√ Teladan Rpp Kls 2 Sd Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : SDN BOJONG 03
Kelas / Semester : 2/1
Tema/Sub Tema/PB : Merawat Hewan dan Tumbuhan / Hewan di Sekitarku
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menerima dan menjalankan aliran agama yang dianutnya
2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan
di sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terperinci dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Matematika
Kompetensi Dasar
3.5 Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada kehidupan sehari-hari
di lingkungan sekitar.
4.5 Memecahkan dilema nyata secara efektif yang
berkaitan denganpenjumlahan,pengurangan, perkalian, pembagian,
waktu, panjang, berat benda dan uang, selanjutnya mengusut kebenaran
Indikator
3.5.1 Menyebutkan satuan waktu dengan satuan tidak baku.
4.5.1 Memecahkan dilema yang berkaitan dengan waktu.
B.Indonesia
Kompetensi Dasar
3.5 Mengenal teks ajakan maaftentang sikap hidup rukun dalamkemajemukan
keluarga dan sahabat dalam bahasa Indonesia lisandan tulis yang sanggup diisi
dengan kosakata bahasadaerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks ajakan maaf perihal sikap hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga dan sahabat secara berdikari bahasa Indonesia ekspresi dan tulis
yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa kawasan untuk membantu penyajian.
Indikator
3.5.1 Memprediksi isi teks ajakan maaf perihal sikap hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga.
4.5.2 Membaca teks ajakan maaf perihal sikap hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga.
SBdP
Kompetensi Dasar
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama
rata dengan alat musik ritmis.
4.7 Menyanyikan lagu anakanak sederhana dengan menciptakan kata-kata sendiri
yang bermakna.
Indikator
3.2.1 Mengidentifikasi pola irama lagu bertanda birama tiga dengan alat musik ritmis.
4.7.2 Menyanyikan lagu anakanak sederhana dengan kata-kata yang bermakna.
PPKn
Kompetensi Dasar
3.2 Memahami tata tertib dan hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
dan di sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib dan hukum di lingkungan keluarga dan sekolah.
Indikator
3.2.1 Menyebutkan hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.1 Menunjukkan sikap melaksanakan hukum di lingkungan rumah.
C. Tujuan Pembelajaran
D. Buku Guru Kelas II SD/MI
1. Dengan mengamati gambar dan teks percakapan, siswa sanggup menyebutkan hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan bahasa yang santun.
2. Dengan kerja kelompok, siswa sanggup memperlihatkan sikap melaksanakan hukum di lingkungan rumah dengan bertanggung jawab.
3. Dengan mengamati gambar jam pasir, siswa sanggup menyebutkan satuan waktu dengan satuan tidak baku dengan bahasa yang santun.
4. Dengan memakai jam pasir, siswa sanggup memecahkan dilema yang berkaitan dengan waktu dengan tanggung jawab.
5. Dengan membaca teks percakapan, siswa sanggup memprediksi isi teks ajakan maaf perihal sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
6. Dengan bimbingan guru, siswa sanggup membaca teks ajakan maaf perihal sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan bahasa yang santun.
7. Dengan mendengarkan bentuk pukulan alat musik ritmis, siswa sanggup mengidentifikasi pola irama lagu bertanda birama tiga dengan teliti.
8. Dengan penugasan, siswa sanggup menyanyikan lagu anakanak sederhana dengan tanggung jawab.
D. Materi Pembelajaran
1. Menyebutkan hukum yang berlaku dalam kehidupan seharihari di rumah.
2. Menunjukkan sikap melaksanakan hukum di lingkungan rumah.
3. Menyebutkan satuan waktu dengan satuan tidak baku.
4. Memecahkan dilema yang berkaitan dengan waktu.
5. Memprediksi isi teks ajakan maaf perihal sikap hidup
rukun dalam kemajemukan keluarga.
6. Membaca teks ajakan maaf perihal sikap hidup rukun
dalam kemajemukan keluarga.
7. Mengidentifikasi pola irama lagu bertanda birama tiga dengan alat
musik ritmis.
8. Menyanyikan lagu bawah umur sederhana dengan kata-kata yang bermakna.
D. Metode dan Pendekatan Pembelajaran
1. Metode :Penugasan, ceramah, diskusi, tanya jawab.
2. Pendekatan :saintifik ( mengamati, menanya mencoba, menal dan mengkomunikasikan
E. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1. Gambar kegiatan memakai jam pasir
2. Gambar dan teks percakapan Udin dan Siti menjelaskan
aturan keselamatan memakai benda yang terbuat dari beling di rumah.
3. Gambar Udin dan teman-teman bermain “Lari Pindah Air”
4. Jam pasir.
5. Teks percakapan ajakan maaf.
6. Berbagai alat musik ritmis, misalnya: gendang, tamborin, dan tifa.
Sumber berguru : Buku tematik terpadu kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan kebudayaan.
F. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | 1.Mengkondisikan siswa ke dalam situasi pembelajaran aktif dan kreatif 2. Mengadakan apersepsi dengan mengajak semua siswa berdoa berdasarkan agama dan kepercayaan masing-masing dan komunikasi perihal kehadiran siswa 3. Tanya jawab perihal gambar kegiatan dikelas 4. Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan . | 10 Menit |
Kegiatan Inti | Mengamati : • Pada awal pembelajaran, siswa diarahkan untuk mengamati gambar Udin dan Siti memakai jam pasir (mengamati). • Siswa mengidentifikasi dan menemukan acara yang ada pada gambar (menalar). Menanya: • Siswa diarahkan oleh guru mengajukan pertanyaan menggunakan kata tanya siapa, mengapa, di mana, bagaimana, dan kapan berdasarkan gambar yang diamati (menanya). • Siswa saling bertukar pertanyaan yang telah dibentuk dengan teman yang ada di sampingnya (mengomunikasikan). • Siswa menjawab pertanyaan sahabat dengan benar sesuai dengan isi pertanyaan (mengomunikasikan). Mengamati : • Siswa diarahkan untuk mengamati gambar dan teks percakapan Udin dan Siti (mengamati). • Siswa bertanya jawab menyebutkan hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah (menanya). • Siswa menyebutkan hukum dalam memakai benda yang terbuat dari beling yang berada di rumah, misalnya gelas, piring, atau mangkuk (menalar). Beraktifitas : • Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok yang masing-masing kelompok terdiri atas empat orang (mengomunikasikan). • Siswa mengamati gambar Udin dan teman-teman bermain “Lari Pindah Air” (mengamati). • Siswa melaksanakan permainan “Lari Pindah Air” sesuai dengan instruksi yang diberikan guru (mencoba). Fokus guru: Guru perlu menawarkan isyarat dan bimbingan agar berhati-hati saat membawa gelas saat bermain. Selain melatih sikap kehati-hatian, permainan ini melatih siswa memupuk jiwa kebersamaan dan tanggung jawab. • Bertanya jawab perihal sikap apa yang sanggup diambil setelah bermain (menalar dan menanya). • Setelah bermain, diperlukan siswa sanggup menunjukkan sikap mau melaksanakan hukum di lingkungan rumah tentang memakai benda yang terbuat dari kaca, misalnya kehati-hatian dan menjaganya biar tetap bersih (mencoba). Mengamati: • Siswa mengamati gambar jam pasir (mengamati). • Guru menjelaskan pengertian dan cara menggunakan jam pasir. • Guru menjelaskan bahwa jam pasir merupakan alat yang dapat dipakai untuk mengukur usang suatu kegiatan. Jam pasir merupakan satuan tidak baku untuk satuan waktu. Fokus guru: Jam pasir ada yang sudah sanggup pribadi digunakan. Akan tetapi, kalau belum ada, sanggup dibentuk sendiri dalam bentuk yang lebih sederhana. Kita sanggup menggunakan bahan-bahan bekas di sekitar, contohnya botol-botol plastik yang transparan 2 buah. Ujung kedua botol disatukan sehingga membentuk menyerupai jam pasir. Untuk menentukan usang kegiatan, sanggup ditentukan durasi waktu terlebih dahulu, contohnya 1 jam atau beberapa menit untuk satu kali turun dan seterusnya. Jam pasir sudah sanggup digunakan. • Guru mencontohkan cara menghitung suatu lama kegiatan dengan memakai jam pasir yang telah dibuat. Berlatih : • Siswa mencoba mengukur usang aneka macam kegiatan dengan menggunakan jam pasir yang dibentuk dan mengisikan hasilnya pada tabel yang ada (mencoba). • Siswa membandingkan usang kegiatan yang telah dilakukan dengan jam pasir memakai istilah “lebih lama” atau “lebih singkat” (menalar). • Siswa saling mengusut kebenaran hasil pekerjaan yang telah dibentuk (mengomunikasikan). Membaca : • Sebelum membaca, terlebih dahulu siswa diarahkan memprediksi isi bacaan melalui teks percakapan yang dibaca (menalar). • Siswa mencoba menemukan isi teks dengan bahasa sendiri (mengomunikasikan). • Setelah memprediksi, siswa membaca lancar teks tentang “Aturan Keselamatan Bermain” (mencoba). • Fokus guru: Ketika membaca lancar, siswa perlu dibimbing agar memperhatikan tanda baca, contohnya tanda koma (,), ataupun tanda titik (.). • Siswa diarahkan untuk menyesuaikan prediksi yang dilakukan sebelumnya dengan isi teks yang sebenarnya setelah membaca (menalar). Bernyanyi : • Setelah menemukan makna isi teks (permintaan maaf), siswa kemudian diajak menyanyikan lagu dengan tema permintaan maaf (mencoba). • Sebelum menyanyi, terlebih dahulu dijelaskan bahwa menyanyi sanggup diiringi alat musik ritmis, misalnya: gendang, tamborin, dan tifa. • Siswa menyanyikan lagu “Maafkan Aku” diiringi alat musik ritmis (mencoba). • Ketika menyanyikan lagu “Maafkan Aku”, dinyanyikan mengikuti irama lagu “Balonku”. Namun, diulang dua kali agar nyanyi lebih menarik. • Guru menawarkan pesan moral berdasarkan lagu “Maafkan Aku”, contohnya kita harus saling memafkan dalam kehidupan sehari-hari. • Guru menawarkan penguatan dan penghargaan terhadap prestasi berguru siswa, boleh dengan penghargaan secara verbal contohnya dengan kata-kata motivasi seperti: anak hebat, anak pintar, bagus, dan sebagainya. • Siswa diarahkan menyimpulkan pembelajaran dengan bahasa sendiri (mengomunikasikan). • Guru menutup pelajaran dengan selalu memberikan pesan moral kepada siswa terkait pembelajaran yang diberikan hari ini. | 150 Menit |
Penutup | 1.Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan/rangkuman hasil berguru selama sehari 2. Bertanya jawab perihal materi yang telah dipelajari ( untuk mengetahui ketercapaian materi) 3.Melakukan evaluasi hasil belajar 4.. Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran). a. Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb). b. Segera menawarkan nasihat, apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang tepat dalam berdo’a, biar besok kalau berdo’a lebih disempurnakan. | 15 Menit |
H. Penilaian
1. Teknik penilaian
a. Penilaian sikap : Percaya diri, teliti, dan santun.
b. Penilaian pengetahuan : Daftar periksa dan skor
c. Penilaian Keterampilan : Unjuk kerja gerakn bermain
2. Bentuk Intrumen Penilaian
a. Penilaian sikap
No | Nama siswa | Perubahan Tingkah laku | |||||||||||
Percaya Diri | Teliti | Santun | |||||||||||
BT | MT | MB | SM | BT | MT | MB | SM | BT | MT | MB | SM | ||
1 | Rudi | | | | | | | | | | | | |
2 | Dini | | | | | | | | | | | | |
3 | Santi | | | | | | | | | | | | |
4 | Nuni | | | | | | | | | | | | |
b. Penilaian pengetahuan
Penilaian Mengajukan Pertanyaan
No | Kriteria | Tercapai | |
Ya | Tidak | ||
1 | Mampu mengajukan pertanyaan | | |
2 | Mampu menjawab pertanyaan teman | | |
c. evaluasi keterampilan
a. Rubrik Penilaian Membaca Teks Percakapan
No | Kriteria | Baik Sekali | Baik | Cukup | Perlu Bimbingan |
4 | 3 | 2 | 1 | ||
1 | Mempersiapkan alat/Bahan | | | | |
2 | Kreatifitas | | | | |
3 | Kebersihan | | | | |
4 | Kerapihan | | | | |
Mengetahui Pameungpeuk, 20 Juni 2014
Kepala SDN BOJONG 03 Guru Kelas 2
TAYAT, S.Pd.SD YANTI SUSANTI, S.Pd.
NIP.195905071979122006
0 Response to "√ Teladan Rpp Kls 2 Sd Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1"
Posting Komentar