iklan

√ Inilah 5 Cara Menentukan Mangga Yang Elok Dan Sudah Matang

Memilih buah mangga yang manis agak gampang-gampang susah. Pasalnya, mangga dengan tampilan luar yang terlihat ranum, kulit berwarna jingga, dan tekstur kulitnya mulus belum tentu menjamin bahwa mangga tersebut mempunyai rasa yang manis. Anda harus melaksanakan beberapa “penelitian” terlebih dahulu untuk memastikan bahwa mangga tersebut memang benar-benar manis.


Agar tidak salah pilih buah mangga, Bacaterus akan mengembangkan cara menentukan mangga yang manis. Jadi, sebelum membeli mangga tersebut, sebaiknya Anda melaksanakan pengecekan terlebih dahulu menurut panduan yang akan kami berikan berikut ini.


5 Cara Memilih Mangga yang Manis


1. Cek Batang Buah


 mangga dengan tampilan luar yang terlihat ranum √ Inilah 5 Cara Memilih Mangga yang Manis dan Sudah Matang

* sumber: netz.id


Cara menentukan mangga yang manis tolong-menolong sangat mudah. Anda hanya perlu mengecek penggalan batang buah mangga tersebut. Jika tidak ada batangnya, Anda masih sanggup mengecek di penggalan bekas batangnya.


Ciri mangga yang sudah matang di pohon yakni terdapat sedikit getah di penggalan batangnya. Sementara, kalau mangga belum matang dari pohon, batangnya tampak menyerupai digunting secara manual. Di samping itu, mangga yang masih belum masak akan mengeluarkan banyak getah di sekitar batangnya.


Jadi, cobalah lebih cermat untuk mengecek penggalan batang buah mangga ini. Mangga yang matang di pohon tentu mempunyai rasa yang lebih manis dibanding mangga yang sudah dipanen sebelum matang.


2. Perhatikan Tampilan Mangga


 mangga dengan tampilan luar yang terlihat ranum √ Inilah 5 Cara Memilih Mangga yang Manis dan Sudah Matang


Mangga yang manis dan matang mempunyai tampilan bola rugbi. Ciri-ciri mangga yang niscaya mempunyai rasa yang manis sanggup dilihat dari penggalan atasnya (yang bersahabat batang). Pada umumnya, mangga manis bentuknya bundar di penggalan atas. Sementara mangga yang bentuknya gepeng dan lancip umumnya tidak mempunyai rasa yang terlalu manis.


Selain dari bentuknya, cara menentukan mangga yang manis juga sanggup dilihat dari tekstur kulitnya. Mangga yang manis dan matang biasanya mempunyai titik-titik atau bercak cokelat. Jadi, jangan khawatir kalau kulit mangga tidak terlihat mulus lantaran mangga yang manis pun terkadang kulit luarnya tidak terlihat cantik.


3. Sentuh Seluruh Kulit Mangga


 mangga dengan tampilan luar yang terlihat ranum √ Inilah 5 Cara Memilih Mangga yang Manis dan Sudah Matang


Kali ini, Anda harus mengerahkan indra peraba Anda untuk mencicipi tekstur kulit mangga. Ya, dalam menentukan mangga Anda harus menyentuh seluruh kulit mangga. Salah satu ciri mangga yang manis dan sudah matang yakni teksturnya empuk kalau disentuh dengan jari. Kulit mangga akan masuk ke dalam kalau di tekan tapi tidak hingga melubangi penggalan kulitnya.


Jangan menentukan mangga yang keriput lantaran umumnya mangga tersebut sudah hampir busuk alias tidak matang lagi. Akan tetapi, ada juga varietas mangga yang justru dagingnya belum matang meskipun kulitnya tampak keriput dan sangat lembek, yakni Mangga Ataulfo.


4. Hirup Aroma Mangga di Dekat Tangkai


 mangga dengan tampilan luar yang terlihat ranum √ Inilah 5 Cara Memilih Mangga yang Manis dan Sudah Matang


Cara menentukan mangga yang manis memang harus mengerahkan seluruh panca indra yang kita miliki. Setelah memakai indra peraba dan penglihatan, sekarang saatnya memakai indra penciuman Anda. Mangga yang manis sanggup dideteksi dari aromanya, lho.


Sekedar informasi, buah-buahan yang manis niscaya mengeluarkan aroma harum yang khas. Untuk mangga, biasanya mangga yang matang dan manis ini mengeluarkan aroma yang berbau menyerupai melon. Namun, kalau kita menghirup dalam-dalam terkadang mangga manis juga menebarkan aroma nanas dan wortel.


Bagian yang mengeluarkan aroma yang berpengaruh biasanya berada di ujung tangkainya. Dekatkan penggalan tangkai mangga ini ke hidung biar Anda sanggup menghirup dalam-dalam aroma mangga untuk mengetahui tingkat kematangannya.


Apabila mangga yang Anda cium beraroma asam atau menyerupai alkohol, itu tandanya mangga sudah nyaris membusuk. Hal tersebut disebabkan lantaran mangga mengandung gula yang cukup tinggi sehingga buah ini akan mengalami proses fermentasi alami yang menimbulkan anyir kecut atau alkohol.


5. Warna Tidak Menjamin Rasanya


 mangga dengan tampilan luar yang terlihat ranum √ Inilah 5 Cara Memilih Mangga yang Manis dan Sudah Matang


Ada yang beropini bahwa mangga yang manis kulitnya niscaya berwarna hijau pekat. Namun, ada juga opini bahwa mangga manis seharusnya mempunyai kulit luar yang berwarna kuning jelas atau kemerahan. Lantas, manakah panduan warna yang sempurna untuk mendeteksi rasa manis mangga dari kulitnya?


Warna kulit mangga tidak menjamin rasa manis daging buahnya. Beda varietas mangga, beda pula cara membedakan kematangan dari warna kulitnya. Jadi, alangkah lebih baik kalau Anda mengenal setiap perbedaan varietas mangga terlebih dahulu. Hindari mendeteksi rasa manis mangga dari tampilan warnanya lantaran cara tersebut tidak terlalu akurat.


Tips Memanen Mangga yang Manis


5 cara menentukan mangga yang manis sudah kami bagikan kepada Anda. Cara tersebut sanggup Anda lakukan ketika hendak membeli mangga di pasaran. Namun, bagaimana kalau Anda mempunyai pohon mangga sendiri dan ingin mengetahui waktu panen yang sempurna biar rasanya tidak mengecewakan?


Bacaterus akan memperlihatkan tips memanen mangga yang manis eksklusif dari pohonnya. Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini.



  • Panen Mangga 100-150 Hari Setelah Pohon Berbunga


 mangga dengan tampilan luar yang terlihat ranum √ Inilah 5 Cara Memilih Mangga yang Manis dan Sudah Matang

* sumber: petanitop.blogspot.com


Untuk memanen mangga yang manis, Anda harus memperhatikan waktu pohon mangga tersebut berbunga. Setiap bunga yang tumbuh pada pohon mangga Anda akan menghasilkan buah. Ketika buah-buahan berwarna hijau gelap mulai bermunculan, maka buah tersebut akan terbentuk semakin besar dalam waktu tiga bulan ke depan.


Jadi, mulailah rutin menyidik pohon mangga di hari ke-90 sehabis pohonnya berbunga. Dalam waktu 100-150 hari sehabis pohon berbunga, maka mangga tersebut sudah masak pohon dan siap untuk dipanen.



  • Perhatikan Perubahan Warna Mangga


 mangga dengan tampilan luar yang terlihat ranum √ Inilah 5 Cara Memilih Mangga yang Manis dan Sudah Matang

* sumber: bobisanjaya.wordpress.com


Salah satu tips untuk memastikan bahwa mangga yang Anda panen sudah matang dan manis yakni memperhatikan perubahan warna kulit mangga di hari ke-90 sehabis pohonnya berbunga. Apalagi kalau ada beberapa buah yang sudah mulai jatuh ke tanah, itu artinya dalam waktu beberapa hari mangga sudah matang dan siap untuk dipetik.


Perlu Anda ketahui bahwa mangga yang masak di pohon mempunyai rasa yang lebih manis dan lezat dibanding mangga yang berusaha dimatangkan sendiri.



  • Goyangkan Pohon Mangga


 mangga dengan tampilan luar yang terlihat ranum √ Inilah 5 Cara Memilih Mangga yang Manis dan Sudah Matang


Ketika buah-buah mangga sudah matang di pohon, maka buahnya sanggup jatuh dengan praktis ketika pohonnya digoncang. Nah, Anda sanggup menggoncang pohon mangga untuk memanen mangga yang sudah masak pohon. Saat pohonnya digoyang, buah-buah yang sudah matang akan jatuh dengan sendirinya. Tak perlu menunggu buahnya jatuh ke tanah, dengan cara ini Anda sanggup eksklusif memanen mangga yang sudah masak.


Itulah beberapa tips untuk mendapat mangga yang manis dan matang kalau Anda mempunyai pohonnya sendiri. Ketika mangga masih menggantung di pohon, Anda tidak sanggup memakai 5 cara menentukan mangga yang manis yang sudah kami bahas sebelumnya. Jadi, pastikan Anda mencermati tips memanen mangga yang kami berikan ini sebagai gantinya.


Terkadang kita membeli mangga yang belum matang. Tentu saja mangga mentah mempunyai rasa yang kecut dan tidak sanggup dinikmati dengan nyaman. Apabila Anda memperoleh mangga yang belum matang, Anda sanggup mematangkan mangga tersebut kok meskipun rasanya akan berbeda dengan mangga yang sudah matang di pohon. Cek artikel cara mematangkan mangga secara cepat dan alami ini untuk menciptakan mangga mentah jadi mempunyai rasa yang manis.



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Inilah 5 Cara Menentukan Mangga Yang Elok Dan Sudah Matang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel