iklan

Usaha Sampingan Ternak Ikan Cupang Yang Menguntungkan

Ternak ikan cupang – Ikan cupang? Siapa sih yang tidak mengenal ikan hias satu ini? Yup, hampir semua kalangan di masyarakat Indonesia mengetahui jenis ikan hias ini. Mulai dari anak – anak hingga orang remaja sudah tidak absurd lagi akan nama ikan cupang. Bentuk tubuhnya yang mungil serta sirip yang lebar ialah daya tarik tersendiri bagi ikan hias air tawar ini. Berdasarkan banyak sekali macam bentuk tubuhnya, ikan cupang dibedakan menjadi beberapa jenis antara lain yaitu halfmoon, double tail, crowntail, serit, giant, plakat dan lain – lain. Untuk tips budidaya ikan cupang dengan laba yang memikat, bisa Anda baca di sini


 Siapa sih yang tidak mengenal ikan hias satu ini Usaha Sampingan Ternak Ikan Cupang Yang Menguntungkan
Aneka jenis ikan cupang

Jenis ikan cupang giant ialah jenis ikan hasil persilangan antara ikan cupang budidaya dengan ikan cupang yang hidup di alam bebas, sehingga tidak mengherankan kalau ukuran ikan hias jenis ini bisa mencapai panjang 12 cm. Ikan cupang atau dengan nama lain ikan beta ini umumnya banyak ditemui pada perairan Asia Tenggara menyerupai Indonesia, Thailand, Malaysia dan Vietnam. Sedangkan untuk jenis cupang lokal dikenal dengan jenis ikan cupang serit.


Jika Anda berkunjung ke toko – toko penjual ikan hias maka dengan gampang akan ditemui jenis ikan hias ini. Pemasaran ikan beta ini memang tidak ada matinya, apalagi kalau Anda telah masuk ke komunitas – komunitas hobi ikan cupang maka Anda akan mengetahui betapa pangsa pasar dari ikan hias ini sangatlah besar.


Komunitas – komunitas tersebut juga tak jarang setiap minggunya sering mengadakan kontes ikan cupang baik itu skala regional maupun kontes ikan cupang secara nasional. Dalam acara kontes inilah Anda sanggup menemukan ikan – ikan cupang yang berkualitas terbaik serta mempunyai harga jual yang tinggi bahkan angkanya hingga menyentuh jutaan rupiah per ekornya. Hampir di seluruh tempat di Indonesia mempunyai komunitas penggemar cupang.


Ada beberapa kriteria ikan beta yang bisa dikatakan berkualitas atau berada pada Grade A. Kriteria tersebut antara lain bisa Anda lihat dari performa ikan hias ketika berenang, kerapian dari siripnya, mental sang ikan, corak warna serta kesehatannya. Ikan cupang yang mempunyai kriteria menyerupai inilah yang biasanya mempunyai nilai jual yang tinggi. Ikan cupang yang mempunyai sirip dengan aneka betuk dan corak warna yang indah ini ialah jenis ikan cupang berkelamin jantan.


Namun bukan berarti ikan cupang berjenis kelamin betina tidak banyak diburu orang. Ikan cupang betina yang mempunyai anakan dengan kualitas kontes banyak di buru untuk diternakkan. Hal inilah yang menjadi ladang dari beberapa orang untuk melaksanakan perjuangan ternak ikan cupang. Ternak ikan cupang ini bisa Anda jadikan perjuangan sampingan bagi Anda yang sibuk dengan rutinitas pekerjaan sehari – hari.


Kisah Sukses Usaha Sampingan Dari Ternak Ikan Cupang


Untuk melaksanakan ternak ikan cupang ini tidaklah susah dan merepotkan. Sehingga sangat cocok untuk Anda jadikan perjuangan sampingan kalau Anda masih ingin bekerja di kantor ataupun tempat lainnya. Salah satu peternak yang sukses mengakibatkan ternak ikan cupang sebagai perjuangan sampingan ialah Eko Windarto. Eko windarto yang berasal dari Yogyakarta ini sudah terjun ke dalam perjuangan ternak ikan cupang ini semenjak tahun 2000.


Menurut pengalaman ia selama melaksanakan ternak ikan cupang jarang sekali ia mengeluarkan biaya operasional kecuali untuk biaya pengiriman ke luar kota atau ke luar pulau. Beliau berkata bahwa biaya operasional untuk ternak ikan cupang ini bisa dihemat terutama untuk biaya pakan dan listrik. Jika jenis ikan hias lain sangat membutuhkan sirkulasi air dengan memakai aerator yang tersambung dengan pedoman listrik maka ikan cupang tidak membutuhkannya.


Usaha ternak ikan cupang yang dijalankan Eko ketika ini lebih gampang kalau dibandingkan ketika pertama kali merintis usahanya. Apalagi dengan perkembangan teknologi yang semakin maju. Hanya dengan memakai media internet dan masuk ke dalam komunitas – komunitas penggemar ikan cupang ia sudah bisa memasarkan hasil ternak ikan cupang yang dikelolanya hanya dari rumah saja. Kisaran harga ikan cupang yang di lemparkan Eko ke pasaran mulai dari harga Rp 5.000, Rp 30.000 hingga dengan Rp 50.000 untuk ikan cupang kelas menengah. Sedangkan untuk ikan cupang dengan kualitas kontes Eko melepas harga di pasaran berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 500.000. Bahkan pernah beberapa kali ia berhasil menjual ikan hasil budidayanya dengan harga 1 juta rupiah per ekornya.


 Siapa sih yang tidak mengenal ikan hias satu ini Usaha Sampingan Ternak Ikan Cupang Yang Menguntungkan
Salah satu kontes ikan cupang

Untuk mengenalkan perjuangan ternak ikan cupang yang dikelolanya maka tak segan – segan ia terjun eksklusif untuk mengikuti kontes – kontes ikan cupang yang banyak diselenggarakan. Bahkan ia mempunyai ikan cupang andalan yang telah memenangi kontes sebanyak lebih dari 5 kali. Dari kontes – kontes itulah Eko bisa bertemu dan berkenalan dengan sesama penggemar ikan cupang dari seluruh Nusantara. Sehingga pangsa pasar ternak ikan cupang yang dikelolanya telah merambah pasar hingga ke Semarang, Solo, Banjarmasin, Manado dan Pekanbaru.


sumber gambar: bogordaily, guppycupangmania, florafaunaku


 


 




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Usaha Sampingan Ternak Ikan Cupang Yang Menguntungkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel