iklan

Apa Itu Clickbait ? Clickbait Tidaklah Selalu Jelek !


Pengertian Clickbait

Clickbait yaitu judul info yang menjebak kita sehingga kita menjadi tertarik ingin melihat isi info tersebut. Namun biasanya clickbait ini mempunyai isi info yang biasa-biasa saja tidak seheboh apa yang menyerupai pada judul. Hal semacam ini tentu sangat-sangat mengganggu dan menjengkelkan pembaca. Apalagi website tersebut dipenuhi iklan, sehingga menciptakan kita benar-benar tidak suka terhadap info tersebut.

Ciri khas pada berita-berita atau artikel clickbait yaitu mengandung kata "ini". Cotohnya :
1. Makara Tersangka Korupsi Stadion Gede Bage, Ini Komentar Sekretaris Dinas
2. Ini Dia Smartphone dengan Empat Kamera
3. Ini Dia, 3 Kopi Susu Nikmat Favorit Warga Jakarta

Persaingan Saat Ini Kebanyakan Menggunakan Clickbait

Tak dipungkiri, bahwa para penulis artikel maupun info kini aneka macam yang memakai clickbait ini biar banyak pengunjung yang masuk ke beritanya. Padahal sebagian besar clickbait tersebut mempunyai konten yang biasa-biasa saja bahkan tidak menarik sama sekali. Hanya judul saja yang menarik.

clickbait ini juga dikenal sebagai PHP atau Pemberi Harapan Palsu lantaran isi info yang diberikan sudah basi, tidak aktual, bahkan HOAX.

Bila Anda seorang jurnalis, atau content writer sebaiknya jangan gunakan clickbait ini lantaran walaupun banyak orang yang mengklik postingan Anda, tapi akan banyak orang juga yang semakin tidak suka terhadap web Anda.

Clickbait Bisa Digunakan Untuk Memberitakan Berita Hoax

Tentu saja clickbait ini juga sering dipakai untuk memberitakan info hoax yang akan menebar kebencian di masyarakat Indonesia ini. Bayangkan judul sudah menarik, konten juga menarik, tapi HOAX ! Jika Anda jeli tentu Anda dapat membedakan mana yang hoax mana yang tidak. Lalu bagaimana dengan pembaca lain yang tidak jeli alias asal baca dan share ?

Hal ini secara tidak pribadi akan merusak bangsa kita. Maka dari itu semakin jahatnya dunia internet ini, Anda wajib berguru untuk membedakan mana info hoax mana yang tidak. Dan jangan sembarangan share artikel/berita di media sosial. Karena media umum yaitu daerah yang paling gampang untuk membuatkan info hoax.

Tapi, Clickbait Ternyata Tidak Selamanya Buruk

Apa maksudnya ? Makara begini. Kalau misal kita menciptakan artikel yang bermanfaat tapi mempunyai judul yang sama sekali tidak menarik. Apakah itu menguntungkan ? Tentu tidak ! Kita sebagai penulis, maupun orang yang membaca pun ketika melihat judul sudah tidak menarik. Padahal itu yaitu info yang sangat penting.

Coba bandingkan judul artikel berikut :
1. Pulau Bali Terkena Bom
2. Bom Bali Kembali Terjadi, Orang Ini Diduga Sebagai Pelaku Teroris !

Mana yang lebih menarik ? Tentu yang kedua kan ? Padahal isi artikel tersebut sangatlah menarik dan patut dibaca biar semua orang tau siapa pelaku t3r0ris sebenarnya.

Nah itulah yang saya maksudkan disini. Jujur saya sebagai admin komputer67 ini pun sering menciptakan artikel dengan judul yang benar-benar menarik bahkan sampai-sampai saya menciptakan video singkat untuk menarik perhatian orang biar membuka artikel yang saya buat. Tapi artikel yang saya buat tentu sangat berkualitas dan mempunyai manfaat yang tinggi sehingga impian saya banyak orang yang bertambah ilmunya dengan apa yang saya tulis di blog ini.

Kesimpulan


Jadi, memang saat-saat ini persaingan didunia internet semakin ketat. Oleh alasannya yaitu itu memang aneka macam orang yang menciptakan sebuah artikel dengan memanfaatkan clickbait ini. Namun bagaimana nasib seseorang apabila menciptakan artikel dengan clickbait namun artikelnya sama sekali tidak berkualitas ? Tentu orang tersebut akan terkena hasilnya sendiri. Yaitu tidak akan banyak orang yang membagikan artikelnya, sehingga seo akan menurun dan rating pada website tersebut pun juga akan terus menurun.

Nah, maka dari itu mari kita utamakan konten yang berkualitas yang dapat mempunyai kegunaan bagi sesama kita. Dan juga jangan memberi konten HOAX lantaran itu sangat menurunkan kualitas website Anda sendiri.

Semoga bermanfaat.. :)


Sumber http://komputer67.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Itu Clickbait ? Clickbait Tidaklah Selalu Jelek !"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel