iklan

√ 9 Cara Menjadi Ketua Osis Yang Bijaksana Dan Berwibawa

Siapa sih yang tak tahu wacana jabatan ketua osis? Pastinya semua orang sudah paham bahkan berambisi menjadi ketua OSIS. Menurut Wikipedia memberikan bahwa OSIS yaitu suatu organisasi intrasekolah baik Sekolah Menengah Pertama atau Sekolah Menengan Atas dimana organisasi tersebut dikelola oleh siswanya sendiri. Satu organisasi tersebut dipimpin oleh seseorang yang kemudian diberi jabatan sebagai Ketua OSIS.


Ketua OSIS ini punya kiprah penting dalam menjembatani antara pengurus OSIS dengan siswa, ataupun OSIS dengan para guru. Selain itu, ketua OSIS juga menjadi contoh dan idola favorit bagi siswa-siswi di setiap sekolah masing-masing. Makanya, jiwa kepemimpinan, teladan, berkarisma, dan mengayomi wajib dimiliki bagi mereka yang menjabat menjadi ketua OSIS.


Hal tersebut perlu diasah dengan banyak sekali acara edukasi dan acara sekolah yang menunjang softskill ketua OSIS. Jika ketika ini Anda berencana ingin menjadi Ketua OSIS, maka baca dulu ulasan berikut ini biar menjadi pemimpin yang berkualitas dan bijaksana.


9 Cara Menjadi Ketua OSIS yang Baik


1. Memiliki Jiwa Kepemimpinan


 yang tak tahu wacana jabatan ketua osis √ 9 Cara Menjadi Ketua OSIS yang Bijaksana dan Berwibawa

* sumber: hub.n2growth.com


Memiliki jiwa kepemimpinan yaitu hal yang wajib dimiliki oleh seorang ketua OSIS. Hal ini mempunyai relevansi yang sangat bersahabat sebab kiprah ketua yaitu menjadi pemimpin dalam setiap hal dan memperlihatkan sikap yang mantap dalam banyak sekali pengambil keputusan dan penyelesaian masalah.


Sifat leadership ini tidak bisa dimiliki oleh semua orang tanpa sebuah perjuangan dan jam terbang yang tinggi. Jiwa leadership merupakan kumpulan dari banyak sekali abjad yang anggun untuk menjadi pemimpin contoh dan baik.


Mengikuti banyak sekali acara yang menguatkan jiwa leadership, menyerupai LDK, FGD serta banyak sekali studi kasus bisa menanamkan jiwa leadership bagi setiap orang. Anda juga sanggup mengambil andil suatu event dan pecahkan sebuah persoalan yang muncul dari banyak sekali event yang Anda ikuti.


2. Menghargai Orang Lain


 yang tak tahu wacana jabatan ketua osis √ 9 Cara Menjadi Ketua OSIS yang Bijaksana dan Berwibawa


Ternyata menghargai orang lain yaitu aspek yang juga sangat penting ketika menjadi ketua OSIS. Bukan hanya jabatan ketua OSIS, tetapi semua kalangan bahkan diri kita sendiri sangat wajib menerapkan sistem menghargai orang lain.


Bentuk cara menghargai orang lain tidak perlu dengan hal yang rumit, cukup selalu bersifat positif terhadap orang lain serta sanggup menghargai perjuangan orang lain dengan tidak meremehkannya. Hal ini sangat banyak diterapkan oleh orang sukses di dunia, menyerupai steve jobs, mark zuckerberg, hingga jack ma.


3. Meraih Performa Belajar Terbaik


 yang tak tahu wacana jabatan ketua osis √ 9 Cara Menjadi Ketua OSIS yang Bijaksana dan Berwibawa

* sumber: frenchcrazy.com


Performa berguru yang baik di dalam kelas menciptakan Anda menjadi lebih fokus untuk menjadi ketua OSIS yang baik. Hal ini didasari pada cara berpikir dan personal branding yang mumpuni. Di dalam kelas, Anda juga wajib aktif dalam proses berguru mengajar, tidak ada alasan lelah sebab menjadi ketua OSIS maka prestasi di kelas menjadi menurun.


Justru ketika Anda menjadi ketua OSIS buktikan bahwa di dalam kelas juga masih aktif dan sanggup mengikuti pelajaran dengan baik. Kerjakan PR sempurna waktu seusai pulang sekolah dan tidak menunda pekerjaan yaitu hal yang sangat penting untuk diterapkan ketika menjadi ketua OSIS.


4. Memotivasi Diri untuk Terus Berkembang


 yang tak tahu wacana jabatan ketua osis √ 9 Cara Menjadi Ketua OSIS yang Bijaksana dan Berwibawa

* sumber: www.apperson.com


Menjadi ketua OSIS bukan berarti sudah berhenti berkembang dan membuatkan prestasi, melainkan jadikan jabatan ketua OSIS sebagai ajang pengembangan diri untuk berguru dan terus melaju meraih kesuksesan. Mengembangkan diri baik secara soft skill maupun hard skill, hal ini perlu didukung oleh diri sendiri dan lingkungan.


Jadi, ketika ingin menjadi ketua OSIS yang baik dan teladan, tentunya wajib membuatkan diri dengan terus berusaha berguru apapun yang berdasarkan Anda baru. Anda juga perlu membuatkan bakat dan pengetahuan mengenai banyak sekali aspek yang mendukung Anda untuk menjadi lebih sukses kelak.


5. Sikap Emosional yang Stabil


 yang tak tahu wacana jabatan ketua osis √ 9 Cara Menjadi Ketua OSIS yang Bijaksana dan Berwibawa

* sumber: www.123rf.com


Berpikir dengan emosi yang stabil yaitu ciri Anda sudah menjadi ketua OSIS yang baik. Kecerdasan emosi merupakan hal yang sangat penting dimiliki oleh setiap orang, khususnya bagi Anda seorang pemimpin.


Hal ini sesuai dengan tujuan seorang pemimpin sejati yaitu bisa menstabilkan emosi sendiri, kemudian menuntaskan persoalan eksternal. Kecerdasan dalam memilih sikap dan emosi ketika menghadapi persoalan yaitu kunci problem solving yang baik bagi seorang pemimpin.


Hal ini didasari kepada keseimbangan sikap IQ, EQ, dan SQ yang saling melengkapi, dalam artian Anda mempunyai kejiwaan yang normal dan cocok menyandang sebutan pemimpin yang baik.


6. Selalu Menghargai Waktu


 yang tak tahu wacana jabatan ketua osis √ 9 Cara Menjadi Ketua OSIS yang Bijaksana dan Berwibawa

* sumber: www.quora.com


Sikap disiplin, khususnya selalu menghargai waktu yaitu hal yang sangat penting untuk menilai apakah seseorang mempunyai sikap leadership atau tidak. Hal ini sesuai dengan sikap orang-orang sukses yang selalu mengutamakan waktu sebagai hal yang sanggup dikatakan yaitu uang.


Menghargai waktu dengan tiba rapat tidak terlambat, komitmen, dan selalu tiba sempurna waktu ketika menciptakan janji, bahkan tidak menyia-nyiakan waktu dengan melaksanakan hal yang tidak penting.


Orang-orang dengan gaya kepemimpinan yang bisa menghargai waktu akan juga dihargai oleh orang lain, bahkan mereka akan lebih dipercaya ketimbang mereka yang hanya berakal dalam pengetahuan namun tidak sanggup menghargai waktu dengan baik.


7. Mampu Bekerja dengan Tim


 yang tak tahu wacana jabatan ketua osis √ 9 Cara Menjadi Ketua OSIS yang Bijaksana dan Berwibawa

* sumber: fortune.com


Seorang ketua OSIS yang baik yaitu mereka yang bisa bekerja dengan tim. Hal ini tidak akan menciptakan pemimpin bersikap otoriter, semaunya sendiri, dan egois. Bekerja dalam tim juga melambangkan bahwa kau bersikap demokratif.


Hal ini sangat diutamakan ketika dipilih menjadi ketua OSIS, bekerja dengan kelompok yaitu hal yang biasa dan sering dilakukan. Berdiskusi dan melaksanakan brainstroming yaitu pemecahan persoalan yang baik bagi suatu organisasi.


8. Bersikap Adil dan Tidak Diskriminatif


 yang tak tahu wacana jabatan ketua osis √ 9 Cara Menjadi Ketua OSIS yang Bijaksana dan Berwibawa

* sumber: www.lawfoundation.on.ca


Bersikap adil dan tidak diskrimatif sudah niscaya harus dimiliki oleh mereka para pemimpin dunia teladan. Hal ini sangat kuat juga untuk evaluasi lingkungan terhadap diri Anda yang menjadi ketua OSIS.


Bersikap adil di sini, menyerupai selalu memecahkan persoalan sebagai penengah ketika proses diskusi atau rapat menyebabkan kegaduhan jawaban perbedaan pendapat. Ketika Anda menjadi ketua OSIS, seharusnya bisa memecahkan persoalan dengan banyak sekali pilihan, menyerupai voting, mencari wangsit yang lain, atau mengabungkan kedua wangsit menjadi satu bagian.


9. Membereskan Beberapa Hal Kecil


 yang tak tahu wacana jabatan ketua osis √ 9 Cara Menjadi Ketua OSIS yang Bijaksana dan Berwibawa

* sumber: www.huffingtonpost.com


Menjadi seorang ketua OSIS yang baik memang tidak mudah, untuk itu Anda wajib memecahkan persoalan sekecil mungkin. Anda juga wajib membereskan banyak sekali hal dengan bentuk apapun menyerupai membuang sampah pada tempatnya, mengerjakan kiprah sesuai isyarat guru, bahkan menolong orang bau tanah menyebrang jalan.


Sifat-sifat tersebut akan menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang tinggi tanpa disadari. Sifat kecil yang dimulai dari diri sendiri juga akan membentuk langsung yang berkarakter dan penuh dengan talenta.


Itulah tadi kesembilan tips biar menjadi ketua OSIS yang bijaksana dan berwibawa. Ternyata banyak aspek yang harus dikuasai, terutama dalam hal leadership dan sikap. Nah, apakah Anda sudah mempunyai semua hal di atas tadi? Atau punya saran lain dalam menjadi ketua OSIS yang baik? Ceritakan pengalamanmu di kolom komentar, ya!


Oh iya, selain ketua OSIS, ada juga beberapa kriteria yang harus Anda tahu sebagai ketua kelas. Ingin tahu kriteria dan tipsnya? Yuk, segera kunjungi artikel 10 Cara Menjadi Ketua Kelas yang baik dan favorit.



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ 9 Cara Menjadi Ketua Osis Yang Bijaksana Dan Berwibawa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel