iklan

15 Cabang-Cabang Ilmu Ekonomi [Terapan, Moneter Dan Lainnya]

 ialah suatu ilmu yang mengkaji perihal sikap insan yang berkaitan dengan acara  15 Cabang-Cabang Ilmu Ekonomi [Terapan, Moneter dan lainnya]

15 cabang-cabang ilmu ekonomi | Ilmu ekonomi ialah suatu ilmu yang mengkaji perihal sikap insan yang berkaitan dengan acara ekonomi dalam memenuhi kebutuhan hidupnya untuk mencapai kesejahteraan, contohnya ibarat produksi, konsumsi, dan distribusi. Seiring dengan berkembang zaman, kemajuan ilmu ekonomi semakin pesat sehingga sangat diharapkan oleh banyak pihak, sebab hal tersebut maka timbullah cabang ilmu ekonomi.

Cabang-Cabang Ilmu Ekonomi

1. Ilmu Ekonomi Teori

Ilmu ekonomi teori ialah salah satu cabang ilmu ekonomi yang mengkaji mengenai relasi yang tercipta sebab terjadinya suatu kejadian ekonomi kemudian dirumuskan dalam bentuk aturan atau teori yang dimana akan dipakai dalam menjelaskan kejadian tersebut yang akan dijadikan patokan dalam memecahkan sebuah permasalahan. Ilmu ekonomi teori diklasifikasikan dalam dua kelompok yaitu ekonomi makro dan ekonomi mikro.

Baca juga:

  1.  10 Prinsip Ekonomi Beserta Contohnya
  2. Motif Ekonomi [Pengertian, Jenis dan Macam-Macamnya]
  3. 5 Teori Pertumbuhan Ekonomi (Klasik, Neo Klasik, Adam smith, Schumpeter)

2. Ilmu Ekonomi Terapan

Ilmu ekonomi terapan merupakan ilmu ekonomi berkaitan akrab dengan ekonomi teori, hal ini ekonomi teori berperan dalam memperlihatkan suatu teori dan rumusan yang sanggup dijadikan sebuah contoh atau patokan, selanjutnya ilmu ekonomi terapan menerapkan teori tersebut.

3. Ilmu Ekonomi Deskriptif

Ilmu ekonomi deskriptif ialah ilmu ekonomi yang sanggup memaparkan dan menggambarkan semua unsur yang berkaitan dengan kondisi ekonomi secara nyata di dalam masyarakat. Ilmu ini mempunyai kegunaan bagi semua pihak semoga mengerti keadaan ekonomi dikala ini.

4. Ilmu Ekonomi Lingkungan

Ilmu ekonomi lingkungan merupakan ilmu ekonomi yang membahas perihal kejadian lingkungan yang berdampak kepada kondisi ekonomi masyarakat. Terdapat 3 pokok yang dibahas dalam ilmu ekonomi lingkunan ini yaitu:

  1. Degradasi lingkungan dan sumber daya alam yang mulai berkurang sehingga berakibat pada tingkat kesejahteraan masyarakat yang menjadi turun.
  2. Penyimpanan dan kesalahan yang berasal dari kegiatan perekonomian di masyarakat yang menyebabkan kepada kerusakan lingkungan.
  3. Mencari solusi atas persoalan kerusakan lingkungan akhir kegiatan ekonomi.

5. Ilmu Ekonomi Evolusioner

Ilmu ekonomi evolusioner merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi yang membahas mengenai perubahan yang terjadi dalam perekonomian dari awal sampai dikala ini, yang dikaji dalam ilmu ekonomi ialah perkembangan, kemajuan, kemunduran, usaha-usaha alternatif.

6. Ilmu Ekonomi Eksperimental

Merupakan cabang ilmu ekonomi yang terfokus kepada penelitian mengenai apa yang terjadi dalam dunia perekonomian, dimana hasil dari penelitian ini akan memperlihatkan isu kepada masyarakat untuk bekal dalam beraktivitas ekonomi.

Baca juga:

  1. 7 Masalah Pokok Ekonomi di Indonesia dan Cara Mengatasinya
  2. Pengertian dan Ciri Ciri Sistem Ekonomi Kapitalis (Liberal) 
  3. Pengertian Pasar Monopoli, Ciri Ciri Dan Contohnya 

7. Ilmu Ekonomi Kesehatan

Ilmu ekonomi kesehatan merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi yang berperan dalam menganalisis segala kegiatan dalam kesehatan contohnya ibarat pembelanjaan untuk kesehatan, dan ketengakerjaan di bidang kesehatan. Ilmu ini mempunyai tujuan yaitu menggeneralisasikan segala isu mengenai biaya dan keuntungan yang telah didapat melalui cara alternative dalam pencapaian tujuan yaitu kesehatan masyarakat.

8. Ilmu Ekonomi Matematik (Ekonometrika)

Ilmu ekonomi matematika ialah ilmu ekonomi yang mengkaji perihal tanda-tanda yang terjadi dalam kegiatan perekonomian melalui metode matematik dan statistik. Ilmu ekonometrika ini dipakai dalam memperkirakan tanda-tanda dan persoalan yang akan muncul di masa depan.

9. Ilmu Ekonomi Moneter

Ilmu ekonomi moneter ialah salah satu cabang ilmu ekonomi dimana mengkaji perihal fungsi, sifat dan imbas uang terhadap perekonomian di suatu negara. Ilmu ekonomi moneter juga menganalisis beberapa aspek, yaitu perbankan, inflasi, tingkat suku bunga, dan lain-lain. Ilmu ekonomi moneter ini memperlihatkan solusi dalam membuat kestabilan perekonomian masyarakat di suatu negara.

10. Ilmu Ekonomi Publik

Ilmu ekonomi publik ialah salah satu caban ilmu ekonomi dimana kajiannya membahas perihal kebijakan pemerintah dalam perekonomian di suatu negara, contohnya ibarat APBN dan APBD. Dalam ilmu ini pemerintah berperan dalam membuat kestabilan dan kemakmuran rakyat.

11. Ilmu Ekonomi Industri

Ilmu ekonomi industri ialah salah satu ilmu ekonomi yang mengkaji perihal aspek-aspek yang bekerjasama dengan industri baik besar ataupun kecil. Tujuan dari ilmu ekonomi industry ini ialah menganalisa relasi yang ada antara struktur pasar dengan kebijakan suatu perusahan dalam memilih keefektifan kerja dalam proses industri.

12. Ilmu Ekonomi Syari’ah

Ilmu ekonomi syari’ah atau sering disebut dengan ekonomi islam yaitu cabang ilmu ekonomi yang mengkaji perihal penerapan nilai-nilai dan aturan islam dalam kegiatan perekonomian.

13. Ilmu Ekonomi Regional

Ilmu ekonomi regional ialah cabang ilmu ekonomi yang membahas perihal kegaiatan indsutri ekonomi beserta proses perkembanganya antara suatu wilayah dengan wilayah lainnya. Contohnya ibarat demografi.

14. Ilmu Ekonomi Internasional

Ilmu ekonomi internasional ialah ilmu ekonomi yang mengkaji perihal segala kegiatan perekonomian yang melibatkan suatu negara dengan negara lainnya. Contohnya ibarat ekspor dan impor.

15. Ilmu Ekonomi Sumber Daya

Ilmu ekonomi sumber daya ini terbagi menjadi 2 yaitu:

  • Ilmu sumber daya alam yaitu cabang ilmu ekonomi yang mengkaji perihal persoalan dan alokasi dari sumber daya alam yang optimal dan bernilai ekonomi.
  • Ilmu sumber daya insan yaitu cabang ilmu ekonomi yang mengkaji perihal hal yang berkaitan dengan faktor sumber daya manusia.

Demikianlah 15 Cabang-Cabang Ilmu Ekonomi Timbulnya cabang-cabang ilmu ekonomi tersebut ialah bertujuan untuk melengkapi kinerja ekonomi dalam bidang-bidang teretentu. Dengan berkembangnya zaman mungkin cabang-cabang ilmu ekonomi ini akan bertambah lagi. Terima kasih atas kunjungannya semoga bermanfaat.

Kunjungi artikel terkait:

  1. 8 Konsep Pendapatan Nasional Serta Contoh dan Manfaatnya
  2. [Pengertian, Faktor Penyebab dan Dampak] Kelangkaan Sumber Daya Alam Serta Cara Mengatasinya
  3. 6 Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi
  4. 10: “Pengertian, Jenis-Jenis serta Contoh” Tindakan Ekonomi
  5. “Pengertian dan Manfaat” Reasuransi dan Koasurans

Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "15 Cabang-Cabang Ilmu Ekonomi [Terapan, Moneter Dan Lainnya]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel