iklan

Peranan Rhizobium Dalam Peningkatan Hasil Flora Kacang Kedelai

Tanaman kacang kedelai merupakan tumbuhan yang masuk dalam kelas tumbuhan polong-polongan. Tanaman yang mempunyai nama latin Glycine max merupakan tumbuhan yang banyak dicari untuk dijadikan sebagai materi baku dalam pembuatan makanan, sepeti tempe, tahu, serta kecap. Budidaya kedelai sudah dilakukan masyarakat semenjak 3500 tahun silam. Kegemaran masyarakat Indonesia dalam mengkonsumsi tahu dan tempe menciptakan usul tumbuhan kacang kedelai di pasaran mengalami peningkatan yang cukup tinggi, hal tersebut menciptakan petani kedelai yang ada di Indonesia sulit untuk memenuhi usul pasar. Sehingga impor kedelai dilakukan untuk memenuhi usul kedelai di pasar.


Tanaman kacang kedelai merupakan tumbuhan yang masuk dalam kelas tumbuhan polong Peranan Rhizobium Dalam Peningkatan Hasil Tanaman Kacang Kedelai
Kebun tumbuhan kacang kedelai

Sebetulnya dalam melaksanakan budidaya tumbuhan kacang kedelai sangatlah mudah, bahkan Anda sanggup membudidayakan kedelai dengan sistem tumpang sari. Hanya saja, semoga Anda mendapat hasil panen yang memuaskan, baik dari sisi kualitas maupun kuantitas, maka Anda harus melakukannya dengan baik dan benar atau sesuai tawaran yang ada. Sekarang ini, dalam membudidayakan tumbuhan kacang kedelai, Anda sanggup memakai atau mengaplikasikan Rhizobium. Dengan penerapan Rhizobium tersebut, maka Anda akan mendapat hasil panen yang memuaskan. Tapi tahukah Anda ihwal Rhizobium? Serta manfaat Rhizobium dalam melaksanakan budidaya kacang kedelai.


artikel kedelai: Tips Penanganan Pasca Panen Kacang Kedelai


Rhizobium sendiri berasal dari dua suku kata, yaitu kata “Rhizo” yang berarti akar dan “bio” yang artinya hidup. Makara secara keseluruhan Rhizobium ialah basil yang sifatnya aerob dimana koloni dan dan bentuk batangnya berwarna putih dan berbentuk sirkulasi. Jenis basil ini biasanya menghambat nitrogen hidup yang ada di dalam tanah serta berasosiasi secara simbiotik bersama sel akar legume, spesifiknya satu dan bersifat host. Jenis basil ini juga berupa organotrof, tidak berspora, aerob, pleomorf, berbentuk batang, serta gram negatif.


Morfologi dari jenis basil satu ini lebih dikenal dengan bakteroid. Rhizobium bekerja dengan menginfeksi pecahan akar leguminoceae dari pecahan ujung-ujung bulu akar yang tidak berselulose, hal ini dikarenakan Rhizobium tidak bisa untuk menghidrolisis selulosePada dasarnya unsur N atau nitrogen yang diharapkan untuk pertumbuhan dari tumbuhan kedelai berasal dari dalam tanah juga dari N atmosfir melalui keterkaitan dengan basil Rhizobium.


Bakteri jenis ini sanggup membentuk bintil akar atau biasa disebut dengan nodul. Bintil tersebut akan menambat dari udara ke pecahan akar kedelai Anda. Rhizobium bekerjsama hanya cocok pada lahan kering, alasannya biasanya produktivitas kedelai di lahan kering lebih rendah dibandingkan dengan lahan sawah.


Penggunaan dari jenis basil ini tidak memperlihatkan ancaman ancaman atau efek samping terhadap proses budidaya kedelai Anda. Bahkan jikalau Anda meningkatkan penggunaan Rhizobium justru sanggup menghindari pencemaran lingkungan yang ditimbulkan dari pupuk buatan. Bahkan Rhizobium sanggup bertahan lama, sehingga masih berfungsi dan sanggup berkhasiat pada isu terkini tanam berikutnya.


Tanaman kacang kedelai merupakan tumbuhan yang masuk dalam kelas tumbuhan polong Peranan Rhizobium Dalam Peningkatan Hasil Tanaman Kacang Kedelai
Daur hidup rhizobium pada akar tumbuhan kacang kedelai

Dari hasil Penelitian, telah dibuktikan bahwa dengan pengaplikasian Rhizobium menjadi pupuk hayati di lahan marginal atau lahan yang kering akan menunjang ketersediaan hara serta hasil tumbuhan Anda, berkisar antara 20-100% dan akan meningkatkan efiensi dari penggunaan pupuk Anda. Dengan terjadinya peningkatan bintil akar kedelai Anda akhir dukungan Rhizobium atau legin, maka akan terjadi peningkatan unsur N atau nitrogen. Pada alhasil akan menciptakan tumbuhan kacang kedelai Anda sanggup tumbuh secara optimal.


Disamping itu, hasil Penelitian juga mengambarkan dengan memperlihatkan Rhizobium dapat menjadikan peningkatan polong berisi serta penurunan polong yang hampa pada tumbuhan kacang kedelai Anda. Bahkan kelembaban tanah, pH tanah, serta sistem drainase Anda akan tetap terjaga dengan baik. Bahkan pada kesiapan lahan Anda pada isu terkini tanam berikutnya.


Akan tetapi Anda harus sadari, penggunaan dari Rhizobium bukan merupakan cara yang mutlak dalam peningkatan produksi tumbuhan kacang kedelai, Anda tetap harus memperhitungkan faktor-faktor pendukung lainnya untuk keberhasilan budidaya kedelai Anda. Faktor – faktor tersebut menyerupai penggunaan benih yang unggul, waktu penanaman yang tepat, pemupukan yang berimbang, serta dukungan materi organik. Dengan sistem pemeliharaan yang baik dan benar serta di dorong dengan pengaplikasian Rhizobium, maka apa yang Anda harapkan untuk mendapat hasil panen tumbuhan kacang kedelai yang bermutu dari segi kualitas dan kuantitas sanggup tercapai.


Pada kesimpulannya basil Rhizobium ialah penghambat nitrogen yang ada di dalam tanah serta berasosiasi secara simbiotik bersama sel akar legume, mempunyai sifat host spesifik 1 spesies. Jenis basil ini cenderung untuk membentuk nodul akar untuk satu spesies tumbuhan saja.


Tanaman kacang kedelai merupakan tumbuhan yang masuk dalam kelas tumbuhan polong Peranan Rhizobium Dalam Peningkatan Hasil Tanaman Kacang Kedelai
Polong tumbuhan kacang kedelai

Jadi pada dasarnya, inokulan untuk benih tumbuhan kacang kedelai Anda sanggup diberikan sebelum Anda menanam. Sehingga dukungan inokulan sanggup mengurangi jumlah nitrogen yang Anda gunakan dalam menamam kedelai. Dengan hal tersebut tumbuhan kacang kedelai sanggup mengalami peningkatan produksi serta pendapatan Anda juga akan mengalami peningkatan.


artikel terkait kedelai: Usaha Susu Kedelai Keuntungan Berlipat


sumber gambar: jabarprov, mitalom, aguskrisna


 




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Peranan Rhizobium Dalam Peningkatan Hasil Flora Kacang Kedelai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel