iklan

Cara Install Python Di Windows Linux Atau Mac Os

Sebelum memulai pemrograman Python, perlu dilakukan instalasi Python terlebih dahulu pada komputer yang digunakan. Setelah itu, barulah interpreter python sanggup dijalankan baik memakai command prompt pada sistem operasi Windows, terminal pada sistem operasi Linux, atau IDE Python untuk mempermudah pengembangan suatu aplikasi. Berikut cara install Python di Windows, Linux atau Mac OS.

Untuk melaksanakan instalasi Python sanggup memakai Python original dari situs resmi atau pihak ketiga. Penggunaan Python dari pihak ketiga sanggup mempermudah dalam penggunaan lebih lanjut, menyerupai penggunaan library NumPy, ScriPy, ScyPy, dan matplotlib. Pada tutorial ini disarankan memakai instalasi Python dari pihak ketiga yaitu Anaconda Navigator. Software ini menyediakan IDE Spyder, Jupyter, serta Visual Studio Code yang sanggup mempermudah menulis arahan Python.

 perlu dilakukan instalasi Python terlebih dahulu pada komputer yang dipakai Cara Install Python di Windows Linux atau Mac OS

A. Instalasi Python Original (Metode 1)


Cara Instalasi Python di Windows

  1. Download Python untuk Windows

    Kunjungi link berikut untuk mend0wnl0ad Python, disarankan versi Python terbaru. https://www.python.org/d0wnl0ads/windows/ atau Python v3.65 Windows.

  2. Klik 2x untuk Melakukan Instalasi Python

    Lakukan instalasi Python sampai selesai.

Baca juga: Cara Install Python di Windows Lengkap


Cara Instalasi Python di Linux

  1. Download Python untuk Linux

    Kunjungi link berikut untuk mend0wnl0ad Python, disarankan versi Python terbaru. https://www.python.org/d0wnl0ads/source/ atau Python v3.65 Linux.

  2. Ekstrak File Download
  3. Buka Direktori Folder File
  4. Jalankan Melalui Terminal

    Buka terminal dengan melaksanakan klik kanan pada direktori folder file, pilih Open in terminal. Jalankan perintah dengan otoritas super user contohnya diawali sudo (Ubuntu) pada perintah no 1.

    1. ./configure script
    2. make
    3. make install
  5. Python Terinstall

    Langkah ini menginstall Python pada /usr/local/bin dan usr/local/lib/PythonXX dengan XX yaitu arahan versi Python.


Cara Instalasi Python di Mac OS

  1. Download Python untuk Mac OS

    Kunjungi link berikut untuk mend0wnl0ad Python, disarankan versi Python terbaru. https://www.python.org/d0wnl0ads/mac-osx/ atau Python v3.65 Mac OS

  2. Klik 2x untuk Melakukan Instalasi Python

    Lakukan instalasi Python sampai selesai.

B. Install Python dengan Anaconda Navigator (Metode 2)

Untuk melaksanakan instalasi Python memakai Anaconda Navigator, sanggup mend0wnl0ad software ini secara gratis pada situs resminya.

https://www.anaconda.com/d0wnl0ad/

Download software Anaconda sesuai dengan sistem operasi yang anda gunakan. Untuk Windows dan Mac OS, anda sanggup melaksanakan instalasi dengan membuka eksklusif file hasil d0wnl0ad di situs Anaconda Navigator.

Instalasi Anaconda Navigator di Linux
  1. Buka Direktori yang Memuat File

    Misalkan nama filenya Anaconda3-5.1.0-Linux-x86.sh

  2. Jalankan Terminal

    Klik kanan pada direktori yang memuat file yang telah did0wnl0ad, pilih Open in terminal. Jalankan perintah dengan otoritas super user, contohnya sudo untuk Ubuntu.

    bash ./Anaconda3-5.1.0-Linux-x86.sh
  3. Lakukan Proses Instalasi

Untuk membuka Anaconda Navigator pada Linux, jalankan pada terminal pada direktori awal, anda sanggup menuju direktori awal dengan melaksanakan sanksi perintah cd pada terminal yang masih terbuka.

Disarankan untuk tidak memakai otoritas Super User untuk membuka Anaconda Navigator pada Linux.

anaconda-navigator

C. Menjalankan Interpreter Python

Untuk menguji apakah Python telah berhasil diinstall anda sanggup menjalankan perintah berikut melalui command prompt atau terminal.

python

 perlu dilakukan instalasi Python terlebih dahulu pada komputer yang dipakai Cara Install Python di Windows Linux atau Mac OS

Melalui terminal tersebut sudah sanggup menjalankan interpreter python.

Baca juga tutorial lainnya: Daftar isi Tutorial Python


Sekian artikel Cara Install Python di Windows Linux atau Mac OS. Nantikan artikel menarik lainnya dan mohon kesediaannya untuk share dan juga menyukai Fans Page Advernesia. Terima kasih…


Sumber https://www.advernesia.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Install Python Di Windows Linux Atau Mac Os"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel