iklan

Cara Menghapus Aplikasi Di Komputer Dengan Mudah

Cara Menghapus Aplikasi di Komputer dengan Mudah - Aplikasi komputer merupakan salah satu komponen utama di komputer. Karena aplikasi komputer mempunyai kemampuan untuk mendapatkan dan menampilkan data proses dari dan ke insan sebagai manajer komputer.

Aplikasi juga yang menciptakan fungsi komputer menjadi semakin banyak untuk kehidupan sehari-hari.

Saat ini, banyak perusahaan yang mengeluarkan aneka macam aplikasi komputer untuk aneka macam fungsi, ada aneka macam software akuntansi, desain grafis, editing video, dan lain-lain. Semua tergantung pengguna komputer itu sendiri, baik untuk kebutuhan langsung maupun kebutuhan perusahaan.

Namun, terkadang kita akan mengalami ketika dimana aplikasi komputer menjadi bermasalah. Entah alasannya ialah aplikasi itu korup, hang, atau ada bug ketika proses pembuatannya.

Sementara duduk kasus ini sebetulnya bisa diatasi oleh orang yang mengetahui perihal IT, seringkali solusi termudah untuk menghilangkan permasalahan yang dialami oleh aplikasi komputer ialah dengan menghapus aplikasi.

Bisa jadi, jumlah aplikasi di komputer Anda merupakan salah satu penyebab RAM PC penuh.

Baca juga: 10 Penyebab RAM Komputer Cepat Penuh

Terkadang juga, ada beberapa aplikasi komputer yang tidak kita kenal, namun ternyata sudah terinstall di komputer kita. Bisa jadi, aplikasinya ialah virus komputer yang harus anda sadari. Lebih baik, aplikasi yang tidak dikenal dihapus dari komputer Anda.

Melepaskan aplikasi komputer yang tidak perlu juga merupakan salah satu cara termudah untuk mempercepat startup komputer.

Baca juga: Cara Mengatasi Laptop Lemot

Nah, pada kesempatan ini, kita akan membahas perihal cara menghapus aplikasi komputer yang gampang dilakukan sendiri. Anda tidak perlu meminta proteksi orang lain untuk menghapus aplikasi komputer, alasannya ialah Anda bisa melakukannya sendiri.

Cara Menghapus Aplikasi di Komputer dengan Praktis Cara Menghapus Aplikasi di Komputer dengan Mudah
Cara Menghapus Aplikasi di Komputer dengan Mudah


1. Masuk ke Control Panel
Untuk menghapus aplikasi di komputer Anda, Anda sanggup melakukannya melalui fitur "Program dan Fitur" yang disediakan oleh Microsoft di semua varian Windows. Berikut ialah beberapa cara untuk hingga ke Control Panel:

Klik tombol Windows + R pada keyboard, kemudian ketik "control" atau "control panel", kemudian tekan Enter pada keyboard. Ini berlaku untuk semua varian Windows.

Klik Start, kemudian pilih Control Panel. Ini berlaku untuk Windows XP, Windows 7, dan Windows 10.

Sedangkan untuk varian Windows 8 dan 8.1, caranya ialah mengarahkan pointer mouse ke pojok kanan atas. Setelah pencarian muncul, ketik "Control Panel" di kolom pencarian. Kemudian tekan Control Panel sesudah hasil pencarian muncul.

Baca juga: Fungsi Control Panel Pada Windows

2. Pilih "Program dan Fitur"
Selanjutnya, Anda akan melihat jendela Control Panel di layar komputer Anda. Pada tahap ini, ada beberapa cara untuk menghapus aplikasi komputer Anda:

Jika Control Papnel Anda menampilkan pilihan berdasarkan kategori (bagaimana menemukannya, Anda akan melihat teks di samping "Lihat oleh" Ini berlaku kalau tertulis "Kategori"), pilih "Uninstall a Program"

Sedangkan kalau Control Panel menampilkan pilihan berdasarkan ikon besar (bagaimana menemukannya, Anda akan melihat teks di samping "View by." Ini berlaku kalau tertulis "Great icons" atau "Small Icons"), pilih "Programs and Features"

3. Pilih Aplikasi yang akan Dihapus
Di jendela "Program dan Fitur", layar komputer Anda akan menampilkan daftar aplikasi yang terpasang di komputer Anda. Temukan aplikasi yang ingin Anda hapus Jika ditemukan, pilih aplikasi.

Untuk menentukan aplikasi yang ingin Anda hapus, ada beberapa cara. Pertama, klik dua kali pada aplikasi yang ingin Anda hapus. Kedua, pilih aplikasi yang ingin Anda hapus, kemudian tekan Uninstall / Change.

4. Ikuti Petunjuk Mengikuti
Selanjutnya, Windows Anda akan menampilkan kegiatan uninstaller yang sudah tersedia secara default dari aplikasi yang ingin Anda hapus. Pada titik ini, Anda mengikuti petunjuk berikutnya yang muncul dari kegiatan uninstaller.

Setiap aplikasi mempunyai konfigurasi pembatalan yang berbeda. Namun, pada dasarnya aplikasi komputer akan terhapus sesudah selesai.

Nah, berikut ialah beberapa konfigurasi pembatalan yang ada pada kegiatan uninstaller sebuah aplikasi komputer:

Ada kegiatan yang meminta Anda untuk menentukan apakah Anda ingin memperbaiki aplikasi yang ingin Anda hapus (Repair / Change) atau ingin menghapus aplikasi.

Pilihan fix ini bisa Anda gunakan kalau aplikasi yang ingin Anda hapus mempunyai masalah. Namun, kalau Anda benar-benar ingin menghapus aplikasi, pilih untuk menghapus aplikasi (Uninstall)

Ada beberapa kegiatan yang menanyakan perihal beberapa file default aplikasi yang dipelihara kalau Anda sewaktu-waktu ingin menginstal ulang aplikasi. Pilih ini kalau Anda ingin menginstal ulang aplikasi yang ingin Anda hapus kapan saja di masa mendatang.

Ada juga kegiatan uninstaller yang tidak meminta Anda untuk menentukan hal-hal yang berbeda. Cukup klik Next.

5. Pilih OK Untuk Penghapusan Konfirmasi
Saat kegiatan meminta Anda menyetujui permintaan pembatalan aplikasi, klik tombol OK atau Next di layar komputer Anda. Jika aplikasi telah dihapus, segera keluar dari kegiatan uninstaller.

6. Hapus Beberapa File
Terkadang, ada beberapa aplikasi komputer yang tidak menghapus beberapa file di sistem komputer Anda. Biasanya hal ini terjadi alasannya ialah aplikasi tidak sengaja menghapus file, atau memang alasannya ialah file-file tersebut dipelihara oleh Anda ketika membuka kegiatan aplikasi uninstaller yang Anda hapus.

File yang terhapus ini akan menciptakan kapasitas penyimpanan komputer Anda penuh dan tidak berkhasiat alasannya ialah tidak dipakai untuk aplikasi apapun.

Oleh alasannya ialah itu, sebaiknya hapus file dan folder yang tertinggal dari aplikasi komputer yang telah Anda hapus.

Caranya ialah sebagai berikut:

Buka Windows Explorer
Cara mengaksesnya ialah tekan tombol Windows + E pada keyboard. Atau Anda juga bisa menekan tombol Windows + R pad akeyboard untuk membuka Run, kemudian ketik "explorer" dan tekan Enter pada keyboard.

Pilih partisi C (partisi sistem Windows)

Pilih folder "Program Files" atau "Program Files (x64)"

Cari nama folder yang berisi nama produsen atau nama aplikasi yang Anda hapus

Jika ditemukan, hapus foldernya. Jangan lupa untuk menghapusnya secara permanen di Recycle Bin.
Jika tidak ditemukan, itu berarti aplikasi yang Anda hapus telah terhapus sepenuhnya dari komputer Anda.

7. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga
Selain memakai fitur yang tersedia di Windows internal, Anda juga sanggup memakai aplikasi pihak ketiga untuk menghapus aplikasi komputer.

Keuntungan kalau Anda memakai aplikasi pihak ketiga untuk menghapus aplikasi komputer ialah aplikasi pihak ketiga mempunyai fitur untuk menghapus beberapa file yang tersisa dan tidak sanggup dihapus selama proses pembatalan aplikasi komputer.

Namun, pastikan Anda tidak memakai aplikasi bajakan atau perangkat lunak, alasannya ialah ancaman memakai perangkat lunak bajakan bisa mengintai Anda.

Aplikasi pihak ketiga ini juga merupakan salah satu dari banyak utilitas untuk Windows. Beberapa aplikasi pihak ketiga untuk menghapus aplikasi yang sanggup Anda gunakan ialah sebagai berikut:

Revo Uninstaller
Aplikasi ini mempunyai versi gratis dan versi berbayar. Yang jelas, semua fitur lengkap bisa Anda nikmati kalau Anda menentukan versi berbayar. Aplikasi ini mempunyai fitur di mana Anda bisa menghapus aplikasi komputer yang tidak sanggup dihapus secara normal.

Fitur ini disebut Paksa Uninstall. Kurangnya aplikasi ini adalah, terkadang aplikasi ini malah menghapus file sistem yang tidak bekerjasama dengan aplikasi yang akan dihapus. Karena itu, pastikan Anda menyidik sisa file aplikasi yang akan dihapus oleh aplikasi ini.

iObit Uninstaller
Aplikasi ini biasanya sudah tersedia dalam satu paket kalau Anda menginstal Advanced System Care di komputer Anda. Aplikasi ini juga dilengkapi "Paksa Uninstall", di mana Anda sanggup "memaksa" sebuah aplikasi untuk dihapus dari komputer Anda.

Jika Anda memakai aplikasi pihak ketiga untuk menghapus aplikasi di komputer Anda, sebaiknya buat titik centang Pemulihan Sistem. Cek titik ini berfungsi untuk menawarkan kondisi sistem terakhir sebelum Anda menghapus aplikasi di komputer Anda.

Hal ini penting kalau sewaktu-waktu, sistem komputer Anda tiba-tiba tidak stabil dan bermasalah sesudah mengeluarkan aplikasi komputer Anda. Bisa dibilang, cara ini sebagai salah satu cara aplikasi komputer cadangan bermasalah.

Begitu banyak artikel kita kali ini perihal cara menghapus aplikasi komputer. Semoga artikel kita kali ini bisa membantu anda untuk menghapus aplikasi di komputer anda.
Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menghapus Aplikasi Di Komputer Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel