iklan

√ Cara Mematangkan Durian Yang Masih Mentah Dengan Cepat

Apapun jenis buahnya tentu akan lebih enak kalau buah tersebut sudah matang di pohon, termasuk buah durian. Proses pematangan buah secara alami tentu saja akan menghasilkan daging buah yang lebih legit dan enak. Sayangnya, ada oknum pedagang buah yang menjual buah yang belum matang, salah satunya yaitu buah durian. Pembeli yang tidak berilmu menentukan durian matang sudah niscaya akan tertipu oleh oknum pedagang tersebut.


Apabila ketika ini Anda sudah terlanjur membeli durian yang mentah, Anda sanggup melaksanakan sejumlah cara mematangkan durian yang akan Bacaterus berikan ini. Namun, perlu Anda ingat bahwa rasa buah durian yang matang dengan proses ini tidak akan selezat rasa durian yang masak pohon. Jadi, tak perlu kecewa dengan hasil yang akan Anda peroleh nanti.


3 Cara Mematangkan Durian


1. Peram Durian di Dalam Beras


Apapun jenis buahnya tentu akan lebih enak kalau buah tersebut sudah matang di pohon √ Cara Mematangkan Durian yang Masih Mentah dengan Cepat

* sumber: nugrainna.wordpress.com


Durian yaitu buah yang sanggup matang secara alami meskipun tidak dipanen dalam keadaan matang. Namun, kalau Anda tidak sabar menunggu proses pematangan durian secara alami, Anda sanggup memakai cara mematangkan durian secara cepat berikut ini.


Kali ini, Bacaterus akan mengajak Anda mengenal metode pematangan durian dengan memakai beras. Ya, beras yaitu materi alami yang kondusif untuk mematangkan beras. Berikut yaitu langkah-langkah yang harus Anda lakukan:



  • Isi bejana dengan beras baru.

  • Masukkan durian ke dalam baskom. Pastikan seluruh belahan durian terendam di dalam beras.

  • Tutup belahan atas bejana untuk mempersempit ruang udara di dalam bejana sehingga sanggup meningkatkan suhu panas.

  • Biarkan durian terendam di dalam beras selama 1×24 jam.


Setelah 24 jam, angkat durian dari dalam bejana dan segera belah durian untuk mengecek apakah belahan dalamnya sudah matang atau belum. Cara ini sebetulnya tidak benar-benar menjamin durian sanggup matang sempurna waktu. Pasalnya, proses peram durian di dalam beras ini sanggup menghasilkan dua kemungkinan selain durian yang Anda belah mempunyai daging yang sudah matang, yakni belum sepenuhnya matang atau justru terlalu matang (hampir busuk).


2. Simpan Durian dalam Wadah Kedap Udara


Apapun jenis buahnya tentu akan lebih enak kalau buah tersebut sudah matang di pohon √ Cara Mematangkan Durian yang Masih Mentah dengan Cepat

* sumber: santaialam.blogspot.com


Suhu panas memang berperan penting untuk mematangkan banyak sekali jenis buah, termasuk durian. Anda sanggup memakai cara mematangkan durian dengan metode meningkatkan suhu panas. Akan tetapi, kenali dulu jenis durian yang akan dimatangkan. Pasalnya, beda varietas durian, beda pula waktu pematangannya.


Sebagai contoh, durian chanee sanggup matang dengan sendirinya dalam waktu dua hari sehabis panen, meskipun dipetik dalam keadaan mentah. Sementara durian montong memerlukan waktu hampir satu ahad lebih supaya sanggup matang secara alami.


Cara mematangkan durian dengan suhu panas yaitu menyimpan durian dalam wadah kedap udara. Suhu panas dan karbon dioksida yang tinggi akan mempercepat proses pematangan durian. Setelah 24 jam disimpan dalam wadah kedap udara, cek durian tersebut dari aromanya.


Kalau durian mengeluarkan aroma yang harum dan manis, kemungkinan besar durian tersebut sudah matang. Namun, kalau tidak ada amis yang tercium oleh hidung Anda kemungkinan durian belum matang dan sanggup disimpan kembali di dalam wadah kedap udara selama 1-2 hari ke depan sambil terus dicek secara berkala.


3. Penggunaan Karbit untuk Mematangkan Durian


Apapun jenis buahnya tentu akan lebih enak kalau buah tersebut sudah matang di pohon √ Cara Mematangkan Durian yang Masih Mentah dengan Cepat


Tips mematangkan durian yang satu ini biasa dilakukan oleh oknum pedagang durian “nakal” yang ingin mengubah durian mentah supaya nampak menyerupai durian matang. Tentu saja rasa durian matang di pohon akan sangat berbeda dengan rasa durian yang dimatangkan dengan karbit.


Apabila Anda ingin mencoba cara ini, siapkan karbit terlebih dahulu. Karbit sanggup dibeli di toko materi bangunan dengan harga yang sangat terjangkau. Setelah mendapat karbitnya, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:



  • Masukkan durian ke dalam sebuah wadah yang sanggup tertutup.

  • Bungkus karbit dengan kain setengah basah, kemudian letakkan bungkusan karbit ini di dalam wadah yang sama dengan yang Anda pakai untuk menyimpan durian.

  • Setelah itu, tutup rapat wadah penyimpanan selama 2-3 hari.

  • Apabila sudah 2 hari, buka wadah dan cium aroma durian yang disimpan dengan karbit. Kalau aroma durian sudah harum, itu tandanya durian sudah matang.


Penggunaan karbit untuk mematangkan durian ini tidak memengaruhi kandungan gizi durian tersebut. Bahkan, hingga ketika ini tidak ditemukan imbas pematangan durian karbit pada kesehatan orang yang mengonsumsinya. Hanya saja, para hebat gizi sangat mengecam cara dengan karbit ini.


Di samping itu, pematangan dengan karbit sudah terang memengaruhi cita rasa durian. Rasa anggun durian yang dimatangkan dengan memakai karbit terang tidak sama dengan durian yang sudah matang di pohon. Kalau Anda pecinta durian sejati, Anda niscaya tahu perbedaan rasa durian matang pohon dan durian matang dengan karbit lantaran perbedaanya sangat mencolok.


Bagaimana Proses Karbit Bisa Mematangkan Durian?


Apapun jenis buahnya tentu akan lebih enak kalau buah tersebut sudah matang di pohon √ Cara Mematangkan Durian yang Masih Mentah dengan Cepat


Anda niscaya bertanya-tanya mengenai cara kerja karbit dalam mematangkan durian dan buah-buahan lainnya. Karbit yaitu kalsium karbida (CaC2) yang kalau terkena air atau uap akan menghasilkan gas asetilin yang menghasilkan suhu panas yang sama untuk menggantikan tugas gas etilin, zat alami yang berperan dalam proses pematangan buah.


Itulah sebabnya karbit sanggup mematangkan durian dan buah-buahan lainnya secara cepat. Secara ilmiah, zat atau kandungan di dalam karbit tidak akan memengaruhi kualitas dan nutrisi buah. Hanya saja proses pematangan buah dengan cara yang sedikit memaksa ini memang akan kuat pada cita rasa buah.


Proses Pematangan Alami VS Buatan


Apapun jenis buahnya tentu akan lebih enak kalau buah tersebut sudah matang di pohon √ Cara Mematangkan Durian yang Masih Mentah dengan Cepat


3 cara mematangkan durian di atas memang sanggup membantu Anda untuk menciptakan durian jadi lebih cepat matang. Hanya saja, jangan berharap rasa buah akan sama anggun dan lezatnya dengan buah yang matang secara alami atau masak pohon.


Daripada memakai metode pematangan durian secara buatan, alangkah lebih baik kalau Anda sabar menunggu durian hingga matang secara alami. Hindari membelah durian ketika masih mentah lantaran cita rasa buahnya niscaya menjadi sangat tidak enak ketika sudah matang. Proses pembelahan durian juga sanggup menciptakan durian jadi cepat busuk.


Saran kami, tunggu saja durian matang dengan sendirinya. Jika terpaksa harus mempercepat prosesnya, pilih cara mematangkan durian dengan memendamnya di dalam beras atau menutup di dalam wadah kedap udara.


Agar Anda tidak kecewa membeli durian yang masih mentah, kenali cara yang benar untuk menentukan durian yang matang dan enak. Baca artikel cara menentukan durian yang matang dan enak ini sebagai panduan yang sempurna sebelum membeli durian.



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Cara Mematangkan Durian Yang Masih Mentah Dengan Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel