✔ Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email Biar Dipanggil Hrd
Cara mengirim surat lamaran kerja via email atau lewat online baik itu GMAIL atupun YAHOO harus mempunyai tatacara yang baik dan benar supaya surat sanggup cepat dipanggil HRD perusahaan.Anda harus benar-benar mengerti pola serta bagaimana langkah menciptakan sebelum memutuskan untuk mengirimkan surat untuk melamar pekerjaan tersebut.
Tatacara mengirim lamaran kerja lewat email sanggup anda lakukan di hp atau laptop.Yang perlu anda perhatikan yaitu bagaimana menciptakan goresan pena yang menarik dan berkas scan yang anda lampirkan atau upoload dalam surat yang anda kirim.
Beberapa waktu yang kemudian saya sempat ngobrol dengan salah satu teman HRD saya dan ada percakapan yang menarik di sana,berikut sedikit cuplikan percakapan tersebut :
Tatacara mengirim lamaran kerja lewat email sanggup anda lakukan di hp atau laptop.Yang perlu anda perhatikan yaitu bagaimana menciptakan goresan pena yang menarik dan berkas scan yang anda lampirkan atau upoload dalam surat yang anda kirim.
Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email
Beberapa waktu yang kemudian saya sempat ngobrol dengan salah satu teman HRD saya dan ada percakapan yang menarik di sana,berikut sedikit cuplikan percakapan tersebut :
teman ( hrd ) : ahad ini kepala pusing banget berasa mau rontok rambut bro
saya : HIV kali?
temen : gundulmu,bukan nyet.Seleksi berkas via e-mail bikin pusing,males
saya : kenapa males?
temen : semua nya monoton dan nggak menarik,gede gede lagi file nya,buang-buang waktu
Nahh dari dialog singkat di atas,saya ambil kesimpulan,kalau kita ingin melamar kerja via online,kuncinya berarti 2 hal :
- ukuran file jangan terlalu besar
- berkas harus menarik dan sesuai dengan persyaratan
Kenapa ukuran file harus kecil?
Jika ada lowongan pekerjaan niscaya jumlah pelamarnya tidak sedikit bukan?ada puluhan atau bahkan ratusan pelamar pekerjaan yang mengirimkan berkas permohonan mereka.Karena banyaknya itulah yang menjadi alasan kenapa ukuran file dihentikan terlalu besar.
Dengan semakin kecil,semakin cepat di buka dan tidak membuang waktu usang untuk menyeleksinya.
UKURAN FILE LAMARAN dan CV YANG BENAR :
- kompres dulu file supaya ukuran lebih kecil,bisa via jasa online dan 200 kb per file sudah sangat maksimal
- usahakan ketika kompres file,ambil ukuran terkecil tapi kualitas scan nya masih bagus
- kirim file yang penting saja,jangan terlalu banyak,inti pada dasarnya saja
Ini merupakan hal penting yang sangat sering dilupakan oleh para pelamar pekerjaan.Untuk mengatasi ini,silahkan kompreslah dahulu berkas anda.Anda sanggup gunakan website compresor file yang banyak terdapat pada google,atau mungkin kalian sanggup menggunakan jasa dari orang lain.
Tetapi saya lebih menyarankan menggunakan yang pertama,karena selain menghemat biaya,anda juga sanggup mendapat ilmu pengetahuan yang lebih.Dan tentunya jikalau anda sudah mahir,kedepanya anda tidak perlu galau jikalau harus melamar ke sebuah perusahaan yang mengharuskan menggunakan langkah ini.
BACA :
BACA :
Tatacara Mengirim Surat Lamaran Pekerjaan via Email YANG MENARIK :
Setelah anda tau dan mengerti berkasnya harus bagaimana,sekarang yaitu potongan suratnya.Bagaimana membuatnya menarik baik dari segi goresan pena dan formatnya,supaya pihak HRD tertarik memproses berkas yang anda kirim.
Lalu,bagaimana membuatnya menarik? Ada banyak hal yang harus anda lakukan jikalau ingin membuatnya menjadi menarik,antara lain :
- Berkasnya benar ( sesuai permintaan/persyaratan )
- Format atau kerangka e-mailnya baik
- Kalimat atau kata-katanya cantik dan profesional
- Nama e-mailnya benar ( baca penjelasanya dibawah )
Setelah anda tahu 2 POIN POKOK diatas,sekarang waktunya pembuatan dan melaksanakan pengiriman berkasnya.Pastikan anda sudah mempunyai berkas yang akan di upload terlebih dahulu,setelah itu,mulailah dengan langkah menciptakan lamaran kerja lewat email dan berikut langkahnya :
1. Membuat nama pada lamaran lewat Gmail
Saya anggap berkas sudah anda siapkan dengan lengkap dan ukuranya juga sudah benar,langkah selanjutnya yaitu tahap awal dalam membuatnya,silahkahn log in ke akun mail anda,baik itu g-mail atau yahoo sama saja prosesnya.
Pertama yaitu menciptakan sebuah nama yang baik,karena inilah yang pertama kali akan terbaca oleh pihak peyeleksi berkas anda.Jadi silahkan seting dulu dengan benar dan buatlah nama pengguna se profesional mungkin,semakin cantik semakin baik.Silahkan lihat pola dibawah :
lihat yang saya lingkari di atas,jangan hingga menciptakan nama yang alay.Semakin profesional sebuah nama akan semakin besar kesempatan anda di panggil untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya.
Anda sanggup gunakan nama menyerupai :
- adrian maulana
- adrian_maulana
- Lamaran_kerja_adrian_maulana
Silahkan di kreasikan sendiri,tetapi anda harus ingat apa yang saya katakan di atas yaitu " Jangan gunakan nama yang asal asalan ".
Cara mengubah nama atau setting nama email di GMAIL bagaimana?
Jika nama email anda terlanjur " buruk ",anda sanggup mengubah nama anda menggunakan langkah berikut :
- Jangan gunakan aplikasi ( alasannya yaitu sedikit ribet ) eksklusif buka google dan ketikan GMAIL.COM
- Silahkan masuk ke akun anda
- Pada potongan kanan atas ( ingat yaa,di websitenya,bukan di aplikasinya ) klik " setting/pengaturan "
- Klik " Akun dan Import "
- Cari goresan pena " kirim sebagai " dan klik
- Silahkan isikan nama sesuai keinginan anda
- Klik simpan
Cara mengubah nama email di YAHOO
Jika anda menggunakan yahoo,langkah penggantian nama sanggup anda lakukan sebagai berikut :
- Tidak usah pakai aplikasinya,langsung ketik saja di google,yahoo.com
- Silahkan masuk ke akun email anda
- Klik " setting/pengaturan "
- Pilih " account/akun "
- Pilih " akun email yahoo "
- Silahkan isikan nama sesuai keinginan anda
- Pilih " simpan "
- Selesai
Sekarang nama pengirim sudah bagus,tinggal menuju langkah selanjutnya.Ingat yaa ( YANG DIUBAH BUKAN ALAMATNYA,HANYA NAMA PENGIRIMNYA SAJA ).Kalau mengubah alamat,anda tidak sanggup melakukanya selain menciptakan akun mail yang gres ( tidak perlu ).
2. Isikan alamat dengan benar
Selanjutnya,silahkan mulai memproses lamaran anda,tapi pastikan alamat anda tuliskan dengan TEPAT ( jangan hingga salah 1 abjad pun ).Karena jikalau hingga salah,sudah niscaya akan salah kirim atau bahkan tidak terkirim.
Banyak masalah dimana pelamar mendapati notifikasi " mail demon failure " dikarenakan salah dalam menuliskan nama alamat tujuan.
Ada beberapa tips untuk anda pada tahapan ini :
- Usahakan penulisan alamat sempurna dan pastikan alamat masih aktif digunakan
- JANGAN MENGIRIMKAN KE BANYAK ALAMAT SEKALIGUS!
- Jika anda ingin mengirim ke banyak perusahaan,silahkan kirimkan satu per satu
- TIDAK PERLU menggunakan fungsi CC dan BCC ( kosongkan saja itu )
Banyak sekali yang mengirimkan pertanyaan,bagaimana jikalau kita mengirimkan lamaranya RANDOM alias ke banyak perusahaan sekaligus.Langkah itu sah-sah saja dilakukan,tetapi SAYA SARANKAN UNTUK TIDAK MELAKUKANYA.
Selain untuk menghindari kesalahan,pengiriman menyerupai itu sangat sering terjadi error.Jika anda lebih suka mengirimkan secara RANDOM,silahkan saja,itu tidak masalah.
3. Mengisi bagian-bagian ( Contoh Body Email Lamaran Kerja )
Jika nama sudah dirasa baik dan benar,silahkan mulai mencantumkan berkasnya,tetapi sebelum itu,pastikan alamat perusahaan anda tulis dengan benar,dan untuk potongan CC nya tidak perlu di isi alasannya yaitu itu dipakai ketika anda menginginkan berkas anda sanggup dilihat pihak ketiga.Jadi untuk CC nya silahkan dikosongi saja.
- Mulailah mengisi " subjek " nya.Tidak perlu terlalu panjang lebar,yang penting singkat,padat dan jelas.
Bisa anda isi dengan :
- Lamaran pekerjaan
- Lamaran pekerjaan operator
- Lamaran pekerjaan QC
- Silahkan mengisi tubuh emailnya,Yang saya maksud di sini yaitu kolom kosong yang tersedia untuk menulis kalimat atau kata-kata.
Pada potongan ini beberapa orang mempunyai argumen atau pendapat sendiri sendiri.Ada yang beranggapan jikalau potongan ini tidak perlu di isi dengan kata kata.Tetapi ada pula yang beranggapan jikalau potongan ini harus di isi.
Kalau saya cenderung pada opini untuk mengisi nya.Anda sanggup mengisinya dengan kalimat pola menyerupai ini :
" Sehubungan dengan informasi yang saya dapatkan dari website resmi perusahaan ( perusahaan daerah anda melamar ) dimana perusahaan sedang membutuhkan ( lowongan yang di butuhkan ) saya dengan ini mengajukan lamaran pekerjaan pada posisi tersebut.
Adapun berkas berkas sebagai materi pertimbangan sudah terlampir.Besar impian saya untuk sanggup diterima dan bekerja pada perusahaan yang Bapak?Ibu pimpin.Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih."
Itu hanya pola saja,mau di isi apa,itu terserah anda,yang penting anda sudah tau inti dari kalimat yang saya contohkan di atas.Kalaupun anda ingin mengosonginya,itu sah-sah saja,tetapi berdasarkan pendapat saya,isi saja,untuk lebih terkesan anda lebih sunguh-sunguh.
4. Melampirkan / Upload berkas
Jika semua sudah terisi,saatnya anda menyantumkan berkas yang sudah anda persiapkan sebelumnya.Saya ulangi lagi,berkas harus sesuai persyaratan dan ukuranya dihentikan terlalu besar.Langkah mengupload berkasnya yaitu sebagai berikut :
- Klik icon atau simbol menyerupai penjepit kertas di potongan kanan bawah ( di antara deretan simbol atau icon di sebelah goresan pena kirim )
- Silahkan upload satu persatu ( untuk opsi ke 1 )
- Silahkan upload file dalam bentuk ZIP atau RAR ( untuk opsi ke 2 )
- Setelah semua terisi lengkap dan dirasa sudah yakin,silahkan klik " KIRIM "
- Selesai
Adapun berkas yang umum dipakai yaitu sebagai berikut :
- Scan ijasah orisinil ( kalau sanggup di legalisir dulu )
- Scan SKHUN ( kalau sanggup juga di legalisirkan )
- Scan transkrip nilai
- Scan KTP
- Scan SKCK
- Scan foto berwarna terbaru
- Scan berkas lain yang diminta perusahaan ( ada pada informasi lowongan biasanya )
Berkasnya upload satu-satu atau dibentuk file ZIP/RAR?
Kedua opsi itu sama baiknya.Jika di upload satu per satu dirasa terlalu BESAR FILEnya,silahkan anda buat file ZIP/RAR.Kalau saya pribadi,biasanya mengirimkan lamaranya 2 kali ke 1 alamat perusahaan.
Yang satu berkasnya saya upload satu-satu,dan yang satunya saya upload dalam bentuk file ZIP atau RAR.
Kenapa usang tidak ada panggilan?
Banyak faktor penyebabnya,antara lain
- Berkas yang anda kirim " KURANG BERBOBOT " atau asal-asalan
- Tidak sesuai dengan persyaratan ( persyaratan umur 20 thn,kalian umur 30 thn ) terperinci di tolak
- Berkas yang anda kirimkan kurang lengkap
- Berkas anda terlalu besar ( penyeleksi tidak punya waktu usang untuk membuka file )
- Bahasa anda tidak cantik atau tidak formal ( menulislah dengan EYD )
- Banyak berkas yang tidak valid ( ini gunanya legalisir )
- Waktu mengirim salah ( usahakan masih dibuka lowongan dan pada jam kerja )
- Mengirim file sampah ( hasil manipulasi atau editan ) yakin penyeleksi sebodoh itu?
cobalah berkaca sejenak apakah BERKAS YANG DI KIRIM SUDAH BAGUS!!.
Keuntungan yang sanggup kita peroleh jikalau menggunakan cara ini yaitu :
Jika anda memutuskan untuk melanjutkan untuk meneruskan sekolah ke jenjang perguruan tinggi tinggi,ada baiknya anda fahami jurusan kuliah yang praktis untuk mencari pekerjaan pada artikel saya yang lainya,supaya anda tidak salah dalam menentukan jurusan perkuliahan dan menyesal nantinya.Dan mungkin artikel berikut juga sanggup menambah pengetahuan anda :
Baca Juga :
Keuntungan melamar pekerjaan lewat online
Keuntungan yang sanggup kita peroleh jikalau menggunakan cara ini yaitu :
- Menghemat waktu
- Menghemat tenaga
- Menghemat uang
- Bisa dikirim ke ratusan bahkan ribuan perusahaan dengan satu paket berkas yang ada
- Bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun
Kerugian melamar pekerjaan lewat online
Tetapi selain keuntungan,kita juga mendapat beberapa kerugian antara lain :- Harus mempunyai koneksi internet
- Bisa gagal kirim alasannya yaitu koneksi jelek
Jika anda memutuskan untuk melanjutkan untuk meneruskan sekolah ke jenjang perguruan tinggi tinggi,ada baiknya anda fahami jurusan kuliah yang praktis untuk mencari pekerjaan pada artikel saya yang lainya,supaya anda tidak salah dalam menentukan jurusan perkuliahan dan menyesal nantinya.Dan mungkin artikel berikut juga sanggup menambah pengetahuan anda :
Baca Juga :
- Daftar perusahaan yang sanggup krim berkas lamarann lewat Email
- Pebedaan CV dan berkas lamarann + langkah mengirimkanya
- Jenis tes yang menciptakan pelamar gagal ( matematika deret angka dan logika )
- SOAL-SOAL LATIHAN PSIKETES LENGKAP DALAM FORMAT PDF
Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email Lewat hp Android atau Laptop itu sama saja prosesnya dan tujuanya juga sama yaitu supaya cepat dipanggil HRD.Yang membedakan hanya perangkat yang kalian gunakan.Semoga panduan di atas sanggup membantu kalian dalam memperoleh pekerjaan yang terbaik.Terimakasih sudah membaca.
0 Response to "✔ Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email Biar Dipanggil Hrd"
Posting Komentar