iklan

Jangan Baper! 5 Tips Menghadapi Komentar Negatif Di Media Sosial

Semakin tinggi dan besar pohon, maka akan semakin kencang pula tiupan angin yang mengenainya. Mungkin menyerupai itulah citra ihwal perjalanan sebuah merk di media sosial. Jadi, ketika sebuah merk semakin besar, maka hal tersebut akan berbanding lurus dengan banyaknya komentar negatif yang kadang muncul di media sosial.


Komentar negatif memang sangat sulit dihindari oleh sebuah merk atau pemilik usaha. Sebagai pemilik brand, Anda harus bisa menghadapi sebuah komentar negatif dengan adem ayem dan jangan tersulut emosi. SolusiUKM akan memperlihatkan saran kepada para pengusaha UMKM untuk bisa menghadapi komentar negatif di media sosial.


Terapkan 5 tips menghadapi komentar negatif di media umum berikut ini, biar bisnis Anda tidak hancur oleh komentar negatif netizen.


1. Tips Menghadapi Komentar Negatif di Media Sosial Redam emosi dan balas komentar sesudah pikiran jernih


Netizen sering disebut “maha benar”. Banyak dari mereka yang tidak segan dan aib untuk memperlihatkan komentar yang kejam dan mematikan. Tapi mau bagaimanapun juga, netizen tetap perlu ‘didinginkan’.


Jangan pernah melawan, menanggapi, ataupun menjawab komentar negatif netizen dalam keadaan Anda sedang emosi dan panas. Sekalipun komentar tersebut menciptakan kepala dan dada Anda panas, redamlah untuk sementara waktu.


Anda bisa refreshing atau mengalihkan diri ke hal-hal yang menyenangkan. Kalau komentar tersebut sangat buruk, Anda bisa menutup akun sementara. Karena kalau Anda membalas komentar negatif dalam keadaan emosi, bukan mustahil akhir dari Anda justru sanggup memicu tanggapan komentar yang lebih sadis. Jika hal ini hingga terjadi, Anda tentu tahu apa konsekuensinya.


2. Setelah emosi melebur, jawab komentar dari netizen tersebut dengan bahasa yang sopan dan terkesan tenang


Api harus disiram dengan air. Ungkapan ini sangat sempurna ditujukan ke dalam situasi menyerupai ini. Memang tidak gampang untuk mendapatkan komentar negatif, tapi bagaimanapun netizen selalu benar dan merasa menang.


Jadi, sesudah Anda berhasil meleburkan emosi, entah dengan refreshing atau menutup akun, maka cara yang benar dan baik dalam menghadapi komentar negatif di media sosial tersebut dengan bahasa yang sopan.


Bahasa yang sopan ini akan sangat terlihat bahwa Anda yaitu orang yang hening dan memang pantas untuk menjadi merk andalan. Anda bisa berguru dari influencer, artis atau orang-orang yang sering dibully oleh netizen dan mereka bisa menjawab dengan penuh kesopanan lagi santun serta tenang.


3. Empati yang mendalam wajib dimiliki untuk memahami komentar negatif


Memiliki jiwa tenggang rasa yaitu salah satu cara menghadapi komentar negatif di media umum paling ampuh. Ini merupakan keahlian di kala digital. Meskipun memang masih langka diterapkan, namun kesannya mencengangkan. Anda yang ketika ini mungkin tengah kesal bahkan emosi alasannya yaitu komentar negatif haters yang kalau bicara sembarangan dan tidak tahu sopan santun.


 maka akan semakin kencang pula tiupan angin yang mengenainya Jangan Baper! 5 Tips Menghadapi Komentar Negatif di Media Sosial


Cobalah untuk mencari tahu siapa sesungguhnya mereka. Pelajari juga faktor apa yang menciptakan haters menyerang Anda. Dalam hal ini, pergunakan tenggang rasa yang sanggup digali dari hati yang tulus, kemudian rasakan hasilnya.


4. Berikan pengertian kepada haters bahwa perbedaan dalam beropini yaitu hal yang masuk akal dan sah


Terkadang haters yang memperlihatkan komentar negatif di media umum sejatinya mereka belum bisa memahami bahwa perbedaan pendapat yaitu hal yang wajar, lumrah, dan sah. Jika Anda mendapati media umum Anda didatangi orang macam ini, maka Anda harus menuntun mereka biar mau menghargai perbedaan pendapat dan tidak perlu ngotot merasa paling benar.


Bahkan mengemukakan pendapat yang asertif juga bisa dilakukan. Intinya, perilaku untuk sama-sama mengedukasi perlu diterapkan dalam menghadapi komentar negatif di media sosial.


5. Miliki selera humor yang tinggi untuk menanggapi komentar negatif


Humor tidak hanya ampuh dipakai untuk menghibur seseorang yang tengah menderita, sakit dan sedih. Humor juga sangat ampuh diterapkan pada ketika menghadapi haters yang berkomentar negatif dan menciptakan situasi panas. Jika ketika ini Anda belum bisa melemparkan humor, Anda bisa berguru dari orang yang mempunyai selera humor yang tinggi. Percayalah, balasan yang jenaka tidak akan memperpanjang konflik.


Itulah 5 cara menghadapi komentar negatif di media umum yang bisa Anda praktikkan, biar kesan elegan, cerdas dan berkompeten ada pada Anda. Dengan demikian, Anda sebagai influencer sanggup menyelamatkan image bisnis atau perjuangan yang Anda jalankan. Tetap sabar dan hening ketika menghadapi komentar negatif.



Sumber http://solusiukm.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jangan Baper! 5 Tips Menghadapi Komentar Negatif Di Media Sosial"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel