iklan

4 Kunci Sukses Dalam Bisnis Penggemukan Sapi Baca Disini

Bisnis penggemukan sapi – Sapi ialah binatang yang mempunyai banyak manfaat. Tapi tahukah Anda bahwa manfaat sapi tidak hanya sebagai materi konsumsi, tetapi binatang ini juga sanggup menghasilkan susu, hingga dengan kulitnya yang dipakai sebagai materi utama kerajinan dan industri.


artikel terkait sapi potong: Analisis Usaha Budidaya Sapi Potong Skala 25 Ekor Sapi, Cek Disini


Sangat berbagai manfaat yang sanggup Anda dapatkan dengan memelihara sapi. Akan tetapi dalam pembahasan kali ini, kami akan membahas mengenai bisnis penggemukan sapi. Kami akan membahas hal apa saja yang mesti Anda persiapkan dalam membangun bisnis penggemukan sapi.


Hal – Hal Yang Harus Anda Persiapkan Dalam Bisnis Penggemukan Sapi


Pemilihan Lahan


Jika Anda ingin memulai bisnis penggemukan sapi dengan skala menengah hingga skala besar, maka langkah awal yang harus Anda persiapkan untuk ternak sapi ialah persiapan lahan yang akan dipakai untuk penggemukan sapi. Tentu akan sangat sulit dalam membuatkan bisnis penggemukan sapi bila lahan yang akan dipakai tidak mendukung bisnis Anda ini. Adapun syarat lahan yang ideal dalam pengembangan bisnis penggemukan sapi ialah sebagai berikut:



  • Lahan dengan ukuran yang luas dan bersih. Lahan harus terbebas dari segala jenis macam penyakit.

  • Lahan penggemukan sapi haruslah jauh dari pemukiman penduduk dan sumber mata air.

  • Usahakan lahan mendapat sinar matahari yang cukup.

  • Lokasi atau lahan erat dengan areal pertanian yang banyak ditumbuhi rerumputan untuk sumber pakan.

  • Lahan banyak terdapat pepohonan yang rindang sehingga lingkungan menjadi sejuk.


Pembuatan Kandang


Setelah pemilihan lahan, maka proses selanjutnya ialah pembuatan sangkar sapi. Kandang sapi ada dua tipe yaitu tipe individu dan tipe kelompok. Kandang individu mempunyai keunggulan yaitu sanggup memacu pertumbuhan sapi dengan sangat pesat. Hal ini disebabkan lantaran tidak adanya persaingan dalam memperebutkan materi pakan. Selain itu sapi mempunyai ruang gerak yang terbatas, sehingga sapi tidak akan banyak bergerak dan energi dari masakan hanya dipakai untuk hidup pokok dan proses produksi daging. Ukuran ideal pembuatan sangkar individu ialah 2 x 2 meter.


 Sapi ialah binatang yang mempunyai banyak manfaat 4 Kunci Sukses Dalam Bisnis Penggemukan Sapi Baca Disini
Kandang penggemukan sapi

Untuk pembuatan sangkar sapi usahakan dinding sangkar tidak terlalu rapat sehingga pergantian udara atau siklus udara di dalam sangkar berlangsung dengan baik. Wadah makan dan minum sapi hendaknya dibentuk dari materi yang kokoh supaya tidak gampang rusak dan bocor. Buatlah juga parit untuk kanal pembuangan urin ternak sapi. Parit dibentuk mengalir kea rah penampungan yang telah Anda buat.


Pemilihan Bakalan Sapi


Pemilihan bakalan ialah langkah penting untuk suksesnya penggemukan sapi Anda. Tentu saja tidak semua sapi sanggup digemukkan, hanya sapi – sapi sehat yang sanggup Anda jadikan ladang bisnis penggemukan sapi. Adapun ciri bakalan sapi yang sehat ialah sebagai berikut:



  • Umur sapi, Anda sanggup menentukan sapi dengan umur kisaran 2 – 3 tahun. Sapi dengan usia tersebut tidak terlalu muda dan terlalu tua. Sehingga sangat anggun untuk Anda ternakkan untuk penggemukan sapi.

  • Pilih sapi jantan, dalam bisnis penggemukan sapi kami sarankan Anda untuk menentukan sapi dengan jenis kelamin jantan. Kenapa sapi jantan? lantaran sapi jantan harganya akan lebih mahal. Terlebih bila Anda menggemukan sapi pada ketika hari raya Idul Adha.

  • Bentuk badan sapi, pilih sapi dengan fisik kokoh, panjang dan mempunyai rongga perut yang lebar dan bulat. Ukuran badan sapi yang baik untuk penggemukan idealnya ialah 170 cm dengan tinggi bahu normal sekitar 135 cm.

  • Hindari cacat pada sapi, perhatikanlah kaki – kaki sapi untuk menghidari cacat pada sapi. Sangat percuma sekali apabila dalam melaksanakan bisnis penggemukan sapi terdapat cacat pada badan sapi. Hal ini lantaran konsumen niscaya akan lebih menentukan sapi yang sehat dan besar lengan berkuasa untuk dibeli. Sapi bagi beberapa konsumen bukan hanya untuk dikonsumsi, tetapi sanggup juga sebagai tingkatan budaya sosial di masyarakat.

  • Mempunyai mata yang sehat, indikasi sapi sehat sanggup Anda lihat pada bola matanya. Jika bentuk mata tajam dan higienis maka sapi tersebut sangat cocok untuk Anda gemukkan.


 Sapi ialah binatang yang mempunyai banyak manfaat 4 Kunci Sukses Dalam Bisnis Penggemukan Sapi Baca Disini
Bakalan sapi untuk penggemukan sapi

Pakan Sapi


Dalam bisnis penggemukan sapi, pakan sapi yang Anda berikan haruslah seimbang. Seimbang dalam kandungan gizinya. Gizi pakan mencakup protein, lemak karbohidrat dan gizi lainnya. Usahakan Anda menawarkan masakan yang bersih, tidak terkotori dan masih segar. Jika Anda menawarkan masakan yang “tidak layak” maka akan timbul penyakit.


Jika Anda hendak menawarkan pakan rumput maka carilah rumput pada waktu sore hari. Hal ini dilakukan supaya pakan rumput terhindar dari telur cacing yang biasa terdapat pada rumput yang berembun di pagi hari. Jika terpaksanya Anda mencari rumput pada pagi hari, maka jangan eksklusif Anda berikan pada ternak sapi. Keringkanlah rumput terlebih dahulu supaya sapi terhindar dari kembung dan kejang perut.


Adapun macam pakan yang sanggup Anda berikan untuk bisnis penggemukan sapi penggemukan adalah:



  • Pakan hijauan, pakan ini terdiri dari tumbuh – tumbuhan. Jenis pakan ini sangatlah penting lantaran gizi yang terkandung dalam pakan hijauan lebih besar daripada pakan buatan. Contoh pakan hijauan yang biasa dipakai untuk penggemukan sapi ialah daun lamtoro, rumput dan jerami.

  • Pakan konsentrat, pakan ini mengalami proses fermentasi terlebih dahulu sebelum Anda gunakan. Contoh pakan fermentasi ialah dedak padi. Dedak padi sangat pas dipakai sebagai penguat gizi guna menghasillkan daging sapi yang maksimal. Selain dedak padi Anda juga sanggup menciptakan adonan lainnya untuk menghasilkan pakan dengan kualitas terbaik. Misal adonan dedak padi sebanyak 70 %, bungkil kelapa 30 % ditambah dengan tepung tulang dan garam dapur dengan dosis secukupnya.


 Sapi ialah binatang yang mempunyai banyak manfaat 4 Kunci Sukses Dalam Bisnis Penggemukan Sapi Baca Disini
Jerami pakan penggemukan sapi

Jadwal sumbangan pakan bisnis penggemukan sapi


Sapi yang digemukkan memerlukan waktu yang teratur untuk sumbangan pakannya. Jadwal sumbangan pakan yang baik untuk ternak sapi Anda ialah pada waktu pagi, siang dan sore hari. Misal bila Anda memulai sumbangan pakan pada jam 08.00 pagi, maka pakan sanggup Anda berikan lagi pada pukul 12.00 dan sore harinya pada pukul 17.00.


artikel penggemukan sapi: Cara Penggemukan Sapi Dengan Cepat, Intip Disini


Demikian beberapa hal yang perlu Anda persiapkan untuk bisnis penggemukan sapi. Selain faktor diatas Anda juga diharuskan untuk menjaga kebersihan sangkar ataupun kebersihan di sekitar kandang. Lakukan pencucian secara rutin supaya sapi terhindar dari sumber penyakit.


sumber gambar: usahaternak99, penggemukansapijawatimur


 




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Kunci Sukses Dalam Bisnis Penggemukan Sapi Baca Disini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel