iklan

Makalah Husnuzh – Zhan

BAB I
Pengertia husnuzh-zhan

Perkataan husnuzh-Zhan berasal dari kata husnu dan zhan. Husnu = asal katanya hasanun artinya baik dan zhan berarti prasangka atau praduga. Kaprikornus berdasarkan istilah Husnuzhan yaitu kata hati yang menganggap bahwa orang lain atau pihak lain berperilaku baik atau anggapan seseorang yang menganggap bahwa sikap perbuatan orang/pihak lain yaitu baik atau merugikan dan tidak mencelakakan pihak orang lain

Dasar-dasar husnuzh-zhan 

Berperasangka baik atau husnudzan hukumnya yaitu mubah (boleh). Sedangkan berperasangka jelek atau su’udzan Allah dan rasul-Nya telah melarangnya, menyerupai dijelaskan dalam QS. Al-hujurat, 49 : 12 yang artinya :“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, bergotong-royong sebagian dari prasangka yaitu dosa, dan janganlah kau mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebagian kau menggunjing sebagaian yang lain”. (QS. Al-Hujurat, 49 : 12)
 nuzh-zhan
Hikma husnuzh-zhan
 * Pikiran kita jadi jernih jauh dari pikiran kotor
 * Terjauhkan dari permusuhan dan mempererat tali silahturahmi
 * Tidak putus asa
 * Terhindar dari perbuatan yang merugikan orang lain dan diri sendiri
 * Di cintai Allah 
 * Bersikap takut dan hanya berharap kepada Allah semata
Perbuatan husnuz antara lain
a.husnuzh kepada Allah


artinya yaitu selalu berprasangka baik kepada Allah SWT,  karena Allah SWT terhadap hambanya menyerupai yang hambanya sangkakan kepadanya, kalau seorang hamba berprasangka jelek kepada Allah SWT maka buruklah prasangka Allah kepada orang tersebut, kalau baik prasangka hamban kepadanya maka baik pulalah prasangka Allah kepada orang tersebut.
b.Bersyukur kapada Allah SWT
artinya meyadari dengan setulus hati bahwa apa yang kita nikmati semuanya tiba Allah SWT, jadi kita wajib mensyukurinya.
Dengan lisanYaitu dengan cara mengucapkan Alhamdulillah, mengucapkan lafal-lafal dzikir lainnya, membaca al-quran, membaca buku ilmu pengetahuan dan amal ma’ruf nahi munkar dan senantiasa nasehat menasehati dalam kebenaran dan kesabaran. Dengan perbuatanYaitu dengan cara melakukan segala ibadah yang diperintahkan Allah SWT kepada kita dan menjauhi segala perbuatan yang dihentikan Allah. Syukur dengan perbuatan menyerupai sholat, belajar, membantu orang tua, berbuat baik terhadap sesama insan dan makhluk-makhluk Allah, dan menghormati guru.Dengan harta bendaYaitu dengan cara menafkahkan dan membelanjakan harta benda yang telah Allah rizkikan kepada kita untuk hal-hal yang baik dan bermanfaat bagi kehidupan dunia dan akhirat.
 2.  Husnuzh-zhan kepada  diri sendiriPercaya diriSegala kemampuan yang kita miliki merupakan karunia Allah yang harus kita syukuri. Oleh alasannya itu, kemampuan yang kita miliki harus kita manfaatkan sebaik mungkin. Kemampuan yang kita miliki akan menjadi tidak berarti apabila kita tidak percaya diri terhadap kemampuan yang kita miliki. 
Gigih yaitu Pengertian gigih secara bahasa yaitu bersikap kerja keras. Gigis secara istilah berarti mempunyai semangat hidup, tidak mengenal lelah, dan tidak menyerah. Gigih juga bisa diartikan kemauan berpengaruh seseorang dalam perjuangan mencapai sesuatu cita-cita.Berinisiatif merupakan Inisiatif secara bahasa berasal dari bahasa Belanda yang berarti prakarsa, perintis jalan sebagai penggagas atau langkah pertama atau teladan. Inisiatif bisa difahami sebagai sikap yang senantiasa berbuat sesuatu yang sifatnya produktif. Berinisiatif menuntut sikap bekerja keras dan etos kerja yang tinggi. Seseorang yang mempunyai inisiatif disebut inisiator   
                                                                BAB II
                                                  PENUTUP 
Kesimpulan 
Husnuzh-zhan harus di miliki setiap insan supaya kehidupannya menjadi kondusif dan tentram
Husnuzh-zhan harus di terap kan dalam kehidupan sehari-hari, supaya kita lebih mendekatkan siri kepada Allah SWT



Sumber http://lussychandra.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Makalah Husnuzh – Zhan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel