iklan

✔ Medical Check Up Calon Karyawan Dan Apa Saja Tes Kesehatanya?

Medical check up atau tes kesehatan erat kaitanya dengan calon karyawan yang biasanya melakukanya untuk persyaratan masuk kerja atau suarat menjadi kariyaman tetap.Untuk biaya dan apa saja serpihan tubuh yang diperiksa berbeda sesuai dengan kebijakan dari perusahaan terkait.

Tes medical check up sendiri terbagi menjadi 2 yaitu investigasi kesehatan lengkap dan yang biasa tentunya dengan mekanisme dan harga atau biaya yang berbeda pula.Saya akan menjelaskan apa saja tes kesehatan untuk calon karyawan gres lengkap dengan serpihan tubuh yang diperiksa dan besar biayanya untuk anda.



Penjelasan Lengkap Tes Medical Check Up atau Test Kesehatan Karyawan




Medical check up atau tes kesehatan erat kaitanya dengan calon karyawan yang biasanya mela ✔ Medical Check Up Calon Karyawan dan Apa Saja Tes Kesehatanya?



Test medical ialah suatu tindakan investigasi kondisi kesehatan ( di daerah yang memang berkompeten dibadangnya ) tubuh baik untuk persyaratan suatu hal ataupun lantaran kesadaran diri sendiri pada kondisi tubuh.


Fungsi Cek Kesehatan


Pengecekan kesehatan berfungsi untuk mengetahui kondisi seluruh anggota tubuh dari seseorang.Dengan melaksanakan hal ini,keadaan dari seseorang akan sanggup diketahui apakah orang tersebut sehat atau sakit khususnya untuk anggota tubuh yang tidak terlihat oleh mata.

Hal ini sangat ppenting untuk dilakukan,karena banyak orang dengan kondisi fisik yang terlihat bugar,tetapi kenyataanya organ serpihan dalam ada yang bermasalah.


Kapan dan Kenapa Orang Melakukan Pengecekan Kesehatan?


Ada beberapa faktor penyebab yang sanggup menciptakan seseorang memutuskan untuk melaksanakan hal tersebut,diantaranya :
  • Saat seseorang hanya ingin tahu saja kondisi badanya
  • Untuk persyaratan masuk kerja
  • Untuk persyaratan menikah
  • Untuk persyaratan pergi ke luar negeri
  • Sebagai acara rutin atau tuntutan pekerjaan


Dari banyak sekali hal tersebut,mungkin hal yang paling banyak terjadi ialah sebagai syarat dalam melamar pekerjaan.Biasanya pengecekan ini dilakukan pada proses tahapan seleksi yang terakhir,walaupun tidak semuanya begitu.

Dimana Tempat Untuk Melakukan Pengecekan Kesehatan?


Jika anda ingin melaksanakan cek kondisi tubuh anda,ada beberapa daerah yang sanggup anda datangi,antara lain :
  • Rumah Sakit ( anda sanggup bebas pilih yang mana,karena semua rumah sakit sanggup )
  • Puskesmas
  • Klinik
  • Dokter praktek
  • Bidan Praktek


Dari semua daerah diatas,paling saya sarankan ialah memakai Rumah Sakit.Selain mungkin alatnya lengkap,surat yang dikeluarkan akan lebih mempunyai bobot yang manis terutama jikalau dipakai untuk melamar kerja.

Tetapi biasanya,pihak perusahaan atau instansi yang anda lamar sudah menunjuk daerah investigasi tertentu untuk proses pengecekanya.Anda hanya perlu mengikutinya saja.


Berapa Lama Hasil Medical Check Up Calon Karaywan?


Lamanya pengumuman hasil tes kesehatan berbeda-beda antara satu daerah pengecekan dengan daerah yang lainya,ada yang cepat ada pula yang lama.Semua itu tergantung dari kinerja masing-masing petugasnya dan mekanisme atau tahapan yang berlaku di daerah tersebut.

Untuk yang laing cepat biasanya dalam waktu 1 atau 2 hari sudah keluar hasilnya,tetapi ada yang hingga berminggu-minggu gres dikeluarkan.Seperti yang saya katakan sebalumnya,itu semua tergantung dari faktor intern daerah anda melaksanakan pengecekan kesehatanya.


Apa Saja Yang Diperiksa Selama Medical Check Up/Tes Kesehatanya?


Untuk anda yang sudah beberapa kali dan sudah berpengalaman mungkin hal ini tidaklah sulit dan membingungkan.Tetapi untuk anda yang belum pernah melaksanakan ini,ada beberapa serpihan tubuh yang diperiksa antara lain :
  • Tekanan darah
  • Mata
  • Telinga
  • Mulut
  • Kemal*an
  • Anu$
  • Darah
  • Air Kencin*
  • Tinj*
  • Paru-Paru ( memakai alat sinar X )
  • Jantung


Sampai ketika ini,itulah bagian-bagian yang saya tahu.Jika ada serpihan lain yang terlewatkan,silahkan tuliskan di komentar untuk materi informasi orang lain yang membaca artikel ini.


Cara pengecekan Tes Kesehatan bagaimana?


Cara mengecek serpihan tubuh ketika melaksanakan medical biasanya memakai alat.Akan saya jelaskan sedikit untuk anda :

  • Mata


Pengecekan serpihan penglihatan ada 3 langkah,yaitu :

- Pemeriksaan manual ( dilihat apakah memakai kontak lensa atau tidak,apakah ada luka atau tidak,apakah ada kelainan genetik atau tidak ).

- Menggunakan alat ( ada alat khusus yang diletakan di mata,beebentuk hampir mirip kacamata dengan mempunyai beberapa lapisan beling diluarnya ).Dokter akan mencoba beling satu persatu dan melihat reaksi mata anda terhadap masing-masing lapisan beling yang ada.

- Menggunakan abjad dan warna ( akan ada deretan abjad berukuran kecil dengan jarak kurang lebih 5 meter dan anda dipersilahkan membacanya,kemudian ada beberapa lembar kertas berisi " warna kombinasi " dimana didalam warna tersebut terdapat angka yang harus anda tebak sesuai apa yang anda lihat.

  • Tekanan Darah


Ini memakai alat berjulukan tensimeter.Saya yakin anda niscaya sudah faham dan tahu bagaimana bentuk alat ini.

  • Telinga


Pengecekanya ada 2 macam,yaitu :

- Menggunakan alat mirip head phone,jadi anda akan diperintahkan mendenganrkan nada bunyi " beep ".Jika anda mendengarnya,ana harus menekan tombol yang sudah disediakan ditangan.Begitu anda dengar,tekan tombolnya ketika itu juga.Semakin lama,suara " beep "nya semakin lemah,disinilah pendengaran anda diuji.Semakin anda sanggup mendengar bunyi yang laing lemah,berarti pendengaran anda bagus.Tetapi jikalau bunyi masih keras tetapi anda sudah tidak sanggup mendengar,berarti ada yang salah dengan pendengaran anda.

- Menggunakan alat mirip termometer dengan ujungnya dimasukan kedalam telinga.Tidak terasa sakit dan hanya geli-geli saja.Itupun hanya beberapa detik saja,tidak hingga 1 menit.Saya sendiri tidak tahu itu untuk mengecek apa,yang terang ya mirip itu caranya.

  • Mulut


Ini hanya memakai penglihatan manual dokter saja memakai pertolongan senter.

  • Kemal*an


Bagian sensitif ini diperiksa memakai cara manual juga.Pada serpihan " bola " ( jikalau anda pria ) hanya diangkat sedikit memakai telapak tangan dokter ( hanya sedikit )  paling hanya diangkat 5 sentimeter.Menurut dokter yang pernah saya tanyai,hal ini dilakukan untuk melihat apakah anda mempunyai riwayat " turun be r0 " atau tidak.

Jika anda perempuan ( berdasarkan pengalaman teman saya ) serpihan sensitifnya mirip " dibuka " sedikit.Saya tidak mengerti jelasnya bagaimana,tetapi kata dia hanya mirip itu ( dibuka sedikit dan hanya dilihat saja ) tentunya yang menyelidiki genre nya sama yaa,laki-laki ya dengan dokter pria begitupun sebaliknya.

  • Anu$

Menggunakan alat dengan ujung yang sedikit dimasukan kedalam.Ini berfungsi untuk melihat apakah anda am beyeien atau tidak dan melihat fungsi ginjal.Ini yang dikatakan dokternya,saya sendiri hanya mengikuti saja.

  • Darah


Darah anda diambil sedikit memakai jarum suntik dan disimpan untuk dilakukan pengetesan.

  • Air Kencin*


Anda hanya perlu mengisi setengah botol kecil yang diberikan kemudian akan dilakukan pengetesan.

  • Tinj*


Hampir sama dengan diatas,anda hanya perlu mengisikanya kedalam daerah kecil mirip bungkus kosmetik dan akan dilakukan pengetesan.

  • Paru-Paru


Pengecekanya ada 2 macam,yaitu :

- Menggunakan alat mirip peralon dimana anda diperssilahkan untuk meniupkan udara sekencang-kencangnya dalam satu waktu.Hal ini diulang hingga 2 atau 3 kali.Seperti orang meniup lilin ultah saja,tetapi harus dengan kekuatan penuh dan sekencang mungkin.Karena makin kencang akan makin bagus.

- Menggunakan alat sinar X dimana anda akan dipersilahkan melepas baju serpihan atas saja dan menempelkan dada pada sebuah papan berdiri.Kemudian anda dipersilahkan untuk menghirup nafas sekuat mungkin dan tahan.Saat itulah anda akan " difoto " memakai alatnya.

  • Jantung


Pengalaman ini saya dapatkan dari kerabat saya,untuk cara pengecekanya ada banyak berdasarkan beliau,tetapi yang dia gunakan ada 2,yaitu :

- Seperti orang sedang olahraga treadmill ( alat bantu berlari yang ada di sentra kebugaran ) tetapi dengan ditempeli semacam kabel di serpihan dada.Jadi ya dengan kabel-kabel yang menempel,anda dipersilahkan jalan cepat bahkan berlari kurang lebih 5 menit.

- Dengan memakai alat mirip kabel yang hampir sama dengan proses diatas,kemudian anda hanya berbaring saja selama beberapa waktu ( sedikit usang ).hanya mirip itu saja.


Cara Agar Lulus Tes Kesehatan/Medical


Jika anda melaksanakan pengecekan lantaran untuk persyaratan melamar pekerjaan,saya ada sedikit tipsnya.Supaya anda tidak gagal dalam menjalani proses tersebut,saya ada sedikit tips dan triknya untuk anda.Tetapi langkah ini tidak akan menciptakan anda 100% lolos,ini hanya sekedar membuatkan saja,siapa tahu dengan penagalaman saya ini,anda sanggup sedikit lebih siap dalam melaksanakan proses ini.

Beberapa tips dari saya antara lain :

  1. Menjelang hari H,jangan begadang ( tidur hingga larut malam )
  2. Perbanyak air putih ( kalau sanggup hangat,tetapi dinginpun tidak duduk kasus )
  3. Jangan tidur diatas lantai tanpa alas
  4. Jangan gunakan kipas angin atau AC eksklusif mengarah ke badan
  5. Lakukan olahraga ringan rutin beberapa hari sebelum hari H semoga tubuh FIT
  6. Istirahat cukup ( 6 hingga 8 jam sehari )
  7. Makan masakan sehat
  8. Jangan merokok
  9. Jangan minum alkohol
  10. Jangan gunakan obat-obatan ter-larang


Mungkin itu secara umumnya saja,tapi ada sedikit trik yang sanggup anda lakukan selain itu,khususnya pada ketika hari H,yaitu :

  1. Pada ketika pengecekan mata ( jikalau memakai abjad kalau tidak salah namanya snellen chart manual ) jangan tutup sebelah mata anda.Lohh mas,kan memang disuruh tutup satu mata dengan tangan? iya benar,maksud saya ketika menutupnya,jangan ditekan alias asal nempel saja.Kalau anda tekan apalagi kencang,saat dibuka nanti,mata anda akan ngeblurr.
  2. Saat pengecekan paru-paru ( jikalau memakai sinar X ) ketika anda menempelkan dada anda di papan,jangan tarik nafas.Lohh mas,kan disuruh tarik nafas yang dalam? iya,tapi anda tidak perlu melakukanya,anda cukup akal-akalan mirip sedang menarik nafas saja,tetapi aslinya anda tidak melakukanya,kenapa? lantaran jikalau anda menarik nafas apalagi hingga sedalam-dalamnya,jika diparu-paru anda ada luka atau lubang,akan terlihat terang nantinya.
  3. Saat pengecekan air kencin*,yang anda masukan kedalam botol ialah air yang keluar ditengah-tengah.Jadi ketika anda gres mengeluarkanya,JANGAN dimasukan,tapi tunggu dulu beberapa saat,baru anda masukan kedalam botol.Jadi jikalau di ibaratkan anda kencin* selama 1 menit,ambilah air yang keluar pada detik ke 30,jangan gres keluar sudah anda masukan botol  yaa.
  4. Untuk yang perokok,anda sanggup melaksanakan beberapa treadment mirip minum soda susu,makan kecap atau apapun.Tetapi saya AGAK RAGU untuk hal ini,karena memang tidak ada bukti ilmiahnya.Yaa anggap saja ini bentuk dari usaha,jika memang tidak berhasil,paling tidak anda sudah melaksanakan sesuatu,dari pada membisu dan pasrah saja,hehe.



Penyebab Medical Check up Tidak Lolos


Penyebab gagal tes kesehatan itu ada banyak khususnya berkaitan dengan kondisi tubuh anda yang tidak sesuai dengan kriteria atau ada suatu masalah.Beberapa hal yang menggagalkan tes medical check up antara lain :
  • Menderita sakit menular BERBAHAYA mirip H*V dan sebagainya
  • Menderita sakit serius BERBAHAYA misalnya jantung,kanker dan sebagainya
  • Buta warna
Sampai ketika ini,itu ialah YANG PALING mengakibatkan kegagalan ketika tes keshatan.Jika anda menderita salah satu dari penyakit diatas,saya sarankan untuk mengobatinya terlebih dahulu hingga benar-benar sehat.

Selain itu ada " faktor lain " yang sanggup menciptakan tidak lulus,tetapi biasanya ini merupakan kebijakan masing-masing perusahaan.Dalam artian,tidak semua perusahaan mengakibatkan hal ini sebagai kriteria,ada yang efek ada yang tidak.

Adapun faktor lain yang terkadang menjadi point yang dijadikan kriteria dan kadang menjadi lantaran pelamar tak lolos antara lain :
  • Mata minus atau plus
  • Tinggi tubuh terlalu pendek 
  • Bentuk kaki ( later O atau leter X )
  • Cac*t fisik
  • Tensi darah terlampau tinggi ( bahkan hanya selisih sedikit saja ada perusahaan yang tidak mau mendapatkan )
Untuk faktor lain diatas,tidak semua perusahaan menggunakanya.Jika daerah kerjaan anda memakai kriteria atau point yang terlampau ribet,itu semua menjadi hak anda sepenuhnya untuk tetap lanjut atau tidak.



Biaya Medical Check Up Calon Karyawan?


Untuk berapa biaya yang harus dikeluarkan atau dibayar ketika melaksanakan medicalnya ialah relatif.Kenapa saya katakan demikian? lantaran beda daerah biasanya akan beda lagi biayanya.Beda jenisnya juga akan beda lagi uang yang harus dibayarkan.

Sebagai contohnya,jika anda melaksanakan pengecekan ini dengan jenis yang standar ( tekanan darah,mata,darah dan uri*e saja ) biayanya hanya sekitar 60 ribu hingga 100 ribu saja.Tetapi jikalau pengecekanya full apalagi hingga memakai alat pengukuran jantung,mungkin 2 atau 3 kali lipatnya dari itu.

Kalau diambil lega nya,mungkin uang 500 rigu hingga 1 juta anda sudah sanggup melaksanakan pengecekan kesehatan anda.Sekali lagi saya katakan : beda daerah dan beda jenis pemeriksaan,biayanya akan berbeda pula.


Diatas ialah klarifikasi untuk tes medical chek up dan cara semoga sanggup lulus berdasarkan pengalaman pribadi dan beberapa informasi dari kerabat bersahabat saya.Semoga sanggup membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.
Sumber http://www.pujihartono.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Medical Check Up Calon Karyawan Dan Apa Saja Tes Kesehatanya?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel