iklan

Seberapa Besar Kapasitas Penyimpanan Gigabyte, Terabyte, Dan Petabyte?

Pada ketika memakai perangkat elektronik yang memakai media penyimpanan Seberapa Besar Kapasitas Penyimpanan Gigabyte, Terabyte, dan Petabyte?

Pada ketika memakai perangkat elektronik yang memakai media penyimpanan, maka anda niscaya pernah mendengar yang namanya Gigabyte. Kapasitas penyimpanan Gigabyte bisa menampung data yang senilai dengan 1000 MB. Jadi, mungkin saja anda akan berfikir bahwa Gigabyte merupakan satuan terbesar dalam dunia penyimpanan data.

Tetapi, sebelum melangkah lebih jauh untuk mengetahui apakah ada penyimpanan yang lebih besar dari Gigabyte, maka sebagiknya anda mengetahui arti dari satuan-satuan penyimpanan tersebut. Hal ini tentu saja berkaitan dengan penggunaannya dalam dunia nyata.

Kata-kata menyerupai byte, megabyte, gigabyte dan lain sebagainya, semuanya mengacu pada kapasitas penyimpanan digital. Namun, yang terkadang menciptakan masyarakat galau ialah dengan adanya istilah-istilah menyerupai megabyte dan gigabyte. Oleh alasannya itu, akan sangat berkhasiat jikalau anda memahami dengan secama arti dari istilah-istilah tersebut.

Setelah anda mengetahuinya, maka selanjutnya anda akan bisa mengetahui bagaimana relasi satu sama lain ketika membandingkan ukuran penyimpanan pada hard drive, tablet dan perangkat penyimpanan lainnya. Selain itu, pengetahuan ini akan membantu anda untuk membandingkan kecepatan transfer data dari satu perangkat ke perangkat lain, atau bisa juga dari internet ke perangkat anda. (Baca juga: Perbedaan Delete, Erase, Shred, dan Wipe. Kapan harus digunakan?)

Arti dan Ukuran Kapasitas Penyimpanan Digital

Dalam penyimpanan digital terdapat beberapa istilah yang harus anda ketahui. Sebenarnya, semua istilah tersebut tidaklah terpisah, melakinkan saling terhubung satu sama lain. Oleh alasannya itu sangat penting untuk mengetahui relasi dan perbandingannya.

Bits, Bytes, dan Kilobytes

Untuk mengulas lengkap kapasitas penyimpanan digital, maka akan dimulai dari tingkat yang paling rendah. Unit penyimpanan digital dengan tingkat paling rendah disebut bit (b). Tingkat penyimpanan ini hanya bisa menyimpan satu digit biner (1 atau 0). Ketika merujuk lebih luas, terutama sebagai bab dari kata yang lebih besar, maka sering dipakai abjad kecil “b” sebagai gantinya. Sebagai contoh, satu megabit ialah seribu bit. Ketika mempersingkat sesuatu menyerupai 45 megabit, maka akan memakai 45 Mb.

Tingkatan selanjutnya yang lebih tinggi sedikit dari bit ialah satuan byte (B). Byte mempunyai nilai delapan bit, yang akan anda butuhkan untuk menyimpan satu karakter teks. Sebagai bentuk singkat dari byte maka dipakai abjad “B”. Misalnya, diperlukan sekitar 10 B untuk menyimpan kata rata-rata.

Tingkat selanjutnya dari byte ialah kilobyte (KB), yang setara dengan 1.024 byte data (atau 8.192 bit). “KB” dipakai untuk menyingkat kilobyte. Jadi, misalnya, diperlukan sekitar 100 KB untuk menyimpan satu halaman teks biasa.

Megabytes (MB)

Selanjutnya akan dibahas satuan yang sangat sering anda temukan pada penyipanan perangkat yang anda gunakan. Satuan tersebut berada satu tingkat lebih tinggi dibanding sebelumnya. Tingkat ini disebut dengan Megabytes atau disingkat MB. Ada 1.024 KB dalam satu megabyte (MB). Pada simpulan tahun 90-an, produk konsumen biasa menyerupai hard drive diukur dalam MB. Berikut beberapa referensi berapa banyak yang sanggup Anda simpan dalam rentang MB:

  • 1 MB = A 400 halaman buku
  • 5 MB = Rata-rata 4 menit lagu mp3
  • 650 MB = 1 CD-ROM dengan 70 menit audio

Anda akan melihat angka 1.024 banyak dipakai pada beberapa bab berikutnya. Biasanya, sesudah tahap kilobyte, setiap pengukuran penyimpanan berturut-turut ialah 1.024 dari apa pun pengukuran lebih rendah berikutnya. 1.024 byte ialah satu kilobyte, 1,024 kilobyte ialah satu megabyte, dan seterusnya.

Gigabita (GB)

Jadi, tidak mengherankan jikalau ada 1.024 MB dalam satu gigabyte (GB). GB masih sangat umum ketika mengacu pada tingkat penyimpanan konsumen. Meskipun sebagian besar hard drive biasa diukur dalam terabyte terpelajar balig cukup akal ini, hal-hal menyerupai drive USB dan banyak hard disk solid state masih diukur dalam gigabyte. Beberapa referensi dunia nyata:

  • 1 GB = sekitar 10 yard buku di rak
  • 4,7 GB = Kapasitas satu disk DVD-ROM
  • 7 GB = Berapa banyak data yang Anda gunakan per jam ketika streaming video Netflix Ultra HD

Terabita (TB)

Ada 1.024 GB dalam satu terabyte (TB). Saat ini, TB ialah unit pengukuran paling umum ketika berbicara perihal ukuran hard drive reguler. Beberapa referensi dunia nyata:

  • 1 TB = 200.000 lagu 5 menit; 310.000 gambar; atau senilai 500 jam film
  • 10 TB = Jumlah data yang dihasilkan oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble per tahun
  • 24 TB = Jumlah data video yang diunggah ke YouTube per hari di tahun 2016

Petabyte (PB)

Ada 1.024 TB (atau sekitar satu juta GB) dalam satu petabyte (PB). Jika tren terus berlanjut, petabyte cenderung menggantikan terabyte sebagai ukuran standar untuk penyimpanan tingkat konsumen di masa mendatang. Contoh-contoh dunia nyata:

  • 1 PB = 500 miliar halaman teks standar yang diketik (atau 745 juta floppy disk)
  • 1,5 PB = 10 miliar foto di Facebook
  • 20 PB = Jumlah data yang diproses oleh Google setiap hari pada tahun 2008

Exabytes (EB)

Ada 1.024 PB dalam satu exabytes (EB). Raksasa teknologi menyerupai Amazon, Google, dan Facebook (yang memproses jumlah data yang tidak terpikirkan) biasanya ialah satu-satunya yang khawatir perihal ruang penyimpanan semacam ini sekarang. Di tingkat konsumen, beberapa (tetapi tidak semua) sistem file yang dipakai oleh sistem operasi ketika ini mempunyai batas teoretis di suatu kawasan di exabyte. Contoh-contoh dunia nyata:

  • 1 EB = 11 juta video 4K
  • 5 EB = Semua kata yang pernah diucapkan oleh manusia
  • 15 EB = Total asumsi data yang dipegang oleh Google

Dengan demikian, Exabytes merupakan tingkat penyimpanan tertinggi yang tersedia ketika ini. Daftar ini tentu saja masih bisa terus berlanjut. Tiga kapasitas berikutnya dalam daftar ialah zettabyte, yottabyte, dan brontobyte. Tapi jujur, exabyte masa lalu, Anda mulai masuk ke kapasitas penyimpanan astronomi yang tidak mempunyai banyak penerapan di dunia faktual ketika ini.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Seberapa Besar Kapasitas Penyimpanan Gigabyte, Terabyte, Dan Petabyte?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel