iklan

Peluang Perjuangan Catering Rumahan Lengkap Dengan Analisa Usahanya

Bagaimana memulai perjuangan catering rumahan Peluang Usaha Catering Rumahan Lengkap Dengan Analisa UsahanyaBagaimana memulai perjuangan catering rumahan? Tulisan ini akan mengulas mengenai prospek peluang perjuangan katering, bagaimana cara memulainya, taktik pemasaran dan promosi, sampai analisa perjuangan catering rumahan. Anda juga sanggup berguru kunci sukses bisnis kuliner dari ahlinya.


Sekarang ini banyak orang yang ingin menciptakan program atau aktivitas secara praktis, tanpa ribet. Termasuk dalam hal penyajian kuliner dan hidangan. Untuk hal tersebut memesan kuliner menjadi pilihan sempurna dengan pertimbangan waktu dan tenaga. Meskipun mungkin jatuhnya akan sedikit lebih mahal kalau dibanding dengan memasak sendiri. Namun nilai simpel dan efisiensi yang didapat jauh lebih memberi nilai bagi mereka.


Karena itulah perjuangan catering menjadi sebuah peluang perjuangan yang menguntungkan dan sangat layak untuk dibidik. Sebagaimana bisnis kuliner lainnya, pelaku perjuangan katering ini juga didominasi oleh kaum perempuan. Para ibu sanggup memulainya sebagai perjuangan rumahan dan mengerjakannya sebagai perjuangan sampingan yang hasil manfaatnya (lumayan) sanggup menambah uang belanja.


Namun dalam perkembangannya perjuangan rumahan tersebut tidak tertutup kemungkinan bermetamorfosis besar seiring dengan perkembangan usaha. Asal dijalani dengan tekun dan dikelola dengan baik, perjuangan catering rumahan lambat laun akan menjadi perjuangan yang sudah tidak sanggup dipandang sebelah mata sebagai perjuangan sampingan lagi. Lantas bagaimana cara memulainya? Berikut ini cara memulai perjuangan catering rumahan.


Cara Memulai Usaha Catering Rumahan


A. Tentukan Jenis Usaha Catering


Bagi para ibu rumah tangga yang ingin terjun dalam perjuangan katering, sebaiknya mempelajari terlebih dahulu beberapa ragam dan jenis bisnis catering, seperti:



  1. Catering rumahan. Merupakan perjuangan katering yang melayani pesanan sampai 100 orang. Meliputi rantangan untuk rumah tangga, anak kos, karyawan, pesanan prasmanan untuk arisan, pengajian atau program lain, pesanan nasi boks, dan pesanan nasi tumpeng.

  2. Catering kuliner anak. Merupakan perjuangan katering yang melayani pesanan makan pagi/siang untuk anak sekolah. Biasanya disajikan dalam rantang atau tempat makan khusus anak-anak. Selain itu ada juga yang mengambil spesialisasi catering kuliner sehat dan catering kuliner bayi.

  3. Catering hajatan dan program khusus. Merupakan perjuangan catering yang melayani pesanan untuk program pernikahan, sunatan, dan perayaan lainnya. Umumnya memakai sistem prasmanan, namun kadang juga ditambahi dengan pesanan nasi boks dan tumpeng.

  4. Catering kantoran. Merupakan perjuangan katering yang melayani pesanan kantor. Mulai dari rantangan untuk karyawan, dan juga nasi boks atau prasmanan untuk program tertentu yang diselenggarakan kantor.


B. Persiapan Produk dan Penetapan Harga


Untuk memilih harga jual prduk catering, Anda perlu melaksanakan riset harga pasaran dan membadingkannya dengan taktik harga Anda. Jika masih galau bagaiaman cara memilih harga, silakan baca artikel berjudul Cara Menentukan Harga Jual. Jika harga Anda terlalu mahal, mungkin ada sistem produksi yang kurang sempurna atau tidak efektif. Bisa juga alasannya materi baku yang mahal, sehingga Anda harus mencari supplier materi baku untuk perjuangan catering yang murah biar harga jual Anda sanggup lebih kompetitif dalam menghadapi persaingan.


Dalam perjuangan katering, Anda tidak hanya dituntut untuk mempunyai ketrampilan memasak. Memenuhi kebutuhan rasa konsumen yakni hal pertama yang tak sanggup ditawar. Namun disamping itu Anda juga harus memahami karakteristik bisnis makanan, biar sanggup menjalankan perjuangan dengan lebih baik.


C. Modal Dan Perlengkapan


Setelah memilih produk dan tetapkan harga, langkah berikutnya dalam memulai perjuangan catering rumahan yakni mempersiapkan modal. Adapun modal perjuangan catering meliputi:



  1. Perlengkapan Memasak. Untuk memasak 100 porsi, Anda sanggup melakukannya dengan memakai peralatan memasak yang sudah ada. Jangan buru-buru menanamkan modal hanya untuk membeli peralatan baru. Dengan demikian Anda sanggup lebih menghemat anggaran modal.

  2. Ruangan/Dapur. Dapur harus ditata sedemikian rupa sehingga sanggup mempermudah Anda dan kru untuk bekerja/memasak. Jika dapur Anda yang kini cukup memadai gunakan dapur itu dulu.

  3. Rak Penyimpan. Aneka bumbu dapur harus disimpan dengan rapi, kalau perlu beri label pada masing-masing tempat bumbu biar memmpermudah proses memasak. Demikian juga dengan peralatan memasak, harus disimpan dengan rapi, biar gampang ditemukan. Susun menurut yang paling sering digunakan.

  4. Keuangan. Usaha rumahan mungkin akan sedikit sulit untuk mendapat tunjangan modal. Kaprikornus sebagai langkah awal gunakan uang tabungan atau pinjam pada keluarga atau teman. Modal yang diharapkan juga tidak terlalu besar, asal cukup untuk berbelanja materi kebutuhan kuliner yang besarnya sekitar Rp 500ribu sampai Rp 2 juta. Tergantung pada banyaknya pesanan yang dikerjakan. Cobalah untuk mengejakan dalam skala kecil terlebih dahulu.


D. Promosi dan Pemasaran


Langkah selanjutnya dalam memulai perjuangan catering rumahan yakni mempersiapkan taktik pemasaran dan promosi. Pemasaran merupakan salah satu hal yang sangat penting dan tidak sanggup diabaikan dalam menjalankan perjuangan katering.


Betapa pun kecilnya perjuangan katering yang Anda rintis, apabila ingin berhasil, maka Anda harus mempersiapkan taktik pemasaran dan promosi. Berikut ini contoh taktik pemasaran sederhana yang sanggup Anda jadikan contoh dalam menyusun marketing plan perjuangan catering Anda.



  1. Produk. Hal ini menyangkut segala hal yang berkaitan dengan kuliner yang disajikan. Mutu dan komposisi sajian kamakan menjadi kekuatan utama Anda. Perhatikan kombinasi sajian makanan, cita rasa, bahan, warna, dan tekstur masakan/olahan. Selain lezat, kuliner juga harus mempunyai tampilan yang menarik.

  2. Harga. Strategi memilih harga merupakan kunci lain keberhasilan perjuangan katering rumahan. Harga yang bersaing tidak harus berarti murah. Sesuaikan dengan pangsa pasar yang hendak Anda bidik. Kelas menengah kebawah biasanya cenderung sensitif terhadap harga. Sedangkan kelas atas, lebih mementingkan kualitas, gunakan materi bermutu tinggi, harga lebih mahal sedikit tidak jadi masalah. Jika Anda belum yakin dengan ukuran kocek calon pelanggan, sebaiknya tidak memasang harga jauh diatas harga kompetitor yang satu level. Kecuali kalau Anda memperlihatkan kompensasi lain kepada pelanggan, berupa garansi atau layanan embel-embel lainnya.

  3. Komunikasi. Akses komunikasi merupakan hal penting yang sering terlewatkan. Kemudahan komunikasi bukan berarti jarak yang dekat, atau lokasi strategis di tengah kota. Namun akomodasi komunikasi berupa akomodasi calon konsumen dalam menghubungi perusahaan catering Anda. Buka beberapa channel komunikasi, dan pastikan semua channel tersebut aktif dan gampang untuk dihubungi.

  4. Promosi. Promosi pribadi sanggup dilakukan dengan beriklan di media massa setempat, memasang papan nama, spanduk, menyebar selebaran, dan jangan lupa untuk memanfaatkan internet martketing. Anda harus mengoptimalkan pemanfaatan internet untuk bisnis makanan. Miliki website dan perkuat dengan memanfaatkan jejaring sosial.


Analisa Usaha Catering Rumahan


Modal Awal


Dengan memanfaatkan dapur dan peralatan memasak yang sudah ada, maka perjuangan ini sanggup dikatakan sebagai perjuangan tanpa modal.


Biaya Operasional



  • Bahan Makanan @Rp 100.000,- x 30 hari: Rp 3.000.000,-

  • Gas 3 kg @Rp 18.000 x 10 tabung: Rp 180.000,-

  • Gaji karyawan: Rp 1.500.000,-

  • Transportasi: Rp 300.000,-

  • Listrik dan Air: Rp 500.000,-

  • Promosi: Rp 500.000,-

  • Lain-lain: Rp 500.000,-

  • JUMLAH: Rp 6.480.000,-


Omset/Pendapatan


Asumsi per hari terjual 30 boks dengan harga Rp 15.000,- (harga termurah), maka pendapatan perhari = Rp 15.000 x 30 boks = Rp 450.000,-


Pendapatan perbulan:

Rp 450.000 x 30 hari = Rp 13.500.000,-


Keuntungan/Laba Bersih


= pendapatan – biaya operasional

= Rp 13.500.000 – Rp 6.480.000

= Rp 7.020.000,-


Perhitungan analisa dan modal perjuangan catering rumahan tersebut yakni perkiraan yang bertujuan untuk memberi citra bagi Anda yang ingin terjun dalam bisnis catering rumahan. Dalam pelaksanaan angka tersebut sanggup berbeda tergantung pada kawasan dan omset yang Anda dapatkan.


Semoga ulasan mengenai peluang perjuangan catering rumahan ini sanggup bermanfaat bagi Anda. Salam sukses!!!


sumber gambar usaha catering: westgatedestinations.com



Sumber https://www.pojokbisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Peluang Perjuangan Catering Rumahan Lengkap Dengan Analisa Usahanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel