iklan

Contoh Soal Rekonsiliasi Bank Beserta Pembahasan

Rekonsiliasi Bank secara sederhana sanggup diartikan sebagai proses pembiasaan gosip catatan kas berdasarkan perusahaan dan berdasarkan bank.

Bank secara bersiklus mengirimkan statement berupa laporan rekening koran yang bersisi gosip perihal seluruh transaksi penyetoran maupun pengambilan oleh nasabah/ perusahaan selama periode tertentu serta dilengkapi dengan bukti chek untuk bukti pelengkap.
kedua bukti tersebut maka perusahaan akan sanggup mengetahui apabila terjadi kekeliruan atau kesalahan pencatatan yang menjadikan perbedaan catatan berdasarkan bank dan perusahaan.


Rekonsiliasi laporan bank perlu dilakukan untuk mengecek ketelitian pencatatan dalam rekening kas dan catatan bank, selain itu untuk mengetahui jumlah penerimaan ataupun pengeluaran yang belum tercatat oleh perusahaan.

Jika terdapat perbedaan yang dihasilkan lantaran ada suatu transaksi yang belum tercatat bank maka catatan perusahaan dianggap benar, dan sebaliknya kalau catatan lantaran perbedaan pos-pos lain maka perlu diubahsuaikan antara catatan perusahaan dan catatan berdasarkan bank.


Contoh Soal Rekonsiliasi Bank Beserta Pembahasan

Bank ARTHA per tanggal 31 Desember mengeluarkan rekening koran yang ditujujan kepada PT. BIMA yang menandakan saldo sebesar Rp.1.550.000,-. 

Jika dibandingkan dengan saldo kas di bank yang tercatat dibuku besar PT. BIMA nampak perbedaan saldo yaitu menandakan jumlah sebesar Rp.1.035.000,-.

Setelah dilakukan investigasi ternyata perbedaan yang terjadi disebabkan lantaran adanya transaksi-transaksi sebgai berikut : 

  • Kirim uang dari langganan untuk pelunansan utangnya sebesar Rp.750.000,- 
  • Setoran dalam perjalanan Deposit In Transit sejumlah Rp.2.500.000,- 
  • Cek yang ditarik PT. BIMA senilai Rp.815.000,- untuk dicairkan ke kolam sudah dicatat dalam pembukuan perusahaan. Namun nyatanya belum diuangkan ke Bank oleh pegawai PT. BIMA lantaran suatu hal. 
  • Adanya Wesel tagih yang ditagihkan melalui Bank ARTHA telah sanggup tertagih dan dikreditkan dalam rekening PT BIMA sebesar Rp.500.000,- 
  • Setoran dana dari PT. BIMA ke bank dibukuka sebesar Rp.1.250.000,- namun belum disetorkan oleh pihak perusahaan. 
  • Sebuah cek dari pelanggan yang di kliringkan ke bank dengan nominal sebesar Rp.825.000,- ternyata kosong.
  • Kesalahan bank pada ketika mencatat pembukuan atas transaksi penarikan dana melalui cek yang ditarik PT. BINTANG pada rekening PT. BIMA sebesar Rp.525.000,- 
Cek-cek yang sudah ditarik PT. BIMA sebagai berikut : 


Ternyata belum diuangkan oleh peserta cek tersebut.

  • Bank teleh mendebit rekening PT. BIMA untuk beban cetak buku cetak sebesar Rp.100.000,- 
  • Bank mencatat dalam posisi kredit di rekening PT. BIMA, perihal pendapatan jasa giro bulan Agustus 2017 sebesar Rp.250.000,-
  • Adanya beban manajemen bank yang telah dicatat oleh bank sebesar Rp.50.000 namun oleh PT. BIMA belum dicatat. 
Dari data di atas buatlah : 

Buatlah Rekonsiliasi bank PT. BIMA pada tanggal 31 Desember 2017 untuk menemukan saldo yang benar. 
Buatlah jurnal pembiasaan untuk mencatat transaksi yang terjadi pada PT. BIMA. 

Dibawah ini yaitu laporan rekonsiliasi



Dan dibawah ini yaitu jurnal penyesuaiannya



( sumber : https://akuntanonline.com/contoh-soal-rekonsiliasi-bank/ )




Itulah beberapa pola soal mengenai rekonsiliasi bank untuk anda pelajari. Anda sanggup memperbesar dan memperluas pengetahuan anda dengan mempelajari dan mengerjakan kembali soal - soal yang ada di atas. Dengan demikian, pemahaman anda akan terus meningkat. Selamat Belajar !!

Sumber http://www.contohsoaljawab.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Soal Rekonsiliasi Bank Beserta Pembahasan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel