iklan

Inilah 7 Fungsi Dos Pada Komputer

Inilah 7 Fungsi DOS Pada Komputer - DOS ialah bab yang sangat penting dari komputer. Pada tahun 1980an DOS menjadi salah satu sistem operasi yang paling umum digunakan. DOS berkhasiat sebagai sistem operasi dengan command line interface.

DOS sangat penting untuk komputer, alasannya ialah DOS berkhasiat sebagai akomodasi boot komputer dan juga berkhasiat untuk menjalankan banyak sekali aplikasi pada komputer ibarat MS dan Lotus.

DOS juga merupakan bab dari komputer yang berkhasiat untuk mengoperasikan dan mengelola banyak sekali sumber yang terdapat pada komputer.

DOS sanggup berjalan dan beroperasi dengan perintah yang diberikan melalui keyboard di komputer. Pengguna cukup dengan mengetikkan perintah maka perintahnya akan diterjemahkan oleh sistem DOS.

Misalnya memberi perintah pada DOS dengan file acara ibarat .bat, .exe dan lain-lain. Nama file ini biasanya juga digabungkan dengan nama file atau parameter acara lainnya dan digabungkan menjadi satu.

Dengan melihat sistem kerja sanggup disimpulkan kalau DOS ialah sistem operasi yang juga berkhasiat untuk pengelolaan sistem komputer yang ada pada komputer.

Baca juga: Pengertian Sistem Operasi

7 Fungsi DOS Pada Komputer

 DOS ialah bab yang sangat penting dari komputer Inilah 7 Fungsi DOS Pada Komputer
Inilah 7 Fungsi DOS Pada Komputer

1. Mengatur dan juga mengendalikan kegiatan komputer
Semua kegiatan di komputer dikontrol melalui sistem DOS dengan banyak sekali perintah di dalamnya. Semua perintah ini dilengkapi dengan banyak sekali fungsi yang berbeda untuk sanggup menggerakkan komputer dengan lebih baik.

2. Atur memori ke komputer
DOS sanggup mengatur ruang pada komputer. Dengan komputer DOS sanggup mempunyai fungsi untuk melaksanakan penyimpanan file atau untuk mengetahui perihal file yang ada untuk dikompres dan kemudian disimpan dengan format yang berbeda.

3. Tetapkan data input dan output
DOS berkhasiat untuk mendiagnosis bab input atau output komputer. Dengan diagnosa yang diberikan oleh komputer DOS sanggup mkomputer.engatasi dan megnatur data apapun masuk atau dikeluarkan oleh.

4. File manajemen
DOS sangat membantu untuk melaksanakan file administrasi yang ada di komputer. Setiap file di komputer dilakukan dengan diagnosa lengkap dengan kategorisasi file biar komputer sanggup berjalan lebih baik dan sanggup bekerja dengan lebih maksimal lagi. Contoh perintah untuk fungsi administrasi file ini adalah:

ATRIB: tampilkan dan tentukan atribut file
COPY: melaksanakan penyalinan file
ERASE: hapus file anda
BACKUP: menciptakan cadangan file

5. Direktori manajemen
DOS sangat berkhasiat untuk mempercepat direktori dan mengatur dengan file atau direktori yang lebih baik yang ada di komputer. Dengan tata letak file atau direktori yang lebih terorganisir akan menciptakan pencarian file sanggup cepat dan tidak lambat. Direktori itu sendiri berisi perihal bidang yang kemudian ditampilkan pada file tertentu.

Contoh perintah untuk melaksanakan fungsi ini adalah:

CD: untuk mengganti direktori
DIR: untuk menampilkan isu direktori
MD: buat subdirektori baru

6. Pemecahan masalah
Komputer mungkin mengalami banyak persoalan yang menciptakan komputer juga harus sanggup cepat menemukan cara untuk memecahkan masalah. Untuk mengatasi persoalan ini, tentunya komputer membutuhkan pemecah persoalan yang cepat yaitu DOS di komputer ini.

DOS kemudian cepat mendiagnosis apa yang terjadi pada komputer dan apa yang menjadikan komputer menjadi rusak.

7. Mengamankan Data
Bila data yang ada di komputer tidak gampang dibaca atau tidak sanggup bekerja dengan baik maka sanggup menciptakan performa komputer menjadi tidak maksimal. DOS ini juga mempunyai fungsi untuk menjadi kawasan yang manis untuk menyimpan dan juga mengamankan data yang ada di komputer.

Cara mengamankan data, DOS akan mengatakan prompt sebelum merekam data.

Bagian Penting dari DOS

DOS mempunyai tiga bab penting yang sangat membantu dalam membangun sistem operasi disk yang ada di dalamnya, berikut ialah tiga bab dari DOS;

1. File booting
Pada ketika komputer sedang booting, DOS membutuhkan file ini untuk boot sistem.
Baca juga: Pengertian Booting dan Jenisnya

2. Manajemen File
Dari bab ini DOS sanggup mengatur data yang ada pada file atau folder yang ada didalamnya.

3. File Utility
Untuk bab ini ialah bab dari DOS untuk melaksanakan pengatran sumber daya pada sistem, untuk troubleshooting sistem dan juga untuk mengkonfigurasi pengaturan sistem yang ada.

Baca juga: Menganalisa Troubleshooting pada Komputer

Keluarga DOS
DOS terbagi menjadi beberapa bab atau kelas yang juga sanggup berfungsi menjadi banyak sekali sistem untuk menciptakan DOS bekerja lebih baik lagi.

1. MS-DOS
Termasuk dalam sistem ini ibarat Tandy DOS, Compaq DOS, Q-DOS dan lain-lain.

2. JBM PC-DOS
DOS yang satu ini masih menyertakan hasil buatan Microsoft yang gres saja mengalami beberapa perubahan yang sanggup dipakai di komputer IBM PC.

3. DR-DOS
DOS yang satu ini merupakan hasil buatan sistem operasi CP / M, Gary Kildall.

4. Novell Personal Netware
Itu ialah versi DR-DOS yang kemudian dijual ke Novell.
Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Inilah 7 Fungsi Dos Pada Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel