iklan

Berpetualang Atau Bertualang


oleh: Andi Dwi Handoko
Cari-cari isu rute pendakian. Selanjutnya, berpetualang kembali gunung di Jawa Timur. Semoga lancar.” Begitulah kira-kira goresan pena status facebook teman aku baru-baru ini. Sebenarnya, isu tersebut sanggup aku pahami, tetapi ada kejanggalan yang aku temukan, yakni penggunaan kata berpetualang.

Apa yang salah dengan kata berpetualang? Pada umumnya, kata ini memang sering dipakai oleh sebagian besar masyarakat. Namun, kalau dirunut memakai ilmu kebahasaan, kata berpetualang yaitu kata yang tidak sempurna untuk dipakai alasannya yaitu menyalahi hukum afiksasi/imbuhan.

Seharusnya penggunaan kata berpetualang diganti dengan bertualang. Kata bertualang berasal dari kata dasar tualang. Kata tualang yaitu kata dasar yang tidak sanggup bangkit sendiri sehingga harus diberi imbuhan. Kata ini ibarat kata juang yang juga harus memerlukan imbuhan sehingga menghasilkan kata berjuang, p0juang, dan perjuangan.

Letak kesalahan kata berpetualang (ber- + petualang) sanggup dianalogikan ibarat bentuk kata berp0juang (ber- + p0juang). Tentu bentuk ibarat ini menghasilkan makna yang tidak sempurna dan tidak logis. Kata yang benar seharusnya ber- + juang yang menghasilkan kata berjuang. Bentuk ini sama halnya dengan ber- + tualang yang menghasilkan kata bertualang.

Dimuat Solopos, Kamis, 1 September 2011
Sumber http://dapurimajinasi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Berpetualang Atau Bertualang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel