iklan

√ Rpp Kls 2 Sd Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan    :  SDN BOJONG 03
Kelas / Semester       : 2/1
Alokasi Waktu           : 1 Hari

A.     Kompetensi Inti (KI)
1.      Menerima dan menjalankan aliran agama yang dianutnya
2.      Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
                    diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
                     melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
                     dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
             dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terperinci dan logis, dalam
                     karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
                dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan   berakhlak  mulia.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
B.Indonesia
Kompetensi Dasar
3.2 Mengenal teks kisah narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan pinjaman guru atau sahabat dalam bahasa Indonesia ekspresi dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa kawasan untuk membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks kisah narasi sederhana perihal kegiatan dan bermain di lingkungan secara berdikari dalam bahasa Indonesia ekspresi dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa kawasan untuk membantu penyajian.

Indikator
3.2 Mengenal teks kisah narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan pinjaman guru atau sahabat dalam bahasa Indonesia ekspresi dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa kawasan untuk membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks kisah narasi sederhana perihal kegiatan dan bermain di lingkungan secara berdikari dalam bahasa Indonesia ekspresi dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa kawasan untuk membantu penyajian.







Matematika
Kompetensi Dasar
3.3 Mengenal kesamaan dua ekspresi memakai benda konkret, simbol atau penjumlahan/ pengurangan bilangan sampai satu angka.
4.5 Memecahkan duduk perkara nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurang, perkalian, pembagian, waktu, berat, panjang, berat benda dan uang, selanjutnya menyelidiki kebenaran jawabannya.

Indikator
3.3.1 Menetukan suku yang belum diketahui dari kalimat metematika yang berkaitan dengan penjumlahan (ruas kanan 1 suku, ruas kiri 2 suku).
4.5.1 Memberikan alasan yang berkaitan dengan nilai kebenaran suatu kesamaan.

PPKn
Kompetensi Dasar
3.3. Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan bermacam-macam sahabat di lingkungan rumah dan sekolah.

            Indikator
3.3.1 Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin
3.3.2 Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran
4.3.1 Menceritakan keberagaman dengan anggota keluarga. (berbeda jenis kelamin, kegemaran dan sifat/ karakter).

Tujuan Pembelajaran
1.    Dengan mengamati gambar perihal kegiatan bermain di lingkungan rumah, siswa sanggup mengidentifikasi banyak sekali kegiatan bermain di lingkungan rumah dengan cermat.
2.    Dengan membaca teks percakapan, siswa sanggup menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin dengan percaya diri.
3.    Dengan teks percakapan Tiur dan Beni, siswa sanggup melengkapi kisah berdasarkan isi percakapan dengan cermat.
4.    Dengan tanya jawab, siswa sanggup menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran dengan percaya diri.
5.    Dengan kisah yang telah dilengkapi, siswa sanggup mencatat hal-hal pokok kegiatan bermain di lingkungan rumah dengan cermat.
6.    Dengan melengkapi kisah perihal dirinya sendiri, siswa sanggup menceritakan keberagaman anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin, kegemaran dan sifat (karakter) berdasarkan teks percakapan dengan percaya diri.
7.    Dengan penugasan guru, siswa sanggup mengelompokkan benda-benda yang dipakai pada kegiatan bermain di lingkungan rumah dengan cermat dan bertanggungjawab.
8.    Dengan teladan kisah narasi bermain rumah kartu, siswa sanggup menulis kisah narasi sederhana perihal kegiatan bermain di lingkungan rumah dengan memakai goresan pena tegak bersambung dan EYD yang tepat.
9.    Dengan mengamati contoh, siswa sanggup memilih suku kata yang belum diketahui dari kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan (ruas kanan 1 suku, ruas kiri 1 suku) dengan percaya diri.
10.  Dengan bimbingan guru, siswa sanggup memberi alasan yang berkaitan dengan nilai kebenaran suatu kesamaan dengan percaya diri.
11.  Dengan penugasan guru, siswa sanggup mengidentifikasi bahan-bahan yang dipakai dalam menciptakan karya senirupa gambar ekspresif dengan cermat.
12.  Dengan penugasan guru, siswa sanggup menggambar ekspresif kegiatan bermain di rumah dengan memanfaatkan bermacam-macam media di lingkungan sekitar dengan mengolah garis, warna, bentuk, dan tekstur dengan cermat dan bertanggungjawab.

Materi Pembelajaran
            Mengidentifikasi banyak sekali kegiatan bermain di rumah.
            Mengidentifikasi karakteristik masing-masing individu di rumah
            Menggambar ekpresif dengan memanfaatkan banyak sekali media di lingkungan rumah.
        Menentukan suku kata yang belum diketahui dari kalimat matematika berkaitan dengan penjumlahan.
         

D.Metode dan Pendekatan Pembelajaran
1.      Metode                 :Penugasan, ceramah, diskusi, tanya jawab.
2.      Pendekatan           :saintifik ( mengamati, menanya mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan

            E. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
            Gambar Beni bermain menyusun rumah kartu dengan Tiur.
            Gambar Beni berbaring di tempat tidur dan Tiur disampingnya.
            Gambar tumpukan rumah kartu.
            Gambar kelereng merah dan kelereng biru.
            Gambar banyak sekali garis, warna, bentuk dan tekstur.
             
Sumber berguru : Buku tematik terpadu kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan kebudayaan. 





Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.Mengkondisikan siswa ke dalam situasi pembelajaran aktif dan kreatif
2. Mengadakan apersepsi dengan mengajak semua siswa berdoa berdasarkan agama dan kepercayaan masing-masing dan komunikasi perihal kehadiran siswa
3. Tanya jawab perihal gambar kegiatan dikelas
4. Menginformasikan gambar Beni menyusun rumah kartu dengan Tiur.
10 Menit
Kegiatan Inti
-Siswa menyimak klarifikasi guru perihal kegiatan Beni bermain di rumah (mengamati).
-Siswa mengamati gambar Beni dan Tiur menyusun rumah kartu di atas meja di ruang TV (mengamati).
-Siswa menciptakan pertanyaan berdasarkan gambar Beni dan Tiur menyusun rumah kartu di atas meja di ruang TV (menanya).
-Siswa menukarkan dan mendiskusikan tanggapan pertanyaan yang dibuatnya dengan sahabat sebangku (mengumpulkan informasi).
-Siswa mengidentifikasi banyak sekali kegiatan bermain di lingkungan rumah berdasarkan gambar yang diamati (mengumpulkan informasi).

1.  Mengamati:
-Siswa mengamati gambar pada teks percakapan Beni dan Tiur (mengamati).
-Siswa membaca teks percakapan Beni dan Tiur (mengamati).
-Siswa bertanya jawab perihal keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin berdasarkan jenis kelamin tokoh pada teks percakapan (menanya).
-Siswa bertanya jawab menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan isi percakapan Beni dan Tiur (menanya).

2.  Bercerita:
-Siswa diarahkan guru untuk menceritakan kembali isi percakapan Beni dan Tiur dengan percaya diri.
-Siswa melengkapi kisah berdasarkan isi percakapan Beni dan Tiur. (mengumpulkan informasi).
-Siswa mencatat hal-hal pokok dari teks kisah percakapan Beni dan Tiur di lingkungan rumah yang sudah dilengkapi (mengumpulkan informasi).
-Siswa menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin, kegemaran dan sifat (karakter) dengan melengkapi kisah perihal dirinya sendiri (mengomunikasikan).

3. Berlatih :
- Siswa diarahkan oleh guru mengelompokkan kegiatan yang sanggup dilakukan di rumah dan benda-benda yang diharapkan dengan percaya diri. (mengumpulkan informasi)
- Siswa mengelompokkan benda-benda yang dipakai pada kegiatan bermain di lingkungan rumah (mengumpulkan informasi).

3. Menulis :
-Siswa menulis kisah narasi sederhana perihal kegiatan bermain di lingkungan sekitar dengan goresan pena tegak bersambung (mengomunikasikan).




4. Berlatih :
-Siswa mengamati gambar kelereng merah dan biru di dalam buku (mengamati).
-Siswa memilih suku kata yang belum diketahui dari kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan (ruas kanan 1 suku, ruas kiri 1 suku) (mencoba).
-Siswa memberi alasan yang berkaitan dengan nilai kebenaran suatu kesamaan (mencoba).

5.Berkreasi :
-Siswa diarahkan guru berkreasi menciptakan gambar ekspresi dengan percaya diri (mengomunikasikan).
-Siswa mengidentifikasi bahan-bahan yang dipakai dalam menciptakan karya senirupa gambar ekspresif (mengumpulkan informasi).
-Siswa menggambar ekspresif kegiatan bermain dengan anggota keluarga dengan memanfaatkan bermacam-macam media di lingkungan sekitar dengan mengolah garis, warna, bentuk, dan tekstur (mengomunikasikan).


150 Menit
Penutup
1.Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan/rangkuman hasil berguru selama sehari
2. Bertanya jawab perihal materi yang telah dipelajari ( untuk mengetahui ketercapaian materi)
3.Melakukan evaluasi hasil belajar
4.. Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran).
a. Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb).
b. Segera menawarkan nasihat, apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang tepat dalam berdo’a, biar besok kalau berdo’a lebih disempurnakan.
15 Menit

G. Penilaian
1. Teknik penilaian
     a. Penilaian sikap : Percaya diri, teliti, dan santun.
     b. Penilaian pengetahuan : Daftar periksa dan skor
     c. Penilaian Keterampilan : Unjuk kerja gerakn bermain
2. Bentuk Intrumen Penilaian
a. Penilaian sikap
No
Nama siswa
                 Perubahan Tingkah laku
Percaya Diri
         Teliti
   Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
Rudi












2
Dini












3
Santi












4
Nuni













b. Penilaian pengetahuan
. Penilaian: Penskoran


1.      Pengetahuan
2.                    a. Melengkapi kalimat berdasarkan teks percakapan keberagaman anggota keluarga di rumah.
3.                Banyak soal : 4 buah
4.                  Skor maksimal : 100
Kunci tanggapan :
1) Tidak sabar (skor 25) Baik dan penyayang
2) Bermain bola kaki (skor 25) Menggambar
3) Tidak sehat atau sakit (skor 25) Sehat
4) Jawaban berdasarkan pendapat siswa (skor 25)
                                                                                    


b. Melengkapi kisah berdasarkan isi percakapan
Banyak soal : 6 buah
Skor maksimal : 100
Kunci tanggapan :
1) Sakit (skor 16)
2) Istirahat (skor 16)
3) Bosan (skor 16)
4) Sayang (skor 16)
5) Menggambar (skor 16)
6) Rukun (skor 20)

c. Melengkapi kisah perihal diri sendiri
Banyak soal: 8 buah
Skor maksimal: 100
Kunci tanggapan :
Jawaban berdasarkan pendapat masing-masing siswa. (skor setiap tanggapan 1)
d. Kegiatan yang dilakukan di rumah
Banyak soal: 3 buah
Skor maksimal: 100
Kunci jawaban:
Jawaban berdasarkan pendapat masing-masing siswa (skor 100)
e. Menentukan suku kata yang belum diketahui dari kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan
Soal: 4 buah
Skor maksimal: 100
Kunci jawaban:
1) 32 (skor 25)
2) 21 (skor 25)
3) 17 (skor 25)
4) 15 (skor 25)

c. evaluasi keterampilan
a. Rubrik Penilaian Membaca Teks Percakapan

No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Mempersiapkan alat/Bahan




2
Kreatifitas




3
Kebersihan




4
Kerapihan







   Mengetahui                                                                         Pameungpeuk, 20 Juni 2014
Kepala SDN BOJONG 03                                                       Guru Kelas 2

TAYAT, S.Pd.SD                                                                     YANTI SUSANTI, S.Pd.
NIP.195905071979122006

Sumber http://rofi-mustawan.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Rpp Kls 2 Sd Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel