iklan

Dampak Pertumbuhan Penduduk [Positif Dan Negatif]

Akuntansilengkap.com | Dalam artikel ini ada sebanyak 10 point penting Dampak pertumbuhan pendudukbaik dari sisi faktual dan negatifnya.

Seiring dengan perkembangan zaman, penduduk disuatu negara akan berkembang sangat pesat dari tahun ketahun, termasuk Negara Indonesia. Selain wilayah Indonesia sangat luas, penduduk di Indonesia juga berkembang dengan pesat.

Benarkah demikian ?

Sebagai seorang manusia, mempunyai keturunan merupakan cuilan yang sangat penting dalam eksistensi seseorang. Namun, apabila mempunyai keturunan dengan jumlah yang tidak terkendali akan menjadi suatu bahaya bagi diri kita sendiri dalam menjalankan kehidupan yang sejahtera dan makmur.

Negara Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang mempunyai jumlah pertumbuhan penduduk yang tinggi dan pesat yaitu kurang lebih dari 250 juta jiwa. Pada dasarnya laju pertumbuhan penduduk di Indonesia sangat pesat dan susah untuk dihindari, meskipun pemerintah telah melaksanakan banyak sekali upaya dan solusi serta semboyan yang ditawarkan kepada masyarakat, namun tetap saja tidak sesuai dengan cita-cita pemerintah Indonesia. 

Pengertian Penduduk

Penduduk yakni salah satu unsur yang sangat penting untuk membuatkan serta meningkatkan aktivitas produksi dan ekonomi dalam negara tersebut. Penduduk mempunyai peranan yang sangat penting pada suatu negara lantaran menyediakan tenaga ahli, tenaga kerja, pimpinan kerja, dan lain sebagainya.

Adanya pertumbuhan penduduk di suatu negara sangat dipengaruhi oleh mortalitas, fertilasi serta migrasi. Pertumbuhan penduduk akan memberi akhir pada aspek-aspek kehidupan insan ibarat aspek biotik atau sumber daya alam (SDA).

Pertumbuhan penduduk yang tinggi akan memperlihatkan dampak faktual yaitu sebagai unsur penting dalam menegembangkan aktivitas produksi dan ekonomi. Selain memperlihatkan dampak yang positif, pertumbuhan penduduk juga memperlihatkan dampak yang negatif dalam banyak sekali aspek yang nantinya akan mempunyai imbas satu sama lain.

Baca juga;

  1. Dampak Positif dan Dampak Negatif Pembangunan Ekonomi
  2.  “8 Pengertian dan Perbedaan” Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi
  3. [Lengkap] 11 Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi Suatu Negara

Dampak Positif Pertumbuhan Penduduk

 point penting Dampak pertumbuhan penduduk Dampak Pertumbuhan Penduduk [Positif dan Negatif]

Dibawah ini merupakan dampak postitif adanya pertumbuhan penduduk bagi insan yaitu sebagai berikut :

  • Meningkatnya Sumber Daya Alam (SDA)

Penduduk Indonesia bisa memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia tanpa harus membutuhkan tenaga kerja luar dan bisa mengirimkan tenaga kerja dari Indonesia ke luar negeri disebabkan tenaga kerja yang melimpah. (Baca: Penyebab kelangkaan Sumber daya alam)

  • Meningkatnya produksi

Meningkatnya tenaga kerja maka akan berdampak pada hasil produksi yang banyak. Dan tidak memerlukan produksi dari laur negeri.

  • Kesempatan untuk berwirausaha menjadi lebih besar

Banyaknya jumlah penduduk akan memperlihatkan peluang berwirausaha sangat tinggi, dan bisa membuka lapangan pekerjaan bagi penduduk Indonesia itu sendiri dan bisa memproduksi produk atau teknologi yang mempunyai kegunaan bagi penduduk itu sendiri. (Baca:  Sumber Peluang Usaha Beserta Contoh Usahanya)

  • Meningkatnya solidaritas antar bangsa

Dengan bertambahnya jumlah penduduk, maka akan bertambah juga aneka ragam suku dalam negara tersebut. kita sanggup membuatkan solidaritas antar bangsa dengan baik.

  • Meningkatnya penemuan kerja, lantaran penduduk dipaksa untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

Misalnya, apabila produktivitas lahan ingin meningkat dengan baik, maka insan akan membuatkan hibrida serta pupuk untuk memenuhi kebutuhan insan itu sendiri.

  • Banyak tersedia tenaga kerja untuk meningkatkan produksi dalam memenuhi kebutuhan yang terus meningkat
  • Meningkatnya aktivitas investasi (penanaman modal) lantaran makin banyaknya kebutuhan manusia
  • Meningkatnya kebutuhan insan ibarat sandang, pangan, dan papan sehingga bertambahnya jenis dan jumlah perjuangan lokal

Dampak Negatif Pertumbuhan Penduduk

 point penting Dampak pertumbuhan penduduk Dampak Pertumbuhan Penduduk [Positif dan Negatif]

Selain dampak postitif, pertumubuhan penduduk juga mempunyai dampak negatif yaitu sebagai berikut :

  • Meningkatnya angka pengangguran

Angka pertumbuhan penduduk yang tidak seimbang dengan lapangan kerja yang tersedia akan mengakibatkan adanya pengangguran. Sebagian penduduk tidak terserap dengan lapangan kerja yang ada lantaran lebih tingginya angka pertumbuhan penduduk dibandingkan lapangan kerja yang tersedia. (Baca: Dampak terjadinya pengangguran )

  • Meningkatnya angka kriminal

Karena adanya pengangguran atau belum menerima pekerjaan sanagt rentan dengan prilaku kriminal dan kejahatan. Kejahatan tersebut sanggup terjadi lantaran adanya desakan akan kebutuhan hidupnya yang kurang tercukupi.

  • Meningkatnya angka kemiskinan

Tingginya pertumbuhan penduduk akan menjadikan kurangnya sumber daya yang tersedia khususnya sumber daya alam (SDA). Apabila penduduk bertambah seharusnya diberikan lahan gres untuk kebutuhan tempat tinggal dan makanan. Jika kebutuhan tersebut tidak terpenuhi maka akan timbul duduk masalah kemiskinan.

  • Kesehatan masyarakat akan menurun

Karena jumlah penduduk yang tinggi maka pemukiman penduduk tersebut akan akan sangat padat sehingga tidak sehat.

  • Banyaknya limbah serta polusi

Banyaknya aktivitas penduduk ibarat aktivitas rumah, aktivitas industri dan perdagangan niscaya akan menghasilkan limbah atau sampah. Makin banyaknya jumlah sampah maka akan berdampak jelek bagi penduduk yang tinggal didaerah tersebut.

  • Berkembangnya pemukiman tidak layak huni

Tingginya jumlah penduduk disuatu tempat maka akan mengakibatkan lahan untuk tempat tinggal semakin sedikit. Akibatnya, sebagian penduduk akan tinggal didaerah yang kurang layak dan kumuh.

Demikianlah artikel diatas yang membahas mengenai Dampak Pertumbuhan Penduduk [Positif dan Negatif]. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan teman yang membacanya yaa…

 Kunjungi artikel terkait:

  1. 5 Teori Pertumbuhan Ekonomi (Klasik, Neo Klasik, Adam smith, Schumpeter)
  2. Pengertian, Rumus, dan Cara Menghitung Break Even Point
  3. 3 Perbedaan Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro
  4. 7 Permasalahan Ekonomi Makro dan Mikro + Contohnya
  5. Pengertian, Contoh + Perbedaan Uang Kartal dan Uang Giral

Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Dampak Pertumbuhan Penduduk [Positif Dan Negatif]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel