iklan

Inilah Cara Setting Virtual Box Dengan Benar

Inilah Cara Setting Virtual Box Dengan Benar - Bagi Anda yang sudah familiar dengan dunia komputasi virtual, tentunya aplikasi Virtual Box merupakan salah satu aplikasi pilihan untuk dipakai dengan aneka macam kelebihan dan kekurangan VirtualBox.

Dengan memakai Virtual Box, kita sanggup menjalankan sistem operasi hampir di atas sistem operasi lain.

Misalnya, Anda sanggup menjalankan GNU / Linux di atas sistem operasi Windows, dan sebaliknya. Dengan demikian kita sanggup melaksanakan aneka macam kegiatan penting ibarat mencoba bagaimana aplikasi berjalan yang telah kita buat pada sistem operasi tertentu tanpa terlebih dahulu harus menginstal sistem operasi.

Agar sanggup menjalankan Virtual Box dengan cara yang benar, tentunya Anda harus tahu cara setting Virtual Box. Dengan mengetahui cara mengatur Kotak Virtual yang sempurna sesuai kebutuhan anda, maka anda bia memakai Virtual Box dengan baik.

Baca juga: Pengertian Virtual Box beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Dengan demikian, Anda tidak akan membuang banyak waktu dan sumber daya yang menjalankan Virtual Box untuk melaksanakan pekerjaan sia-sia atau membuang banyak tenaga komputer yang Anda inginkan.

Berikut yakni beberapa cara dasar untuk menyiapkan Virtual Box di komputer Anda untuk memenuhi aneka macam kebutuhan komputasi virtual yang Anda miliki.

1. Menginstall Kotak Virtual
Langkah pertama dalam setting Virtual Box tentu saja yakni untuk memastikan aplikasi ini telah terinstall di komputer anda. Cara install VirtualBox bergotong-royong cukup mudah. Untuk menginstal Virtual Box atau VirtualBox, Anda sanggup mend0wnl0adnya terlebih dahulu dari situs web yang sanggup Anda temukan dengan gampang melalui pencarian Google.

Inilah Cara Setting Virtual Box Dengan Benar Inilah Cara Setting Virtual Box Dengan Benar
Inilah Cara Setting Virtual Box Dengan Benar


Agar sanggup memasang aplikasi yang satu ini, Anda harus mend0wnl0ad versi Virtual Box yang sesuai dengan jenis sistem operasi yang Anda miliki.

Misalkan Anda mempunyai sistem operasi Linux Mint dengan arsitektur 64-bit, maka Anda perlu mend0wnl0ad paket debian tipe instalasi untuk sistem operasi tipe 64-bit. Begitu pula kalau Anda menjalankan sistem operasi Windows 7 atau Windows 10 dan versi Windows lainnya.

Baca juga: Perkembangan Sistem Operasi Windows

Untuk menginstal Virtual Box cukup sederhana, yaitu menjalankan file penginstalan yang telah anda d0wnl0ad dan ikuti petunjuk yang ada dalam acara instalasi.

Setelah itu kau sanggup menjalankan Virtual Box. Setelah instalasi final anda sanggup mulai mengatur atau menyetel Kotak Virtual yang anda miliki.

2. Menyiapkan sistem operasi yang ingin Anda jalankan di Virtual Box
Untuk mengatur atau menyiapkan Kotak Virtual untuk pertama kalinya, Anda harus memutuskan sebelumnya jenis sistem operasi yang ingin Anda jalankan dengan VirtualBox.

Setelah Anda memutuskan untuk menentukan sistem operasi apa yang ingin Anda jalankan di VirtualBox, langkah selanjutnya yakni menyiapkan file instalasi mentah dari sistem operasi.

File instalasi yang diperlukan untuk menginstal sistem operasi di atas VirtualBox sanggup berbentuk file iso .iso atau file instalasi mentah lainnya.

VirtualBox akan membantu Anda dalam menentukan atau menentukan file instalasi mentah yang akan Anda gunakan untuk menginstal sistem operasi Anda.

Bahkan, Anda juga sanggup memasangnya memakai CD atau USB flashdisk yang berisi raw installation dari sistem operasi yang ingin Anda jalankan di VirtualBox.

Jangan lupa untuk berguru wacana aneka macam jenis sistem operasi yang ingin Anda jalankan, untuk memastikan bahwa persyaratan minimum mereka sanggup dipenuhi oleh komputer Anda. Misalnya berguru jenis Debian Linux, kelebihan dan kekurangan Windows XP, dan aneka macam jenis sistem operasi lainnya.

3. Buat sebuah proyek baru
Setelah Anda memutuskan dan menyiapkan file instalasi sistem operasi yang ingin Anda jalankan di VirtualBox, langkah selanjutnya yakni membuka VirtualBox baik melalui ikon shortcut atau melalui sajian start yang terdapat pada sistem operasi Anda.

Setelah Anda membuka VirtualBox, akan muncul jendela VirtualBox awal di mana Anda memulai semua kegiatan virtual di masa depan.

Di jendela yang terbuka, kalau Anda memulai sebuah proyek baru, maka Anda perlu menciptakan proyek gres dengan menentukan ikon baru. Setelah itu akan muncul jendela gres yang berisi rincian proyek gres yang akan anda buat.

4. Memilih sistem operasi
Di jendela pembuatan proyek gres yang muncul sesudah Anda mengklik ikon Baru, akan ada pilihan sistem operasi yang akan dijalankan di VirtualBox. Ada banyak sistem operasi yang sanggup Anda pilih dari Windows XP, GNU / Linux, dan aneka macam sistem operasi lain yang sanggup Anda lihat secara detail.

Jangan lupa sesuaikan pilihan sistem operasi di jendela yang muncul dengan sistem operasi bergotong-royong yang ingin Anda instal ya. Jangan lupa beri nama proyek atau sistem virtual gres Anda dengan nama tertentu yang memungkinkan Anda mengingat proyek berisi dengan sistem operasi apa.

Tetapkan ukuran RAM
Setelah Anda menentukan sistem operasi mana yang akan Anda jalankan pada sistem VirtualBox, maka pada sajian creation project berikutnya akan muncul pilihan untuk mengatur RAM dan beberapa setting lainnya.

Anda sanggup menyesuaikan atau menyesuaikan jumlah RAM yang akan dipakai untuk menjalankan sistem operasi yang akan Anda instal di VirtualBox. Biasanya untuk GNU / Linux, RAM 1 GB yakni jumlah yang cukup, sedangkan Windows berkisar antara 2 GB.

Baca juga: 10 Penyebab RAM Cepat Panuh
Pengertian RAM dan Fungsinya
Perbedaan RAM dan ROM
Cara Menambah RAM Menggunakan Flashdisk

Semakin besar RAM tentunya juga akan menciptakan sistem operasi yang Anda instal di VirtualBox mempunyai banyak sumber daya, namun juga akan mengakibatkan penggunaan RAM yang besar untuk menjalankan proyek.

6. Siapkan penggunaan hard disk
Setelah mengatur penggunaan RAM, maka sajian selanjutnya akan menampilkan setting berkenaan dengan harddisk yang akan dipakai oleh sistem operasi virtual yang akan anda instal di VirtualBox. Anda sanggup menentukan dari file hard disk Virtual Box yang sebelumnya Anda buat, atau kalau tidak ada, Anda juga sanggup menciptakan sendiri.

File harddisk Virtual Box akan dibentuk dan tentu saja mengisi ruang kosong harddisk anda. Karena itu, tentukan dengan bijak ya, berapa hardisk yang akan anda berikan untuk sistem operasi virtual yang akan anda jalankan di Virtual Box.

Baca juga:
20 Cara Mengecek Harddisk Rusak
5 Tips Memilih Harddisk Eksternal

7. Tetapkan ukuran penggunaan RAM dan fitur kartu grafis
Pada sajian pengaturan berikutnya, Anda juga sanggup mengatur penggunaan RAM maksimal dan memakai fitur kartu grafis yang tersedia secara default dan sanggup dipakai oleh aplikasi VirtualBox.

Dengan pengaturan ini Anda sanggup memastikan bahwa VirtualBox sanggup menjalankan sistem operasi sesuai dengan impian Anda dan sesuai dengan kebutuhan paling minimal untuk sanggup menjalankan sistem operasi.

Itulah cara setting Virtual Box yang sanggup Anda terapkan secara mandiri. Tentunya pengaturan yang paling optimal sanggup berbeda tergantung kebutuhan anda dalam menjalankan sistem operasi di atas Virtual Box. Untuk menemukan setting terbaik, Anda sanggup melakukannya dengan menjalankan aneka macam percobaan.

Jika ingin menjalankan sistem operasi Android secara virually, Anda sanggup mencoba aplikasi Android emulator terbaik sebagai alternatif aplikasi VirtualBox.
Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Inilah Cara Setting Virtual Box Dengan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel