iklan

Pengertian Topologi Star Serta Kelebihan Dan Kekurangannya

Pengertian Topologi Star Serta Kelebihan dan Kekurangannya - Bagi anda yang terbiasa berjuang dengan perkembangan jaringan komputer, tentunya anda sudah tahu wacana topologi jaringan komputer. Ya, topologi jaringan komputer merupakan salah satu bentuk dasar jaringan. Dimana penggunaan dan juga penerapan topologi jaringan komputer ini akan menentukan seberapa baik dan juga berkhasiat sebuah jaringan komputer. 

Dengan memakai prinsip penerapan topologi jaringan, maka kita sebagai pembuat jaringan juga akan mengetahui perangkat keras dan juga software apa yang harus kita miliki untuk bisa membangun jaringan komputer. Dengan adanya jaringan komputer yang sudah terbcana, maa kita akan gampang diimplementasikan, dan juga amengaplikasikan jaringan dengan baik dan sempurna sasaran.


Manfaat Jaringan Komputer

Jaringan komputer tentu mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Berikut beberapa manfaat jaringan komputer:

  • Memfasilitasi terusan terhadap informasi
  • Hemat waktu dan biaya operasional
  • Sederhanakan sharing file dan data
  • Mempercepat dan juga memudahkan komunikasi
  • Untuk memaksimalkan fitur hiburan, ibarat bermain game.

Agar bisa berjalan dengan baik, seorang pemrogram dan pembuat jaringan komputer terlebih dahulu harus mengetahui jenis topologi jaringan yang biasa dipakai untuk membangun jaringan komputer. Salah satu jenis topologi jaringan yang ketika ini paling banyak dipakai oleh banyak pembuat jaringan komputer yaitu topologi star.

Topologi star atau topologi star yaitu jenis topologi yang paling banyak dipakai oleh banyak pengguna dan pembuat jaringan komputer, dimana topologi star star cukup sederhana dalam mengimplementasikannya, dan juga mempunyai banyak kelebihan dalam penyebaran data dan juga sinyal digital dalam suatu jaringan komputer . Untuk memahami lebih terang wacana topologi star, maka mari kita juga memahami pengertian dan juga kegunaan topologi star pada struktur jaringan komputer.

Topologi star yaitu salah satu jenis topologi jaringan komputer yang bisa dianggap modern bila dibandingkan dengan topologi bus dan juga topologi topologi atau ring topologi. Dengan teknologi topologi Star yang lebih modern, penerimaan dan juga penyampaian data dari server ke komputer klien menjadi lebih efisien dan juga cepat, berbeda dengan topologi bus dan topologi ring.

Pengertian Topologi Star Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Topologi Star Serta Kelebihan dan Kekurangannya Pengertian Topologi Star Serta Kelebihan dan Kekurangannya
Topologi Star

Topologi star Pada dasarnya, topologi star ini memanfaatkan satu perangkat keras komputer penting dalam pembentukan jaringan komputer, yaitu Hub atau Switch. Dengan memakai hub atau switc ini, maka programmer dan juga hebat jaringan bisa membangun jaringan komputer dengan prinsip dasar memakai penerapan topologi star.

Prinsip Kerja Topologi Star

Prinsip kerjanya yaitu topologi star bergantung pada satu pusat atau server, yang disediakan oleh hub atau switch. Hub atau switch ini kemudian akan mentransmisikan sinyal dan data paket ke semua komputer yang terhubung dalam jaringan.

Disebut Star alasannya topologi ini hanya membutuhkan satu hub atau switch saja sebagai pusat penyebar data yang akan ditransmisikan. Jumlah komputer klien yang bisa dihubungkan ke switch atau hub di topologi star ini tergantung dari jumlah port yang ada pada hardware. Semakin banyak port pada hub atau switch, semakin banyak pengguna komputer atau klien yang bisa terhubung ke jaringan.

Untuk lebih jelasnya, maka ada baiknya Anda juga membaca wacana prinsip kerja topologi star ini. 

Berikut ini yaitu klarifikasi singkat bagaimana kerja dan juga prinsip kerja topologi star adalah:

Sebuah hub yang sudah terhubung ke server data paket harus siap menjadi pusat jaringan komputer.
Setelah itu, pasang kabel ke port pada switch atau hub yang dipakai sebagai central utama.
Setelah setiap kabel terpasang, sambungkan kabel ke komputer-komputer yang berfungsi sebagai klien atau pengguna.

Dengan begitu, setiap pengguna atau klien akan mendapat data yang sama ibarat apa yang dimiliki oleh server sebagai pusat dan juga sumber paket data.

Dengan memakai topologi Star sebagai dasar implementasi pembuatan jaringan komputer, maka hal ini menciptakan setiap komputer yang difungsikan sebagai pengguna atau client memerlukan pemasangan kabel masing-masing. 

Kaprikornus jikalau kita mempunyai 30 unit komputer atau pengguna klien, maka setidaknya kita membutuhkan 30 buah kabel untuk implementasi jaringna komputer menurut topologi star yang bisa bekerja dengan baik dan optimal pada setiap pengguna komputer atau klien.

Saat ini, selain penggunaan topologi star konvensional, ada juga pengembangan topologi star ini, yang biasa dikenal dengan istilah topologi bibit unggul star. Topologi star bibit unggul ini intinya sama dengan topologi star pada umumnya, hanya membedakannya yaitu penggunaan kabel yang biasanya memakai beberapa jenis kabel pada jaringan komputer.


Penggunaan beberapa jenis kabel lebih mengarah pada kualitas transfer data paket yang bisa dilakukan oleh server dan hub atau beralih ke komputer dan klien pengguna. Semakin baik kualitas dan juga jenis kabel yang dimiliki dan dipakai dalam topologi star, semakin baik kualitas pengiriman sinyal serta paket data dalam satu jaringan komputer.

Kelebihan Topologi Star

Topologi Star ketika ini telah menjadi salah satu implementasi topologi terpopuler yang dipakai dalam membangun jaringan, baik kecil maupun luas. Ini alasannya jaringan komputer yang dibangun memakai dasar penerapan topologi star ini mempunyai banyak kelebihan yang bisa didapat. Apa keunggulan topologi star ini, begitu banyak dan juga biasa dipakai untuk penggunaan jaringan komputer? 

Berikut yaitu beberapa keunggulan topologi jaringan Star:

Bisa dipakai untuk banyak komputer server dan client
Kelebihan jaringan yang memakai topologi star ini bisa menangani pengguna dan komputer client dalam jumlah besar. Paling tidak bagi anda yang mempunyai satu ruangan dengan lebih dari 30 komputer, terusan data antar komputer dalam satu ruangan masih bisa ditangani oleh implementasi jaringan berbasis topologi jaringan star. Berbeda dengan jaringan Bus yang hanya bisa menghubungkan kurang dari 10 pengguna atau klien hanya dalam satu jaringan.

Mudah Dirawat
Pemeliharaan menjadi gampang dilakukan ketika memakai topologi jaringan Star ini. Yang harus Anda lakukan yaitu melihat kondisi komputer server, hub atau switch, dan kabel yang menghubungkan hub atau switch dengan komputer. Jika salah satu komputer atau pengguna komputer rusak dalam jaringan, maka Anda hanya melihat kondisi kabel yang dianggap rusak, tidak perlu melihat keseluruhan kabel satu per satu. Mudah sekali dalam melaksanakan perawatan.

Komputer klien yang rusak tidak akan mempengaruhi kualitas kecepatan jaringan
Bagaimana jikalau satu komputer klien atau pengguna rusak? Bikin santai aja. Dengan memakai topologi jaringan Star ini, maka bila ada satu astu atau lebih pengguna komputer atau klien yang rusak, maka jaringan tidak akan menjalankan problem sama sekali, alasannya mempunyai jalur kabel yang berbeda. Hal ini tentu saja bisa mempermudah proses perbaikan, dan juga bisa menghemat biaya perbaikan.

Kecepatan jaringan antar komputer sama besar
Keunggulan lain dari penggunaan topologi star dalam pembuatan jaringan komputer yaitu setiap pengguna komputer atau klien yang terhubung dalam topologi star ini akan memploeh kecepatan dan juga kecepatan transfer yang sama. Kaprikornus ini bisa meningkatkan efisiensi penggunaan jaringna komputer.

Bisa memakai banyak sekali jenis kabel sesuai kebutuhan
Terkadang beberapa pengguna komputer atau klien memerlukan ketentuan kabel khusus yang mungkin berbeda. Namun dengan memakai topologi Star sebagai dasar pelaksanaan jaringan komputer, maka hal ini tidak perlu dikhawatirkan, alasannya topologi star sangat memungkinkan untuk mendukung banyak sekali jenis kabel - berbeda dalam satu jaringan komputer. Ini kemudian akan membantu meningkatkan efisiensi penggunaan jaringan komputer.

Mudah dikembangkan
Jaringan komputer yang memakai topologi star star juga sangat gampang dikembangkan. Jika Anda ingin menambah jumlah komputer pengguna dan klien, maka Anda cukup membeli kabel saja, dan bisa terhubung eksklusif dengan hub atau switch yang Anda gunakan sebagai transmisi data sentral di jaringan yang Anda buat, tanpa perlu repot melaksanakan re -installation, tentu akan memakan waktu yang sangat lama.

Tingkat keamanan jaringan cukup tinggi
Jaringan komputer yang memakai dasar penerapan topologi star juga dinilai mempunyai keamanan yang tinggi. Hal ini menciptakan jaringan dengan topologi star sulit dilewati dan juga dirusak oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, alasannya mempunyai tingkat keamanan yang tinggi.

Mudah dioperasikan jaringan
Penggunaan dan juga penerapan topologi star dalam pembentukan jaringan komputer dinilai cukup mudah, sehingga banyak orang lebih menentukan memakai topologi star dalam membangun jaringan komputer.

Kekurangan Topologi Star

Selain mempunyai banyak kelebihan, bagaimanapun, ternyata penerapan topologi star dalam pembangunan jaringan komputer mempunyai beberapa kekurangan. Berikut beberapa kekurangan yang terjadi pada penerapan topologi star pada jaringan komputer:

Membutuhkan banyak kabel
Kurangnya topologi star dalam pembangunan jaringan komputer yang pertama yaitu penggunaan kabel. Ya, penggunaan kabel pada jaringan komputer yang menerapkan topologi star sangat boros, alasannya membutuhkan satu kabel untuk satu komputer atau pengguna klien.

Switch atau hub harus dijaga
Tentu switch atau hub yaitu salah satu perangkat keras yang mempunyai tugas utama. Oleh alasannya itu, kesehatan alat ini harus dijaga dengan baik, alasannya jikalau terjadi kerusakan pada komponen pada hub, maka ini akan mengakibatkan koneksi dan juga transfer data di seluruh jaringan yang menerapkan topologi star akan mengalami gangguan dan juga. kerusakan.

Lalu lintas data yang padat sanggup menurunkan kecepatan transfer data
Selain itu, kekurangan topologi star lainnya bisa menurunkan kecepatan transfer data, terutama bila ada kemudian lintas data yang sangat deras. Hal ini berpotensi menurunkan tingkat transfer dan juga sanggup menurunkan kualitas koneksi jaringan.

Biaya konstruksi jaringan yang lebih tinggi
Mengingat masih banyak materi yang harus dimiliki untuk membangun jaringan komputer dengan penerapan topologi star, tentu akan biaya yang relatif lebih tinggi, alasannya setidaknya untuk membangun jaringan yang memakai topologi star, kita membutuhkan banyak kabel dan juga sebuah swtich atau hub.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan sistem jaringan komputer yang mempunyai topologi Star implementasi.

Penerapan Topologi Star

Namun, pada dasarnya, topologi star yaitu jenis topologi yang paling banyak dipakai di jaringan komputer, alasannya bisa mengurangi biaya maintanence. Biasanya, jaringan komputer yang menerapkan topologi star ini banyak dipakai di lokasi yang mempunyai sejumlah komputer antara 15 dan 30 komputer, dan banyak dipakai di lokasi berikut:

Sekolah
Kafe
Ruang kantor
dan masih banyak lagi

Yang terpenting yaitu kecepatan dan juga kecepatan transfer paket data antar komputer akan menjadi lebih stabil ketika memakai jaringan komputer yang memakai penerapan topologi star ini.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pengembangan jaringan komputer yang memakai topologi star.

Untuk bisa membangun jaringan yang memakai penerapan topologi star, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Disini di yaitu berapa banyak hal yang harus anda perhatikan di mebangun jaringan komputer:

  • Perhatikan biaya yang harus dikeluarkan
  • Lihat tujuan awal penggunaan jaringan komputer
  • Perhatikan jumlah komputer yang akan dipakai sebagai client atau user
  • Perhatikan juga kebutuhan akan jenis hub atau switch yang dibutuhkan, apakah cukup dengan hub atau switch biasa, atau apakah itu memerlukan hub atau switch cerdas dengan mikroprosesor tambahan? (Baca: Perangkat keras jaringan komputer)

  • Perhatikan juga faktor keamanan kabel, jangan hingga kabel dipasang di lokasi yang gampang terkena air, atau dengan gampang menjadi korban gigitan binatang pengerat.


Selain itu, kabel juga harus kondusif dari banyak sekali gangguan, dan tidak mencolok, ibarat saling kusut satu sama lain dan tidak rapi.

Jika kita melihat kelebihan dan juga fungsi penerapan topologi star pada jaringan komputer, maka masuk akal jikalau topologi star menjadi satu jenis topologi komputer jarngan banyak digunakan. Ini alasannya kemampuan sistem jaringan yang memakai topologi star lebih baik menangani banyak komputer client.

Itulah beberapa gosip wacana topologi star pada jaringan komputer.

Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Topologi Star Serta Kelebihan Dan Kekurangannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel