iklan

√ Rpp Kls 2 Sd Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3




( RPP )
Satuan Pendidikan    :  SDN BOJONG 03
Kelas / Semester       : 2/1
Tema/Sub Tema/PB            : Hidup Rukun  / Hidup Rukun Di Rumah
Alokasi Waktu           : 1 Hari

A.     Kompetensi Inti (KI)
1.       Menerima dan menjalankan pedoman agama yang dianutnya
2.       Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
        diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
              dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terperinci dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
Matematika
Kompetensi Dasar
3.1 Mengenal bilangan orisinil hingga 500 dengan memakai blok dienes (kubus   satuan).
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana memakai bilangan-bilangan yang kurang dari 100.

Indikator
3.1.3 Membaca lambang bilangan hingga 500.
3.1.8 Membilang loncat.
4.1.1 Menentukan pola-pola bilangan sederhana memakai bilangan kurang dari 100.
4.1.2 Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan memakai bilangan kurang 100.

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.5 Mengenal teks usul maaf ihwal sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan sahabat dalam bahasa Indonesia ekspresi dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa kawasan untuk membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks usul maaf ihwal sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan sahabat secara berdikari bahasa Indonesia ekspresi dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa kawasan untuk membantu penyajian.

Indikator
3.5.1 Mengidentifikasi pola sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
3.5.2 Membedakan pola sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga.
4.5.1 Membaca teks usul maaf ihwal sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.





SBDP
Kompetensi Dasar

3.1 Mengenal materi dan alat serta tekniknya dalam menciptakan karya seni rupa
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.8 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda

Indikator
3.1.1 Mengidentifikasi bahan-bahan dalam menciptakan karya seni rupa.
4.3.1 Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan media di lingkungan sekitar.
3.2.2 Menunjukkan pola irama lagu bertanda birama tiga pada alat musik ritmis.
4.8.1 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.

Tujuan Pembelajaran
1.    Dengan menyanyikan lagu “Main Ayunan”, siswa sanggup me-nunjukkan banyak sekali pola irama lagu dengan memakai alat musik ritmis secara teliti.
2.    Dengan bimbingan guru, siswa sanggup memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga dengan percaya diri.
3.    Dengan bimbingan guru, siswa sanggup mengubah syair lagu “Main Ayunan” menjadi sebuah dongeng dengan memakai bahasa yang santun.
4.    Dengan mengamati alam sekitar, siswa sanggup mengidentifi-kasi bahan-bahan dalam menciptakan karya seni rupa dengan teleti.
5.    Dari teks dongeng yang telah dibuat, siswa sanggup menggambar imajinatif dengan memanfaatkan media di lingkungan sekitar dengan teliti.
6.    Dengan memakai teks percakapan “Buku Kakak Sobek”, siswa sanggup membaca teks usul maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan santun dan percaya diri.
7.    Dengan membaca teks percakapan “Buku Kakak Sobek”, siswa sanggup mengidentifikasi pola sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
8.    Dengan beberapa pola sikap yang dikemukakan guru, siswa sanggup membedakan pola sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
9.    Dengan berdiskusi sesama sahabat sebangku, siswa sanggup membaca membaca lambang bilangan hingga 500 dengan teliti.
10.  Dengan bimbingan guru, siswa sanggup membilang loncat dengan teliti.
11.  Dengan mengamati barisan bilangan, siswa sanggup memilih pola-pola bilangan sederhana memakai bilangan kurang dari 100 dengan teliti.
12.  Dengan mengamati deret bilangan, siswa sanggup menciptakan pola-pola bilangan sederhana dengan memakai bilangan kurang 100 dengan teliti.










C.     Materi Pembelajaran
                        Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
                        Mengidentifikasi bahan-bahan dalam menciptakan karya seni rupa.
                        Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan media di lingkungan.
                        Membaca teks usul maaf.
                        Mengidentifikasi pola sikap hidup rukun.
                        Membedakan pola sikap hidup rukun dan tidak rukun.
                        Membaca membaca lambang bilangan hingga 500.
                        Membilang loncat.
                         
D.Metode dan Pendekatan Pembelajaran
1.      Metode                 :Penugasan, ceramah, diskusi, tanya jawab.
2.      Pendekatan           :saintifik ( mengamati, menanya mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan   E. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
                        Teks lagu “Main Ayunan”.
                        Gambar Udin dan Mutiara bermain ayunan.

Sumber berguru : Buku tematik terpadu kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan kebudayaan. 
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.Mengkondisikan siswa ke dalam situasi pembelajaran aktif dan kreatif
2. Mengadakan apersepsi dengan mengajak semua siswa berdoa berdasarkan agama dan kepercayaan masing-masing dan komunikasi ihwal kehadiran siswa
3. Tanya jawab ihwal gambar aktivitas dikelas
4. Menginformasikan gambar Beni menyusun rumah kartu dengan Tiur.
10 Menit
Kegiatan Inti
1.  -Siswa diperkenalkan dengan lagu “Main Ayunan” (mengamati).
Main Ayunan
3/4 Ciptaan: A.T. Mahmud
5 . 3 | 1 3 5 | 1 0 6 | 5 . 0 |
Tu du a sa tu hup na ik
Na ik dan tu run hei a was
4 . 4 | 2 3 4 | 3 . 4 | 5 . 0 |
A dik ku ter a yun a yun
A dik ku me la yang de ras
6 . 6 | 1 . 0 | 5 . 5 | 7 . 0 |
Me ning gi me nu run
Gem bi ra ha ti nya
4 . 5 | 6 4 2 | 1 . . | 1 0 0 ||
di a tas a yun an.
ber ma in a yun an
-Siswa menyanyikan lagu “Main Ayunan” secara tolong-menolong dengan percaya diri (mencoba).
-Siswa memperhatikan guru menyanyikan lagu “Main Ayunan” sesuai ketukan memakai alat musik ritmis (mengamati).
-Siswa dibimbing memainkan pola irama lagu “Main Ayunan” dengan memakai alat musik ritmis (mencoba).
-Siswa memainkan pola irama bervariasi pada lagu “Main Ayunan” dengan memakai dua alat musik ritmik yang berbeda (mencoba).
-Guru membacakan syair lagu menyerupai membaca puisi, siswa diminta menyimak (mengamati).
-Siswa membaca syair lagu menyerupai yang telah dicontohkan guru (mencoba).

2.  Menanya :
-Siswa menciptakan pertanyaan yang berkaitan dengan teks lagu “Main Ayunan” (menanya).
-Siswa menukarkan pertanyaan yang telah dibentuk dengan teman.
-Siswa menjawab pertanyaan yang ditukarkan (menalar).

3.Berkreasi :
-Siswa mengubah syair lagu “Main Ayunan” menjadi sebuah dongeng memakai bahasa yang santun (menalar).
Contoh:
Ada abang beradik sedangn bermain ayunan.
Kakak mengayun adiknya di atas ayunan.
Ayunan bergerak meninggi dan menurun.
Adik bahagia bermain ayunan bersama kakak.
-Siswa mengamati alam sekitar (mengamati).
-Siswa mengidentifikasi bahan-bahan dalam menciptakan karya seni rupa berdasarkan pengamatan (mencoba).
-Siswa menyebutkan alat dan materi yang biasa dipakai dalam menggambar. (mengomunikasikan)

-Siswa menghias dongeng yang telah ditulis dengan menggambar imajinatif memakai pensil warna atau krayon (mencoba).

4. Bermain Peran
-Siswa bermain kiprah berdasarkan teks percakapan “Buku Kakak Sobek” dengan percaya diri (mencoba).
-Siswa mengidentifikasi pola sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga (menalar).
-Siswa membedakan pola sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga berdasarkan beberapa pola yang dikemukakan guru (mencoba).

5. Berdiskusi
-Siswa berdiskusi dengan sahabat sebangku ihwal cara membaca lambang bilangan yang ada pada gambar dengan santun (menanya).
-Siswa secara bergantian membaca lambang bilangan yang pada gambar tersebut (mengomunikasikan).
-Siswa mengamati sebuah barisan bilangan (mangamati).
-Siswa menyebutkan pola bilangan pada barisan bilangan yang diamati (menalar).
-Siswa melengkapi barisan bilangan berpola +3 (menalar).

PENGAYAAN
-Siswa kembali menyanyikan lagu “Main Ayunan” mengguna-kan alat musik ritmis.
-Siswa ditugaskan menuliskan kalimat permohonan maaf yang santun.
-Siswa ditugaskan memilih pola bilangan dari beberapa deret bilangan yang dikemukakan guru.

150 Menit
Penutup
1.Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan/rangkuman hasil berguru selama sehari
2. Bertanya jawab ihwal materi yang telah dipelajari ( untuk mengetahui ketercapaian materi)
3.Melakukan evaluasi hasil belajar
4.. Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran).
a. Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb).
b. Segera memperlihatkan nasihat, apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang tepat dalam berdo’a, supaya besok kalau berdo’a lebih disempurnakan.
15 Menit

G. Penilaian
1. Teknik penilaian
     a. Penilaian sikap : Percaya diri, teliti, dan santun.
     b. Penilaian pengetahuan : Daftar periksa dan skor
     c. Penilaian Keterampilan : Unjuk kerja gerakn bermain
2. Bentuk Intrumen Penilaian
a. Penilaian sikap
No
Nama siswa
                 Perubahan Tingkah laku
Percaya Diri
         Teliti
   Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
Rudi












2
Dini












3
Santi












4
Nuni













b. Penilaian pengetahuan
. Penilaian: Penskoran
a. Membuat pertanyaan berdasarkan teks lagu
Banyak soal : 1 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 100
Jawaban disesaikan dengan pendapat siswa.

b. Melengkapi deret bilangan berpola +3
Banyak soal: 5 buah
Skor maksimal: 100
Skor jawaban: 20






c. evaluasi keterampilan
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Mempersiapkan alat/Bahan




2
Kreatifitas




3
Kebersihan




4
Kerapihan







   Mengetahui                                                                         Pameungpeuk, 20 Juni 2014
Kepala SDN BOJONG 03                                                       Guru Kelas 2

TAYAT, S.Pd.SD                                                                     YANTI SUSANTI, S.Pd.
NIP.195905071979122006

Sumber http://rofi-mustawan.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Rpp Kls 2 Sd Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel