iklan

Biar Simpulan Tahun Dapat Tenang, Siapkan 4 Laporan Keuangan Ini!

Akhir tahun sudah di depan mata. Bagi perusahaan besar, tamat tahun menjadi masa-masa genting. Kenapa? Mereka harus menyiapkan seluruh laporan perusahaan baik itu laporan keuangan, kinerja, penjualan dan banyak sekali laporan lainnya.


Kalau bagi perusahaan besar, duduk kasus seluruh laporan tidak begitu di pusingkan. Sebab mereka mempunyai orang-orang yang kompeten dalam mengelola dan menyusun setiap laporan. Namun bagaimana bila bisnis kau masih skala kecil serta kau tidak mempunyai banyak tim?


Ini merupakan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para pengusaha UKM. Mereka pun kadang galau apa saja yang harus mereka siapkan untuk tamat tahun. SolusiUKM sebagai rumah digital para UKM akan menawarkan inside kepada para pengusaha UKM apa saja yang harus disiapkan menjelang tamat tahun.


Laporan Akhir Tahun yang wajib Disiapkan


Laporan Neraca


 Mereka harus menyiapkan seluruh laporan perusahaan baik itu  Biar Akhir Tahun Bisa Tenang, Siapkan 4 Laporan Keuangan Ini!


Laporan pertama yang harus kau siapkan sebagai pengusaha menjelang tamat tahun ialah laporan neraca. Neraca merupakan laporan yang berisi harta bisnis (asset), utang atau kewajiban-kewajiban pada pihak lain (liebilities), dan modal yang dimiliki dari bisnis.


Pada laporan neraca akan tampak jumlah aset yang kau miliki, kewajiban yang harus kau selesaikan serta modal yang kau miliki. Semua harus tampil pada laporan neraca tamat tahun, dengan seluruh kondisi keuangan yang ada selama satu tahun penuh.


Laporan Laba Rugi


 Mereka harus menyiapkan seluruh laporan perusahaan baik itu  Biar Akhir Tahun Bisa Tenang, Siapkan 4 Laporan Keuangan Ini!


Dari namanya saja, mungkin kau tidak gila dengan istilah laporan keuntungan rugi. Laporan keuntungan rugi ialah laporan yang digunakan untuk melihat keberhasilan jalannya operasional bisnis yang kau kelola. Dalam laporan keuntungan rugi akan wajib menampilkan jenis-jenis pendapatan serta apa saja beban perusahaan.


Dengan menampilkan jenis-jenis pendapatan, kau akan mengetahui apakah bisnis yang kau jalankan selama ini mendapat rugi ataupun untung. Para akuntan menganggap bahwa menyusun laporan keuntungan rugi hanya mengutip saldo yang ada di akun pendapatan dan beban pada kolom keuntungan rugi di neraca lajur, sehingga gampang dilakukan.


Adapun unsur-unsur yang terdapat di laporan keuntungan rugi, yakni:



  • Pendapatan yang diperoleh dalam satu periode

  • Jumlah uang dari setiap pendapatan

  • Biaya dalam satu periode

  • Jumlah uang pada setiap biaya

  • Jumlah uang yang dikeluarkan

  • Jumlah uang yang di dapat


Semua unsur tersebut wajib ada di laporan keuntungan rugi tamat tahun. Karena tamat tahun sanggup dikatakan sebagai ajang tutup periode akuntansi selama satu tahun. Sehingga kau bisa menghasilkan laporan akuntansi yang bisa digunakan untuk menghadapi tahun berikutnya.


Laporan Perubahan Modal


 Mereka harus menyiapkan seluruh laporan perusahaan baik itu  Biar Akhir Tahun Bisa Tenang, Siapkan 4 Laporan Keuangan Ini!


Bagi pengusaha UKM terkadang laporan perubahan modal dianggap tidak penting. Padahal laporan ini menjadi salah satu laporan penting yang harus disiapkan sebagai laporan tamat tahun yang harus ada. Seperti yang sudah dijelaskan di artikel wacana laporan modal. Laporan modal adalah ringkasan mengenai perubahan modal pada perusahaan akhir dari banyak sekali kegiatan yang ada.


Dalam laporan perubahan modal untuk laporan tamat tahun ada beberapa hal yang harus ada di dalamnya. Yakni jumlah modal yang ada, keuntungan netto usaha, jumlah modal yang berubah, penyebab modal berubah dan jumlah uang sesudah modal berubah.


Laporan perubahan modal ini berfungsi sebagai alat isu yang menjelaskan mengenai perubahan modal pada perjuangan serta laporan perubahan modal ini berfungsi untuk mengetahui aktiva pembayaran, investasi, dan dana yang dihasilkan selama satu periode akuntansi.


Laporan perubahan modal ini dibentuk sesudah kau menuntaskan laporan keuntungan rugi. Jika keuntungan rugi kau belum selesai, maka laporan perubahan modal tidak bisa dibuat. Sebab pembuatan laporan keuntungan rugi berpatokan dari laporan keuntungan rugi perjuangan yang ada.


Laporan Arus Kas


 Mereka harus menyiapkan seluruh laporan perusahaan baik itu  Biar Akhir Tahun Bisa Tenang, Siapkan 4 Laporan Keuangan Ini!


Pasti kau sudah mengetahui apa itu laporan arus kas? Yaps laporan arus kas merupakan laporan yang mencatat segala hal mengenai pengeluaran dan pendapatan dari bisnis. Jika kau mempunyai pencatatan dari awal tahun sampai tamat tahun, maka kau tidak akan merasa kesulitan dalam menyusun laporan arus kas ini.


Jika kau tidak memilikinya, ini akan merepotkan bagi kamu. Karena kau tidak pernah melaksanakan pencatatan dari awal, kau akan sulit dalam menyusun laporan arus kas yang berasal dari catatan pengeluaran dan pendapatan harian.


Adapun untuk cara menyusun laporan arus kas untuk laporan keuangan tamat tahun, mulai dari:



  1. Menghitung kenaikan dan penurunan pada kas

  2. Menghitung laporan kas kotor yang digunakan untuk operasional

  3. Menghitung arus kas netto dari acara operasional serta modal dari saldo awal kas


Dengan menciptakan laporan arus kas, kau sebagai pemilik bisnis akan sanggup memperkirakan arus kas yang akan diperoleh di tahun selanjutnya. Sehingga kau akan melihat kemampuan perjuangan dalam memenuhi kewajiban serta sebagai alat penilaian bisnis kamu.


Keempat laporan tersebut wajib kau buat di tamat tahun ini. Jika kau sudah mempunyai catatan pembukuan yang rapi. Namun bila kau belum memilikinya, kau bisa mengakibatkan pembukuan sebagai resolusi di tahun depan.


Anda tak perlu takut lagi, sebab kau bisa memakai platform pembukuan Accurate Online untuk resolusi pembukuan bisnis kamu. Accurate Online merupakan platform pembukuan yang bisa digunakan oleh banyak sekali jenis perjuangan baik itu retail dan jasa.


Di tamat tahun ini, Accurate Online menawarkan promo menarik yang bisa kau dapatkan untuk resolusi bisnis menjadi lebih rapi pembukuan dan menciptakan bisnis naik kelas. Mau tahu promo lebih lanjut? Klik banner dibawah!


 Mereka harus menyiapkan seluruh laporan perusahaan baik itu  Biar Akhir Tahun Bisa Tenang, Siapkan 4 Laporan Keuangan Ini!



Sumber http://solusiukm.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Biar Simpulan Tahun Dapat Tenang, Siapkan 4 Laporan Keuangan Ini!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel