iklan

√ Inilah 4 Manfaat Dari Ratu Rayap Yang Dipercaya Masyarakat

Rayap yaitu salah satu jenis serangga yang kerap dianggap sebagai hama pengganggu lantaran sering merusak kayu. Rayap yang mempunyai nama ilmiah Isoptera ini mempunyai kiprah tersendiri ketika mereka tumbuh menjadi rayap ‘dewasa’.


Para rayap sanggup menentukan kiprah yang terdiri dari rayap pekerja, rayap prajurit, hingga rayap reproduksi. Tentu, kiprah dari masing-masing rayap ini berbeda. Untuk rayap pekerja, mereka akan membangun sarang, merawat larva rayap lain, dan mencari makanan.


Sedangkan untuk rayap prajurit, kiprah mereka yaitu menjaga koloni biar kondusif dari serangan musuh mereka, yakni semut. Ada hal unik dari rayap prajurit, mereka tidak sanggup memakan makanannya sendiri lantaran punya ukuran rahang yang kecil. Untuk tetap bertahan hidup, para rayap prajurit mengandalkan kuliner hasil muntahan dari rayap pekerja.


Satu lagi, ada rayap reproduksi yang biasanya menjadi ratu dan raja rayap. Tugas utamanya sudah jelas, yakni bertelur. Nah, ratu rayap yang mendedikasikan seluruh hidupnya untuk bertelur, melahirkan para rayap yang dianggap pengganggu, ternyata dipercaya mempunyai manfaat bagi kesehatan badan manusia, lho.


Kali ini, Bacaterus akan membagikan isu mengenai manfaat sang ratu rayap untuk kesehatan yang diyakini oleh sebagian masyarakat, khususnya di Indonesia. Ingin tahu manfaat apa saja dari ratu rayap bagi manusia? Simak pribadi saja pembahasannya di bawah ini, ya.


Manfaat Ratu Rayap


1. Sebagai Sumber Protein


Rayap yaitu salah satu jenis serangga yang kerap dianggap sebagai hama pengganggu lantaran  √ Inilah 4 Manfaat dari Ratu Rayap yang Dipercaya Masyarakat

* sumber: tennesseesoccerclub.org


Ratu rayap mengandung banyak protein yang bermanfaat bagi badan manusia. Protein sendiri bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh, membantu pembentukan tulang, darah, dan kulit hingga membantu proses pertumbuhan.


Tidak heran, sebagian masyarakat dari banyak sekali tempat di Nusantara sering mengonsumsi ratu rayap lantaran dipercaya menjadi salah satu sumber protein selain daging, telur, maupun sumber protein lain yang biasa kita konsumsi sehari-hari.


2. Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol


Rayap yaitu salah satu jenis serangga yang kerap dianggap sebagai hama pengganggu lantaran  √ Inilah 4 Manfaat dari Ratu Rayap yang Dipercaya Masyarakat

* sumber: familydoctor.org


Selain sebagai sumber protein, ratu rayap juga dipercaya sanggup menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kolesterol sendiri bahwasanya merupakan senyawa yang berdasarkan alodokter, sanggup membantu memproduksi sel sehat, hormon, dan vitamin D.


Nah, jikalau kadar dari kolesterol ini tinggi, baik disebabkan lantaran faktor keturunan atau mengonsumsi kuliner yang sanggup memicu naiknya kadar kolesterol, tentu sanggup memperburuk kondisi kesehatan seseorang bahkan sanggup mengakibatkan serangan jantung.


3. Menurunkan Kadar Gula Dalam Darah


Rayap yaitu salah satu jenis serangga yang kerap dianggap sebagai hama pengganggu lantaran  √ Inilah 4 Manfaat dari Ratu Rayap yang Dipercaya Masyarakat

* sumber: www.insidephilanthropy.com


Manfaat lain dari ratu rayap yaitu untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Ya, di Indonesia, ratu rayap juga dipercaya sanggup membantu para penderita diabetes biar gula darahnya tetap terkontrol dengan baik. Diabetes sendiri merupakan salah satu penyakit yang tak sanggup disembuhkan namun sanggup diatasi dengan banyak sekali cara, salah satunya yaitu mengontrol kadar gula tadi. Diabetes umumnya disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan dan contoh makan seseorang.


4. Mengatasi Hipertensi


Rayap yaitu salah satu jenis serangga yang kerap dianggap sebagai hama pengganggu lantaran  √ Inilah 4 Manfaat dari Ratu Rayap yang Dipercaya Masyarakat

* sumber: style.tribunnews.com


Hipertensi atau tekanan darah tinggi yaitu kondisi di mana tekanan darah seseorang meningkat dengan signifikan. Hipertensi biasanya mengakibatkan jantung bekerja lebih keras dari biasanya untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Hipertensi sanggup memicu banyak sekali penyakit, salah satunya yaitu stroke.


Penyebab dari hipertensi sendiri beragam, mulai dari faktor genetika, stres, obesitas, kurangnya olahraga, merokok, dan mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol. Berbagai macam sayur dan buah dipercaya sanggup menurunkan tekanan darah tinggi alias hipertensi ini, salah satu di antaranya yaitu buah belimbing. Tapi tahu nggak sih, kalau masyarakat juga meyakini bahwa mengonsumsi ratu rayap sanggup membantu mengatasi hipertensi lho.


Fakta Tentang Rayap


Rayap yaitu salah satu jenis serangga yang kerap dianggap sebagai hama pengganggu lantaran  √ Inilah 4 Manfaat dari Ratu Rayap yang Dipercaya Masyarakat

* sumber: phys.org


Selain dipercaya mempunyai bermacam-macam manfaat bagi kesehatan badan manusia, rayap juga mempunyai beberapa fakta unik. Nah, untuk mengetahuinya, simak pribadi saja pembahasan ihwal beberapa fakta dari rayap berikut ini.


1. Umur Ratu Rayap


Seekor ratu rayap sanggup bertahan hidup selama puluhan tahun, tepatnya 25 hingga 50 tahun. Hampir sama kayak umur manusia,ya? Nah, menyerupai yang sudah dijelaskan di atas, sang ratu terus bereproduksi untuk kelangsungan koloni hingga final masa hidupnya. Seekor ratu rayap sanggup secara aktif memproduksi telur-telur rayap setidaknya selama sepuluh tahun.


2. Ratu Rayap Dapat Terbang


Seekor ratu rayap yang gres saja mulai bereproduksi sanggup terbang dengan memakai sayap mereka. Biasanya, para ratu atau raja rayap melaksanakan ini untuk mencari ‘jodoh’. Setelah bertemu ‘jodoh’, sang raja dan ratu rayap akan mencari sebuah tempat gres untuk mulai bereproduksi dan membangun koloni mereka sendiri. Jika sudah menemukan ‘rumah’, keduanya akan melepas sayap dan tinggal di dalam ‘rumah’ tersebut.


3. Bertelur Dalam Jumlah Banyak


Seekor ratu rayap sanggup bertelur setidaknya sebanyak 15 hingga 20 butir telur per menit, dengan total sekitar 40.000 butir telur rayap dalam satu hari. Bisa dibayangkan, jikalau dalam satu hari saja sang ratu sanggup memproduksi puluhan ribu telur, maka dalam satu tahun, ratu rayap sanggup memproduksi hingga belasan juta butir telur rayap.


Dan jikalau seekor ratu rayap hidup selama lima puluh tahun, kau sanggup simpulkan sendiri berapa banyak telur yang diproduksi sang ratu selama masa reproduksinya berlangsung.


4. Rayap Suka Tempat Gelap


Yep, rayap menyukai tempat yang lembab dan minim cahaya, lantaran makhluk hidup satu ini tidak mempunyai kekuatan untuk bertahan di tempat yang terpapar banyak cahaya. Meski begitu, para rayap tetap harus hidup dengan suhu udara yang hangat. Makanya, rayap sering tinggal di dalam kekayuan atau tanah.


5. Hidup Sejak Ratusan Tahun Lalu


Rayap sudah hidup di bumi selama hampir 130 tahun. Rayap juga merupakan keturunan serangga yang juga nenek moyang dari kecoa yang hidup 300 tahun kemudian atau lebih tepatnya pada periode kapur. Periode tersebut yaitu periode waktu geologis yang berlangsung sekitar 70 milyar tahun sesudah berakhirnya periode Jurassic atau dikala para dinosaurus masih hidup di planet bumi.


6. Makanan Ratu Rayap


Seperti julukannya, yakni ratu, maka pemimpin dan ‘ibu’ dari seluruh rayap dalam koloni tidaklah mencari makan sendiri. Jika rayap pada umumnya pergi mencari makan hingga keluar teritori, sang ratu hanya menunggu suplai dari para rayap ini. Rayap biasanya memakan selulosa dari kayu, kertas, rumput, kulit tanaman, hingga sabut kelapa.


Nah, hasil tangkapan dari para rayap ini akan dibawa dan diberikan pada sang ratu. Seperti yang sudah dijelaskan di muka, kiprah seekor ratu rayap hanyalah bertelur dan makan selama hidupnya. Jadi, rayap-rayap pekerjalah yang bertugas mengumpulkan makanan.


7. Rayap Tidak Tidur


Bisa dibilang, rayap yaitu salah satu binatang paling sibuk yang pernah ada. Ratu mereka sibuk bereproduksi, sementara rayap pekerja sibuk mencari suplai kuliner baik untuk diri mereka sendiri, untuk para prajurit, maupun untuk ratu. Rayap-rayap ini hampir tidak pernah mempunyai waktu untuk tidur lantaran ‘kegiatan’ mereka.


Nah, itulah pembahasan mengenai manfaat ratu rayap serta beberapa fakta mengenai rayap yang harus kau ketahui. Oh, ya, meski ratu rayap memang dipercaya mengandung banyak zat yang bermanfaat bagi badan manusia, namun belum ada penelitian secara medis yang menandakan bahwa binatang satu ini memang mujarab untuk dijadikan obat dari banyak sekali penyakit yang disebutkan di atas.


Namun, jikalau kau ingin mencoba sendiri sebagai alternatif dari pengobatan, tentu boleh-boleh saja. Tapi ada baiknya, konsultasi dengan dokter atau hebat penyakit tersebut dijadikan pilihan utama selama masih belum ada bukti berpengaruh yang beredar. Namun, jikalau Anda sudah sangat terganggu dengan kehadiran rayap, maka Anda sanggup mengatasinya dengan Cara Mengusir Rayap di Rumah ini.



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Inilah 4 Manfaat Dari Ratu Rayap Yang Dipercaya Masyarakat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel