"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel