iklan

Perbedaan Lnb C-Band Ku-Band Dan S-Band

LNB (Low Noise Block) yaitu salah satu alat yang diharapkan parabola untuk menangkap sinyal satelit, lnb berfungsi untuk menurunkan besaran frekuensi yang diterima dari satelit supaya sanggup masuk ke receiver, signal yang ditangkap LNB yaitu hasil pantulan dari parabola, jadi posisi LNB dengan parabola harus benar - benar sempurna supaya signal yang didapat dari satelit sanggup maksimal. Agar lebih gampang dipahami teman satelit akan buatkan illustrasi.

 yaitu salah satu alat yang diharapkan parabola untuk menangkap sinyal satelit Perbedaan LNB C-Band KU-Band dan S-Band yaitu salah satu alat yang diharapkan parabola untuk menangkap sinyal satelit Perbedaan LNB C-Band KU-Band dan S-Band 

Ada banyak jenis LNB yang sanggup digunakan untuk menangkap signal, namun teman satelit akan membahas jenis LNB yang biasa digunakan di indonesia, ada 3 jenis LNB yang biasa digunakan di indonesia.

 

1. C Band

C-Band yaitu Lnb yang paling umum dan paling banyak digunakan di Indonesia sebab teman satelit sanggup mendapat banyak channel FTA yang sanggup dinikmati menggunakan Lnb ini meski ada beberapa channel yang di acak.

Seperti satelit Palapa D dan Telkom 3s, di satelit ini terdapat channel - channel lokal yang FTA (tidak di acak) dan untuk menangkap sinyal satelit ini menggunakan Lnb C-Band, harga Lnb ini sekitar 80 ribu rupiah tergantung merk.

 

Kelemahan Lnb C Band

  • Lnb ini mengharuskan menggunakan parabola dengan ukuran besar 6 feet minimal
  • Lnb ini tidak sanggup digunakan jikalau menggunakan dish ex Pay Tv (harus menambahkan alat yang disebut kerucut/teropong yang dipasang pada Lnb)

 

2. KU BAND 

KU-Band yaitu Lnb yang banyak digunakan di indonesia, Lnb KU Band biasanya digunakan oleh Pay Tv ibarat K-Vision, Transvision, dan masih banyak lagi. Berbeda dengan C Band, Lnb ini tidak membutuhkan dish yang besar cukup dengan dish bekas Pay Tv dengan ukuran kurang lebih 4 feet kita sanggup menggunakannya.

Dengan harga yang murah sebab dish yang kecil dan tidak memakan banyak kawasan para tracker biasanya memanfaatkan Ku grup band untuk Lock satelit Chinasat 11 (Ninmedia) dan Measat 3 (Garmedia) di 2 satelit itu teman sanggup menikmati channel - channel lokal yang FTA ibarat Trans, Rcti, Sctv dan masih banyak lagi.

Kelemahan Lnb KU Band 

  • Channel yang di sanggup lebih banyak channel yang di acak dari pada channel yang FTA, hal ini sebab banyak Pay Tv yang menggunakan jalur Ku Band
  • Jika terkena cuaca jelek / hujan sinyal yang didapat akan turun bahkan hilang.

 

3. S Band

Lnb ini jarang digunakan di indonesia kecuali bagi yang mau berlangganan Pay Tv ibarat Oke Vision dan Indovision, Para tracker biasanya menggunakan jalur Fly untuk menikmati siaran indovision dengan harga berlangganan yang sangat murah. kelebihan Lnb ini tahan terhadap kondisi cuaca apapun.
Baca : (Apa Itu Jalur Fly ?)

Kelemahan Lnb S Band

  • Hampir tidak ada channel FTA yang sanggup kita dapatkan si sini
  • Jika ingin berlangganan, biaya perbulan pun cukup mahal sekitar 200ribu, kecuali jikalau kita menggunakan jalur Fly.

Demikian klarifikasi dari teman satelit perihal jenis - jenis Lnb yang umum digunakan di indonesia, setiap Lnb mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri - sendiri tergantung kebutuhan kita ya sob. Terima kasih sudah membaca artikel ini jikalau ada pertanyaan silahkan tulis saja di kolom komentar.
Sumber http://sobat-satelit.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perbedaan Lnb C-Band Ku-Band Dan S-Band"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel