iklan

10 Kelebihan Dan Kekurangan Oracle Database

10 Kelebihan dan Kekurangan Oracle Database - Database merupakan salah satu elemen penting yang harus dipahami oleh programmer dan pengguna dalam membangun sistem komputer.

DBMS atau Database Management System yakni perangkat lunak yang dipakai dan juga diterapkan untuk membantu melaksanakan pengelolaan database alias database dari suatu perusahaan atau instansi, dan menerapkan dan mengimplementasikan database ke dalam sistem komputer.

Salah satu Vendor DBMS yang sudah sering membantu pengguna dan juga pemrogram dalam mengimplementasikan Database ke dalam sebuah sistem yakni Oracle.

Baca lebih lengkap: Pengertian Database Menurut Para Ahli

Sejarah singkat Oracle
Oracle yakni salah satu dari sekian banyak vendor perangkat lunak di bidang DBMS, yang ketika ini berdiri selama kurang lebih 40 tahun, nubuat telah menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar yang menyediakan layanan perangkat lunak DBMS yang banyak dipakai oleh banyak orang dan pengguna.

Oracle pertama kali didirikan pada tahun 1977, yang pada tahun itu, oracle berhasil membuat sistem pengolahan database yang mengolah data dalam jumlah sangat besar, yang terdiri dari jumlah data dan juga jumlah yang sangat besar, yang pada ketika itu jarang terjadi. dilakukan oleh banyak pengguna.

Pembentukan Oracle dan juga sistem database-nya, memungkinkan pengguna atau pemrogram menjadi lebih gampang dalam mengolah databse yang ada, meski memiuliki jumlah data dan juga banyak angka.

Tahun-tahun berikutnya, Oracle mulai menyebarkan sistemnya, dan menjadi salah satu vendor DBMS terdepan di dunia.

Oracle Version 1 memakai bahasa Assembly, yang kemudian diganti dengan memakai SQL, yang kemudian menggantikan fungsi RDBMS atau sistem administrasi basis data relasional.

Pada tahun 1986, Oracle mulai Go Public, dan tahun berikutnya tercatat sebagai perusahaan besar di dunia.

Sampai tahun 2010, Oracle telah melahirkan versi 11g dengan rilis 2 untuk membantu meningkatkan efisiensi pelaksanaan pengolahan database, dan juga menurunkan biaya implementasi TI di sebuah agensi.

Baca: 10 Contoh DBMS Relasion

Kelebihan dari Oracle Database

 Kelebihan dan Kekurangan Oracle Database 10 Kelebihan dan Kekurangan Oracle Database
10 Kelebihan dan Kekurangan Oracle Database

Tidak mengherankan, ORACLE yakni salah satu vendor terkemuka dalam aplikasi sekaligus penerapan sistem databse. Ini lantaran Oracle Database mempunyai banyak kelebihan. Berikut yakni beberapa laba dari Oracle Database:

1. Memiliki kemampuan yang baik dalam melaksanakan pengelolaan sistem database
Kelebihan dari Oracle Database pertama ini bisa melaksanakan sistem pengelolaan data dengan baik. Hal ini memungkinkan pengguna atau programmer yang memakai Oracle Database sanggup melaksanakan pengelolaan database dengan baik dan juga sempurna.

2. Jumlah data dan juga angka yang dihandle sangat besar
Sesuai dengan sejarah yang telah tertanam oleh Oracle pada awal berdiri, sistem Oracle Database bisa menangani data dan juga angak dalam jumlah yang sangat besar, sehingga penggunaan Oracle Database sangat efektif untuk diinvestasikan pada perusahaan - skala besar. dan multicorporate.

Dengan penggunaan Oracle Database, maka semua data yang dimiliki oleh perusahaan besar bisa menangani dengan gampang dan juga cepat.

3. Dapat mengolah data dengan cepat dan akurat
Pengolahan data yang bisa dilakukan oleh Oracle Database yakni salah satu pengolahan data yang cepat dan juga akurat.

Yang penting adalah, Anda sebagai pengguna atau programmer yang memakai Oracle Database mengerti cara mengoperasikannya, maka hasil pengolahan data akan muncul secara akurat tanpa adanya kesalahan.

Selain tu, berkat spesifikasi timah Oracle, sistem administrasi basis data ini juga bisa bekerja lebih cepat daripada sistem DBMS lainnya.

4. Miliki kemampuan untuk mengelompokkan server
Ini yakni laba dari Oracle Database, yang mungkin bukan milik vendor DBMS lainnya. Database Oracle bisa mengimplementasikan database manemen yang bersumber dari beberapa server, atau dalam hal Database Oracle disebut sebagai Cluster Server Technology.

Hal ini memungkinkan Oracle Database untuk melaksanakan pengelolaan data memakai lebih dari 1 server. Jika sebuah agensi mempunyai 50 server, maka Oracle Database bisa mengolah semua data yang dimiliki oleh 50 server yang aktif, tanpa gangguan sama sekali.

5. Bisa melaksanakan User management
Database Oracle juga mempunyai kelebihan lain, yaitu bisa melaksanakan user management. Hal ini berkaitan dengan pembatasan hak istimewa yang dimiliki oleh pengguna, sehingga Anda sanggup melakukannya dengan memakai Oracle Database.

6. Multi-Platform
Multi platform, berarti Oracle Database sanggup dipakai pada banyak sekali platform. Tidak menyerupai Microsoft SQL Server yang hanya bisa dipakai pada Sistem Operasi Windows saja, maka Oracle Database sanggup beroperasi pada Sistem Operasi lain, menyerupai Mac, dan juga Linux.

7. Pengolahan data cepat
Keunggulan utama dari sistem database yang disediakan oleh Oracle Database yakni pengolahan pengolahan data yang cepat. Ini akan membantu meningkatkan efisiensi waktu sebuah agen, dan membuat biaya implementasi TI lebih kecil.

8. Memiliki kemampuan kilas balik
Flashback yakni kemampuan melaksanakan restore pada database yang kebetulan mengalami error, menyerupai mengalami power failure. Saat Anda melaksanakan administrasi database, pekerjaan yang telah Anda lakukan akan tersimpan secara otomatis, sehingga bila mengalami problem dengan komputer atau matikan, pekerjaan anad bisa dipulihkan kembali dengan memakai fitur flashback ini.


Kerugian dari Oracle Database

Meski mempunyai banyak kelebihan dibanding software DBMS lainnya, namun ternyata Oracle Database juga mempunyai beberapa kekurangan. Berikut yakni beberapa kekurangan dari Oracle Database:

1. Harga perangkat lunak DBMS tinggi dan mahal
Kelemahan pertama dari Oracle Database yakni problem harga jual. Bila dibandingkan dengan perangkat lunak DBMS lainnya, Oracle Database yakni perangkat lunak DBMS dengan nilai tertinggi dan paling mahal. Ini akan menjadi berlebihan bila Anda tidak memerlukan spesifikasi perangkat lunak DBMS yang tinggi, menyerupai Oracle Database.

2. Spesifikasi perangkat keras minimum yang tinggi
Karena mempunyai jumlah fungsi yang sangat besar, dan juga kemampuan yang sangat tinggi dalam melaksanakan pengelolaan dan pengolahan database, maka hal ini akan mensugesti spesifikasi minimum yang diharapkan oleh komputer dalam menjalankan perangkat lunak Oracle Database.

Tidak semua PC kantor biasa bisa menjalankan database Oracle dengan baik, lantaran memerlukan spesifikasi PC yang cenderung tinggi.

3. Tidak cocok diterapkan pada perusahaan atau instansi kecil
Harga yang mahal dan juga spesifikasi tinggi. Tentu hal ini membuat Oracle Database menjadi sangat tidak cocok untuk dipakai oleh perusahaan atau tubuh kecil dan menengah. Spesifikasi dan fitur Oracle Database terlalu tinggi untuk diimplementasikan di database perusahaan kecil atau menengah atau agensi.

4. Rumit dalam menerapkannya
Database Oracle juga kurang, terutama dalam hal operasi. Agar bisa menerapkan Oracle Database, pengguna atau programmer harus benar-benar memahami cara kerja Oracle Database. Hal ini disebabkan tingginya fitur, membuat Oracle Database juga membutuhkan operator berpengalaman dalam mengimplementasikan administrasi basis data.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Oracle Database, bersamaan dengan sejarah singkat Oracle Database. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda.
Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Kelebihan Dan Kekurangan Oracle Database"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel